Ini 7 Cara Memutihkan Gigi yang Dijamin Keampuhannya

  • Bagikan
Cara Memtihkan Gigi

Cara Memutihkan Gigi

Cara memutihkan gigi banyak dilakukan oleh sebagian orang karena mereka tidak pede dengan warna giginya. Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang bvital. Banyak sekali kasus kematian di dunia ini yang berawal mula dari kesehatan gigi yang buruk. Gigi berlubang mungkin terlihat sepele. Namun jika lubang tersebut dibiarkan dapat menjadi jalan masuk bagi kuman dan bakteri ke aliran darah. Jika aliran darah sudah terinfeksi, organ tubuh lain bisa terkena dampaknya. Selain aspek kesehatan gigi yang penting, aspek estetika untuk gigi pun juga tak bisa diremehkan.

Warna gigi yang menguning akan membuat sebagian orang malu untuk tersenyum ataupun tertawa lebar. Para dokter gigi menyatakan bahwa warna gigi alami yang sehat itu memang sedikit kekuningan. Namun pada kenyataanya masih banyak orang yang ingin melakukan bleaching gigi demi penampilan maksimal. Apalagi untuk kalangan orang yang menuntut penampilan fisik sempurna dalam pekerjaannya. Biaya memutihkan gigi pun rela dikeluarkan sedemikian banyaknya demi warna putih idaman.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara memutihkan gigi, kita harus tahu dulu apa penyebab gigi menjadi kuning. Fakta membuktikan bahwa semakin tua usia seseorang, semakin tipis pula lapisan enamel gigi yang putih. Selain itu gaya hidup yang tidak sehat juga semakin menambah gigi menjadi kekuningan. Penyebab gigi kuning pun bisa banyak macamnya. Antara lain adalah:

  • Merokok
  • Kebiasaan minum kopi dan teh
  • Sering makan permen dengan pewarna buatan
  • Jarang sikat gigi dan tidak menjaga kesehatan gigi dengan baik
  • Gemar mengkonsumsi minuman bersoda yang berwarna gelap

Kebiasaan Minum Kopi

Jika sudah tahu apa saja penyebab gigi kuning, tentu Anda harus merubah kebiasaan tersebut. Namun apabila gigi sudah terlanjur menguning, Anda bisa mencoba dua cara untuk memutihkannya kembali. Cara pertama tentu adalah dengan meminta bantuan dari dokter gigi. Walaupun cara ini akan menghasilkan efek yang instan, namun biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Anda bisa mencoba cara kedua, yaitu cara yang alami. Cara alami bisa Anda tempuh karena hanya memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda. Kuncinya adalah konsisten demi hasil maksimal.

Sudah penasaran apa sajakah cara memutihkan gigi yang alami dan dijamin keampuhannya? Mari lihat penjelasan di bawah berikut:

Cuka Apel

Cuka apel biasanya dijadikan sebagai bahan untuk menambah cita rasa makanan. Namun, khasiat cuka apel sudah terkenal untuk aspek perawatan kecantikan. Banyak wanita yang memanfaatkan cuka apel sebagai salah satu bahan alami dalam merawat wajah. Nah, untuk masalah gigi kuning pun Anda bisa menggunakan cuka apel. Cara memutihkan gigi dengan cuka apel ini mudah sekali yakni cukup ambil 1 sendok cuka apel. Setelahnya gosok secara merata pada permukaan gigi.

Susu

Susu

Susu yang berwarna putih bersih itu bisa dijadikan bahan sebagai pemutih gigi yang alami. Minuman ini mengandung banyak nutrisi penting. Kandungan kalsiumnya bermanfaat untuk membuat gigi bersih dari noda kekuningan. Bahkan zat fosfor dan magnesiumnya bisa memperkuat gigi. Caranya tentu tidak perlu Anda gosokkan air susu ke gigi. Hanya menambahkan susu sebagai minuman rutin, gigi putih bisa Anda dapatkan.

Jeruk Nipis

Si kecil yang asam ini terbukti banyak memiliki efek yang positif untuk kesehatan. Jeruk nipis juga terkenal dengan kandungan anti-bakterinya. Salah satu penyebab gigi bisa kuning adalah menumpuknya kuman dan bakteri pada permukaan gigi. Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis inilah yang akan mengusir jauh semua kuman dan bakteri pada gigi. Anda bisa memeras jeruk nipis terlebih dahulu lalu gunakan air perasan atau sisa dagingnya untuk digosokkan ke gigi. Jangan lupa untuk berkumur dengan air setelahnya, ya!

Garam

Bahan masakan satu ini sudah pasti tersedia di rumah Anda. Garam juga bersifat sebagai anti-bakteri yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Para dokter gigi pun menyarankan untuk rutin berkumur dengan air garam. Khasiatnya antara lain juga untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, meredakan amandel yang meradang, serta memutihkan gigi. Yuk, jangan malas untuk berkumur dengan air garam!

Kulit Pisang

Kulit Pisang

Anda akan mudah menemukan buah pisang di kawasan tropis. Beruntunglah Indonesia yang tanah dan iklimnya cocok untuk budidaya pisang. Hampir seluruh bagian dari buah pisang memiliki manfaat, termasuk kulitnya. Sehabis makan pisang, jangan langsung membuang kulitnya, ya! Cara memutihkan gigi dengan kulit pisang bisa Anda terapkan dengan mudah. Hanya gosokkan kulit pisang ke permukaan gigi secara merata dan rutin, Anda bisa mendapatkan gigi putih cemerlang.

Stroberi

Satu lagi buah yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi adalah stroberi. Si kecil merah ini terkenal dengan cita rasanya yang asam dan segar. Kandungan asamnya pula lah yang bermanfaat untuk mengangkat noda kekuningan pada gigi. Cara pengaplikasiannya hampir sama dengan cara-cara sebelumnya. Gosokkan potongan stroberi pada gigi dan tunggu beberapa. Lakukan dengan konsisten, ya!

Arang

Arang Aktif

Arang yang berwarna hitam itu bisa berfungsi untuk memutihkan gigi? Bisa, dong! Cara memutihkan gigi dengan arang memang terdengar agak kontradiktif. Namun, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa arang aktif atau activated charcoal bisa mengubah warna gigi menjadi lebih putih. Arang aktif bisa menyerap zat tanin yang menjadi penyebab gigi menjadi kuning. Arang aktif juga mampu mencegah timbulnya karang gigi. Anda bisa mendapatkan arang aktif di apotek. Lalu Anda bisa menaburkan di sikat gigi atau berkumur dengan larutan arang aktif ini untuk menggunakannya.

Gigi yang Sehat adalah Gigi yang Sedikit Kekuningan

Semua cara alami di atas pastinya membutuhkan konsistensi yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Meskipun tidak instan, tapi efek positifnya tidak hanya untuk gigi yang putih saja. Jika Anda rajin menerapkan cara-cara di atas, kesehatan gigi dan mulut Anda bisa terjaga dengan baik. Terutama jika Anda memiliki keuangan yang terbatas hanya untuk memutihkan gigi, maka cara alami adalah opsi terbaik yang bisa Anda pilih.

Gigi Sehat

Jika hasil yang didapat tidak seputih seperti selebritis papan atas, Anda tidak perlu berkecil hati. Para dokter gigi sedunia pun sepakat bahwa warna alami gigi yang sehat adalah yang sedikit kekuningan. Warna gigi yang sedikit kekuningan menandakan gigi yang kuat. Justru sebaliknya warna gigi yang putih bersih seperti kertas itu lebih rapuh. 

Setelah melakukan banyak cara memutihkan gigi, ada pula cara mencegah agar gigi  tidak semakin menguning. Pertama yaitu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin sikat gigi dan berkumur. Kedua, Anda bisa membatasi makanan dan minuman yang menyebabkan gigi kuning. Ketiga adalah mengurangi kebiasaan merokok. Memang dua cara terakhir akan terasa sulit karena itu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari kita. Namun, jika Anda merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, bukan hanya gigi putih saja yang Anda dapatkan. Kondisi tubuh Anda akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit!

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Menghilangkan Ketombe Anti Gagal dan Mujarab!
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *