Wisata  

Tempat Wisata di Sragen untuk Alternatif Liburan Kamu

Tempat wisata di Sragen ada yang menarik tidak sih? Wey, banyak dong! Ada wisata air terjun, waduk, taman, gunung, hingga museum purbakala. Lengkap nggak tuh?

Tempat wisata di Solo dan tempat wisata di Karanganyar yang ada di kota-kota yang berbatasan dengan Sragen memang menarik. Tapi perlu effort lebih untuk mencapai lokasi, karena jarak Sragen ke kota-kota tetangga bisa dibilang cukup jauh. Kalau kamu warga Sragen atau kampung halamanmu di kota kecil ini, nggak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk tamasya. Wisata Sragen Karanganyar dan sekitarnya banyak juga yang bisa jadi alternatif destinasi liburan yang nggak kalah seru. Gimana kalau menjelajahi tempat wisata berikut, termasuk wisata Sragen tersembunyi yang punya eksotisme tersendiri?

1. Museum Sangiran

Mari mulai dengan belajar sedikit tentang sejarah moyang kita di Situs Manusia Purba Sangiran. Museum ini memamerkan 13.685 fosil manusia dan binatang purba serta alat-alat yang ada pada masa itu. Semua lengkap dengan informasi terkait fosil yang dipajang. Pastinya bisa jadi liburan yang edukatif nih. Buat yang hobi selfie, area luar bangunan museum pun banyak spot cakep yang bisa jadi latar keren buat ber-swafoto.

2. Gunung Kemukus

Tempat wisata di Sragen

Banyak masyarakat mengenal Gunung Kemukus sebagai tempat cari pesugihan, cari ‘ilmu’, atau tempat berbuat mesum. Tapi tenang. Sekarang pemerintah sudah menertibkan area ini, jadi aman buat berwisata. Nggak akan rugi mengunjungi Gunung Kemukus ini. Pemandangan alamnya wow banget. Lokasi Gunung Kemukus ada di Desa Pendem, Kec. Sumberlawang, Kab. Sragen. Selain pemandangannya fantastis, Gunung Kemukus juga sarat akan nilai sejarah loh. Tempat ini adalah peristirahatan terakhir Pangeran Samudra. Jadi, bisa sekalian wisata sejarah dan wisata religi juga di sini.

3. Gunung Banyak

Tempat wisata di Sragen

Satu lagi wisata gunung yang banyak didatangi wisatawan, apalagi saat akhir pekan dan hari libur nasional. Penjelasan nama Gunung Banyak ada pada kondisi lansekap puncaknya yang berundak, jadi terlihat seperti ada banyak gunung di sana. Kalau kamu suka wisata alam dan gemar hiking, tempat ini cocok buat mengisi liburan kamu.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Malang Raya dengan Panorama Menakjubkan

4. Waduk Kedung Ombo

Sebuah bendungan raksasa seluas 6.576 hektar. Saking luasnya, Waduk Kedung Ombo ada di wilayah tiga kabupaten berbeda, yaitu Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Air di sini jernih dan pemandangan alam yang bisa kamu nikmati sangat memesona. Apalagi di sore hari. Selain memanjakan mata menikmati pemandangan sekitar waduk, kamu juga bisa memancing, naik perahu motor atau dayung-dayung sampan di sini.

5. Waduk Gebyar

Satu lagi waduk di area Kabupaten Sragen yang nggak kalah bagusnya. Letaknya di Jambeyan, Sambirejo. Dari sini, kamu bisa melihat sosok Gunung Lawu yang menjulang di kejauhan loh! Cakep banget pokoknya. Momen matahari terbit di Waduk Gebyar juga banyak jadi buruan pecinta fotografi. Jogging mengitari waduk juga menyenangkan loh, karena ditemani alam yang asri dan udara yang segar.

6. Air Terjun Dung Jengglong

Daerah Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar terkenal akan jumlah obyek wisata air terjunnya yang melimpah. Tapi kamu nggak perlu jauh-jauh naik ke lereng Gunung Lawu nun jauh di sana buat menikmati pemandangan air terjun. Di Sragen juga ada! Salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Dung Jengglong. Air terjun ini nggak terlalu tinggi, hanya sekitar 4 meter. Jadi, aman kalau mau nyebur ke kolamnya yang jernih dan berenang di sini.

7. Kedung Grujug

Tempat wisata di Sragen

Masih satu lokasi sama Air Terjun Dung Jengglong, ada Kedung Grujug. Kedung artinya ‘sungai yang dalam’, sementara grujug berarti ‘siram’. Berlokasi di Desa Doyong, Kec. Miri, Kab. Sragen, tempat ini adalah tempat wisata air yang indah. Pesona utamanya ada pada bentuk tebing di sekitar air terjun mini yang unik akibat tergerus air. Di atasnya, mengalir Sungai Kedung Kancil, yang menjadi sumber utama aliran ke air terjun ini. Untuk menuju ke sana kamu nggak perlu keluar uang untuk tiket masuknya, cukup siapkan receh untuk bayar parkir aja. Dari lokasi parkir yang dekat rumah warga, kamu perlu jalan sedikit menyusuri jalan setapak sejauh kurleb 500 meter.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Jombang, Berikut 8 Rekomendasi yang Wajib Dikunjungi

8. Pemandian Air Panas Bayanan

Tempat wisata di Sragen

Mau main air tapi takut kedinginan? Ke sini aja! Kolam air panas yang juga bernama lain Hyang Tirto Nirmolo ini tempatnya berendam dan berenang di kolam pemandian air panas. Masyarakat percaya mandi air panas di sini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal, rematik, kolesterol, dan lain sebagainya. Tenang aja, fasilitas di tempat pemandian air panas ini lengkap kok.

9. Makam Joko Tingkir

Tempat wisata di Sragen

Joko Tingkir adalah tokoh penting yang sangat dikenal masyarakat Solo Raya. Ialah pendiri sekaligus raja pertama Kesultanan Pajang. Makam Joko Tingkir yang juga bernama lain Sultan Hadiwijaya dan Mas Karèbèt yang termasyur ini ada di Sragen loh! Tepatnya di Desa Gedongan, Plupuh, Sragen. Ada 20 pusara di makam ini, dengan tembok yang mengelilinginya. Di antaranya ada 9 pusara di dalam cungkup. Nah, pusara Joko Tingkir ada di tengah-tengah cungkup tersebut. Di sana, kamu juga akan bisa melihat kayu yang mulai keropos. Masyarakat percaya kalau kayu itu berasal dari perahu yang dinaiki Joko Tingkir. Benar tidak ya?

10. Desa Wisata Betisrejo

Tempat wisata di Sragen

Nama Betisrejo diambil dari nama tiga desa yang menjadi bagian dari daerah wisata ini, yaitu: Desa Jambeyan, Desa Jetis, dan Desa Sambirejo. Banyak yang bisa kamu lakukan selama ada di Betisrejo. Misalnya, berkemah, mengagumi terasering sawah organik di sana, atau menyegarkan diri di kolam air panas. Kalau beruntung, selama tinggal di homestay di desa wisata ini, kamu bisa menonton pertunjukan budaya yang kerap diselenggarakan di sana.

11. Desa Wisata Kliwonan

Tempat wisata di Sragen

Berbeda dengan Desa Wisata Betisrejo yang menawarkan kehidupan pedesaan, Desa Wisata Kliwonan ini tempatnya belajar tentang batik. Tepatnya batik Sragen. Kamu bisa cari tahu langsung cara membuat batik, mulai dari membatik hingga pelapisan dengan paraffin. Jangan lupa beli oleh-oleh batik Sragen juga ya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Grobogan, Air Terjun Widuri dan Legenda 7 Bidadari

12. Taman Bunga Ganesha Sukowati

Meski hanya kota kecil, Sragen penuh dengan taman-taman teduh tempat warganya bersantai dan istirahat sejenak dari aktivitas mereka. Salah satunya adalah Taman Bunga Ganesha Sukowati di Desa Sine, Kec. Sragen, Kab. Sragen. Namanya taman bunga, kamu bisa temukan beragam tanaman bunga di sini. Selain itu, banyak juga pepohonan rindang yang membuat area taman makin teduh dan sejuk.

13. Ndayu Park

Tempat wisata di Sragen

Tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga, dengan aneka wahana yang pastinya bakal bikin anak-anak kegirangan. Ada kebun binatang mini, water park, kolam renang, flying fox, taman lalu lintas, dan masih banyak lagi. Selagi liburan, anak-anak bisa mendapat informasi yang edukatif juga di sini. Paket lengkap!

Ragam tempat wisata di Sragen punya potensi besar untuk menggaet wisatawan, apalagi bila manajemen pengelolaan pariwisatanya lebih bagus lagi. Kesemua tempat wisata di Sragen ini cukup dong buat mengisi liburanmu di Bumi Sukowati? Simak juga artikel tentang wisata Ngawi, wisata Tawangmangu, wisata Wonogiri, dan wisata-wisata lainnya hanya di KabarApik.com!