Wisata  

Tempat Wisata di Cilacap Terpopuler yang Paling Banyak Peminatnya

Tempat wisata di Cilacap
Sumber Gambar: Chris Woodrich

Mencari tempat wisata di Cilacap tak bisa lepas dari pesona berbagai pantai Cilacap yang semuanya indah. Belum lagi wisata Nusakambangan yang, meski namanya bikin merinding, tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Nusakambangan disebut juga sebagai pulau penjara. Pasalnya, pulau di sebelah selatan Kabupaten Cilacap ini adalah lokasi penjara dengan keamanan tertinggi di Indonesia. Tenang, image Nusakambangan sekarang ngga se-seram itu kok. Meski jadi ‘kandang’ narapidana, Nusakambangan punya wisata area pesisir yang menawan lho. Pokoknya, nggak salah kalau sering masuk dalam daftar tempat wisata terfavorit di Cilacap. Nah, kalau mau tahu mana saja tempat wisata di Cilacap yang terpopuler dan paling banyak peminatnya? Simak terus artikel ini sampai habis ya!

1. Pantai Teluk Penyu

Tempat wisata di Cilacap
Sumber Gambar: Chris Woodrich

Teluk Penyu Cilacap menghadap Samudra Hindia, dengan Pulau Nusakambangan menyembul di depannya. Di sini kamu bisa jalan-jalan telanjang kaki di sepanjang bibir pantainya yang luas. Juga berfoto di beberapa spot dengan view terbaik di pantai ini. Termasuk di pemecah ombaknya yang menjadi ciri khas dan daya tarik bagi Pantai Teluk Penyu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah menjelang terbenamnya matahari, karena sunset di sini romantis banget!

Selain karena pemandangan lautnya yang tenang, Pantai Teluk Penyu juga salah satu tempat wisata kuliner Cilacap. Aneka olahan seafood bisa kamu santap dari kios-kios yang berderet di tepian teluk.

2. Segara Anakan

Sumber: Instagram @frachelind

Sebuah laguna yang memisahkan Pulau Nusakambangan dengan Cilacap di Pulau Jawa. Nama Segara Anakan dalam Bahasa Jawa berarti lautan kecil. Cocok dengan deskripsi tempat ini kan? Di sini kamu bisa berwisata mangrove, dengan tanaman bakau dan ikan-ikan yang hidup di sana. Pemandangan alam dengan angin yang berhembus pelan benar-benar kombinasi terbaik untuk membuatmu rileks.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Nganjuk Yang Menarik Untuk  Kalian Kunjungi

3. Kampung Laut

tempat wisata di cilacap
Kampung Laut Cilacap

Kalau menyusuri Segara Anakan ke wilayah bagian barat Pulau Nusakambangan, kamu akan tiba di Kampung Laut. Sebuah kecamatan berupa kampung kecil nan terpencil di Cilacap. Di sini ada hutan mangrove, dan pesona wisata pesisir di Pantai Rancababakan dan Pantai Kalijati. Juga ada wisata gua ke Goa Payung, Goa Pawon, dan Goa Ronggeng.

4. Pantai Kali Kencana

tempat wisata di cilacap
Sumber: Instagram @cilacapkeren

Salah satu pantai terbaik di daerah wisata Nusakambangan adalah Pantai Kali Kencana. Jadi, wajib hukumnya untuk menginjakkan kaki dan merasakan halusnya pasir di pantai ini. Untuk menuju Pantai Kali Kencana, kamu bisa naik perahu selama 15 menit, berangkat dari Pantai Teluk Penyu. Eits, perjalanan belum selesai! Sampai di Pulau Nusakambangan, kamu masih harus trekking dulu menembus hutan, jalan kaki selama sekitar 3 jam, barulah sampai di area pantai. Perlu siapin fisik dan stamina dulu ya gaes! Memang, Pantai Kali Kencana sungguh eksklusif. Tapi itulah keistimewaan pantai dengan pasir putih yang halus dan lautan biru yang indah ini. Karena tak banyak yang berkunjung ke pantai ini, kamu bisa puas menikmati waktumu di sini, seakan sedang berada di pantai pribadi.

5. Pantai Sodong

Sumber: Instagram @hendri.rw

Satu lagi pantai di Cilacap yang wajib kamu datangi. Pesona utamanya tak hanya pemandangan pantai dan laut, tapi juga hijaunya perbukitan dan Gunung Solok di belakangnya. Juga ada sederet pohon cemara yang sering jadi pilihan pengunjung untuk lokasi berfoto. Sebagaimana area pantai kebanyakan, pemandangan matahari terbenam di Pantai Sodong juga sering diburu wisatawan karena keindahannya.

6. Gunung Selok

Sumber: Instagram @yogibadrian

Tempat yang tinggi adalah tempat terbaik untuk mengagumi pemandangan alam di bawahnya. Kamu bisa melakukannya di Gunung Selok. Panorama lukisan alam berupa hamparan karpet hijau alami area persawahan, dengan pepohonan rindang di bukit di dekatnya. Pantai Sodong juga bisa kamu pantau dari atas sini, dengan lautnya yang biru seakan menyatu dengan langit. Luar biasa! Kamu juga bisa mengabadikan panorama yang menghipnotis ini sembari berpose dengan spot-spot selfie di sana. Termasuk, dengan ‘balon udara’ warna warni bertuliskan Gunung Elok View yang khas.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat wisata di Kudus, Menikmati Pesona Alam Hingga Wisata Religi

7. Wisata Hutan Payau

Sumber: Instagram @momo_soewito

Menjadi daerah di area pesisir selatan Jawa, Cilacap tak hanya punya banyak sekali wisata pantai. Wisata Hutan Payau juga punya banyak peminat. Tujuan utamanya sebagai hutan lindung sudah tentu adalah menjaga pantai dari abrasi. Tapi, keindahan hutan bakau memang selalu punya data tarik wisata. Ada berbagai jenis bakau ada di sini, termasuk Api-api, Tancang, Bakau Kacangan, dan Bakau Bandul. Ikan dan burung juga bisa dengan mudah kamu temui di sini. Cara terbaik menikmati wisata mangrove adalah dengan menyewa perahu untuk berkeliling.

8. Waduk Kubangkangkung

tempat wisata di cilacap
Sumber: Instagram @explore_cilacap

Kali ini bukan wisata pantai berombak, tapi waduk dengan airnya yang tenang. Waduk Kubangkangkung ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda lho. Wah, tua juga ya! Dulunya digunakan sebagai sumber air bersih, sekarang waduk ini jadi obyek wisata keluarga yang populer. Kamu bisa bersantai menikmati keindahan waduk dan alam sekitarnya dari tepi waduk. Atau, naik bebek-bebekan untuk berkeliling waduk. Jangan lupa, isi perut dengan aneka kuliner khas Cilacap yang melengkapi kunjunganmu ke Waduk Kubangkangkung. Sempurna!

9. Curug Mandala

tempat wisata di cilacap
Sumber: Instagram @dolan_cilacap

Kalau mau main air di Cilacap, pantai tak menjadi satu-satunya destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Ada juga wisata air tawar yang nggak kalah menawan view-nya. Contohnya, Curug Mandala di Desa Mandala. Tak mudah memang untuk tiba di lokasi. Kamu perlu hiking dulu menembus bukit. Yah, capek sedikit. Tapi akan terbayar begitu sampai di Curug Mandala yang unik. Bisa sekalian menyegarkan badan dari penat dan lelah sehabis jalan-jalan. Ada dua aliran terjun yang mengucur deras dari atas tebing batu. Unik bukan?

10. Benteng Pendem

tempat wisata di cilacap
Sumber: Instagram @anisadheaa

Dinamakan Benteng Pendem karena tadinya banteng yang sudah ada sejak tahun 1861 ini terkubur dalam pasir. Pendem adalah kata dalam Bahasa Jawa yang berarti ‘pendam’. Pada tahun 1986, banteng peninggalan Belanda ini mulai diselamatkan dari keterbengkalaian. Situs ini digali dan dirawat, dan kini, bisa kamu nikmati sebagai salah satu tempat wisata ter-hits di Cilacap. Lokasinya tak jauh dari Pantai Teluk Penyu.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Grobogan, Air Terjun Widuri dan Legenda 7 Bidadari

11. Kemit Forest

Sumber: Instagram @kemitforest_official

Satu lagi area hijau di Cilacap yang banyak didatangi wisatawan karena keindahan alamnya. Pertama-tama, kamu harus berfoto di area hutan pinusnya yang estetik. Lalu, coba nikmati pemandangan alam dari berbagai spot foto menantang, seperti sepeda gantung atau ayunan. Pastinya membuat adrenalin terpacu! Berani coba? Apa kamu masih bisa menikmati pemandangan sekitar, atau malah sibuk gemetar dan deg-degan nih? Tenang, semua aktivitas ini disertai pengaman kok, jadi jangan khawatir ya!

Wah, semuanya keren-keren ya pemandangannya! Selain ke-11 tempat wisata di atas, masih banyak lagi destinasi-destinasi hits di Cilacap yang nggak kalah populer lho. Bikin nggak sabar mau berkeliling Cilacap dan menapakkan kaki ke semua tempat wisata di Cilacap ini?