Obat Alami Radang Tenggorokan Yang Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah

  • Bagikan

Obat alami radang tenggorokan merupakan solusi yang dapat kamu pertimbangkan dan aplikasikan. Mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami penyakit ini karena merupakan penyakit umum. Tanda atau gejalanya akan terasa nyeri dan kering pada area sekitar tenggorokan. Rasa nyeri biasanya akan terasa saat kamu sedang makan ataupun minum. Penyakit jenis ini akan kalian alami karena virus ataupun bakteri yang ada dalam tubuh. Gejala lain yang menandakan sedang ada radang pada tenggorokanmu adalah pilek atau flu. Untuk tindakan pengobatan bisa kalian lakukan secara alami tanpa harus pergi berobat ke dokter. Beberapa obat alami radang tenggorokan dan gambar radang tenggorokan akan kami jabarkaan untukmu berikut ini.

  1. Gunakan Air Garam

Obat Alami Radang Tenggorokan
Sumber: Instagram @gubug_sari

Tentunya obat alami radang tenggorokan ini pasti bisa kalian jumpai dengan mudah di dapur. Hal ini karena setiap rumah pasti memiliki jenis bahan yang wajib ada pada masakan tersebut. Selain membuat rasa masakan lebih sempurna dan nikmat, siapa sangka khasiatnya masih banyak. Contohnya saja pada kasus ini, garam merupakan salah satu obat alami yang pas. Sudah banyak yang membuktikan bahwa garam dapat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan yang sedang mengalami infeksi.

Cara pengobatannya pun cukup mudah. Mula-mula kamu hanya perlu menyediakan air hangat dan masukkanlah garam setengah sendok teh. Tunggu dan aduk hingga garam tersebut larut dalam air. Jika sudah, maka kamu bisa mulai berkumur dengan air hangat garam tersebut. Kumur cukup kamu lakukan beberapa detik saja kemudian ulangi cara tersebut sampai air dalam gelas habis. Sebaiknya agar hasil maksimal, lakukan kegiatan ini setiap hari hingga rasa nyeri pada tenggorokan hilang. Cara ini bisa menjadi obat radang tenggorokan dewasa karena bisa mengkondisikan diri saat kumur-kumur.

  1. Konsumsi Air Putih

Sumber: Instagram @tupperwareusca

Obat alami radang yang selanjutnya adalah air putih. Banyak orang mengabaikan manfaat yang melimpah dari air yang bening ini. Karena tubuh kita merupakan unsur yang dominan dengan air maka pantas saja ini menjadi pilihan obat alami. Selain itu, air putih bisa kalian jadikan sebagai obat radang tenggorokan anak sebab mudah. Cara mengonsumsinya dengan hanya meminum air seperti biasa saja namun dengan takaran yang cukup.

Baca Juga ini Ya !! =>  Wajah Mulus dengan 5 Cara Menghilangkan Komedo ini

Pastikan cairan dalam tubuhmu tetap stabil agar tidak dehidrasi. Karena apabila cairan tubuh kurang akan menimbulkan banyak sekali penyakit contohnya radang ini. Dengan mengonsumsi air yang cukup makan stok air liur pun akan meningkat. Sehingga jika air liur banyak diproduksi akan membantu membuat tenggorokan tetap lembab. Hal ini akan sangat membantu sekali dalam penaganan radang tenggorokan. Pastikan kamu mengonsumsi air putih dengan cukup ya dan jangan sampai tubuhmu mengalami dehidrasi.

  1. Buah Yang Lembut dan Mudah Ditelan

Obat Alami Radang Tenggorokan
Sumber: Instagram @hijosfarm

Jika sudah berbicara tentang buah terlintas pada fikiran adalah yang segar-segar dan manis. Tentu saja karena buah merupakan makanan yang biasa dikonsumsi sebagai pencuci mulut atau juga sebagai makanan saat diet. Salah satu buah untuk radang tenggorakan yang biasa dikonsumsi adalah pisang. Pisang merupakan buah yang mudah kamu dapatkan dimana saja. Karena banyak sekali manfaat dan khasiat dari sebuah pisang membuatnya sangat banyak dijual. Pisang memiliki tekstur yang lembut dan mudah tercerna serta kaya akan kandungan serat. Sehingga saat radang tenggorokan salah satu obat alami yang dapat kamu konsumsi adalah buah ini.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan nutrisi serta mengandung vitamin yang banyak. Kalian dapat mengonsumsi buah  ini dengan memakan secara langsung ataupun bisa juga diolah. Misalnya saja bagi kamu yang menyukai  jus, pisang juga bisa menjadi bahan untuk jus sehatmu. Cukup sipakan beberapa biji saja dan tambahkan sedikit madu lalu siap diminum. Simple namun banyak khasiat dan berguna sebagai obat alami radang tenggorokan.

  1. Madu Segala Obat Penyakit

Sumber: Instagram @masidomoto

Mengonsumsi jenis kekayaan alam yang satu ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sedang radang. Pasalnya madu memiliki banyak sekali kelebihan dan berjuta manfaat. Sejak zaman dahulu kala, madu menjadi favorite untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Madu dapat menyembuhkan berbagai macam infeksi atau luka secara efektif. Karena keefektipannya ini membuatnya menjadi salah satu rekomendasi untuk mengobati radang tenggorokan. Kandungan dalam madu salah satunya adalah fruktosa dan juga berbagai jenis vitamin di dalamnya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Ini 7 Cara Memutihkan Gigi yang Dijamin Keampuhannya

Selain vitamin, terdapat juga kandungan lain seperti protein yang membantu memperkuat imun pada tubuh. Apabila kamu tertarik menggunakan madu sebagai obat alami radang tenggorokan maka caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu mengonsumsinya secara langsung atau bisa juga menambahkan kombinasi. Kombinasi yang bagus untuk madu yaitu dengan perasan lemon atau menambahkannya pada jus pisang.

  1. Kayu Atau Akar Manis

Obat Alami Radang Tenggorokan
Sumber: Instagram @wonderjus.id

Bagian rempah dapur yang satu ini sudah terkenal akan banyak manfaat. Terdapat berbagai macam kandunganyang akan membantu membunuh bakteri dalam tubuh. Kandungan antibakteri yang dimiliki mampu melawan bakteri jahat yang menyebabkan kesehatan dalam tubuh menurun. Kayu manis juga biasanya digunakan sebagai bahan pembuat jamu dan juga sekedar minum teh. Tercipta dari kulit bagian dalaam dan memiliki aroma yang manis namun pedas. Rempah yang satu ini juga sudah terkenal sejak zaman dahulu karena kelebihan yang dimiliki.

Untuk mendapatkannya saja cukup mudah pada saat sekarang. Kamu hanya perlu ke pasar dan membelinya dengan harga yang terjangkau. Sebuah kayu kering yang dapat juga kalian gunakan sebagai salah satu bahan dalam perawatan untuk kecantikan. Tak ayal bila jeis rempah ini memiliki banyak sekali peminat. Cara menggunakan akar manis ini dalam mengobati radang tenggorokan adalah cukup dengan mencampurkannya pada minuman ataupun bisa juga dengan cara merebusnya. Selain itu, bisa juga jenis ini kamu jadikan sebagai bubuk dan campurkan dengan minuman kesukaanmu.

  1. Tablet Hisap Antibiotik

Sumber: Instagram @julien_f1

Bagi kalian yang mungkin tidak menyukai jenis rempah ataupun tidak punya waktu untuk meraciknya tenang saja. Solusinya adalah dengan membeli obat hisap radang tenggorokan di apotek terdekat. Tablet hisap biasanya sudah memiliki kandungan tertentu yang akan berguna untuk melawan bakteri dalam tubuh. Biasanya saat menghisap tablet ini akan langsung terasa pada tenggorokan dan mulut. Hal itu menandakan bahwa reaksi dari tablet ini sedang bekerja membunuh bakteri.

Baca Juga ini Ya !! =>  Ragam Manfaat Jahe dan Aneka Cara Penggunaannya

Obat jenis ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa. Kamu tak perlu risau jika anakmu sedang radang, berikanlah obat hisap ini untuknya agar bisa mengurangi resiko bakteri berkembang biak. Namun tetap perhatikan petunjuk penggunaan yang biasa ada padakemasan ya. Sebaiknya kalian jangan mengonsumsi obat hisap ini lebih dari 1 minggu karena akan menimbulkan akibat yang kurang baik. Jika dalam waktu 7 hari keadaanmu tidak kunjung sembuh ataupun membaik maka sebaiknya pergilah ke dokter. Konsultasikan keadaanmu dan mintalah obat yang benar-benar bisa mengobati radang.

Sekian dulu ya penjelasan kami. Itulah 6 obat alami radang tenggorokan yang dapat kamu terapkan ketika mengalami radang. Jangan langsung meminum obat ya, karena kalian bissa menggunakan bahan alami yang berasal dari buah dan rempah. Semoga membantu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *