Wisata  

Tempat Wisata di Temanggung untuk Wisata Alam Terbaik

Tempat wisata di Temanggung
Sumber Instagram @pendaki.cupu

Tempat wisata di Temanggung penuh dengan destinasi wisata alam. Lokasi-lokasi dengan pemandangan menakjubkan pastinya siap menemani liburan kamu. Pendakian ke gunung kembar Sindoro-Sumbing sangat populer di kalangan pecinta alam. Banyak wisatawan datang ke Temanggung dari berbagai daerah khusus untuk mendaki kedua gunung ini. Selain itu, mana saja yang layak kamu sambangi di Kota Tembakau ini? Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Gunung Sindoro

Tempat wisata di Temanggung
Sumber Instagram @pendaki.cupu

Salah satu destinasi utama para pendaki yang datang berkunjung ke Temanggung adalah pendakian Gunung Sindoro.  Temanggung adalah kota terdekat dengan gunung volkano aktif yang satu ini. Dan, kamu bisa memulai pendakian dari pos Temanggung yang ada di Desa Kledung dan Desa Bansari. Di sisi barat laut ke arah selatan Gunung Sindoro terdapat kawah dengan jurang. Yang terbesar bernama Kembang, berupa kubah lava kecil. Selama mendaki Gunung Sindoro, kamu akan ditemani pemandangan hutan dengan panorama alam yang memesona.

2. Gunung Sumbing

Sumber: Instagram @negripendaki

Terkenal sebagai gunung kembar bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing pun tak lepas dari mata para penggemar aktivitas mountain climbing. Pos pendakiannya yang ada di wilayah Temanggung berada di Desa Pagergunung dan Desa Banaran. Ketinggian puncaknya mencapai 3.371 mdpl, menjadikan gunung ini tertinggi ketiga di Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Meskipun keindahan alamnya mirip dengan Gunung Sindoro dan ketinggian keduanya pun tak jauh beda, tapi jalur pendakian Gunung Sumbing lebih berat. Ini karena gradien kemiringan gunung ini yang terjal dan rute pendakiannya pun lebih panjang.

3. Gunung Kendil

Sumber: Instagram @mountaineering_indonesia

Satu lagi gunung di Temanggung yang cocok untuk pendaki pemula, Gunung Kendil memanglah tak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya mencapai 1.800 mdpl saja. Meski tak terlalu tinggi, kamu tetap bisa menyaksikan pemandangan alam yang nggak kalah menawan kok. Untuk sampai puncak Gunung Kendil, kamu tak perlu menguras banyak tenaga dan waktu. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan gunung-gunung lain yang menjulang lebih tinggi di sekelilingnya. Tak hanya Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing aja. Tapi juga Gunung Merbabu, Gunung Merapi, bahkan Gunung Slamet. Lebih indah lagi kalau kamu tiba di puncaknya tepat saat momen terbitnya matahari.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Pekalongan Ini Jadi Kebanggaan Kota Batik. Terbaik!

4. Embung Kledung

Tempat wisata di Temanggung
Sumber: Instagram @temanggung.kece

Wisata Kledung Temanggung ini berupa waduk atau bendungan buatan yang fungsi utamanya adalah untuk menampung air. Tapi, karena pemandangannya yang menakjubkan, lama-lama tempat ini mulai dibuka sebagai tempat wisata. Megahnya Gunung Sindoro menjadi primadona di Embung Kledung. Sambil menikmati indahnya gunung, kamu bisa sambil berfoto di spot selfie nya. Ada ayunan, kursi gantung, jembatan warna, juga rumah pohon. Saat cuaca cerah, kamu bisa melihat bayangan Gunung Sindoro terpantul di air waduknya. Juga ikan yang berenang riang di dalam sana. Selain itu, kawasan Embung Kledung juga merupakan kawasan agrowisata lho. Jadi, kamu juga bisa belajar tentang aneka ragam sayur dan buah, serta bebungaan di kawasan ini.

5. Curug Lawe Muncar

Tempat wisata di Temanggung
Sumber: Instagram @exploremagelangtemanggung

Ada dua versi cerita terkait nama Curug Lawe. Yang pertama, karena aliran airnya yang mirip untaian benang-benang putih nan halus, yang dalam bahasa Jawa disebut lawe. Versi kedua mengatakan nama ini diambil dari ketinggian air terjun yang mencapai 25 meter, yang dalam bahasa Jawa disebut selawe. Yang manapun nggak masalah, karena semua pasti setuju akan keindahan Curug Lawe yang sejati. Selain panorama air terjunnya yang menawan, hijaunya alam sekitar Curug Lawe pun masih sangat asri. Letaknya di Desa Muncar, Kec. Gemawang, Temanggung, yang jauh dari bisingnya perkotaan. Untuk menikmati indahnya air terjun dan segarnya air yang mengalir turun, kamu cukup membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah, plus biaya parkir kendaraan.

6. Curug Onje

Tempat wisata di Temanggung
Sumber: Instagram @temanggungiswonderful

Air terjun yang satu ini terbilang unik. Pasalnya, ada tujuh air yang mengalir terjun menuruni dinding tebing batu yang eksotis. Airnya pun masih sangat jernih dan segar. Cocok untuk menyejukkan badan. Apalagi pemandangan sekitar yang masih sangat asri, dengan kicau burung menemani liburanmu yang syahdu. Uniknya lagi, kamu juga bisa melakukan aktivitas panjat tebing di Curug Onje. Tapi, sebaiknya melakukannya saat kemarau ya, ketika volume air tidak banyak dan aliran airnya juga tak begitu deras.

Baca Juga ini Ya !! =>  Keajaiban Alam Indonesia: Danau Toba

7. Curug Merak

Sumber: Instagram @exploremagelangtemanggung

Di Dusun Ndawe, Desa Sidoharjo, Kec. Candiroto, Temanggung, kamu bisa menemukan satu lagi obyek wisata air terjun. Namanya Curug Merak, air terjun dengan jernihnya air dengan alamnya yang masih cukup ‘perawan’. Air terjun ini tak terlalu tinggi membelah tebing batu. Lalu mengalir turun melewati menuju kolam dan sungai di bawahnya. Airnya bening, berwarna biru kehijauan yang cantik. Pastinya cocok untuk menyegarkan tak hanya badan kamu, tapi juga hati dan pikiran kamu.

8. Wisata Alam Posong

Tempat wisata di Temanggung
Sumber: Instagram @backpacker_indonesia

Yang satu ini cukup baru di kalangan tempat wisata di Temanggung. Lokasinya ada di Parakan Wonosobo KM 9, Kec. Temanggung. Letaknya sangat strategis, yaitu di padang safana Kledung yang ada di tengah-tengah gunung kembar Sindoro-Sumbing. Tentu, daya tarik utamanya adalah indahnya panorama gunung yang menjulang tinggi di hadapan kamu. Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Temanggung yang satu ini adalah menjelang terbenamnya matahari. Momen golden sunset di Wisata Alam Posong memang fantastis! Di sini juga tersedia gazebo untuk kamu bersantai bareng teman-teman atau keluarga. Ada wahana seru berupa flying fox juga lho! Meluncur di tengah indahnya alam, sambil merasakan hembusan angin sejuk menyegarkan. Tentunya suatu aktivitas wajib kalau ke Posong!

9. Hutan Rasamala

Sumber: Instagram @wisata_walitis

Mau lihat pohon terbesar di kaki Gunung Sumbing? Hutan Rasamala tempatnya. Letaknya di Desa Jetis, Tanggulanom, Selopampang, Temanggung. Pohon besar ini bernama pohon walitis. Pohon dengan tinggi mencapai 30 meter ini punya diameter batang sebesar 7,5 meter lho! Uniknya Hutan Rasamala tak hanya pada keberadaan pohon walitis ini saja lho. Melainkan adanya pohon rasamala yang tahan api! Sangat bermanfaat untuk menahan kobaran api ketika ada kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing. Tempat wisata di Temanggung yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati area gunung tapi nggak mau terlalu menguras tenaga untuk mendakinya. Cukup jalan-jalan di hutan, lalu bersantai di hammock yang terpasang di antara pepohonan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Menikmati Indahnya Pesona Alam Tempat Wisata di Bangkalan, Madura

10. Watu Layah

Sumber: Instagram @hajarans

Meski bukan tempat wisata Temanggung terbaru, obyek wisata Watu Layah belum terlalu lama diresmikan, yaitu pada akhir tahun 2016 lalu. Watu Layah menonjolkan panorama hutan pinus yang syahdu. Tak hanya itu, deck view nya yang berada di ketinggian jadi tempat terbaik mengagumi pemandangan hamparan hijau di bawah sana. Juga tempat berfoto yang pastinya menghasilkan potret alam yang menawan. Letaknya di bagian utara Desa Tlogopucang, Kec. Kandangan, Temanggung. Dengan fasilitas yang terbilang lengkap, dan kamu bahkan bisa berkemah di lokasi. Tapi, izin dulu ya ke Pokdarwis setempat.

Selain menjelajahi alam Temanggung yang menawan, kamu juga bisa menyambangi berbagai tempat nongkrong di Temanggung yang ada di pusat kota. Tempat kamu tentunya bisa menjajal nikmatnya wisata kuliner Temanggung yang khas dan sulit kamu temukan di daerah lain. Misalnya sego gono, buntil, empis-empis, nasi goreng tembakau, brongkos kikil, dan aneka camilannya yang juga khas Temanggung banget. Semuanya yummy!