4 Tempat Wisata di Jimbaran Bali yang Cocok untuk Melepaskan Penat

  • Bagikan
Tempat wisata di Jimbaran Bali

Pulau Bali, salah satu kepingan surga yang jatuh ke bumi. Keeksotisan pulaunya sudah terkenal hingga ke seluruh belahan dunia. Banyak wisatawan mancanegara dan domestik yang berkunjung ke pulau ini setiap harinya. Sebab, banyak tempat wisata di Bali dan kebudayaan Bali yang bisa kamu nikmati. Misalnya tempat wisata di Ungasan Bali dan salah satu yang menjadi rekomendasi adalah tempat wisata di Jimbaran Bali.

Berikut beberapa tempat wisata Jimbaran yang mungkin bisa masuk ke daftar rencana liburanmu ke pulau Dewata.

  • Pantai Jimbaran

tempat wisata di jimbaran bali
sumber instagram @indah_purnama10

Yang pertama adalah pantai Jimbaran atau yang lebih dikenal sebaga Jimbaran Beach. Pantai ini adalah salah satu pantai dengan pasir putih indah di pulau Bali dan sudah cukup terkenal. Kebersihan pantainya selalu terjaga dengan baik, sehingga pantai Jimbaran ini menjadi salah satu tempat wisata yang favorit di Bali. Lokasinya juga cukup strategis bagi kamu yang ingin berwisata ke beberapa tempat dalam waktu yang singkat. Sebab lokasinya searah dengan tempat wisata lain seperti Tanjung Benoa dan area hotel berbintang di daerah Nusa Dua.

Kamu bisa menyaksikan banyak fasilitas hotel, spa dan villa di sepanjang area pinggir pantai. Kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan pantainya terutama ketika sore hari saat matahari terbenam. Sambil menikmati keindahan alam pantainya, kamu juga bisa mencicipi berbagai menu Jimbaran Bali seafood yang disediakan oleh resto yang berada di tepi pantai Jimbaran. Resto dan cafe yang berada di sini menawarkan sajian menu masakan dengan berbagai  olahan laut yang segar.

Pulau Bali sudah sangat terkenal dengan objek wisata pantainya. Tapi dari sekian banyak pantai yang ada di pulau Bali, hampir setiap harinya tempat wisata di Jimbaran Bali ini tidak pernah sepi wisatawan. Baik wisatawan lokal hingga mancanegara, dari pagi hingga malam hari. Sebagian besar dari mereka yang berkunjung ke wisata pantai Jimbaran ini selain untuk menyegarkan pikiran dengan menikmati pemandangan alam, juga untuk menyantap hidangan laut. 

  • Pantai Tegal Wangi

Tempat wisata di Jimbaran Bali
sumber instagram @lensartists.id

Tempat wisata di Jimbaran Bali berikutnya adalah pantai Tegal Wangi. Pantai ini merupakan  pantai tersembunyi yang masih eksotis dan jarang terjamah di Jimbaran. Lokasi pantai ini berada di daerah Jimbaran, Kuta Selatan. Hanya sekitar 13 km dari Bandara I Gusti Ngurah Rai dan berjarak 22 km dari Kota Denpasar. Nah untuk bisa sampai di lokasi pantai ini, kamu bisa menggunakan mobil atau motor dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 15 menit perjalanan.

Pantai Tegal Wangi salah satu pantai di Jimbaran yang memiliki pemandangan yang syahdu karena lokasinya yang berada di bawah tebing. Untuk bisa sampai ke pantainya kamu harus menuruni jalan bebatuan. Meskipun tidak terlalu curam, tapi kamu harus tetap berhati-hati. Kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan luas lautan dari atas tebing, tetapi kamu juga bisa turun untuk menikmati kesegaran air sambil bermain pasir putihnya.

Karena masih cukup sepi, kamu bisa merasakan sensasi menikmati pantai pribadi. Tidak heran banyak yang melakukan sesi pemotretan prewedding di pantai ini karena belum terlalu ramai. Garis pantainya tidak terlalu panjang, namun viewnya sangat cantik. Pantai Tegal Wangi ini menjadi mulai populer tidak hanya karena view pantainya yang syahdu tapi juga sangat instagenic.

Sama seperti pantai Jimbaran sebelumnya, pantai ini juga merupakan salah satu tempat nongkrong di Jimbaran yang pas untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Banyak pengunjung yang memilih untuk datang sore hari demi menikmati view tersebut.

  • Pantai Balangan

tempat wisata di jimbaran bali
sumber instagram @sophia_a_rachman

Masih dengan objek wisata pantai, kali ini rekomendasi tempat wisata di Jimbaran Bali yang syahdu adalah di pantai Balangan. Nah tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melepaskan penat dari sibuknya pekerjaan. Lokasinya cukup nyaman karena jauh dari keramaian suasana kota. Dari bandara Ngurah Rai, kamu membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai ke pantai Balangan ini.

Pantai Balangan juga menawarkan keindahan pasir putih. Selain itu juga pantai ini diapit oleh tebing batu yang membuat pemandangannya semakin eksotis. Nah selain populer di kalangan wisatawan, pantai Balangan ini juga merupakan lokasi favorit bagi para peselancar bahkan untuk peselancar kelas dunia. Ombaknya yang indah dan besar sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat melakukan aktivitas olahraga selancar.

Selain menikmati pemandangan alamnya yang indah, kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner yang dijajakan di warung-warung yang ada di sekitar kawasan pantai ini. Bagi kamu yang datang dari luar kota, kamu bisa menyewa penginapan. banyak penginapan yang tersedia dengan tarif yang bermacam-macam. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk menghabiskan waktu lama ketika berkunjung ke objek wisata ini.

Apalagi salah satu waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah ketika sore hari. Kamu bisa memanjakan diri dengan menikmati indahnya view matahari terbenam sambil menikmati suara deburan ombak yang menenangkan.

  • Pura Goa Gong

tempat wisata di jimbaran bali
sumber instagram @abdidharma22

Setelah membahas mengenai pantai, berikutnya adalah objek wisata gua, yaitu Goa Gong. Terlebih kalau kamu menyukai tempat wisata dengan nuansa spiritual, maka  berkunjung ke Pura Goa Gong adalah pilihan yang tepat. Lokasinya berada di Banjar Batu Mongkong, Desa Jimbaran. Pulau Bali memang memiliki banyak pura, tapi Pura Goa Gong ini memiliki keunikan tersendiri.

Pura Goa Gong berada di sebuah gua dengan air yang selalu menetes dari atapnya. Air ini tak pernah berhenti, meskipun bagian atas gua adalah bukit kapur gersang. Berkat keunikannya, air ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan sering menjadi sarana pengobatan. Tak hanya bagi umat Hindu, umat dari agama lain pun banyak yang datang untuk meminta airnya. Keunikan lainnya ketika ada angin kencang dari arah timur, gua ini akan memantulkan angin sehingga terdengar suara seperti auman harimau.

Dari latar belakang sejarahnya, pura goa gong ini sebagai adalah tempat pemujaan Dang Hyanga Nirartha atau dikenal juga dengan Dang Hyang Dwijendra. Uniknya lagi di kawasan pura ini terdapat pelinggih Ratu Mas Manik Subandar dan juga Dewi Kwam Im, sehingga objek Pura Goa Gong ini ramai dikunjungi oleh umat Buddha, khususnya ketika hari-hari besar agama Budha.

Untuk guanya sendiri, pemandangan di dalamnya bisa kamu nikmati. Pada tebing gua terdapat stalaktit yang meneteskan air. Air tersebut juga sebagai sumber air suci tirta. Ini merupakan fenomena langka, dimana gua di bukit kapur yang tandus selalu ada tetesan air yang keluar dari dinding gua. 

Nah buat kamu yang hendak melakukan ibadah di Pura Goa Gong, bisa menyiapkan sarana upacara (banten) semampunya. Baik itu hanya berupa canang ataupun pejati. Tapi perlu menjadi catatan bahwa pura ini ditutup setiap hari Rabu. Wisatawan maupun umat tidak diperkenankan memasuki area gua, meski bertepatan dengan perayaan hari besar Hindu. Konon jika tetap dilakukan akan menyebabkan kejadian aneh yang menimpa warga.

Nah demikian beberapa tempat wisata di Jimbaran Bali yang syahdu dan unik untuk kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke pulau Dewata ini. Selain bisa menikmati wisata, ada banyak pula restoran di Jimbaran Bali yang menyajikan makanan yang lezat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Berbagai Tempat Wisata di Gresik Yang Sedang Hits Tahun 2021
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *