Wisata  

Tempat Wisata di Brebes yang Wajib Masuk Intinerary

tempat wisata di brebes
Sumber: Instagram @ranto_canyon

Pertama kali melancong ke Kota Bawang? Ini dia daftar tempat wisata di Brebes yang wajib kamu datangi pertama kali! Ada wisata air terjun, waduk, pantai, bukit, dan lain-lain. Semuanya sudah barang tentu memiliki pemandangan yang luar biasa. Nggak kalah dengan tempat wisata di kota-kota lainnya deh.

Kabupaten Brebes adalah kota kecil di Jawa Tengah yang punya 17 kecamatan, dengan ibukotanya yaitu Kota Brebes. Kamu biasanya mengunjungi kota pinggir pantai ini kalau mau bepergian dari Jakarta ke Semarang atau Surabaya, dan sebaliknya. Nah, kalau kamu sudah sering bolak balik ‘hanya lewat’ kota Brebes, bagaimana kalau coba berlibur ke sana? Who knows, mungkin bakal jadi pengalaman tak terlupakan buatmu. Cek dulu yuk ulasan masing-masing tempat wisatanya berikut ini:

1. Kalibaya Park

tempat wisata di brebes
Sumber: Instagram @kalibaya_park

Selain pemandangannya yang keren abis, Kalibaya Park atau Kawasan Lio Rimba Raya juga menawarkan berbagai aktivitas seru untuk kamu coba. Ada ATV, arena outbound, rumah pohon, gardu pandang dengan panorama sekeliling yang pastinya Instagramable, hingga ayunan ekstrim di ketinggian. Banyak gardu pandang dengan tema berbeda di sini. Salah satunya menyuguhkan pemandangan perbukitan dan Waduk Malahayu nun jauh di sana. Mesmerizing! Lokasi Kalibaya Park ada di Desa Pasir Panjang, Kec. Salem, Brebes.

2. Agrowisata Kaligua (dan Kebun Teh Kaligua)

tempat wisata di brebes
Sumber: Instagram @kaliguangangeni

Kayak di Puncak, tapi ini di Brebes. Itulah gambaran Kaligua. Hamparan kebun teh di ketinggian 2.050 mdpl yang berhawa sejuk dingin, juga panorama perbukitan yang bakal bikin kamu melongo. Kayak di Puncak kan? Bedanya kamu nggak perlu bermacet-macet ria meski ke tempat wisata di Dusun Kaligua, Pandansari, Paguyangan, Brebes ini. Nah, selain keliling kebun teh, kamu juga bisa mencicipi langsung produk teh khas Kaligua yang nikmat.

3. Curug Bentar

tempat wisata di brebes
Sumber: Instagram @explorebrebes

Ada beberapa wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi di Brebes. Salah satunya adalah Curug Bentar ini. Bukan berarti kamu bakal disuruh menunggu sebentar ya. Nama curug ini diambil dari nama desa yang menjadi lokasi dimana air terjun ini berada. Yaitu Desa Bentar, Kec. Salem, Kab. Brebes. Airnya yang jernih segar merayapi dinding tebing setinggi 35 meter lalu mengalir turun masuk ke dalam ceruk gua. Menjadi keunikan tersendiri bagi Curug Bentar. Apalagi ditambah cahaya ilahi sinar matahari yang tepat, menghasilkan pemandangan surgawi yang indah.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Kendal yang Nggak Kalah Seru untuk Dijelajahi

4. Curug Putri

tempat wisata di brebes
Sumber: Instagram @infokabupatenbrebes

Kalau air terjun yang satu ini butuh perjuangan ekstra untuk mencapainya. Letaknya di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kec. Sirampong, Brebes. Lokasinya tersembunyi dan belum banyak ‘bantuan’ dari masyarakat dan pemerintah daerah yang bisa mempermudah perjalanan ke Curug Putri ini. Dari tempat memarkir kendaraan, kamu masih harus berjalan kaki lewat area persawahan dan jalan setapak sekitar 500 meter lagi. Harus lewat tebing yang cukup terjal pula. Hati-hati ya! Meski cukup berat, pemandangan alam yang asri bakal setia menemani kamu sepanjang track ke area air terjun kok. Apalagi pemandangan air terjunnya, worth the effort. Keunikan Curug Putri ada pada dinding tebing yang menjadi latar terjunnya air dari atas sana. Bertekstur unik, menambah eksotisme tempat ini.

5. Ranto Canyon

tempat wisata di brebes
Sumber: Instagram @ranto_canyon

Saatnya basah-basahan sambil memacu adrenalin! Ranto Canyon di Desa Windusari, Salem, Brebes ini tempatnya melakukan susur sungai yang menantang. Jalurnya pendek, tak sampai satu kilometer jauhnya. Tapi jangan salah, sensasinya luar biasa, seru abis! Di tengah-tengah jalur jeram ada air terjun mini yang harus kamu taklukkan. Lokasi bernama Leuwih Ranto ini adalah aliran sungai yang diapit dua tebing tinggi. Sangat pas buat berenang, body rafting, juga cliff diving. Untuk ikutan aktivitas menegangkan ini, siapkan budget sebesar 30 ribu rupiah untuk tiketnya.

6. Bukit Panenjoan Salem

Sumber: Instagram @panenjoan_salem

Satu lagi tempat wisata di atas awan Kabupaten Brebes. Bukit Panenjoan di Dukuh Babakan, Desa Wanoja, Salem, Brebes tempatnya. Karena berada di bukit yang tinggi, kalau kabut sedang turun, kamu bisa menikmati sensasi berada di Negeri Atas Awan. Setelah kabut hilang pun, pemandangan hijau di bawah sana bukan sesuatu yang bisa kamu lewatkan begitu saja. Salah satu tempat terbaik untuk hunting pemandangan matahari terbit yang indah,

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat wisata di Kudus, Menikmati Pesona Alam Hingga Wisata Religi

7. Dadablangan Malahayu (dan Waduk Malahayu)

tempat wisata di Brebes
Sumber: Instagram @umy_umar

Yang ini lumayan baru di Brebes. Masyarakat Malahayu sendiri yang menyuguhkan tempat wisata di atas bukit Dadablangan ini. Daya tarik utamanya tentu adalah pemandangan alam yang memesona. Apalagi ditambah dengan Waduk Malahayu yang mengintip di belakang hamparan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Yang unik di tempat wisata yang berlokasi di Jalan Cawiri Indah, Malahayu, Banjarharjo, Brebes ini adalah gardu pandangnya. Beberapa bilik gardu pandang dari bambu dengan atap jerami ditata rapih berjejer di atas bukit. Nah, mumpung di Malahayu, kamu juga bisa turun ke bawah, melihat keindahan Waduk Malahayu dengan lebih dekat.

8. Danau Beko

Sumber: Instagram @exploretegal

Yuk melipir sebentar ke kota sebelah, Tegal. Dulunya merupakan tempat penambangan kapur, Danau Beko di Dusun Karangdawa, Karang Asem, Margasari, Tegal kini menawarkan pemandangan yang eksotis. Lokasinya hanya sekitar 25 menit berkendara dari Pabrik Gula Jatibarang, Brebes. Munculnya beberapa kolam di area Danau Beko adalah akibat ketidaksengajaan yang berakhir baik. Kolam itu adalah bekas kerukan aktivitas penambangan kapur yang terisi air. Pemandangan dari atas sungguh fenomenal, pantas jadi model bagi para pecinta fotografi lansekap. Tapi, jangan berenang di sini ya! Berbahaya!

9. Pabrik Gula Jatibarang

tempat wisata di brebes
Sumber: Instagram @lovebrebes

Kali ini tempat wisata yang rustic, tempatnya foto-foto dengan relik tua berumur 175 tahun yang pastinya Instajenik! Pabrik Gula Jatibarang di Jalan Raya Jatibarang – Slawi, Kec. Jatibarang, Brebes memang menggelitik rasa penasaran orang yang melihat. Kompleks bekas pabrik gula peninggalan Belanda dengan segala ‘rongsokan’ djadoel ini tak jarang jadi spot foto anak-anak muda kekinian. Properti foto pun sudah tersedia, mulai dari kereta tua berkarat, lori pengangkut tebu, hingga arsitektur bangunannya yang terbengkalai tapi kuno dan unik.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Purworejo Terbaik yang Jadi Ikon Pariwisata

10. Wisata Mangrove Pandansari

Sumber: Instagram @dewimangrovesari

Mau keliling hutan bakau seluas 200 hektar? Di Brebes bisa, tepatnya di wisata Mangrove Pandansari di Desa Kaliwingi. Dengan tiket seharga 10 ribu untuk anak-anak dan 20 ribu untuk orang dewasa, kamu bisa menjelajahi hutan bakau yang jadi rumah bagi jutaan pohon bakau. Selain itu, Kamu juga bisa menyewa perahu kecil untuk menyusuri pesisir Brebes dan menapakkan kaki ke pulau pasir di sana.

11. Pantai Randusanga

Sumber: Instagram @spekulum_

Siapa bilang pesona pantai Brebes kalah jauh dari pantai di pesisir selatan Jawa? Salah satu pantai yang sering menjadi pilihan warga untuk mengisi liburan adalah Pantai Randusanga di Krajan, Randusanga Wetan. Di sini, fasilitas yang disediakan cuku lengkap. Ada tempat juga untuk duduk-duduk menikmati deburan ombak dan hembusan angin pantai. Jangan lupa abadikan momen dengan berfoto di beberapa titik spot foto di pantai ini ya.

Oke, jadi itu tadi 11 tempat wisata di Brebes yang recommended untuk kamu datangi. Apalagi kalau kamu pertama kali berwisata ke Kota Telur Asin, Jangan lupa beli oleh-oleh telur asin dan bawang khas Brebes sambil melakukan wisata kuliner Brebes juga ya. Semoga kunjunganmu menyenangkan!