3 Cara Membuat Donat dan Tips Donat Lembut Anti Gagal

  • Bagikan
Cara Membuat Donat

Cara Membuat Donat

Mau tahu cara membuat donat rumahan anti gagal? Donat memang salah satu kudapan favorit. Banyak merek terkenal yang membuat donat lezat dengan berbagai topping. Daripada jajan mulu, yuk, coba bikin sendiri!

Donat yang kita kenal pasti yang berbentuk bulat dan berlubang di tengahnya kan. Padahal, ada banyak jenis donat loh. Ada Arabian donut (disebut luqaimat atau loukoumades di Yunani) yang berbentuk bola-bola kecil. Ada juga yang nggak bolong dan pakai isian seperti fruit jam atau custard cream, macam bombolone atau bomboloni, donat goreng asal Italia. Makanya, ada berbagai cara membuat donat goreng. Berikut tiga di antaranya:

Resep 1: Donat Kentang

Cara Membuat Donat

Salah satu cara membuat donat empuk tahan lama adalah dengan menambahkan kentang ke dalam adonan. Kamu bisa menggunakan kentang rebus yang dihaluskan atau tepung kentang. Tentunya, cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna tak hanya dengan menambahkan kentang saja. Pastikan takarannya pas, terutama bahan cairnya. Jangan sampai adonan terlihat terlalu kering. Dan, perhatikan juga waktu fermentasi raginya.

Nah, kalau sudah tahu tips-nya, yuk mulai buat donat kentangnya!

Bahan:

210gr tepung terigu protein tinggi

60gr ketang rebus yang sudah dihaluskan (bisa juga pakai tepung kentang)

30gr gula

Sejumput garam (kira-kira 4gr)

4gr ragi instan

160ml susu cair

30gr mentega atau butter

1 kuning telur

Langkah:

  1. Campur tepung terigu, gula, dan ragi instan, lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan susu cair dan ragi. Aduk adonan dengan menggunakan mixer hingga semuanya tercampur dengan baik dan adonan setengah kalis.
  2. Setelah itu, tambahkan mentega dan garam, lalu aduk lagi dan uleni hingga adonan kalis elastis. Ini akan membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 30 menit.
  3. Bulatkan adonan menjadi satu bola besar dan letakkan dalam wadah. Lalu, tutup. Bisa dengan tutup panci, kain, atau plastic wrap. Diamkan adonan untuk proofing hingga mengembang 2x lipat ukurannya, biasanya sekitar 45 menit hingga 1 jam, tergantung pada suhu ruangan.
  4. Kempiskan lagi adonan lalu pipihkan hingga ketebalan kira-kira 1,5 cm, kemudian cetak dan letakkan di loyang yang sudah ditaburi tepung atau dioles minyak agar tidak lengket. Lalu, tutup lagi dengan kain yang bersih, Diamkan untuk proofing kedua, sekitar 15-20 menit.
  5. Nyalakan api kecil lalu panaskan minyak. Setelah cukup panas, goreng semua adonan donat yang sudah dicetak. Adonan yang baik akan mengambang ketika digoreng. Sebuah tips: hanya balik adonan sekali saja ketika sudah kecoklatan. Ini yang akan menciptakan white ring, garis putih pada sisi donat yang mempercantik tampilan donat kamu. Angkat lalu tiriskan.
  6. Hias donat sesuai selera. Bisa dengan gula halus, sugar glaze, chocolate glaze, butter cream plus aneka topping, atau sekedar dioles mentega dan ditaburi meises seperti donat klasik.
Baca Juga ini Ya !! =>  Asal Usul Makanan Sate, Kuliner Madura yang Khas dan Mendunia

Resep 2: Donat Bomboloni (Donat isi krim custard)

 

Cara Membuat Donat

Kalau bosan dengan yang “bulet-bulet bolong tengahe, namanya kue donat” kayak lagunya Joshua Suherman, bisa coba yang ini nih. Namanya bombolone, atau jamaknya bomboloni. Jenis donat ini tidak bolong, tapi diisi dengan krim custard.

Bahan adonan:

325g tepung terigu protein sedang

75g tepung terigu protein tinggi

50g brown sugar

Garam secukupnya

50g mentega (jika pakai margarin, tidak perlu menambahkan garam)

7g ragi

2 butir telur

150ml susu cair

1 sdt vanilla extract

Bahan isian:

250g susu cair

250g cream cair

1 sdt vanilla extract

80g gula pasir

1 sdt garam

30g tepung maizena

50g mentega

1 butir telur

3 butir kuning telur

Cara membuat:

  1. Campur semua tepung, ragi, dan gula lalu aduk hingga rata. Tambahkan susu dan telur, aduk dengan mixer hingga membentuk adonan.
  2. Tambahkan mentega dan garam, lalu aduk lagi dan uleni hingga kalis elastis. Jika ingin menguleni pakai tangan, sebelum menambahkan mentega dan garam, diamkan dulu adonan sekitar 20 menit agar adonan lebih mudah diuleni.
  3. Bulatkan adonan, letakkan di wadah lalu tutup. Diamkan untuk proofing pertama sekitar 30-4 menit hingga mengembang.
  4. Giling adonan hingga ketebalan sekitar 1cm, lalu cetak dengan ring cutter. Letakkan pada loyang yang sudah diolesi minyak, tutup dengan kain, lalu diamkan lagi selama sekitar 30 menit hingga kembali mengembang.
  5. Sementara menunggu, buat custard untuk isian. Didihkan susu, krim, gula, garam dan ekstrak vanilla. Campur telur dan maizena lalu aduk dan saring. Kemudian, tambahkan sedikit susu yang telah mendidih. Lalu, tuang adonan telur ke dalam panci susu. Masak dengan api kecil hingga mengental, sambil terus diaduk. Simpan dalam wadah dan tutup permukaannya dengan plastic wrap. Diamkan hingga dingin. Bisa juga ditambah bahan lain seperti selai coklat, nutella, atau ovomaltine.
  6. Panaskan minyak pakai api kecil, lalu goreng semua adonan hingga kecoklatan pada kedua sisi. Gulingkan pada brown sugar atau gula halus, lalu dinginkan.
  7. Lubangi donat untuk memasukkan isian, lalu semprotkan custard cream ke dalam donat dengan menggunakan piping bag. Bomboloni siap dihidangkan!
Baca Juga ini Ya !! =>  Rekomendasi Kuliner Semarang Tradisional yang Khas dan Unik

Resep 3: Arabian Donut

Cara Membuat Donat

Memilih Arabian donut adalah salah satu cara membuat donat dengan bahan seadanya. Semua bahannya bisa kamu dapatkan di toko atau mini market dekat rumah. Tak hanya itu, langkah pembuatannya pun lebih praktis, yaitu tanpa menguleni adonan.

Bahan donat:

140gr tepung terigu

1 sdm gula pasir

180ml susu hangat

1 sendok makan minyak

1 sdt ragi instan

½ sdt baking powder

Cara membuat:

  1. Buat sirup gula untuk glaze donatnya terlebih dahulu. Masak 100ml air, 100g gula pasir, dan ½ sdt perasan jeruk nipis. Tak perlu mengaduk-aduk cairan gula, cukup goyangkan panci agar gula larut sempurna. Masak hingga muncul gelembung kecil. Lanjutkan merebus hingga muncul gelembung besar. Segera matikan api, sisihkan sirup gula, dan dinginkan.
  2. Mulai membuat donatnya. Campur susu hangat, ragi instan, dan gula. Aduk hingga tercampur kemudian diamkan selama 10 menit agar ragi mulai aktif.
  3. Siapkan bahan kering. Campur tepung dengan garam dan baking powder. Aduk sedikit hingga tercampur.
  4. Masukkan bahan kering sedikit demi sedikit ke bahan cair yang sudah mulai mengeluarkan gelembung. Aduk hingga adonan tercampur rata. Kemudian, tambahkan minyak dan aduk lagi hingga tercampur. Tidak seperti adonan donat pada umumnya, adonan Arabian donut lebih lembek dan kental, tidak kalis. Tutup adonan dan diamkan selama sekitar 15 menit hingga mengembang 2x lipat.
  5. Aduk adonan untuk menghilangkan gas di dalamnya. Lalu, masukkan ke piping bag.
  6. Gunting ujung piping bag. Siapkan gunting, celupkan sedikit ke dalam minyak yang telah panas supaya tidak lengket.
  7. Mulai goreng Arabian donut. Keluarkan sedikit adonan dengan mendorong adonan dalam piping bag lalu potong adonan dengan gunting. Buat kecil-kecil ya, karena Arabian donut ini adalah donat mini.
  8. Aduk-aduk donat saat digoreng agar matang merata. Goreng semua adonan hingga kuning kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
  9. Masukkan donat ke dalam sirup gula. Aduk hingga seluruh permukaan donat terlumuri glaze. Angkat dan sajikan! Atau, kamu juga bisa menyajikan donat ini secara terpisah dan menjadikan sirup gulanya sebagai cocolan.
Baca Juga ini Ya !! =>  Berwisata ke Sumatera? Cicipi 5 Kuliner Sumatera Utara Berikut

Oke bund, itu tadi 3 resep membuat donat rumahan anti gagal yang bisa kamu praktikkan. Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *