Wisata  

Tempat Wisata di Karanganyar dengan Pemandangan Alam Memesona

Tempat wisata di Karanganyar
Sumber: Instagram @riyonno

Tempat wisata di Karanganyar banyak yang menawarkan panorama lukisan alam yang menakjubkan. Misalnya, destinasi di bawah ini. Berbeda dengan tempat wisata di Solo yang lebih terfokus pada wisata budaya dan sejarah, tempat wisata di Karanganyar menawarkan wisata alam. Kabupaten yang terletak di sebelah timur dan utara Kota Solo ini memang dikaruniai kondisi alam yang jempolan. Udaranya sejuk segar, dan lingkungannya masih sangat asri. Salah satu kecamatan di Karanganyar dengan banyak sekali obyek wisata alam yang saling berdekatan lokasinya adalah Ngargoyoso. Artikel kali ini akan memberikan daftar tempat wisata di Karanganyar terutama Ngargoyoso untuk kamu yang ingin berada lebih dekat dengan alam. Check them out!

1. Candi Ceto

Tempat wisata di Karanganyar
Sumber: Instagram @riyonno

Merupakan salah satu candi tertinggi di Indonesia, kemegahan di lereng lawu pada ketinggian 1.496 mdpl, adalah Candi Ceto. Kompleks candi agama Hindu ini juga menjadi salah satu jalur favorit pendaki untuk naik ke puncak Gunung Lawu. Cukup perlu usaha untuk tiba di lokasi, dan kondisi kendaraan kamu harus sangat prima untuk bisa menanjak ke tempat parkir terdekat. Sebelum masuk area candi, beli tiket dulu, mulai 10 ribu rupiah. Lalu petugas akan meminjamkan kain poleng yang harus kamu pakai selama ada di area Candi Ceto.

Bagian paling fotogenik tentunya adalah undakan dan gapuranya yang Instagram-worthy. Jika sedang berkabut, pemandangan di bawahnya akan tertutup kabut. Jadi, seakan kamu sedang berada di negeri di atas awan.

Lokasi: Ceto, Gumeng, Jenawi, Karanganyar

2. Kebun Teh Kemuning

tempat wisata di Karanganyar
Sumber: Instagram @sbncrnns

Wisata Kemuning Karanganyar penuh dengan spot-spot foto di tengah kebun teh yang luas. Selain jalan-jalan santai dan selfie-selfie cantik, pengunjung terutama anak-anak muda biasanya nongkrong di area warung yang bertebaran di pinggir-pinggir kebun. Sambil ngopi, ngeteh, atau makan mie instant untuk menghangatkan badan. Kalau mau nongkrong yang lebih berkelas, di kawasan kebun teh Kemuning juga ada banyak tempat makan hits seperti Ndoro Donker, Bale Branti, Bali Ndeso, dan lain sebagainya. Mengamati tanaman teh sejauh mata memandang sambil menyeruput secangkir Earl Grey berasa kayak bangsawan Eropa kali yak.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Grobogan, Air Terjun Widuri dan Legenda 7 Bidadari

Oh ya, di dekat area kebun teh, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas yang lebih menantang loh. Ada river tubing, outbound, hingga paralayang. Kalau kamu suka aktivitas yang memacu adrenalin, cobain sensasi tubing dan paralayang di sini juga ya.

Lokasi: Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar

3. Tahura KGPAA Mangkunagoro I

Sumber: Instagram @tahura_mangkunagoro

Di wilayah Karanganyar memang masih terdapat banyak hutan. Salah satu area hutan yang layak untuk kamu jelajahi adalah Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro I. Tempat yang tepat untuk hunting foto dengan latar hutan berkabut ala film Twilight. Tak hanya penuh dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Di sini juga ada taman, sendang, air terjun, dan goa. Bisa juga untuk wisata keluarga yang lebih ramah anak-anak, yaitu area outbound dan camping ground nya.

Lokasi: Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar

4. Air Terjun Jumog

Sumber: Instagram @longgohindarto_

Salah satu alternatif wisata untuk Grojogan Sewu di Tawangmangu adalah Air Terjun Jumog. Meski tak setinggi Grojogan Sewu, pesona Air Terjun Jumog tak bisa diremehkan. Akses menuju air terjun dari tempat parkir bawah pun lebih mudah dan dekat. Jadi, nggak perlu kuatir capek naik turun tangga untuk bisa mengagumi keindahan tempat ini. Tapi, untuk bisa lebih maksimal menikmati pemandangan alam di sini, datanglah saat hari kerja. Pasalnya, Air Terjun Jumog selalu padat pengunjung setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

Lokasi: Berjo, Gandu, Ngargoyoso, Karanganyar

5. Telaga Madirda

Sumber: Instagram @dderismatus__

Beberapa tahun yang lalu hanya menjadi sebuah telaga biasa, kini Telaga Madirda sudah jauh lebih siap menyambut kedatangan wisatawan. Di lokasi, para penikmat alam tak hanya bisa duduk bersantai sambil memandangi telaga yang tenang serta perbukitan hijau di sekitarnya. Di lapangan dekat telaga, kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah. Wah, pastinya jadi pengalaman yang berbeda ya, camping di tepi telaga.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Sumenep, Surganya Pecinta Pulau dan Gili

Lokasi: Area Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar

6. Grojogan Jurang Jero

Sumber: Instagram @explorekabkaranganyar

Satu lagi wisata air terjun di Karanganyar. Kali ini merupakan bagian dari wisata Karangpandan. Dinamakan Jurang Jero yang artinya ‘jurang yang dalam’ karena air terjun ini cukup tinggi, jadi, jurang di atas sana cukup dalam. Berbeda dengan Air Terjun Jumog, kamu perlu jalan lumayan jauh untuk tiba di area air terjun. Tapi tenang. Area persawahan dan kebun duren siap menemani perjalanan kamu menuju Grojogan Jurang Jero.

Lokasi: Gerdu, Kalongan, Karangpandan, Karanganyar

7. The Lawu Park

tempat wisata di Karanganyar
Sumber: Instagram @ash_w.98

Tempat wisata di Tawangmangu relatif baru dan sangat lengkap. Kamu bisa ngapain aja di sini, mulai dari menjajal area outbound-nya, berpetualang ke seluruh area naik Jeep, nyobain naik motor trail atau main ATV juga bisa. Atau mau nonton film di 3D Cinema? Mau duduk-duduk santai sambil ngemil mendoan hangat sambil mengawasi anak-anak yang sibuk lari-larian dan main sana sini juga boleh. Belum puas main seharian? Lanjut nginep aja. The Lawu Park juga menyediakan penginapan berupa kamar-kamar terpisah yang Instagramable, serta area camping dan glamping. Lengkap banget kan bund?

Lokasi: Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar

8. Sakura Hills

tempat wisata di Karanganyar
Sumber: Instagram @ocyong

Tempat wisata ala Jepang agaknya sedang nge-hits belakangan ini di Indonesia ya. Karanganyar nggak mau kalah nih. Ada tempat wisata di Karanganyar yang bertemakan Negeri Sakura, lengkap dengan gerbang torii nya yang khas. Juga zen garden yang unik. Nah, karena memang temanya Jepang, kamu bisa merasakan pengalaman wisata all-about-Japan di sini. Menyewa kimono atau kostum samurai, juga menjajal Ninja Squad Outbound-nya. Atau, mau mengadakan cosplay photo shoot sendiri juga boleh. Bahkan, ada pohon bunga sakura juga lho!

Baca Juga ini Ya !! =>  7 Tempat Wisata di Ngawi yang Bisa Menjadi Tujuan Liburan Kamu

Lokasi: Jalan Raya Matesih-Tawangmangu no. 16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu

9. Rumah Atsiri

tempat wisata di Karanganyar
Sumber: Instagram @rumahatsiri

Mau berwisata yang edukatif? Datang saja ke Rumah Atsiri, tempatnya belajar tentang essential oil. Tempat dengan luas area sekitar 23.660 meter persegi ini terdiri dari aromatic garden, museum essential oil, tempat workshop ilmiah, toko souvenir serta restoran. Banyak spot cantik buat berburu stock foto Instajenik pula. Untuk masuk ke Rumah Atsiri, biayanya mulai 50 ribu rupiah, yang bisa kamu tukar dengan makanan, buah tangan, atau tiket mengikuti workshop. Nah, mumpung ada di rumah-nya essential oil nih, jangan lupa beli wewangian untuk dibawa pulang ya.

Lokasi: Jalan Watusambang, Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar

10. Astana Giribangun

tempat wisata di Karanganyar
Sumber: Instagram @mas_dhenis

Sudah tahu belum kalau ada salah satu mantan Presiden RI yang dimakamkan di Karanganyar? Ya. Astana Giribangun adalah makam dari Presiden Indonesia ke-2, HM Soeharto (atau Pak Harto). Serta istri beliau, ibu Siti Hartinah atau yang lebih kita kenal sebagai Ibu Tien. Mau berziarah? Area makam Astana Giribangun juga punya arsitektur menarik lho, dengan sentuhan tradisional Jawa.

Lokasi: Jalan Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Matesih, Karanganyar

Selain 10 tempat wisata karanganyar yang sudah buka di atas, masih banyak tempat wisata di Karanganyar dengan pemandangan alam memesona. Yang manapun yang kamu kunjungi, pasti sukses membuatmu rileks dan segar kembali.