Wisata  

10 Tempat Wisata di Lampung Buat Kamu yang Menyukai Alam dan Pantai

pulau balak
Sumber: Tribun Lampung

KabarApik.com, Wisata – Tempat wisata di Lampung menjadi destinasi yang wajib kamu masukkan ke dalam bucket list jalan-jalan kamu. Apalagi kalau kamu adalah orang yang menyukai keindahan alam.

Selain kuliner Lampung yang nikmat, provinsi ini juga dikenal dengan keindahan objek wisata pantainya yang mempesona. Banyak sekali pantai di Lampung yang bisa kamu kunjungi ketika traveling ke sana.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Lampung yang memiliki pesona alam yang indah.

  1. Way Kambas

tempat wisata di lampung way kambas
Sumber: laman Kompas.com

Taman Nasional Way Kambas tentu sudah tidak asing terdengar. Way Kambas merupakan salah satu taman nasional dengan flora dan fauna yang variatif. Lokasinya tempat wisata di Lampung ini di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. 

Selain menjadi tempat wisata, Way Kambas juga kerap menjadi lokasi pelatihan, objek perlindungan, hingga konservasi Gajah Sumatera. Jadi kamu bisa belajar dan berinteraksi langsung dengan gajah. 

Sebagai objek penelitian, Way Kambas juga kerap menjadi tempat penelitian satwa-satwa langka dari peneliti nusantara hingga peneliti asing.

  1. Tempat Wisaa di Lampung Pantai Klara
pantai klara
Sumber: ticmpu.id

Pantai Klara adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang terletak di daerah Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung. 

Melandir dari laman Dinas Pariwisata Lampung, nama Klara sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Kelapa Rapat. Hal tersebut karena di pantai ini tumbuh pohon kelapa dengan jarak antar pohon yang saling berdekatan.

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi pantai ini, harga tiket masuk ke pantai Klara ini sekitar Rp25.000 per mobilnya, tanpa memperhitungkan jumlah penumpang.

Sedangkan fasilitas yang ada di tempat pantai dengan pasir putih indah ini, antara lain penyewaan gubuk, kano, dan juga naik perahu. Untuk tarif sewanya adalah, gubuk sekitar Rp25.000, sewa kano Rp15.000 per jam, dan untuk naik perahu biayanya Rp10.000 per orang. 

Biaya tersebut di atas bisa berubah sewaktu-waktu ya, jadi pastikan kamu memperbarui informasi sebelum berkunjung.

  1. Pulau Pahawang

tempat wisata di lampung
Sumber: shutterstock

Tempat wisata di Lampung berikutnya adalah Pulau Pahawang. lokasi ini menawarkan pesona alam bawah laut yang indah dan belum banyak diketahui. Lokasinya berada di Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung

Baca Juga ini Ya !! =>  10 Tempat Wisata di Jogja yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi

Pulau ini memiliki luas 1.084 hektar dan objek alam seperti hutan bakau, pantai pasir putih, hingga pemandangan bawah laut yang mempesona. 

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di wisata pulau ini diantaranya adalah snorkeling, berenang di pantai, banana boat, atau sekedar bersantai dan menikmati pemandangan pantai. 

Jika ada diantara kamu yang hendak bermalam, ada sejumlah homestay yang bisa kamu sewa sebagai tempat bermalam.

  1. Pantai Sari Ringgung

tempat wisata di lampung
Sumber: ticmpu.id

Wisata pantai Sari Ringgung memiliki pesona pasir pantai putih dan juga air lautnya yang sangat jernih. Untuk  bisa menikmati pemandangan indah pantai ini, kamu butuh perjuangan ekstra. Pasalnya, untuk jalur akses ke pantai ini cukup sulit, kamu perlu menempuh jalanan yang cukup terjal, berliku, dan berbatu.

Jarak tempuh ke Pantai Sari Ringgung ini kurang lebih memakan waktu sekitar satu jam jika kamu berangkat dari pusat kota Bandar Lampung.

Namun perjuangan tersebut akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang akan kamu nikmati saat kamu sampai di wisata pantai Lampung yang satu ini.

  1. Tempat Wisata di Lampung Pantai Gigi Hiu

pantai gigi hiu
Sumber: Tribun Lampung

Masih dengan tempat wisata pantai, Provinsi Lampung memiliki pantai dengan nama yang cukup unik bernama pantai Gigi Hiu. Penamaan ini diketahui akibat adanya fenomena alam yang unik. 

Di sekitaran pantai ini terdapat deretan batuan karang di yang berbentuk runcing seperti gigi hiu. Hal tersebut menjadi alasan dari penamaan Pantai Gigi Hiu ini.

Sama seperti pantai Sari Ringgung, untuk akses ke pantai ini masih cukup sulit dan hanya sepeda motor yang bisa melaluinya. Namun, rasa lelah akan hilang ketika kamu telah sampai di lokasi.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke pantai ini, kamu akan menempuh jarak yang cukup jauh. Dari Bandar Lampung jaraknya sekitar 86 km dan bisa memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam.

  1. Pulau Balak

pulau balak
Sumber: Tribun Lampung

Satu lagi wisata alam dengan objek pulau adalah Pulau Balak. Di lokasi ini terdapat pantai berpasir putih dengan suasana syahdu. Tempat wisata di Lampung ini merupakan salah satu pulau kecil di Teluk Pidada, Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga ini Ya !! =>  Menelusuri Sejarah Kerajaan Islam Pertama Nusantara, Kerajaan Samudra Pasai

Di pulau ini kamu bisa merasakan ketenangan karena lokasinya sepi dan tidak berpenghuni, namun terdapat penjaga. Buat kamu yang ingin menikmati pesona pulau ini dengan jangka waktu lebih lama, kamu bisa mendirikan tenda kemping atau menyewa penginapan yang sudah tersedia.

Sekilas, kamu bisa merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, atau sekadar refreshing dan bersantai sambil menikmati pemandangan.

  1. Pantai Pasir Putih

pantai pasir putih
Sumber: tcimpu.id

Jangan bosan-bosan dengan wisata pantai jika melancong ke Lampung. Provinsi ini memang terkenal dengan pantainya yang cukup banyak. Kali ini adalah tempat wisata di Lampung Selatan.

Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih yang menjadi salah satu tempat wisata populer di Lampung. Pasir pantai yang putih dan lembut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Lokasinya terletak di daerah Rangai Tri Tunggal, Katibung, Lampung Selatan. Selain pemandangan laut, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan rimbun dan air laut yang jernih. 

Berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan saat datang ke tempat ini adalah wahana seperti snorkeling, surfing, dan naik perahu kano. 

  1. Tempat Wisata di Lampung Puncak Mas

tempat wisata di lampung
Sumber: kompas.com

Puncak mas adalah salah satu rekomendasi tempat wisata di Bandar Lampung selain pantai. Nah, wisata di Lampung yang satu ini cocok bagi kamu yang ingin berwisata bersama keluarga. Lokasinya berada di perbukitan Kota Tapis Berseri.

Puncak Mas ini menjadi destinasi favorit keluarga maupun muda-mudi karena menyajikan pemandangan kota dari ketinggian. Cocok bagi kamu yang ingin rehat sejenak dari suasana hiruk pikuk perkotaan.

Fasilitas di Puncak Mas yang bisa kamu nikmati mulai dari spot foto unik, mushola di pohon durian, cafe terbuka, wahana permainan sepeda gantung, hingga arena bermain anak.

  1. Pantai Batu Lapis

batu lapis
Sumber: pariwisatalamcel.com

Pantai Batu Lapis merupakan salah satu pantai yang cukup unik di Lampung karena menyajikan pemandangan bebatuan berlapis-lapis yang cantik. 

Baca Juga ini Ya !! =>  Keajaiban Alam Indonesia: Danau Toba

Berbeda seperti pantai pada umumnya, di objek wisata ini kamu tak akan menemukan pasir, melainkan penuh dengan bebatuan yang tersusun secara berlapis-lapis. 

Bisa dibilang bahwa wisata pantai ini masih jarang dikunjungi banyak orang, sehingga masih sangat bersih dan asri. 

  1. Bukit Batu Tumpang

tempay wisata di lampung
Sumber: kompas.com

Satu lagi objek wisata perbukitan di Lampung adalah Bukit Batu Tumpang. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata dengan daya tarik bukit yang unik.

Kamu bisa menemui susunan batu yang tumpang tindih, bahkan batu kecil menopang batu ukuran besar. Lokasinya berada di Desa Payung Rejo, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah. 

Di tempat ini juga kamu bisa menikmati  pesona alam yang indah dengan pemandangan gunung dan hamparan pepohonan hijau.

Sekian beberapa rekomendasi tempat wisata di Lampung dengan pesona alam yang apik. Selain destinasi pantai dan wisata alan, kamu juga bisa menikmati beberapa wisata taman di Bandar Lampung atau sekedar hanya mencari tempat nongkrong di Lampung.