Cara Menghilangkan Jerawat Bandel yang Bikin Mood Anjlok!

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat ada banyak sekali. Berbagai cara bisa kamu coba unuk mengatasinya. Meskipun demikian, perlu diketahui lebih dulu apa itu jerawat dan jenis-jenisnya. Nah, di artikel kali ini, kita akan bahas mengenai jerawat hingga cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Capcus!

Ada banyak sekali penyebab jerawat. Selain pengaruh hormone, timbulnya jerawat juga bisa disebabkan paparan sinar matahari, debu dan polusi, faktor keturunan atau genetik, infeksi dan iritasi, efek samping konsumsi obat tertentu, tidak cocok dengan produk kosmetik dan/atau perawatan kecantikan tertentu, dan masih banyak lagi.

Jerawat biasanya muncul karena peradangan pada permukaan kulit. Hasilnya, area yang meradang tersebut jadi bengkak, berwarna kemerahan, bahkan kadang bernanah. Juga biasanya diiringi rasa sakit serta gatal. Jerawat yang besar, keras, memerah, dan terasa sakit ini disebut jerawat batu. Selain jerawat batu, ada juga yang namanya jerawat pasir. Asing ya? Nama bekennya bruntusan. Bagaimana sih cara menghilangkan jerawat kecil-kecil ini?

Kedua jenis jerawat ini meski berbeda bentuk dan ciri-ciri fisiknya, tapi penyebab utamanya relatif sama. Penyumbatan pori-pori, ditambah penumpukan sel kulit mati dan infeksi bakteri. Tips kecantikan yang paling dicari adalah cara menghilangkan jerawat di jidat, karena memang jerawat di jidat itu aseli ngeselin!

Cara menghilangkan jerawat tak cukup hanya dengan treatment sekali jadi. Banyak yang harus dilakukan agar si jerawat kapok dan nggak balik-balik lagi.

1. Treatment jerawat dengan bahan-bahan alami

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat batu bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Kamu bisa mengompres jerawat pakai es batu. Tapi jangan langsung main tempel ke muka ya! Lapisi dulu dengan kain, agar risiko iritasi makin minim. Takutnya kalau iritasi, bukannya sembuh, lah malah makin parah jerawatannya kan kzl yak.

Selain dengan kompres es batu, kamu juga bisa pakai bahan-bahan alami ini. Antara lain putih telur, cuka apel, lidah buaya, madu dan kayu manis, bawang putih, mentimun, lemon, teh hijau, witch hazel, dan tea tree oil. Bahan-bahan tersebut mengandung zat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antiseptik yang baik untuk mengatasi radang. Dengan telaten pakai masker bahan alami ini, kamu juga bisa memudarkan bekas jerawat loh. Lemon misalnya, memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk regenerasi sel kulit dan juga membantu mencerahkan kulit.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Menghilangkan Ketombe Anti Gagal dan Mujarab!

2. Mau jerawat hilang dalam satu malam? Hm, minta tolong ibu peri aja!

Cara Menghilangkan Jerawat
Sumber: Sound Health Solution

Ada ya cara menghilangkan jerawat dalam semalam? Pernah mengalami jerawat tiba-tiba muncul tanpa permisi padahal besoknya ada pemotretan? Ya, nggak harus pemotretan sih. Pokoknya acara penting dimana kamu ingin tampil oke. Eh, si jerawat segedhe gaban tiba-tiba nongol nggak pakai Assalamualaikum. Sedih bats!

Pernah dengar cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi? Konon katanya bisa bikin jerawat kempes dalam semalam. Kandungan dalam pasta gigi seperti fluoride, gliserin, baking soda, sorbitol, dan sodium lauryl sulfate bisa membantu jerawat jadi cepat kering. Ya memang kering, tapi kulit muka malah jadi kekeringan dan bisa timbul iritasi. Jadi, mengobati jerawat pakai pasta gigi itu mitos ya guys! Tidak disarankan oleh para dokter kulit dan ahli kecantikan.

Untuk penanganan cepat mengatasi jerawat, disarankan pakai obat oles khusus untuk jerawat. Kamu bisa pakai resep dari dokter spesialis kulit atau beli sendiri. Gel, krim atau salep jerawat biasanya mengandung benzoil peroksida (benzoyl peroxide) dan asam salisilat atau salicylic acid. Kandungan ini terbukti efektif mengobati jerawat.

3. Cuci muka. Yang rajin!

Cara Menghilangkan Jerawat

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kotoran yang menumpuk di muka. Bayangkan kamu habis aktivitas seharian. Itu muka kena asap kendaraan, debu, kotoran, semuanya nempel. Apalagi kita cenderung suka random sentuh-sentuh wajah secara refleks. Padahal tangan kita termasuk bagian tubuh yang paling kotor, Jadi, cuci muka pakai air saja tidak cukup ya bund!

Cuci muka setidaknya dua kali sehari, dan gunakan sabun khusus muka yang cocok untuk jenis kulit kamu. Kalau kamu jerawatan parah, dianjurkan untuk cuci muka dengan sabun yang mengandung sulfur. Untuk acne-prone skin, sabun yang mengandung salicylic acid dan/atau AHA sangat direkomendasikan. Kalau kamu memakai make-up, sangat penting untuk melakukan double cleansing ya. Caranya dengan membersihkan wajah terlebih dahulu dengan susu pembersih atau cleansing oil. Setelah itu, baru cuci muka seperti biasa pakai facial wash atau sabun muka. Hayo, jangan malas!

Baca Juga ini Ya !! =>  Antraks: Penyakit Menular yang Memerlukan Perhatian Serius

4. Mulai merawat kulit, terutama kulit wajah. Halo 10-step skincare routine!

Cara Menghilangkan Jerawat
Sumber: Huda Beauty

Yakin deh, usaha kamu nggak akan menipu. Mau punya wajah terawat bebas jerawat, ya kudu dirawat. Kamu tidak perlu menerapkan 10 tahap bahkan belasan tahapan perawatan kulit wajah kok. Yang penting dapat basic-nya. Pertama-tama cleansing, meskipun kamu pakai make-up atau tidak. Cleansing membantu membersihkan wajah dari minyak, kotoran dan sebum serta menyiapkannya untuk semua step skincare selanjutnya. Tahap berikutnya adalah toner, yang menghidrasi kulit dan membantu proses eksfoliasi yang bagus untuk mengobati jerawat. Pilih toner yang mengandung AHA jika kulit kamu kering, dan BHA jika kulitmu cenderung berminyak. Gunakan toner dengan cara ditepuk-tepuk dan diamkan sampai benar-benar meresap.

Langkah selanjutnya adalah serum. Ada banyak sekali serum yang satu line dengan tonernya. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Dua step selanjutnya adalah yang sangat penting untuk kulit wajah kamu agar jerawat malas singgah: moisturizer/pelembab dan sunscreen/tabir surya. Wajib pakai!

5. Jangan stres!

Cara Menghilangkan Jerawat

Kebanyakan overthinking nanti jerawatnya otw say hello loh. Nanti kalau jerawatan, tambah nggak PD, sedih, depresi, makin stres, makin jerawatan deh. Dilansir dari halodoc, American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa jerawat memang berkaitan erat dengan kondisi mental seseorang. Ingat kan, stres adalah salah satu faktor pemicu timbulnya jerawat. Jadi, sangat penting untuk menjaga pikiran tetap waras, tetap berpikir positif, dan hindari stres berlebihan. Kamu juga bisa mulai melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk mengalirkan energi positif dalam diri kamu, seperti, memulai hobi baru misalnya?

6. Pola hidup sehat

Cara Menghilangkan Jerawat

Pikiran udah sehat, badan juga dong. Tidur cukup, rutin berolahraga dan jaga pola makan yang sehat. Hindari atau kurangi konsumsi makanan berlemak dan berminyak. Serta, perbanyak makan sayur dan buah, terutama yang mengandung antioksidan, vitamin C dan vitamin E. Bisa jeruk, lemon, nanas, mangga, alpukat, tomat, paprika, bayam, aneka beri, dan lain-lain. Juga, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik, karena kulit kering memicu produksi minyak, dan itu bisa menyebabkan munculnya jerawat. Pastian untuk cukupi asupan air putih harian ya. Jangan ngopi melulu!

Baca Juga ini Ya !! =>  Aspek Kesehatan dan Kehidupan Seksual Remaja: Mendukung Kesejahteraan dan Pendidikan Seks yang Sehat

Nah, jerawat juga ada jenis-jenisnya kan, ada yang batu ada yang pasir, macam toko bangunan. Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, jerawat muncul karena beberapa faktor. Karena itu, penting untuk melakukan perawatan sesuai dengan penyebab timbulnya jerawat, sehingga treatment-nya tepat sasaran. Kalau masih galau karena belum berhasil menghalau jerawat, jangan ragu untuk konsul ke dokter spesialis kulit di kota kamu ya.