Wisata  

Tempat Wisata di Malang Raya dengan Panorama Menakjubkan

tempat wisata di malang
Sumber: Instagram @mrs.renjana

Tempat wisata di Malang banyak menjadi sasaran para wisatawan. Pasalnya, banyak tempat terbaik yang bisa kita singgahi di sana. Biasanya para pelancong berwisata tak hanya di Kota Malang saja. Mereka juga menjelajahi Kabupaten Malang dan Kota Batu yang, bersama dengan Kota Malang, merupakan wilayah metropolitan Malang yaitu Malang Raya.

Semua tempat wisata se-Indonesia sempat harus tutup di awal pandemi covid-19 yang merebak tahun lalu. Termasuk wisata Kota Malang. Tapi, sekarang banyak tempat wisata di Malang yang sudah buka kembali, meski dengan peraturan-peraturan sesuai protokol kesehatan. Makanya, kalau kamu mau berkunjung ke tempat wisata di Malang yang buka, tetap ingat terus 3M ya! Oke, sekarang kita mulai bahas tempat-tempat wisata di Malang yuk, buat referensi liburan kamu selanjutnya. Gaskeun, kapten!

1. Kampung Tematik Jodipan, Tridi, dan Kampung Biru Arema

Sumber: Instagram @mandalaadji

Yang pertama ada tiga lokasi ‘tempat wisata’ hits yang kekinian dan Instagram-worthy. Sebenarnya ketiganya itu kawasan hunian loh. Tapi terkonsep sedemikian rupa yang menjadikan ketiganya unik dan ‘mengundang’ banget buat background foto. Kampung Jodipan bercat warna-warni, Kampung Biru Arema serba biru total sejauh mata memandang, dan Kampung Tridi penuh karya seni 3D pada dinding-dinding dan jalanannya.

2. Masjid Tiban Turen Malang

tempat wisata di malang
Sumber: Instagram @anisadheaa

Sebuah masjid yang arsitektur bangunannya mengundang decak kagum. Bernuansa biru-putih, dan seluruh area kerasa Turki-nya. Seakan kamu berada di istana Kesultanan Persia ala cerita-cerita dogeng 1001 malam gitu. Oh ya, masjid ini sebenarnya adalah area Pondok Pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah yang ada di Jalan Anggur, Turen, Kabupaten Malang. Tapi, wisatawan dan peziarah boleh masuk kok. Di area yang sama juga ada kolam renang dengan perahu kecil untuk anak-anak bermain, mini zoo, toko souvenir dan juga toko camilan.

3. Malang Night Paradise

tempat wisata di malang
Sumber: Instagram @bendottetapsemangat

Versi Malang-nya Batu Night Spectacular. Malang Night Paradise menawarkan wisata malam yang nggak kalah asyik-nya. Apalagi kalau kamu hobi fotoan. Taman ini ada berbagai spot menarik. Ada Dino Park, Taman Lampion, dan Air Terjun Menari. Juga ada wahana terbaru yaitu Magic Journey, perahu yang bakal mengantar kamu ke perjalanan ajaib menyusuri sungai buatan. Jangan lupa bawa kamera yang yahud buat mengabadikan pesta malam harimu di Malang!

Baca Juga ini Ya !! =>  Menguak Sejarah Kota Malang & Fakta Uniknya!

4. Pantai Balekambang

Sumber Instagram @balekambangmalang

Wisata pantai Malang yang satu ini mirip-mirip sama Tanah Lot di Bali. Yup. Karena dekat pantai ini ada pulau dengan pura. Adalah Pura Amerta Jati yang berdiri dengan menawan di atas Pulau Ismoyo, dengan jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau. Lokasinya ada di Sumber Jambe, Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang. Kamu bisa menikmati sunset, dan berjalan menyusuri garis pantai sepanjang 2 km yang terdiri dari 3 pantai kecil: Anoman, Wisanggeni, Ismoyo. Iya. Nama dari tokoh pewayangan Jawa.

5. Pantai Tiga Warna

Sumber: Instagram @pantaitigawarna

Satu lagi pantai nan indah di Kabupaten Malang, kali ini di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sebelum berkunjung, sebaiknya kamu reservasi dulu ke nomor pengelola yaitu 0821-3267-7713 atau 0812-3333-9889. Sebab pantai ini hanya menerima 200 pengunjung saja setiap harinya. Ini karena Pantai Tiga Warna ada di area hutan konservasi gaes, jadi harus tetap terjaga kelestariannya. Juga harus sedia uang lebih, karena untuk masuk kamu harus memakai jasa tour guide yang mengantar rombonganmu berkeliling area konservasi. Biayanya total 300 ribu rupiah per rombongan 10 orang. Cukup murah untuk pesona panorama yang nggak ada duanya. Siapin tenaga juga ya, karena untuk sampai ke area Pantai Tiga Warna, kamu harus berjalan cukup jauh.

6. Sumber Mata Air Sirah

Sumber: Instagram @bagusneutral

Move on dari bibir pantai, kali ini kita main air di sumber mata air yang nggak kalah cantik pemandangannya. Daya tarik utamanya adalah air yang super bening, dengan ganggang air serta aneka tanaman air lainnya yang terlihat jelas. Tempat wisata ini juga murah meriah. Tiket masuknya cuma seribu perak! Lokasi? Ada di Jalan Sunan Kalijaga I, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Malang.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Pemalang Terbaik, Dari Atas Bukit Turun ke Pantai

7. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

tempat wisata di malang
Sumber: Instagram @mrs.renjana

Udah di Malang, jangan lewatkan kesempatan menjelajahi area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Memang, wisatawan biasanya start dari Malang kalau mau ke taman nasional ini. Banyak banget destinasi wisata yang berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sebut saja Gunung Bromo dengan Jeep tour dan pasir berbisik-nya, Pura Luhur Poten, Gunung Batok yang cerita asal mula-nya ada di legenda Tengger, Gunung Semeru dengan Ranu Kumbolo-nya, Air Terjun Madakaripura, dan lain-lain. Kalau datang pada saat yang tepat, kamu juga bisa menyaksikan sakral-nya upacara adat Suku Tengger. Jangan lupa bawa baju hangat, topi rajut, syal, atau apapun itu untuk menjagamu tetap hangat, karena di sini dingin banget!

8. Selecta

Sumber: Instagram @nurulcholifah19

Taman Rekreasi Selecta memang bukan tempat wisata baru. Tapi pesonanya belum pudar. Buat yang pengen menyegarkan mata dengan memandangi bebungaan aneka warna yang mekar dengan cantik, bisa datang ke Jalan Raya Selecta no. 1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Dengan membayar tiket masuk 35 ribu, kamu udah bisa berkeliling taman bunga nan cantik. Ada juga berbagai wahana seru seperti Sky Bike, Sepeda Air, Family Coaster, Water Park, juga Perahu Ayun Kora-Kora.

9. Museum Angkut

tempat wisata di malang
Sumber: Instagram @kilshagram

Salah satu lokasi wisata Malang terfavorit nih hyung. Pamornya naik terus beberapa tahun terakhir. Museum ini merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara, dengan luas area 3,8 hektar! Di sana terpajang 300 kendaraan dari berbagai zaman dan berbagai negara. Museum Angkut punya 8 zona pameran yang memajang kendaraan-kendaraan sesuai tema. Ada juga Pasar Apung di luar gedung museum, di mana kamu bisa menyusuri sungai pakai gondola.

Baca Juga ini Ya !! =>  Berbagai Tempat Wisata di Gresik Yang Sedang Hits Tahun 2021

10. The Onsen Hot Spring Resort

Sumber: Instagram @len______ny

Pengen liburan ke Jepang tapi budget minim? Ke Kota Batu ajalah dulu. Ada satu resort yang bikin kamu merasa langsung teleport ke Negeri Sakura karena suasana dan konsepnya yang Jepang banget. The Onsen Hot Spring Resort adalah tempatnya staycation bareng pasangan, keluarga, atau para sahabat. Bungalow-nya yang bergaya ryokan khas penginapan di Jepang punya pilihan 2 atau 3 buah futon, kasur khas Jepang. Berlantai tatami dan berdinding kayu serta ber-shoji, pintu dan jendela khas Jepang yang terbuat dari kertas washi. Banyak juga aktivitas yang bisa kamu lakukan selama stay di resort ini. Seperti berendam di onsen, belajar ikebana dan origami, makan sashimi dan menyeruput teh hijau hangat. Juga panen foto instagramable dengan banyaknya spot foto ala Jepang di area resort.

Oke gaes, sepuluh aja rekomendasi tempat wisata di Malang kali ini. Tapi masih banyak kok, tempat-tempat lain yang nggak kalah WOW pemandangannya. Setelah dari tempat wisata di Malang Batu, kamu bisa lanjut pelesir ke kota lain di Pulau Jawa, misalnya ke tempat wisata di Surabaya. Pasti asyik tuh, tur keliling pulau. Bisa banget juga buat jadi target tahun 2021 ini. Sekarang yuk mulai nabung-nabung dulu. Tahun baru, semangat baru!