Wisata  

Pesona Alam Pesisir Utara Jawa, Tempat Wisata di Pati Ini Harus Kamu Kunjungi

Sumber: Instagram @ismantoro_26

Kabupaten Pati, sebuah wilayah di pesisir utara pulau Jawa memiliki beragam hal yang menarik untuk diketahui. Terutama bagi masyarakat yang datang dari luar kota. Pati memiliki oleh-oleh khas berupa kerajinan kuningan. Ada juga kuliner Pati lezat yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sini, salah satunya adalah Bandeng presto. Wilayahnya yang terdiri dari dataran rendah dan tinggi membuat kabupaten ini memiliki objek wisata alam yang indah. Tempat wisata di Pati memiliki beragam pilihan pemandangan yang bisa kamu nikmati. 

Bagi kamu yang penasaran seperti apa saja objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Kabupaten Pati, berikut kami berikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Pati yang bisa kamu coba

  1. Puncak Arga Pesona

    Tempat wisata di Pati Puncak Arga Pesona
    Sumber: Instagram @setyawan_lilik

Lokasi wisata Arga Pesona ini merupakan tempat yang belakangan ini semakin populer dan makin digandrungi wisatawan. Terutama para anak muda yang senang mengabadikan momen dengan latar pemandangan yang indah. Lokasi objek wisata ini berada di Desa Beketel, Kayen kabupaten Pati.

Dari puncak Arga Pesona ini kamu bisa melihat keseluruhan Kabupaten Pati, Kudus dan bahkan hingga Grobogan. Kamu juga dapat memandang megahnya gunung Muria yang kokoh berdiri di kejauhan dan jika cuaca sedang cerah kamu bahkan bisa melihat gunung Lawu hingga Ungaran.

Karena antusias pengunjung yang senang berfoto di lokasi wisata ini, Pengelola menyediakan beberapa spot khusus untuk berfoto. Spot ini sebagai pelengkap agar foto yang dihasilkan semakin kekinian. Salah satunya adalah sebuah spot berbentuk perahu kecil yang terbuat dari bambu. Spot favorit bagi para pengunjung adalah rumah pohon dan tentunya puncaknya dari wisata Arga Pesona ini. Sebab, di puncak kamu bisa merasakan semilir angin yang menyejukkan sembari menikmati pemandangan alam yang syahdu.

  1. Bukit Pandang Santa Mulyo

Tempat Wisata di Pati, Bukit Pandang Santa Mulyo
sumber: instagram @yudha_

Satu lagi wisata puncak yang sangat direkomendasikan untuk kamu datangi ketika berada di Kabupaten Pati adalah bukit Pandang Santa Mulyo. Letaknya berada di Desa Durensawit, Kayen, Pati Jawa Tengah. Kamu bisa menikmati suguhan panorama alam yang eksotis. Dalam perjalanan kamu bisa melihat pemandangan pepohonan jati yang menemani kamu sampai ke puncak. Dan di puncak, kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan Kendeng yang syahdu.

Seperti di puncak Arga Pesona yang telah kita bahas tadi, di wisata bukit pandang Santa Mulyo ini juga tersedia berbagai spot foto yang menarik. Tempat wisata puncak memang terkenal memiliki view yang pas untuk berfoto. Kamu bisa memanfaatkan spot seperti rumah pohon hingga gazebo yang menarik. Tidak hanya itu, sajian utama dari objek wisata ini berupa pemandangan pegunungan dan hamparan kabupaten Pati membuat latar foto kamu terlihat semakin menakjubkan.

  1. Air Terjun Tadah Hujan

Tempat Wisata di Pati, Air Terjun Tadah Hujan
Sumber: Instagram @ismantoro_26

Bagi kamu yang suka bermain air, tempat wisata di Pati yang satu ini pasti membuat kamu tertarik. Ya, salah satu tempat wisata alam yang bisa sambil bermain air adalah Air Terjun Tadah Hujan. Sebab di kawasan air terjun ini terdapat kolam kecil yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berenang atau maindi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter.

Lokasi wisata air terjun Tadah Hujan ini berada di Desa Sukolilo, Sukolilo, Pati Jawa Tengah. Pemandangan objek wisata ini sangat asri dan sejuk. Rimbunnya pepohonan dan pemandangan tebing yang mengapit air terjun membuat lokasi wisata ini menjadi empat yang pas untuk melepas penat. Yang unik adalah, air terjun ini selalu mengalir meskipun musim kemarau.

  1. Air Terjun Grenjengan Sewu

Air Terjun Grenjengan Sewu
Sumber: Instagram @jrahi_sakpore

Berikutnya adalah wisata air terjun Grenjengan Sewu. Objek wisata ini berada di daerah Jrahi, Gn. Wungkal, Kabupaten Pati. Berada di ketinggian 600 mdpl membuat suasana di kawasan wisata ini sangat sejuk dan berhawa dingin berkat kesegaran airnya. Wisata air terjun ini juga termasuk air terjun yang dapat bertahan di tengah musim kemarau.

Namun pemandangannya yang paling indah tetaplah ketika musim penghujan, sebab aliran air terjunnya menjadi semakin lebar dan deras. Kamu perlu sedikit perjuangan untuk bisa sampai di lokasi air terjunnya, setidaknya menempuh perjalanan sekitar 20 menit berjalan kaki. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena kami bisa sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang asri. Dan begitu kamu sampai di titik air terjun, lelahmu serasa terobati oleh pemandangan dan kesegaran air terjun Grenjengan Sewu ini.

  1. Hutan Kota Kalidoro

Hutan Kota Kalidoro
Sumber: Twitter @Cybex_lhk1

Bagi yang mencari tempat wisata keluarga yang dapat dinikmati ketika berakhir pekan, Hutan Kota Kalidoro ini jawabannya. Suasananya yang nyaman dan sejuk menjadikan hutan kota ini tempat populer bagi masyarakat Pati yang menghabiskan waktu liburan dan akhir pekannya.

Lokasinya memang cocok sekali sebagai wisata keluarga, sebab kamu bisa bersantai dan melepaskan penat dari kesibukan pekerjaan. Banyak pepohonan yang membuat hawa di hutan kota ini menjadi sejuk dan nyaman untuk bersantai .Selain itu terdapat taman bermain yang bisa dimanfaatkan bagi pengunjung yang membawa anak-anak.

Pagi dan sore merupakan waktu favorit bagi masyarakat untuk berkunjung ke Hutan Kota Kalidoro ini. Pengunjung biasanya melakukan aktivitas berupa lari, olahraga kecil dan beristirahat di gazebo-gazebo yang tersedia. Pati memang memiliki wisata alam ramah keluarga yang syahdu, seperti wisata Jolong Pati atau salah satunya adalah Hutan Kota Kalidoro ini.

  1. Pantai Banyutowo

Pantai Banyuwoto
Sumber Wikipedia

Kabupaten Pati juga memiliki tempat wisata pantai yang eksotis, yaitu pantai Banyutowo. Dulunya pantai di Pati ini merupakan lokasi berlabuhnya kapal-kapal nelayang masyarakat setempat. Namun kini pantai ini menjelma menjadi sebuah tempat wisata yang cukup populer dan ramai ketika musim liburan maupun akhir pekan.

Lokasi wisata pantai Banyutowo ini berada di Dusun Seti, Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Pati. Hal yang paling diburu adalah keindahan pemandangan matahari terbitnya yang syahdu. Jadi jika kamu ingin menikmati pemandangan serupa, kamu harus datang sangat pagi dan pastikan untuk memakai jaket. Udara pagi harinya cukup dingin, terlebih lagi dengan hembusan angin paginya.

Sore harinya kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang romantis. Bagi kamu yang menyukai seafood, mungkin di sini merupakan surga bagimu. Karena kamu bisa menikmati berbagai jenis hasil tangkapan laut seperti  tuna, kepiting, udang, cumi-cumi dan lain sebagainya. Semuanya bisa kamu dapatkan dalam kondisi yang masih segar.

  1. Alun-Alun Simpang Lima

Tempat Wisata di Pati, alun-alun simpang lima
Sumber: instagram @mellysaokta22

Satu lagi lokasi wisata yang populer untuk dikunjungi bersama keluarga di Kabupaten Pati adalah, Alun-alun Simpang Lima. Meskipun bukan tergolong wisata alam, tapi suasananya tidak kalah syahdu. Kabarnya masih mempertahankan bentuk aslinya sejak pertama kali dibangun. Lokasinya yang strategis dan berada di tengah kota menjadikan alun-alun ini sebagai salah satu tempat nongkrong di Pati yang ramai dikunjungi masyarakatnya  atau juga untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Pagi hari banyak masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga, sedangkan di malam hari kamu bisa menikmati gemerlap lampu warna warni indah yang menghiasi alun alun ini. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Pati atau berbagai jajanan yang disajikan oleh pedagang kaki lima yang berjualan di alun-alun. Alun-alun ini sering menjadi lokasi untuk acara-acara, seperti misalnya konser musik dll. Sebab tempatnya lapang dan sangat luas.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya buat Hunting Foto Instagenic