Wisata  

9 Tempat Wisata di Blitar untuk Menikmati Keindahan Alam

tempat wisata di Blitar
Sumber Instagram @kokowijayanto

Blitar, kota dengan julukan Kota Proklamator ini tidak hanya menjadi kota yang bersejarah, tetapi juga menyimpan banyak keindahan alam. Dengan banyaknya tempat wisata di Blitar terbaru 2021 yang hadir dan hits, tempat-tempat wisata lama berlomba memperbaiki layanan dan fasilitas untuk bisa tetap menarik minat wisatawan. Jika kamu bingung bagaimana menghabiskan waktu liburanmu, rekomendasi tempat wisata Blitar yang sudah buka berikut ini mungkin bisa memberikan jawaban.

1. Pantai Peh Pulo

tempat wisata di Blitar
Sumber Instagram @vivi.ayuu_

Objek wisata alam pantai Peh Pulo ini sering disebut sebagai Raja Ampat versi hemat. Julukan itu tersemat berkat gugusan pulau karang kecil yang ada di sekitarnya, sehingga membuatnya sekilas terlihat seperti pantai di Raja Ampat. Selain itu, pantai ini juga memang menyimpan keindahan pasir putih yang memukau. Buat kamu yang belum berkesempatan untuk bisa pergi ke Raja Ampat, maka kamu bisa pemanasan dulu dengan mengunjungi pantai Peh Pulo ini

Kamu akan merasa sangat betah ketika berkunjung ke dini. Pemandangan pasir putihnya akan memanjakanmu, ditambah dengan airnya yang jernih dihiasi indahnya ombak khas pantai selatan.

2. Pantai Umbul Waru

Sumber Instagram @__kerehore__

Pantai Umbul Waru memiliki keunikan tersendiri dalam menarik minat para wisatawan. DI pantai ini kamu bisa melihat air terjun yang airnya langsung jatuh ke lautan lepas. Jadikamu bisa bermain di pantai sambil menikmati indahnya air terjunnya. 

Lokasi wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin pergi sejenak dari suasana hiruk pikuk perkotaan. Sebab pantai ini masih cukup tersembunyi, sehingga masih sedikit wisatawan yang tau dan berkunjung ke lokasi ini, jadi akan sangat pas untuk menenangkan pikiran dan melepas penat. Kamu bisa bermain pasir dan berenang di airnya seakan pantai pribadi.

3. Pantai Pangi

Sumber Instagram @alifarkhan__

Objek wisata pantai yang terakhir adalah Pantai Pangi. Bagi kota yang berbatasan langsung dengan laut, wisata pantai memang menjadi jualan utama dan selalu mendatangkan banyak pengunjung. Tidak berbeda jauh dengan di Blitar. Kota ini memiliki beberapa pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Pangi ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Jombang, Berikut 8 Rekomendasi yang Wajib Dikunjungi

Bagi masyarakat Blitar, pantai ini sudah tidak asing lagi. Pantai Pangi menjadi salah satu objek wisata yang sudah sangat populer dan menjadi tujuan wisata masyarakat Blitar ketika akhir pekan maupun liburan. Yang membuat pantai ini menarik adalah teluk kecil yang diapit oleh tebing karang di sisi kanan dan kirinya. 

4. Air Terjun Jurug Bening

Sumber Instagram @abbeyegha

Buat kamu yang suka bermain dengan air, Blitar menyediakan objek wisata alam yang cocok buat kamu, yaitu Wisata Air Terjun Jurug Bening. Di sini kamu tidak hanya disuguhi indahnya pemandangan air terjun, tapi juga hamparan persawahan akan ikut memanjakan matamu. Karena lokasinya di sekitar persawahan, akses menuju ke wisata ini kita akan melewati sawah. Selalu waspada dan berhati-hati karena kita juga akan melewati jalur jalan yang agak sempit dan menuruni bukit yang licin dan cukup terjal.

Meskipun butuh perjuangan yang ekstra untuk bisa sampai, wisata alam yang terletak di Dusun Sumberdadi, Blitar ini akan membayar dengan pemandangannya yang syahdu. Selain itu, kamu juga bisa menyegarkan diri dengan bermain air.

5. Air Terjun Tirto Galuh

tempat wisata di Blitar
Sumber Instagram @kokowijayanto

Satu lagi objek wisata alam air terjun yang jangan sampai kamu lewatkan ketika berkunjung ke Blitar adalah air terjun Tirto Galih. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memukau. Jika kamu ingin refreshing sejenak dari kesibukan pekerjaan, maka air terjun Tirto Galih ini boleh kamu coba. Kesejukan udaranya yang alami dan suasananya yang sunyi akan membuat kamu lebih tenang.

Objek wisata Air Terjun Tirto Galih ini bertempat di Desa Sidomulyo, Blitar. Banyak spot menarik yang bisa kamu jadikan sebagai latar untuk berfoto. Bagi kamu yang hobi dengan wahana ekstrim, di objek wisata ini tersedia wahana flying fox. Kamu bisa  menguji adrenalin dengan mencoba wahana ini.

6. Wisata Alam Gumuk Sapu Angin

tempat wisata di Blitar
Sumber Instagram @ayuanitapetrisia

Objek wisata Gumuk Sapu Angin ini berada di Desa Resapombo, Doko, Blitar. Wisata ini sangat populer di kalangan anak muda milenial yang hobi mengabadikan momen di lokasi-lokasi his. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam dengan view perbukitan yang hijau.

Baca Juga ini Ya !! =>  Liburan Eksotis, Ini Tempat Wisata di Nusa Dua Bali yang Perlu Kamu Coba

Ada banyak spot yang bisa kamu jadikan tempat berfoto atau selfie dengan objek pemandangan yang syahdu. Dari gardu pandangnya kamu bisa melihat indahnya penampakan Gunung Kawi dan Gunung Kelud di kejauhan. Jika kamu mengunjungi tempat ini di pagi hari, kamu bisa menghirup udara perbukitan yang segar, berkat banyaknya pepohonan hijau yang asri.

Untuk masuk ke objek wisata alam Gumuk Sapu Angin ini, kamu cukup membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 untuk hari biasa, dan Rp 10.000 untuk akhir pekan.

7. Bukit Teletubbies

Sumber Instagram @Anitaa_sari05

Masih dengan pemandangan perbukitan, tempat wisata di Blitar yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan perbukitan hijau yang megah. Objek wisata ini sangat wajib untuk kamu kunjungi jika mengaku sebagai anak hits masa kini. 

Nama Bukit Teletubbies disematkan karena penampakannya yang menyerupai perbukitan yang ada di serial tv dengan judul Teletubbies. Di sini kamu bisa memanjakan mata dengan pemandangan perbukitan. Sangat cocok untuk melepas lelah dan menyegarkan pikiran. Objek ini bisa menjadi lokasi yang pas untuk dikunjungi di akhir pekan, apalagi buat kamu yang ingin melepaskan penat setelah seminggu bekerja.

Banyak fasilitas yang tersedia dan bisa kamu nikmati, diantaranya adalah spot-spot foto yang instagramable, penyewaan ATV dan juga hammock yang disediakan oleh pengelola. Untuk masuk ke objek wisata ini tidak dipungut biaya, akan tetapi kamu perlu membayar untuk bisa menikmati masing-masing wahana.

8. Kampung Cokelat

Sumber Instagram @fidanzata_life

Kamu pecinta cokelat?Jjika demikian, Kampung Cokelat ini merupakan surga untuk kamu. Tempat wisata di Blitar ini bisa menjadi wahana edukasi bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak dan mengenal segala sesuatu tentang cokelat. Lokasinya berada di Desa Plosorejo, Jl. Banteng Blorok No. 18, Kademangan, Blitar, Jawa Timur.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Trenggalek, Goa Lowo Terpanjang se-Asia Tenggara

Di sini kamu bisa mempelajari bagaimana menyiapkan bibit cokelat, proses penanaman, hingga pada proses pengolahan cokelat menjadi makanan yang lezat. Tidak hanya itu, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak bisa mencicipi kelezatannya. Menjadi salah satu tempat nongkrong di Blitar yang cukup populer, kamu bisa menikmati kelezatan cokelat di Kampung Cokelat ini. Selain itu ada juga wahana permainan khusu untuk pengunjung yang datang. diantaranya adalah perahu air dan play ground bagi yang membawa anak-anak.

9. Goa Luweng

Simber Instagram @rivennasution

Tempat wisata di blitar yang berikutnya adalah wisata Goa Luweng. Objek wisata ini sangat menarik minat para wisatawan karena keindahannya. Dari atas gua ini ada air yang jatuh, sehingga terlihat seperti air terjun. Dan berkat pantulan cahaya yang masuk membuat pemandangan dan suasana dalam gua terlihat begitu indah.

Buat kamu pecinta alam, maka objek wisata yang satu ini sangat wajib kamu kunjungi. Lokasinya berada di Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Bakung, Blitar – Jawa Timur. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk bisa menikmati keindahan alam Goa Luweng ini.

Selain objek wisata alam, ketika mengunjungi kota Blitar kamu bisa berburu wisata kuliner di beberapa tempat makan di Blitar. Demikianlah rekomendasi tempat wisata di Blitar yang bisa kami sampaikan. Apakah ada dari salah satu objek wisata di atas yang pernah kamu kunjungi? Bagi kamu yang berniat akan berlibur ke kota blitar, semoga rekomendasi tempat-tempat wisata di atas bisa membantu kamu untuk menentukan tujuan liburan. Namun sebisa mungkin untuk memastikan terlebih dahulu mana saja tempat wisata di Blitar yang sudah dibuka.