Wisata  

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan, Untuk Para Pecinta Pantai

Sumber Instagram @luceboediarso

Pacitan memang memiliki daya tarik yang kuat bagi para wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan internasional. Jika kamu punya niat berkunjung, terlebih dahulu untuk mencari informasi wisata Pacitan yang sudah buka. Berbatasan langsung dengan samudra Hindia, sehingga banyak tempat wisata di Pacitan yang berupa wisata pantai. Namun sebenarnya banyak objek wisata lain yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Pacitan, misalnya saja wisata kuliner Pacitan atau objek wisata berupa gua. Banyak gua-gua indah yang memiliki keunikan tersendiri dan sudah terkenal ke mana-mana. Diantaranya Gua Gong yang mendapat predikat gua terindah Se-Asia Tenggara, Gua Tabuhan dengan bebatuan yang dapat dipukul dan menghasilkan bunyi seperti gamelan, dan gua Luweng Jaran yang termasuk dalam kompleks gua terluas di Asia Tenggara.

Namun pada kesempatan kali ini, kami akan membahas objek wisata Pacitan 2021 yang berupa pantai. Apakah ada diantara kamu yang menyukai pantai? Jika iya, maka rekomendasi wisata pantai Pacitan ini cocok untuk kamu. Pastikan untuk membacanya hingga selesai ya. Berikut 5 rekomendasi pantai yang indah di Pacitan:

  • Pantai Banyu Tibo

tempat wisata di Pacitan
Sumber Instagram @rrchmnt

Kamu tahu pantai Jogan di Gunungkidul, atau pantai Banyu Anjlok di Malang? Pantai Banyu Tibo ini sekilas mirip dengan kedua pantai tersebut. Pantai Banyu Tibo ini memiliki keunikan tersendiri dan beda dengan pantai-pantai pada umumnya. Untuk menuju ke pantai ini medannya sangat bervariasi. Mulai dari jalan yang berliku-liku, hingga jalan yang sempit dan menanjak. Tapi semua itu terbayar dengan pemandangan yang akan kita dapatkan.

Di objek wisata ini kamu bisa menikmati pemandangan air terjun kecil yang berasal dari air sungai yang jatuh langsung ke pantai. Tidak hanya di Malang dan Jogja, fenomena pantai seperti ini juga tersebar di beberapa wilayah di Indonesia Kamu bisa memanjakan mata dengan melihat pemandangan air terjun kecil sembari bermain di atas pasir. Jika ingin lebih mendekat ke air terjunnya, pastikan untuk datang atau menunggu siang hari. Siang hari merupakan waktu ketika air surut, sehingga kamu bisa mendekat dan bermain di sekitar air terjunnya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Banyumas Untuk Menikmati Keindahan Alam

Selain menikmati air terjun, layaknya pantai biasa kamu bisa berenang di lautnya. Dan tidak perlu khawatir bagi kamu yang tidak bisa berenang. Kamu tetap bisa menikmatinya dengan menyewa pelampung, dan ada juga penjaga pantai yang siap mengawasi. Di sekitar juga banyak batu karang yang cocok untuk menjadi spot berfoto. Tapi harus selalu waspada dan berhati-hati dengan ombaknya. Terutama untuk pengunjung yang membawa anak-anak, pastikan untuk selalu mengawasi mereka.

  • Pantai Buyutan

Sumber Instagram @luceboediarso

Pantai Buyutan terletak di desa Widoro, dari pantai Banyu Tibo sebelumnya berjarak sekitar dua puluh menit perjalanan menggunakan kendaraan. Kamu bisa memilih untuk menikmati pemandangan pantai dari atas, di dekat lokasi parkir kendaraan, atau juga bisa turun dan menikmati pantainya secara langsung. Hanya saja untuk turun ke pantai kamu harus berjalan lagi. Kamu bisa turun menggunakan kendaraan jika kamu benar dan bisa, sebab rutenya cukup ekstrim. Atau kalau kamu merasa cukup jauh untuk berjalan, kamu bisa menyewa ojek warga setempat yang sudah khatam dan terbiasa dengan medannya.

Menurut informasinya, tempat wisata di Pacitan yang satu ini merupakan salah satu situs geologi. Jadi pantai ini merupakan pantai yang terbentuk dari proses pengangkatan sehingga menghasilkan gundukan pantai. Dan bebatuan karang yang ada di pantai ini merupakan sisa dari tanjung yang diterpa ombak untuk waktu yang lama.

Meskipun melewati rute perjalanan yang membuat khawatir, lelahmu akan terbayar dengan pemandangan bibir pantai yang luas. Kamu bisa menikmati birunya laut dengan pasir pantai yang halus. Sangat cocok untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. Apa lagi kamu yang hobi mengunggah foto ke sosial media, akan sulit berhenti untuk mengabadikan momen setiap waktunya. Jika lelah, beberapa pilihan hotel di Pacitan bisa menjadi pilihan untuk melepas lelah.

  • Pantai Klayar

tempat wisata di pacitan
Sumber Instagram @rahayuretno

Ketika mendengar nama pantai ini, pasti sudah tidak asing lagi rasanya, bahkan bagi kamu yang belum pernah mengunjunginya sekalipun. Ya, pantai ini adalah tempat wisata di Pacitan yang paling populer dan menyimpan keindahan yang sangat menakjubkan dibandingkan dengan pantai-pantai yang lainnya. Terletak di desa Kalak, Pantai Klayar ini masih satu rute dengan dua pantai yang kita bahas sebelumnya. Jadi jika kamu bisa meluangkan waktu sejak pagi, kamu bisa mengunjungi ketiga pantai ini sekaligus dalam satu hari.

Baca Juga ini Ya !! =>  Rekomendasi Tempat Wisata di Mojokerto Untuk Liburan Akhir Pekan

Tips untuk bisa menikmati keindahan pantai ini dengan nyaman dan optimal adalah, jangan datang ketika akhir pekan. Sebab pantai ini akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, luar daerah bahkan hingga wisatawan mancanegara. Jika kamu punya waktu, weekdays lah pilihan waktu yang tepat.

Kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang tidak biasa, hamparan pasir yang luas dengan susunan tebing karang yang menakjubkan. Kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai Klayar ini dari ketinggian. Terdapat bukit dan tebing di kedua sisi pantai ini. Dari sini kamu bisa melihat kawasan pantai secara menyeluruh. Berkat semakin populernya pantai Klayar beberapa tahun belakangan, penduduk sekitar juga semakin menambah jumlah warung dan beberapa wahana penyewaan sebagai alternatif untuk menikmati pantai ini.

  • Pantai Srau

Sumber Instagram @wh_nugroho

Pantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Jika kamu sedang dalam liburan di Pacitan, pantai ini wajib kamu masukkan ke daftar tujuan wisata. Pantai Srau memiliki tiga buah ceruk yang cukup lebar, sehingga masing-masing ceruk membentuk pantai lagi. Bila kamu sempat dan punya banyak waktu, coba kunjungi ketiganya. Kamu akan merasakan sensasi menyusuri pantai. Jika malas berjalan, kamu bisa juga menggunakan kendaraan untuk pindah dari satu tempat ke tempat berikutnya.

Di salah satu pantainya terdapat batu karang besar yang memiliki rongga atau biasa disebut dengan nama karang bolong. Lokasinya sangat bagus sebagai spot foto, ketika air surut kamu bisa mendekat dan bermain air di sekitar karang bolong tersebut. Untuk bisa menjelajahi ketiga pantai tersebut pastikan untuk meluangkan waktu dan menyiapkan fisik. Sehingga kamu bisa menikmatinya dengan optimal. Tips untuk kamu yang ingin mengunjungi beberapa lokasi wisata, sebaiknya menggunakan jasa paket wisata Pacitan, sehingga kamu memiliki jadwal perjalanan yang teratur. 

  • Pantai Watu Karung

Sumber Instagram @ardieljimenez

Pantai terakhir yang masuk dalam rekomendasi tempat wisata di Pacitan edisi pantai kali ini adalah Pantai Watu Karung. Penamaan Watu Karung karena lokasi pantai ini yang berada di desa Watu Karung. Pantai ini termasuk salah satu pantai dengan kawasan yang sangat lual

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi: First-Timer Guide

Sama uniknya dengan pantai Srau, pantai Watu Karung juga memiliki beberapa ceruk. Yang membedakan adalah, setiap ceruk di pantai Watu Karung ini memiliki namanya masing-masing. Saking luasnya sehingga diberi nama masing-masing, ceruk tersebut adalah Pantai Karung, Pantai Sirah Towo. Pantai Jantur, dan Pantai Ngalur Ombo.

Pantai Ngalur Ombo menjadi lokasi yang paling banyak peminat wisatawannya. Sebab pantai ini memiliki pulau karang yang terlihat sangat indah ketika waktu matahari terbenam. Selain hanya menikmati pemandangan dan mengabadikan momen, Kamu juga bisa bermain selancar di sini. Kabarnya pantai ini memiliki gulungan ombak yang sangat bagus. Sehingga tidak hanya peselancar domestik, bahkan peselancar mancanegara pun sering menikmati ombak pantai Watu Karang dengan berselancar.

Demikian lima rekomendasi wisata pantai yang indah di Pacitan. Bagi kamu yang ingin menikmatinya lebih lama dan tidak cukup satu hari, tidak perlu khawatir karena sudah banyak penginapan di Pacitan yang tersedia di sekitar kawasan pantai. Tips untuk masa-masa sekarang pastikan kamu mencari info wisata Pacitan yang sudah dibuka terlebih dahulu, agar mengetahui objek mana saja yang sudah bisa dikunjungi