Wisata  

Tempat Wisata di Kendal yang Nggak Kalah Seru untuk Dijelajahi

Tempat Wisata di Kendal
Sumber: Instagram @welerinenii

Dekat dengan Semarang, tempat wisata di Kendal pun banyak yang nggak kalah seru untuk kamu jelajahi lho. Ada berbagai wisata alam yang bisa jadi pilihan. Termasuk pantai, air terjun, dan perkebunan teh. Juga goa yang sangat terkenal dalam pewayangan. Mau tahu mana saja wisata seru di Kendal? Baca artikel ini sampai habis ya!

Kabupaten Kendal termasuk dalam wilayah metropolitan Kedungsapur bersama Demak, Ungaran, Salatiga, Semarang, dan Purwodadi. Kota Kendal terkenal dengan julukan Kota Santri karena banyaknya pondok pesantren di wilayah ini. Makanan khas Kendal sendiri ada bermacam-macam. Misalnya sate bumbon, momoh, rica mentok (angsa), mangut lele, pecel kembang turi, brongkos, sumpil, kerupuk rambak, dan masih banyak lagi. Jadi, belum lengkap berwisata ke sini tanpa mencicipi aneka kuliner Kendal yang nagih banget. Untuk wisatanya pun beragam dan menarik untuk kamu sambangi, misalnya destinasi berikut:

1. Pantai Cahaya

Tempat Wisata di Kendal
Sumber: Instagram @kiky_habsari

Pantai di Kendal ini juga terkenal dengan nama The Sea. Sebuah destinasi wisata pantai yang termasuk baru di Kendal, dengan segala fasilitasnya yang mungkin jarang kamu temukan di pantai lainnya. Salah satunya adalah karena pihak pengelolanya merupakan lembaga konservasi satwa yang berkonsentrasi pada penangkaran lumba-lumba. Di sinilah tempatnya kamu bisa menyaksikan atraksi mamalia laut super pintar ini, berenang bersama mereka, hingga mengikuti langsung proses perawatan lumba-lumba. Selain itu, di Pantai Cahaya Kendal juga ada kebun binatang mini, kolam apung, kolam renang, area mandi bola, kereta mini, wahana permainan anak, perahu kano, dan masih banyak lagi. Ada juga area bersantai dengan gazebo dan balkon untuk menikmati pemandangan, terutama panorama matahari terbenamnya yang eksotik.

2. Curug Sewu

Tempat Wisata di Kendal
Sumber: Instagram @adierwnt

Merupakan air terjun tertinggi di Kendal, Curug Sewu punya tiga aliran air terjun dengan tinggi mencapai 80 meter! Arus air terjunnya pun cukup deras, jadi, hati-hati ya kalau berada di dekat air terjun ini. Kalau beruntung, tak hanya keindahan air terjun dan alam sekitar saja yang bisa kamu nikmati di sini. Terkadang bahkan muncul pelangi yang indah di sana. Banyaknya pengunjung membuat pengelola membangun bermacam fasilitas pendukung di sekitar area Curug Sewu. Jadi, kamu tak perlu takut akan kelaparan, karena kamu bisa segera mengisi perut di warung terdekat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Jember, Berikut 7 Rekomendasi yang Harus Kamu Kunjungi

3. Curug Semawur

Sumber: Instagram @rumputliaradv2018

Satu lagi obyek wisata air terjun, yang kali ini berlokasi di Kejiwan, Blumah, Plantugan, Kendal. Air terjun ini punya air yang jernih dan segar. Juga pemandangan alam nan hijau di sekitar tempat wisata di Kendal ini yang  pastinya menyejukkan mata. Menuju area Curug Semawur, kamu perlu sedikit berjalan santai melewati area perkebunan kopi, perbukitan hijau, serta sungai-sungai yang masih bersih.

4. Danau Banaran

Tempat Wisata di Kendal
Sumber: Instagram @welerinenii

Kalau ingin menenangkan pikiran dengan mendekatkan diri dengan alam, Danau Banaran tempatnya. Lokasinya ada di area kebun cengkeh. Air danau yang jernih berwarna hijau kebiruan yang cantik. Karena beningnya danau, kamu pun akan bisa mengawasi ikan-ikan yang berenang gembira di dalam sana. Alam di sekitar danau masih hijau asri, sehingga membangun suasana yang tenang dan nyaman. Pastinya akan membuatmu betah berlama-lama di sana, memandangi keindahan danau. Bonusnya, foto instajenik berlatar alam yang indah. Mau ke Danau Banaran? Pergi saja ke Surugajah, Ngargosari, Sukorejo, Kendal.

5. Goa Kiskendo

Tempat Wisata di Kendal
Sumber: Instagram @panoramakendal__

Nama gua di Kendal ini pasti tak asing lagi buat kalian para penggemar cerita Ramayana dalam pewayangan. Pasalnya, nama Goa Kiskendo terkenal sebagai lokasi Kerajaan Kiskendo dengan rajanya dari bangsa Wanara atau kera yaitu Subali. Tenang, di Goa Kiskendo yang ada di Trayu, Singorojo, Kendal ini kamu nggak bakal ketemu sama bangsa Wanara kok. Malah, kamu akan disambut oleh stalakmit dan stalaktit yang memesona, siap menemanimu menjelajahi gua. Selain itu, di dalam Goa Kiskendo juga ada aliran sungai yang masih murni lho. Perjalanan menuju mulut gua pun tak kalah menarik. Banyak flora dan fauna bisa kamu saksikan di sepanjang jalan. Pun alamnya yang masih sangat alami pastinya bisa menghempaskan rasa lelahmu selama perjalanan.

Baca Juga ini Ya !! =>  6 Tempat Wisata di Situbondo dengan Pemandangan Alam yang Eksotis

6. Plantera Fruit Paradise

Sumber: Instagram @explorekendal

Di Kendal, salah satu wisata keluarga adalah Plantera Fruit Paradise atau Agro Wisata Ngebruk Patean. Sesuai namanya, tempat wisata di Kendal ini adalah berupa perkebunan seluas 234 hektar. Area kebun penuh dengan pohon-pohon buah aneka ragam yang berderet rapi. Menjadikan tempat ini cukup Instagram-worthy. Saking luasnya area perkebunan, tersedia mobil wisata yang siap mengajak kamu sekeluarga berkeliling. Beragam pohon buah yang ada di Plantera Fruit Paradise antara lain durian montong, kelengkeng itoh, rambutan bijai, jambu citra, srikaya, melon, semangka, dan masih banyak lagi. Semua dengan kualitas baik lho!

7. Perkebunan Teh Medini

Tempat Wisata di Kendal
Sumber: Instagram @pesonamedini

Terletak di kaki gunung Ungaran, tepatnya di Desa Ngarepbalong, wisata Limbangan Kendal ini sangat sayang untuk kamu lewatkan. Perkebunan Teh Medini adalah tempat yang tepat untuk menyegarkan mata, jiwa dan pikiran dengan pemandangan hamparan hijau nan asri. Dengan bonus udara segar yang pastinya bisa membuatmu merasa lebih nyaman dan tenang. Di dekat kawasan perkebunan teh Medini juga ada air terjun yang masih sangat alami yang bisa kamu datangi lho. Bisa sekalian menyegarkan diri dengan dinginnya air yang terjun ke kolam dan sungai di bawahnya.

8. River Walk Boja

Sumber: Instagram @riverwalkboja

Wisata Boja Kendal ini juga cocok untuk wisata keluarga. Anak-anak dan orang dewasa pasti menikmati waktu mereka di River Walk Boja. Di sini, selain puas bermain air di kolam renangnya, masih banyak fasilitas pendukung dan aktivitas yang bisa pengunjung lakukan. Ada area outbound, taman hewan, spot foto, juga area rekreasi yang ramah anak. Jadi, selain bisa rekreasi, juga sekalian bisa berinteraksi dan mengenal aneka satwa yang ada di sana. Tempat wisata di Kendal yang satu ini ada di Jalan Veteran, Nagadibolo, Boja, Kendal.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Bandung Ini Selalu Jadi Destinasi Favorit

9. Arung Jeram Tubing Genting

Sumber: Instagram @explorekendal

Berwisata alam belum lengkap kalau belum melakukan olahraga yang memacu adrenalin. Di Kendal, aktivitas seru yang wajib kamu lakukan adalah arung jeram atau river tubing mengarungi Tubing Genting yang menantang. Lokasi tepatnya ada di Dusun Genting, Desa Getas, Kec. Singorojo, Kendal. Arus sungai ini cukup deras, pastinya bisa membuatmu kegirangan saat mengarunginya. Di kiri kanan sungai ada bebatuan yang bertumpuk dan berjejer rapi, menambah keindahan sekitar. Sebuah aktivitas yang cocok dilakukan bersama teman-teman. Seru banget!

10. Pulau Tiban

Sumber: Instagram @indah_cerry

Wisata konservasi alam yang tak pernah sepi pengunjung sejak pembukaannya, Pulau Tiban semula merupakan gundukan pasir pantai. Para wisatawan pun ramai mengunjungi Pulau Tiban untuk mengagumi panorama keindahan alam dari area pulau. Nah, untuk mencegah abrasi serta kerusakan lingkungan akibat banyaknya kunjungan ke Pulau Tiban, maka pulau pun ditanami pohon bakau dan cemara laut. Lokasi Pulau Tiban ada di Desa Kartikajaya, Kec. Patebon, Kendal.

Kalau kamu sudah sering pelesir ke Semarang, tak ada salahnya kali ini melipir ke kabupaten sebelah. Kendal pun punya wisata keren yang nggak kalah seru seperti destinasi di atas. Bakal jadi pengalaman baru untukmu pastinya. Sayang bukan untuk kamu lewatkan?