Wisata  

Tempat Wisata di Klaten Paling Hits, Banyak Candi dan Umbul

Sumber: Instagram @romeography

Tak banyak yang tahu kalau tempat wisata di Klaten pun punya pesona tersendiri. Banyak candi dan umbul yang bisa kamu datangi bersama kawan-kawan atau keluarga di sini untuk mengisi liburan. Hampir semua tak butuh biaya besar untuk menikmatinya. Bahkan, kamu bisa menghabiskan akhir pekan dengan ceria, hanya bermodal uang parkir 3 ribu perak. Pastinya nggak kalah seru dari berpelesir ke tempat wisata di Solo atau Jogja.

Klaten. Sebuah kabupaten kecil di antara Solo dan Jogja yang ramai diserbu wisatawan lokal dari berbagai daerah. Banyak warga Indonesia dan bahkan warga negara asing yang senang mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja, tempat wisata di Magelang, dan daerah sekitar lainnya. Tapi, tahu nggak sih? Klaten kini juga nggak kalah ramai pelancong loh. Biasanya warga sekitar yang ingin sekedar menghabiskan akhir pekan tanpa perlu bepergian jauh-jauh. Misalnya penduduk Solo Raya dan D.I.Y. Nah, kali ini kita akan bahas 10 tempat wisata di Klaten yang paling hits di kalangan wisatawan. Simak daftarnya berikut ini:

1. Candi Plaosan

tempat wisata di Klaten
Sumber: Instagram @chitraachiet

Kamu tahu nggak, kalau sebagian dari area Candi Prambanan ada di wilayah Kabupaten Klaten? Tapi di sini kita nggak akan bahas obyek wisata yang udah mainstream banget itu. Di Klaten ada beberapa candi lain yang struktur bangunannya nggak kalah mengundang decak kagum. Salah satunya Candi Plaosan di Plaosan Lor, Bugisan, Prambanan, Klaten. Seperti halnya candi agama Hindu, Candi Plaosan juga punya arsitektur yang menawan. Di sekeliling bangunan candi adalah karpet hijau alami rerumputan yang menambah keindahan kompleks candi ini.

2. Candi Sewu

Sumber: Instagram @romeography

Selain Candi Plaosan, sempatkan juga untuk melipir ke Candi Sewu di Dukuh Bener. Di desa yang sama yaitu Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Klaten. Uniknya Candi Sewu, adalah bahwa kompleks candi ini merupakan perpaduan candi agama Hindu dan Buddha. Tentu, menghasilkan arsitektur bangunan candi yang lain dari yang lain. Fakta mengejutkan lain dari Candi Sewu adalah waktu pembangunannya. Kompleks candi Hindu-Buddha ini bahkan lebih tua dari Candi Prambanan dan Candi Borobudur! Pembangunannya pada sekitar abad ke-8 Masehi.

Baca Juga ini Ya !! =>  5 Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan, Untuk Para Pecinta Pantai

3. Umbul Manten

Sumber: Instagram @sabri.paulipu

Umbul atau mata air yang masih asri tapi buanyak sekali pengunjungnya, apalagi di akhir pekan. Ada beberapa kolam di lokasi Umbul Manten, dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kalau kamu mau datang di akhir pekan, usahakan sampai di lokasi sejak pagi ya. Karena makin siang makin berjubel orang-orang yang pengen ngadem di Umbul Manten. Memang Minggu adalah hari biasanya Umbul Manten diserbu rombongan keluarga atau kelompok anak-anak muda. Airnya masih bersih bening, fasilitas cukup lengkap. Banyak warung yang jual aneka minuman, gorengan, dan mie instant pula.

4. Umbul Sigedang – Kapilaler

tempat wisata di Klaten
Sumber: Instagram @nadinelist

Nah, kalau yang ini agak lebih sepi dari Umbul Manten, karena lebih kecil juga luas areanya. Tahun 2019 lalu, Nadine Candrawinata mengunjungi tempat ini loh! Waah, apa sih daya tarik Umbul Sigedang ini? Pertama, tentu, airnya yang super jernih sampai kamu bisa melihat dasarnya yang berupa batu dan tanah. Kedua, pohon-pohon beringin yang rindang menambah keindahan Umbul Sigedang. Ketiga, ada ikannya. Oh ya, lokasinya yang ada di Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten ini dekat dengan sumber mata air AQUA loh!

5. Umbul Cokro

Sumber: Instagram @bayubudiono_

Adalah salah satu tempat nongkrong di Klaten dengan banyak ‘penggemar’ dari kalangan remaja. Terutama anak-anak usia SMA. Tak seperti umbul-umbul lain di Klaten yang relatif baru sebagai destinasi wisata, Umbul Cokro atau Mata Air Cokro Tulung sudah buka sejak puluhan tahun silam. Tak seperti teman-temannya yang biasanya berupa kolam, Umbul Cokro menawarkan wisata air berupa sungai yang airnya selalu jernih. Karena sudah buka sejak lama, fasilitas Umbul Cokro pun jauh lebih lengkap. Bahkan area ini punya waterboom juga untuk anak-anak. Nah, serunya adalah… Untuk tiba di lokasi, kamu harus menyeberangi jempatan setinggi 10 meter yang akan bergoyang-goyang kalau banyak orang melewatinya.

Baca Juga ini Ya !! =>  6 Tempat Wisata di Situbondo dengan Pemandangan Alam yang Eksotis

6. Umbul Ponggok

Sumber: Instagram @umbulponggok

Ada banyak umbul di Klaten. Salah satu yang viral dan terkenal banget adalah Umbul Ponggok ini. Tempatnya menjajal snorkelling dan underwater photography, selain berenang bersama ikan-ikan cantik di sana. Untuk mendukung keinginan pengunjung buat berfoto di dalam air, pihak pengelola mulai menambahkan properti foto nih. Kamu akan bisa menemukan TV, sepeda, dan lain-lain di dasar  kolam. Cukup mudah untuk mencapai tempat ini, dan lokasinya ada di pinggir jalan. Yaitu Jalan Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Klaten. Tiket masuknya pun murah, mulai lima ribu rupiah saja. Tapi ini belum termasuk biaya foto dalam air dan peralatan menyelam ya.

7. Rowo Jombor

tempat wisata di Klaten
Sumber: Instagram @luciasantosoo

Kali ini udah bukan wisata mata air, tapi rawa-rawa gaes. Lokasinya di Desa Krakitan, Bayat, Klaten. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di waduk ini antara lain jogging keliling waduk, memancing, naik rakit, mendaki bukit, menikmati pemandangan sekitar, hingga wisata kuliner. Ada Warung Apung Rowo Jombor, tempatnya mencicipi kuliner khas Klaten dengan menu utama aneka olahan ikan air tawar dan seafood. Deretan warung ini letaknya di tengah-tengah rawa, jadi kamu harus menyeberang naik rakit untuk sampai di salah satu warung di sana. Unik ya!

8. Embung Tirto Mulyo

tempat wisata di Klaten
Sumber: Instagram @kabarsolo

Destinasi wisata di Klaten yang sudah dibuka sejak 2017 silam ini letaknya di Pucang, Tegalmulyo, Kemalang, Klaten. Meski di sini pengunjung nggak boleh berenang, tapi pemandangannya yang spektakuler dan Instagramable menjadi daya tarik wisata baginya. Tujuan utama pembangunannya memang untuk keperluan stock air bersih selama kemarau. Tapi, pemanfaatan embung seluas 0,6 hektar ini lebih dari itu. Selain untuk menampung air hujan, masyarakat bisa mengunjunginya sebagai obyek wisata baru yang potensial. Cocok banget untuk sekedar jalan-jalan nyegerin mata sambil foto-foto. Atau, bisa juga buat olahraga ringan seperti jogging menyusuri pinggiran embung.

Baca Juga ini Ya !! =>  3 Rekomendasi Tempat Wisata di Tulungagung Bernuansa Religius

9. Bukit Cinta

tempat wisata di Klaten
Sumber: Instagram @azhamshot

Tempat wisata di Bayat Klaten ini adalah area spot foto selfie yang cukup hits di Klaten. Daya tarik utamanya tentu saja spot selfie di ketinggian, deck view berbentuk cinta. Uw, romantis nggak tuh?! Apalagi pemandangan alam sekitar dari atas sana yang begitu menawan. Hamparan hijau pepohonan di bawah berpadu dengan birunya langit dengan semburat jingga matahari sore yang hangat. Selain itu, cocok juga untuk berburu sunrise.

10. Deles Indah

Sumber: Instagram @btngunungmerapi

Buat yang belum pernah eksplor wisata Klaten, Deles Indah bisa jadi referensi liburan yang menarik. Adalah sebuah desa wisata dengan pemandangan Merapi sebagai latar. Dari Deles Indah, kamu tak hanya bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan lebih dekat. Cerobong Pabrik Gula Gondang Baru dan Ceper Baru pun bisa terlihat. Juga Rowo Jombor. Lokasi Deles Indah yang ada di ketinggian, sekitar 10 km dari puncak Merapi yang berpenghuni, memang menjadi keuntungan tersendiri. Sayangnya, jalan menuju ke Deles Indah sudah lama rusak nih gaes. Jadi perlu pakai Jeep atau trail untuk bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Deles Indah di atas. Semoga jalannya segera diperbaiki ya~

Nah, itu tadi ke-10 tempat wisata di Klaten yang paling hits. Banyak ya candi dan umbul di sana. Kira-kira kamu mau coba nyemplung di umbul yang mana dulu nih?