Ini Manfaat Madu & 3 Jenis Madu Terlangka di Dunia

Manfaat Madu

Manfaat Madu

Manfaat madu yang sudah terkenal dengan sejuta khasiatnya yang tidak perlu diragukan lagi. Madu merupakan cairan manis dan kental berwarna coklat keemasan dan memiliki banyak penggemar. Banyak sekali hal fenomenal dari si pengganti gula ini. Salah satunya ada yang mengatakan bahwa madu bisa awet selamanya alias tidak punya masa kadaluarsa. Tentu madu bisa tidak basi asalkan penyimpanannya baik. Beberapa agama di dunia pun mengakui khasiat dari madu. Salah satu manfaat madu dalam Islam contohnya adalah sebagai penjaga stamina dan kebugaran.

Madu dihasilkan oleh lebah. Di bumi ini ada 20.000 spesies lebah, tapi tidak semua spesies bisa menghasilkan madu. Hanya beberapa spesies tertentu saja yang bisa memproduksi madu. Lebah-lebah yang menghasilkan madu pun juga banyak diternakkan. Indonesia sendiri memiliki beberapa peternakan madu yang tersebar di berbagai daerah. Peternakan madu di Indonesia tidak banyak, dan kebanyakan berada di daerah Jawa Timur dan Jawa Barat. Namun, kita perlu berbangga bahwa kita memiliki banyak madu khas asli Indonesia, antara lain madu kopi, madu embun, madu hutan sumatera, madu kaliandra, dan masih banyak lagi.

Madu kerap digunakan sebagai pengganti gula. Selain lebih sehat dari gula biasa, madu memiliki kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Proses pembuatan madu sendiri pun juga terbilang kompleks. Lebah mengunyah gula/sakarida berkali-kali hingga setengah tercerna. Kemudian sakarida yang masih cair diuapkan dan ditransformasi dengan enzim barulah menjadi madu. 

Setelah berkenalan lebih banyak dengan madu, sekarang kita bahas lebih lanjut apa sajakah manfaat dari madu? Penasaran? Yuk, kita simak bersama di bawah ini:

Baik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Madu

Anda sering mengalami tekanan darah tinggi? Jika ya, maka madu bisa menjadi obat alami untuk menurunkan tekanan darah Anda. Tekanan darah tinggi artinya semakin meningkatkan risiko serangan jantung. Madu memiliki kandungan anti oksidan yang artinya mampu menurunkan tekanan darah Anda yang tinggi. Cara mengkonsumsi madu pun bisa diminum langsung sebanyak 1-2 sendok atau dicampurkan dengan minuman lain.

Baca Juga ini Ya !! =>  Obat Alami Radang Tenggorokan Yang Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah

Manfaat Madu untuk Menyembuhkan Luka

Madu terdiri dari banyak jenis, dan salah satunya adalah madu hutan. Jika Anda sedang berpetualang ke dalam hutan dan mengalami luka terbuka, Anda bisa mengobati dengan madu hutan. Sebenarnya tidak ada bedanya manfaat madu hutan dengan madu biasa. Keduanya sama-sama mengandung efek antibakteri sehingga dipercaya dapat menyembuhkan luka. 

Anak Susah Makan? Gunakan Madu!

Pancake Madu

Namanya anak-anak pasti ada masanya mereka sulit untuk makan teratur. Solusinya adalah dengan menambah nafsu makannya. Para orang tua tidak perlu repot membeli suplemen mahal agar anak doyan makan. Madu bisa menjadi solusi alami. Manfaat madu untuk anak agar lahap makannya ini karena kandungan glukosa dan fruktosa yang tinggi. Dengan begitu dapat merangsang anak agar lebih nafsu makan.

Madu sebagai Penahan Lapar

Madu bisa menjadi asupan darurat ketika Anda lapar. Terutama jika Anda lapar saat malam hari atau pagi-pagi sekali tapi tidak sempat sarapan. Anda bisa menenggak secangkir madu yang dicampur dengan air atau teh. Satu sendok makan madu pun mengandung setara dengan 17 gram karbohidrat. Kandungannya yang kaya akan glukosa, fruktosa, maltosa, dan sukrosa ini mampu membuat perut kenyang dan menambah energi. Sehingga manfaat madu untuk pencernaan ini selain untuk pengganjal lapar, juga bisa untuk kesehatan lainnya.

Manfaat Madu Hitam untuk Penderita Diabetes

Madu Hitam

Madu tidak selamanya terasa manis. Ada jenis madu yang justru malah terasa pahit, namanya madu hitam. Madu ini terkenal dengan khasiatnya yang lebih hebat dibanding jenis madu lainnya. Asal madu hitam ini adalah dari sari pohon mahogani. Manfaat madu hitam terkenal ramah untuk penderita diabetes. Kandungan alkaloidnya yang tinggi dan glukosa rendah membantu menurunkan kadar gula yang ada pada darah. Selain itu, madu hitam juga mampu mengurangi frekuensi buang air kecil pada malam hari bagi penderita diabetes jika dikonsumsi dengan rutin.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Bayam dan Bahayanya. Awas Jangan Kebanyakan!

Mencegah Masalah Pada Lambung

Madu adalah obat tradisional yang sejak dulu kala efektif untuk menjaga kesehatan lambung. Kandungannya yang mengandung asam amino dan antioksidan diklaim baik untuk kesehatan lambung. Bagi Anda yang kerap menderita asam lambung tinggi, Anda bisa mengkonsumsi madu sebagai obatnya. Selain itu, manfaat madu untuk lambung adalah sebagai pencegah sebagai pelindung organ pencernaan satu ini dari berbagai masalah.

Skincare Alami untuk Kulit

Masker Madu

Selain untuk kesehatan, manfaat madu juga bisa kita manfaatkan untuk aspek kecantikan. Sudah lama orang-orang menggunakan madu sebagai skincare alami untuk kulit. Madu kerap dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker. Anda bisa mencampur madu dengan bahan lain atau menggunakannya sendiri secara langsung sebagai masker. Anda sedang jerawatan? Cukup campurkan madu dan air perasan jeruk nipis lalu aplikasikan ke kulit yang sedang berjerawat. Atau Anda ingin wajah lebih putih? Campuran madu dan susu bisa menjadi masker alami sebagai pemutih dan pencerah wajah.

 

Tak Hanya Manfaat Madu, Ini 3 Jenis Madu Terlangka di Dunia

Setelah berbicara banyak tentang manfaat madu, madu ternyata memiliki banyak jenis di dunia ini. Jenis madu pun beragam, bahkan ada yang tergolong langka. Sayangnya jenis madu yang langka ini tidak ada di Indonesia. Untuk mendapatkannya pun tergolong sulit. Apa sajakah jenis madu langka tersebut?

Madu Merah alias Mad Honey

Mad Honey

Madu ini juga punya nama lain sebagai crazy honey. Anda bisa menemukannya di Nepal atau Tiongkok. Harganya pun juga sangat mahal. Memanen Mad honey atau madu merah ternyata melalui proses yang cukup sulit. Para pemanen haruslah memanjat tebing-tebing yang tinggi untuk mengambil sarang lebahnya. Lebah penghasil madu ini terkenal sebagai lebah terbesar di dunia. Tidak jarang jika nyawa menjadi taruhat saat memanen madu ini. Madu merah terkenal dengan khasiatnya yang mampu membuat halusinasi. Untuk itulah perlu kehati-hatian dalam mengkonsumsi madu ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Penyebab Penyakit dan Cara Pencegahannya: Menjaga Kesehatan Tubuh dan Masyarakat

Madu Baobab yang Hanya Ada di Afrika

Siapa yang tidak tahu pohon Baobab? Pohon ini hanya tumbuh di Afrika. Bentuknya pun khas dengan batang pohon yang gemuk dan tinggi menjulang. Madu Baobab bisa Anda temukan di wilayah perbatasan Senegal. Manfaatnya yang terkenal adalah sebagai penyembuh penyakit lambung atau untuk obat radang usus. Selain itu, madu ini juga diklaim dapat menghilangkan keriput, dan stretch mark pada kulit.

Madu Pitcairn, si Madu Terlangka di Dunia

Madu Pitcairn

Jika ada jenis madu yang memiliki gelar sebagai madu paling langka dan murni di dunia, maka madu Pitcairn adalah pemenangnya. Sesuai namanya, madu Pitcairn berasal dari dari pulau Pitcairn, yakni pulau kecil minim penduduk di Samudera Pasifik. Hal istimewa dari madu ini karena kualitas kemurniannya. Iklim di pulau Pitcairn terbilang sangat ideal karena hampir tidak ada polusi. Selain itu para lebah yang memproduksinya juga tidak pernah terpapar penyakit apapun. Sehingga dengan kata lain kemurnian dan kualitas dari madu Pitcairn ini sangat tinggi dan langka. Jika dari kualitas saja sudah tinggi, tentu manfaat madu satu ini untuk kesehatan sudah jelas luar biasa.