Wisata  

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik untuk Dikunjungi

Sejarah Kota Surabaya
Patung Sura dan Baya

Sebagai kota metropolitan yang berkembang pesat, ada banyak sekali tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Berbagai monumen juga bisa kamu temui di kota ini. Termasuk Monumen Tugu Pahlawan yang menjadi simbol sejarah Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Masih bingung tempat wisata mana aja yang mau kamu datangi liburan mendatang? Nih, kami kasih 10 rekomendasi tempat wisata menarik buat bahan pertimbangan. Berikut daftarnya!

1. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Wisata Surabaya yang satu ini merupakan tempat wisata alam yang Instagramable. Panoramanya yang bikin tenang pikiran juga menjadi latar foto yang mengundang decak kagum. Nikmati momen menyusuri jalan kayu hutan bakau yang rimbun dan tenang, seakan menjauh dari hiruk pikuk perkotaan. Kamu juga bisa menyewa boat untuk berkeliling dan menyeberang ke gazebo pinggir laut. Mau ke sana? Lokasinya ada di Jalan Raya Wonorejo no. 1, Wonorejo, Rungkut. Dekat juga dengan Kebun Bibit Wonorejo, wisata alam hijau lainnya yang hanya berjarak 11 menit berkendara. Kalau mau ke ekowisata mangrove ini, catat ya. Tempat wisata ini hanya buka saat weekend (Sabtu dan Minggu), dan hari libur nasional aja.

2. Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih (Taman Sakura)

tempat wisata di surabaya
Hutan Bambu Keputih

Ada lagi area rimbun di Surabaya yang nggak kalah instagramable. Konsepnya kayak Hutan Sagano di Kyoto, Jepang, yaitu hutan bambu. Jalan santai ditemani pohon bambu di kanan kiri, pasti syahdu banget! Nggak jarang loh, tempat ini jadi lokasi pemotretan produk atau foto pre-wedding. Hutan Bambu Keputih ini juga berdekatan dengan Taman Harmoni a.k.a Taman Sakura. Jaraknya hanya 120 meter, semenit jalan kaki juga sampai. Yang dulunya tempat pembuangan sampah disulap jadi taman bunga yang indah. Ada pohon sakuranya juga bahkan! Taman Harmoni ada di Jalan Keputih Tegal Tim. II no. 249, Keputih, Sukolilo, sementara Hutan Bambu ada di Jalan Marina Asri.

3. Taman Bungkul

tempat wisata di surabaya

Lagi cari tempat nongkrong di Surabaya yang punya fasilitas lengkap? Ke Taman Bungkul di Jalan Raya Darmo aja! Meski lokasinya berada di tengah kota Surabaya yang menyengat, kamu tetap bisa ngadem kok di sini. Taman ini penuh dengan tanaman hijau yang rindang. Fasilitasnya pun lengkap loh, ada berbagai arena bermain, keran air minum, hingga wi-fi gratis! Ada juga area main skateboard dan BMX, jalur jogging, batu refleksi, dan lain-lain. Jadi, Taman Bungkul cocok untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Baca Juga ini Ya !! =>  Rekomendasi Tempat Wisata di Madiun dengan Beragam Keunikan

4. Gereja Perawan Maria Tak Berdosa

Mau wisata religi? Kamu bisa mulai dari Gereja Perawan Maria Tak Berdosa ini. Wisatawan boleh berkunjung ke gereja bergaya Eropa zaman kebangkitan gotik ini kok, asal tidak mengganggu jalannya ibadah. Gereja yang terletak di Jalan Kepanjen no. 4-6, Krembangan ini sudah ada sejak 5 Agustus 1990 loh! Tua, tapi antik!

5. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho

Ada masjid, tapi arsitektur-nya Tiongkok banget? Adalah Masjid Muhammad Cheng Ho yang letaknya di Gading no.2 Ketabang, Genteng, Surabaya. Uniknya masjid ini menggabungkan dua unsur budaya: Arab dan Tiongkok. Karena keunikan inilah, masjid ini tidak hanya ramai dikunjungi umat Islam untuk beribadah saja. Banyak juga yang datang untuk berwisata, sekedar mengagumi keindahan akulturasi budaya yang apik.

Tempat ibadah yang bernuansa Tiongkok tak hanya bisa kamu temui di masjid ini aja. Ada juga Klenteng Hong Tiek Hian di Jalan Dukuh no. 23, Nyamplungan, Pabean Cantian, Surabaya. Bangunannya dominasi warna merah, dengan naga berwarna hijau giok melingkar di tiang-tiangnya. Kalau kamu berkunjung di sore hari, kamu bakal bisa menyaksikan pertunjukan wayang potehi. Pergelaran seni rutin di area klenteng setiap sore.

6. Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya dan Air Mancur Menari

Sumber: Instagram @_syafaah

Pantai Kenjeran Surabaya dulunya adalah daerah wisata yang tak menarik dan sepi peminat. Karena kumuh. Banyak sampah. Tapi beda dengan sekarang. Pantai Kenjeran lama yang dulunya kumuh sudah dipercantik oleh pemerintah Surabaya. Di dekatnya pun telah dibangun tempat wisata yang lebih baru, yaitu area Kenjeran Park atau lebih dikenal dengan sebutan Kenpark. Selain pemandangan laut, kamu juga bisa sibuk berfoto dengan ornamen-ornamen khas Tiongkok. Seperti patung Dewi Kwan Im, pagoda Tian Ti, dan Four-Faced Buddha.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Malang Raya dengan Panorama Menakjubkan

Di Kenjeran juga ada Jembatan Kenjeran yang membentang membelah lautan sepanjang 700 meter. Tempat terbaik untuk menyaksikan terbenamnya matahari, juga pertunjukan Air Mancur Menari setelahnya. Sayangnya, wisata malam Surabaya ini hanya bisa kamu nikmati setiap malam Minggu aja, dengan durasi pertunjukan selama 60 menit.

7. House of Sampoerna

Sumber: Instagram @naninbasuki

Di Surabaya juga ada wisata museum yang unik, yaitu House of Sampoerna. Hm? Familiar sama namanya? Iya, betul. Merek rokok. House of Sampoerna menjadi pabrik rokok Sampoerna yang pertama. Setelah Liem Seeng Tee membeli kompleks bangunan bekas rumah yatim piatu khusus anak laki-laki milik Belanda. Kompleks bangunan peninggalan bergaya kolonial Belanda ini dibangun tahun 1862, dipakai sebagai pabrik, lalu dipugar dan dirombak menjadi museum pada tahun 2002. Lengkap dengan café dan toko suvenirnya. Selain berkeliling museum, kamu juga bisa ikutan Surabaya Heritage Tour, sebuah tur bus keliling Surabaya bagian utara, dari tempat ini.

8. Landmark Bersejarah khas Surabaya

Tugu Pahlawan

Ke Surabaya belum lengkap kalau belum mengunjungi landmark-landmark khas nya. Ada banyak monumen dan patung di Kota Pahlawan ini. Ada Monumen Tugu Pahlawan, Museum Sepuluh November, Monumen Bambu Runcing, Patung Sura dan Baya, Jembatan Merah dan masih banyak lagi. Cocok untuk wisata sejarah, mengulik cerita-cerita heroik yang terjadi di tanah Surabaya.

9. Monumen Kapal Selam

tempat wisata di surabaya

Satu lagi tempat wisata sejarah si Surabaya adalah Monumen Kapal Selam. Ya. Sesuai namanya, monumen ini benar-benar adalah kapal selam asli bernama KRI Pasopati 410. Kapal buatan Rusia yang ikut serta dalam operasi pembebasan Irian Barat ini udah berusia 68 tahun! Tapi, masih gagah terpajang di Jalan Pemuda no. 39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Meskipun udah nggak nyelam di laut sih. Tapi kamu masih bisa melihat-lihat interior kapal selamnya kok, termasuk periskop asli!

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Grobogan, Air Terjun Widuri dan Legenda 7 Bidadari

10. Food Junction Grand Pakuwon

tempat wisata di surabaya

Puas berjalan-jalan keliling kota, sekarang saatnya hunting kuliner Surabaya. Salah satu tempat yang bisa kamu datangi buat mengisi perut adalah Food Junction Grand Pakuwon. Berbagai macam makanan bisa kamu coba di sini. Kamu bisa bersantap ria sambil menikmati pemandangan danau yang indah. Juga ada berbagai wahana yang makin memeriahkan wisata malam bersama orang tersayang.

Bonus:

Selain keliling Surabaya, kamu juga bisa memulai petualangan baru dari kota ini menuju tempat seru lainnya. Misalnya, ke tempat wisata di Gresik. Jarak tempuhnya hanya sekitar 40 menit berkendara, lewat jalan tol Surabaya – Gresik. Salah satu daya tarik pariwisata Gresik adalah wisata Pulau Bawean. Tujuan wisatanya antara lain Gili Noko, Danau Kastoba, Pantai Tanjunggaang, Pantai Selayar, Pantai Bayangkara, Pulau China, dan lain sebagainya. Atau, kamu juga bisa menyeberangi Jembatan Suramadu yang fenomenal untuk memulai jelajah Pulau Madura. Wisata Madura nggak kalah asyik dari wisata di Gresik. Ada Bukit Jaddih, Bukit Kapur Arosbaya, Air Terjun Toroan, dan masih banyak lagi.

Mengunjungi tempat wisata di Surabaya 2020 memang agak berbeda, karena lagi pandemi. Kita harus selalu berhati-hati dan mematuhi protokol kesehatan. Ini mungkin bakal berlanjut hingga tahun depan. Jadi, pastikan untuk selalu bawa masker dan hand sanitizer kalau mau pergi ke tempat umum ya. Semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir dan tahun depan semua udah membaik dan jadi lebih baik lagi. Happy New Year, gaes!