Rekomendasi Kuliner Semarang Tradisional yang Khas dan Unik

  • Bagikan
lumpia
Sumber instagram @nenipuspit

Semarang merupakan Ibukota provinsi Jawa Tengah. Kota ini menjadi salah satu lokasi di Jateng yang menarik untuk dikunjungi. Banyak objek wisata yang bisa kamu nikmati mulai dari wisata sejarah dan budaya, wisata alam, hingga wisata kuliner Semarang yang unik dan nikmat. Banyak peninggalan-peninggalan sejarah masa lalu yang bisa kamu kenang sekaligus belajar di sini. Selain itu banyak pula wisata budaya menarik yang bisa kamu nikmati, dan tentunya refreshing dengan mengunjungi berbagai tempat wisata alam kota Semarang yang memiliki pesona keindahan alam yang syahdu.

Membicarakan tentang makanan atau kuliner, ada beberapa makanan khas Kota Semarang yang unik dan sudah menjadi populer sejak lama. Beberapa dari makanan khasnya juga sudah tersebar dan bisa kamu temui di berbagai daerah di Indonesia. Selain karena keunikannya, tentu karena cita rasanya yang juga nikmat. Kamu bisa dengan mudah menemukan jajanan di kawasan kuliner Semarang simpang lima.

Nah, jika kamu penasaran, berikut kami akan berikan informasi singkat mengenai beberapa kuliner khas kota Semarang. Mungkin nantinya bisa membantu menjadi rekomendasi bagi kamu yang akan berkunjung ke kota ini.

  1. Lumpia

kuliner semarang, lumpia
Sumber instagram @nenipuspit

Sudah bukan rahasia lagi jika lumpia merupakan salah satu ikon kuliner kota Semarang. Jajanan ini merupakan salah satu kuliner wajib Semarang yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke sana. Kuliner ini sebenarnya sangat sederhana, lumpia adalah jajanan yang terbuat dari olahan rolade dengan isi rebung, daging ayam/udang, dan telur. Namun kamu juga bisa memvariasikan isinya sesuai dengan seleramu.

Lumpia ini bisa dibilang jajanan yang cukup unik, sebab hadir dari perpaduan Tionghoa dan Jawa. Meskipun terkenal sebagai jajanan khas atau kuliner Semarang, lumpia juga sudah tersebar ke berbagai penjuru Nusantara. Tidak hanya populer di Kota Semarang, tetapi juga di daerah lain di Indonesia.

Rasanya sangat gurih dan memiliki harga yang cukup terjangkau, membuat lumpia sangat populer dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Di Semarang sendiri kamu bisa dengan mudah menemukan jajanan ini di setiap sudut. Kamu bisa menemuinya di pedagang kaki lima hingga resto-resto menyediakan menu lumpia ini. Semakin nikmat dengan menyantapnya bersama dengan saus cocolan yang manis maupun pedas, sesuai selera.

Hal unik lainnya adalah sejarah yang berada di balik terciptanya kuliner Semarang yang satu ini. Menurut sejarahnya, lumpia di Indonesia pertama kali dikenalkan oleh Yjoa Thay Yoe dan Wasih, pasangan Tionghoa-Indonesia, yang kemudian berlanjut oleh generasi ke generasi hingga saat ini. Jajanan ini sebenarnya merupakan kuliner khas Tiociu, China. Namun yang kita kenal sekarang merupakan adaptasi yang sudah menyesuaikan dengan cita rasa Nusantara.

Di Semarang sendiri, lumpia pertama kali dikenalkan oleh Siem Swie Kiew. Ia menawarkan racikan lumpia yang unik dengan campuran telur dan udang yang tidak amis, dan rebung yang. Selanjutnya diteruskan pula oleh generasi selanjutnya dengan berbagai variasi termasuk memberikan pilihan lain selain lumpia isi udang, yaitu lumpia isi ayam.

Lumpia tersebut dijual dan tersebar ke seluruh penjuru Kota Semarang. Dan kini kamu bisa menemukan jajanan khas Semarang ini dengan mudah ketika sedang berkunjung ke Kota ini. Kamu bisa dengan mudah menemui penjual lumpia kapan saja, termasuh ketika kamu mencari kuliner Semarang malam hari.

  1. Tahu Gimbal

kuliner semarang, tahu gimbal
sumber instagram @surabayafoodies

Kuliner Semarang berikutnya yang menjadi rekomendasi buat kamu adalah Tahu Gimbal. Makanan ini adalah olahan tahu goreng yang dipotong-potong dengan paduan bakwan udang yang juga terpotong-potong. Kemudian sebagai tambahan pelengkap ada irisan kubis segar dan taburan seledri cincang serta bawang goreng. Lalu kemudian disirami bumbu kacang manis.

Menunya terlihat sederhana namun cita rasa yang dihasilkan begitu menggugah selera. Sehingga tahu gimbal ini menjadi kuliner yang wajib kamu coba ketika sedang melancong ke Kota Semarang. Nah salah satu rekomendasi tempat untuk menikmati tahu gimbal ini adalah warung H. Edy. Tempat ini sangat legendaris dan sudah sangat populer di Semarang. Sudah berdiri bahkan sejak 50 tahun yang lalu.

Tahu gimbal H. Edy sangat nikmat dengan tekstur udangnya yang empuk dan saus kacang yang masih dan pedas. Terutama jika kamu nikmati ketika sedang hangat. Ketika datang ke sini kamu tidak perlu menunggu waktu lama. Hanya butuh kurang lebih dua menit kamu sudah bisa menikmati kuliner Semarang ini.

Harganya pun cukup terjangkau. Selain warung tahu gimbal milih H. Edy, kamu juga bisa dengan mudah menemukan makanan ini di berbagai tempat di kota Semarang. Sebab, tahu gimbal menjadi salah satu kuliner favorit dan telah menjadi ikon kota Semarang bagi masyarakatnya.

  1. Mie Kopyok

kuliner semarang mie kopyok
sumber instagram @surabayafoodies

Kuliner khas kota Semarang terbilang cukup unik dan sederhana. Meskipun sederhana, bukan berarti rasanya biasa-biasa saja. Sebagai contoh kuliner Semarang berikutnya adalah mie kopyok, makanan ini cukup sederhana namun memiliki rasa yang cukup menggugah selera. Manu ini cocok untuk menjadi hidangan kuliner pagi Semarang.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Membuat Nasi Goreng ala Rumahan sampai ala Gordon Ramsay

Mie kopyok ini menjadi salah satu menu makanan yang sejak dulu terkenal sebagai kuliner khas kota Semarang. Yang paling terkenal adalah warung mie kopyok Pak Dhuwur, lokasinya berada di Jl. Tanjung No.18A, Pandansari, Semarang Tengah, Kota Semarang. Warung ini sudah ada sejak tahun 1970. Pada awalnya Pak Dhuwur berjualan mie kopyok ini dengan berkeliling, hingga sekarang sudah memiliki tempat untuk berjualan sendiri.

Mie kopyok adalah mie yang diolah dengan mencelupkannya berkali-kali ke dalam air mendidih. Hal ini bertujuan agar mie menjadi lembek. Kemudian menambahkan bahan makanan lain seperti tahu pong, lontong, serta taburan bawang goreng dan juga seledri. Terakhir disiram dengan kuah khas yang nikmat. Kamu bisa menikmati kuliner yang satu ini dengan berbagai makanan pendamping, seperti kerupuk.

  1. Babat Gongso

kuliner semarang, babat gongso
sumber instagram @HungryCikarang

Membicarakan kuliner Semarang, yang pertama kali terlintas sudah pasti lumpia. Tapi masih ada kuliner khas lain yang layak untuk kamu coba, yaitu babat gongso. Ibarat kata berkunjung ke kota Semarang tanpa mencoba kuliner yang satu ini, rasanya kurang lengkap dan masih ada yang kurang.

Babat gongso adalah menu makanan yang terbuat dari olahan babat sapi yang dipotong-potong kemudian direbus. Merebusnya terlebih dahulu untuk menghasilkan tekstur yang empuk agar mudah ketika mengunyahnya. Secara umum rasanya cenderung pada manis dan pedas. Manisnya berasal dari kecap yang membaluti makanan ini sehingga menghasilkan warna yang kehitaman. Bumbu lain yang termasuk dalam bahan olahan babat gongso ini adalah cabai merah/cabai rawit, bawang merah dan putih,  jahe, dan daun salam.

Rasa manis dan pedasnya akan membuat selera makan kamu semakin meningkat ketika menyantap babat gongso ini. Memang tidak begitu populer seperti lumpia, namun babat gongso ini masih bisa dengan mudah kamu dapatkan di kota Semarang.

Nah demikianlah informasi singkat mengenai beberapa kuliner unik khas Semarang dengan rasa yang lezat. Masih banyak kuliner Semarang lainnya yang memiliki cita rasa yang yahud. Kamu bisa mengeksplor sendiri dengan berwisata kuliner ketika sedang mengunjungi kota ini. Banyak kuliner Semarang instagram banget bagi kamu anak hits milenial.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *