Wisata  

Tempat wisata di Kudus, Menikmati Pesona Alam Hingga Wisata Religi

tempat wisata di kudus, masjid menara kudus
sumber: instagram @ddiinn11_

Kabupaten Kudus, namanya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kudus merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat kebudayaan Islam Jawa, khususnya di era Wali Songo. Tidak heran jika beberapa tempat wisata di Kudus merupakan wisata sejarah religi. Sebab banyak peninggalan yang berkaitan dengan hal tersebut seperti contoh Makam Sunan Muria, Masjid Agung Demak, dan Air Tiga Rasa.

Kamu juga bisa mencoba wisata kuliner Kudus dengan mencicipi berbagai jenis makanan khas Kabupaten Kudus ini seperti lentong tanjung dan garang asem. ada juga kebudayaan Kudus yaitu kesenian Barongan yang merupakan warisan leluhur. Kesenian Barongan ini biasanya digelar ketika acara-acara desa, ritual, dan juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat setempat yang mengadakan acara.

Namun meski demikian, Kabupaten Kudus juga menyimpan pesona wisata alam yang indah. Jadi bagi kamu yang hendak berwisata ke daerah Kudus, banyak alternatif pilihan tempat wisata di Kudus yang bisa kamu nikmati. Mulai dari wisata Sejarah, Religi hingga wisata alam. Nah jika kamu penasaran, berikut kami berikan informasi beberapa tempat wisata di Kudus yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Masjid Menara Kudus

tempat wisata di kudus, masjid menara kudus
sumber: instagram @ddiinn11_

Tempat wisata yang satu ini merupakan wisata sejarah sekaligus religi. Masjid Menara Kudus merupakan salah satu bukti dari proses tersebarnya agama Islam di Jawa. Masjid ini termasuk peninggalan sejarah islam nusantara yang arsitektur bangunannya cukup unik. Sebab desain bangunan masjid Menara Kudus ini memadukan antara kebudayaan Hindu dan budaya Islam.

Masjid Menara Kudus berada di Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus. Perpaduan dua kebudayaan Hindu dan Islam membuat bangunan masjid ini memiliki menara besar yang berbentuk candi. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke masjid ini.

Di dalam kawasan masjid ini terdapat sebuah kolam yang menjadi tempat berwudhu. Kolam tersebut berbentuk “padasan” dan merupakan peninggalan dari zaman purba. Kemudian di serambi bagian depan ada pintu yang sering disebut sebagai lawang kembar oleh masyarakat setempat. Gapura ini kabarnya merupakan peninggalan atau bekas dari kerajaan Majapahit.

Baca Juga ini Ya !! =>  Pesona Alam Pesisir Utara Jawa, Tempat Wisata di Pati Ini Harus Kamu Kunjungi

2. Air Tiga Rasa

tempat wisata di kudus, air tiga rasa
Sumber: instagram @topselfiestory

Tempat wisata Air Tiga Rasa ini merupakan salah satu objek yang menjadi daya tarik bagi wisatawan luar daerah untuk berkunjung ke Kabupaten Kudus. Objek wisata ini memang sangat unik dan jarang sekali ditemui di manapun. Ini merupakan salah satu fenomena unik dimana terdapat air dengan rasa yang berbeda-beda di satu kawasan.

Sumber air ini berada di kawasan makam sunan Muria. Sejak dulu masyarakat setempat mempercayai bahwa dengan meminum air dari sumber air Tiga Rasa ini dapat menyembuhkan penyakit hingga memperlancar rezeki. Sumber pertama yang memiliki rasa tawar masam inilah yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sedangkan sumber kedua memiliki rasa layaknya minuman bersoda, berkhasiat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Dan yang terakhir memiliki rasa seperti tuak dan bermanfaat sebagai pelancar rezeki.

Keunikan sumber air yang memiliki tiga rasa berbeda dan mitos-mitos yang unik tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik para wisatawan. Bagaimana, aka kamu penasaran ingin mencoba langsung?

3. Desa Wisata Colo

tempat wisata di kudus, Desa Wisata Colo
Sumber: website ihategreenjello

Tempat wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi ketika liburan ke Kabupaten Kudus adalah desa Wisata Colo. Desa wisata ini termasuk salah satu objek wisata Kudus terbaru, yang mulai dikembangkan di tahun 2012 berkat potensi daya tariknya yang beragam. Desa wisata ini memiliki potensi yang menarik untuk pengunjung berupa kesenian, kuliner hingga wisata alam, budaya dan religi.

Di kawasan desa wisata ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan sambil menikmati udara segar. Pemandangan pegunungan yang indah akan memanjakan matamu, ditemani oleh suara air terjun yang membuat suasana semakin syahdu. Sebab di lokasi wisata ini terdapat air terjun setinggi 25 meter, yaitu air terjun Motel. Desa wisata Colo ini menjadi tempat yang pas bagi kamu yang ingin menjauh sejenak dari keramaian kota, atau sekedar ingin melepas penat dari kesibukan kerja.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Batang Terbaik, Rekomendasi untuk Liburan Mendatang

Desa Wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat kudus untuk liburan atau berakhir pekan bersama keluarga. Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini adalah belajar mengolah kopi. Di kawasan desa wisata ini terdapat kebun kopi yang diperkirakan sudah ada dari masa Belanda. Di sini kamu bisa belajar menanam bibit kopi, membuat bubuk hingga menyeduhnya.

4. Air Terjun Pengantin

tempat wisata di kudus, air terjun pengantin
sumber: instagram @elvira_rahmi

Berbicara mengenai air terjun, Kudus juga memiliki wisata air terjun yang masih cukup alami, yaitu air terjun Pengantin. Dulunya objek air terjun ini masih sepi, namun sekarang sudah mulai terkenal di masyarakat sehingga menjadi salah satu objek wisata alam yang syahdu. Sebab sejak perjalanan menuju ke lokasi ini kamu sudah bisa menikmati pemandangan alam yang menyejukkan.

Ada sebuah mitos yang melatar belakangi penamaan air terjun Pengantin ini. Menurut masyarakat setempat, jika pasangan pengantin yang masih baru datang berkunjung ke air terjun ini, akan mendapatkan nasib yang buruk.

Lokasi objek wisata ini di Dusun Bakaran, Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kudus. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun Pengantin ini kamu harus menaiki tangga yang memiliki sekitar 200 anak tangga. Meskipun membutuhkan sedikit perjuangan, kesegaran dan Indahnya pemandangan yang disuguhkan membayar semua rasa lelah itu. Jadi pastikan untuk menyiapkan alat dokumentasi berupa kamera atau ponsel ketika kamu akan berkunjung ke lokasi wisata air terjun Pengantin ini. Karena terdapat berbagai spot foto menarik yang cocok untuk menghiasi feed media sosial kamu.

5. Situs Pati Ayam

tempat wisata di kudus, situs pati ayam
sumber: instagram @andikborju

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah atau wisata peninggalan masa lalu, kamu wajib mengunjungi situs Pati Ayam ini. Situs Pati ayam ini merupakan situs purba yang memiliki fosil yang utuh. Pembentukan fosil ini menjadi sempurna karena dulunya tertimbun oleh abu vulkanik. Fosil-fosil tersebut juga tidak terkena dampak erosi karena kawasan ini cukup jauh dari sungai besar, sehingga fosil yang berada di kawasan ini tidak berpindah-pindah.

Baca Juga ini Ya !! =>  Mengunjungi Tempat Wisata di Ponorogo dengan Alam yang Menakjubkan

Situs Pati ayam ini termasuk salah satu yang lengkap. Kamu bisa melihat peninggalan berupa fosil manusia purba Homo Erectus dan fosil hewan-hewan purba lainnya. Selain itu ada juga peninggalan berupa peralatan zaman dahulu yang merupakan peradaban budaya manusia purba yang terbuat dari batu. Usianya diperkirakan sekitar satu juta tahun.

Lokasi Situs Pati Ayam ini berada di Terban, Jekulo, Kabupaten Kudus. Karena banyaknya fosil yang ada, Situs Pati Ayam ini menjadi sebuah museum penampungan yang mengoleksi fosil-fosil temuan tersebut. Hingga kini terdapat sekitar ribuan filos purba. Usianya bervariasi mulai dari 700 ribu hingga satu juta tahun lamanya.

Demikian beberapa tempat wisata di Kudus yang menarik untuk kamu jadikan tempat liburan. Masih banyak wisata lain yang ada di Kabupaten ini atau mungkin kamu juga bisa mencoba beberapa tempat nongkrong di Kudus untuk sekedar bersantai. Semoga rekomendasi ini dapat membantu, selamat liburan.