Berbagai Manfaat Coklat untuk Jiwa dan Raga

  • Bagikan
Manfaat Coklat

Coklat: Tak Hanya Lezat Tapi Juga Kaya Manfaat

Manfaat Coklat

Manfaat coklat tak hanya pada rasanya yang mantap aja. Banyak khasiatnya baik untuk kecantikan maupun kesehatan jiwa dan raga. Kok bisa? Yuk cari tahu lebih banyak tentang manfaat coklat!

Mengapa coklat bermanfaa bagi tubuh? Dalam coklat terdapat kandungan zat flavonoid atau flavanol yang bersifat antioksidan. Coklat juga termasuk salah satu lemak baik yang terbukti bisa meningkatkan kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL. Ada banyak jenis produk olahan coklat yang bisa kita temui. Ada minuman dan juga chocolate bar atau snack bar. Nah, meskipun ada juga manfaat coklat susu, misalnya agar rileks dan sebagai sumber tenaga, tapi yang lebih recommended untuk dikonsumsi adalah dark chocolate atau coklat hitam. Untuk bisa merasakan manfaat coklat bubuk secara maksimal, sebaiknya kamu memilih bubuk kakao murni, tanpa campuran apapun. Berikut ini beberapa manfaat coklat bagi kita, tak hanya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh tapi juga baik untuk kesehatan mental.

1. Manfaat coklat sebagai mood-booster

Manfaat coklat bikin bahagia adalah salah satu yang paling menonjol, dan, banyak orang sudah mengetahuinya. Kamu bisa merasakan manfaat coklat mood jadi up dengan minum atau makan coklat yang enak. Tak jarang, coklat menjadi salah satu guilty pleasure food bagi banyak orang. Penjelasannya ada pada senyawa yang terkandung dalam coklat, terutama kandungan flavanol atau flavonoid dan phenylethylamine. Senyawa ini bisa membantu terjadinya peningkatan hormon dopamin, endorfin dan serotonin pada otak kita. Keduanya berperan memberi rasa nyaman dan senang, jadi, kita akan berasa lebih happy dan rileks setelah mengonsumsi coklat. Ini juga yang jadi manfaat coklat untuk wanita. Tahu kan? Mood wanita kadang suka berantakan, apalagi kalau lagi PMS. Konsumsi coklat juga bisa memunculkan perasaan jatuh cinta loh. Apalagi kalau dikasih coklat sama yang tersayang. Uwu! Coklat memang lekat banget ya dengan percintaan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan selain Jaga Imunitas

2. Menjaga kesehatan kulit

Khasiat coklat bagi kaum hawa tak sebatas sebagai pelipur lara saja. Banyak juga manfaat coklat untuk kecantikan, terutama untuk kulit. Makanya, kita sering lihat produk perawatan kecantikan seperti lotion, lulur, atau scrub yang mengandung coklat. Kamu juga bisa bikin masker atau scrub sendiri dengan mencampurkan bubuk kakao, coklat leleh, dan susu bubuk. Aplikasikan ke wajah atau tubuh. Coklat berkhasiat mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, kulit jadi lebih lembut, lembab dan cerah. Selain itu, coklat juga mengandung antioksidan yang bisa bersifat anti-aging. Artinya, coklat bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan dini.

3. Bagus untuk diet

Manfaat Coklat

Siapa bilang makan coklat bikin gemuk? Justru, coklat bisa membantu mengendalikan nafsu makan loh, jadi bisa membantu kita menurunkan berat badan. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa coklat juga bikin kita merasa kenyang lebih lama. Jadi, berat badan cepet turun deh. Eits! Jangan senang dulu! Coklat yang bagus untuk diet adalah produk coklat hitam yang memiliki kandungan kokoa setidaknya 70%. Coba konsumsi dark chocolate di pagi hari, jadi nafsu makan kamu jadi lebih terkontrol saat makan siang dan makan malam.

4. Menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan tekanan darah

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi coklat membantu menurunkan risiko pembekuan darah yang dapat memicu serangan jantung dan stroke. Kandungan antioksidan dalam coklat merangsang pembentukan nitrat oksida, senyawa penting yang mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Dengan demikian, coklat juga bisa membantu aliran darah lebih lancar. Perlu kita ingat juga bahwa lemak baik dalam coklat juga membantu menurunkan kadar LDL yang merupakan kolesterol jahat yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Karena hal-hal inilah, risiko terkena penyakit kardiovaskular pun ikut menurun.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Teh Hijau, Cara Konsumsi yang Benar, dan Efek Sampingnya

5. Manfaat coklat untuk melawan diabetes

Coklat bikin diabetes? Siapa bilang? Gula dalam produk olahan coklat lah yang bisa memicu diabetes. Kalau coklatnya sendiri? Justru baik untuk melawan dan mencegah diabetes. Penelitian oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi coklat hitam secara rutin mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin akan menekan kadar gula dalam darah agar tetap normal. Konsumsi coklat juga menurunkan resistensi insulin yang merupakan faktor pemicu penyakit diabetes.

6. Mengatasi problem kelelahan dan membantu pemulihan otot

Seperti yang kita ketahui, kelelahan fisik bisa juga berkaitan dengan kesehatan mental. Sebelumnya kita sudah tahu bahwa coklat yang meningkatkan produksi serotonin bisa naikin mood, memperbaiki suasana hati jadi lebih positif. Ini juga berkaitan dengan kesehatan mental, karena konsumsi coklat juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Dengan tidur cukup yang berkualitas inilah yang membuat masalah kelelahan fisik teratasi. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu bisa minum coklat hangat sebelum tidur. Ini akan membuatmu lebih rileks dan lebih siap untuk tidur.

Selain itu, coklat juga sangat baik bagi mereka yang sedang dalam latihan intensif, seperti atlet atau gym-goers. Salah satu manfaat lain dari coklat (yang hitam ya) adalah membantu pemulihan otot. Kalau otot lebih cepat pulih, latihan pun jadi lebih efektif dan efisien.

7. Menjaga kesehatan pencernaan dan mengobati diare

Kalau sekarang yang kita tahu pengobatan diare adalah dengan daun jambu biji, dulu nggak gitu. Di Eropa dan Amerika Selatan pada abad ke-16, pengobatan diare adalah dengan kokoa atau coklat. Praktik ini juga telah didukung oleh penelitian di era modern, yang membuktikan bahwa kandungan flavanol pada coklat bisa membantu mengatur sekresi cairan di usus yang membantu menghentikan diare. Tak hanya untuk mengobati diare saja, coklat juga punya kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Lawan Covid-19! Begini Cara Memperkuat Imun Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

8. Perawatan rambut berkilau dan sehat

Manfaat Coklat

Selain buat masker wajah dan perawatan tubuh, coklat juga bisa kamu gunakan untuk merawat rambut. Pakai masker coklat untuk rambut agar lebih berkilau. Selain itu, rambut kamu bakal wangi coklat! Enak banget pasti, setiap cium aroma rambut yang yummy, kamu pasti jadi lebih rileks dan happy, siap menyambut hari.

Coklat memang memiliki banyak manfaat. Tapi, hati-hati ya kalau mau suka konsumsi coklat, apalagi yang sudah melewati proses dan banyak memiliki tambahan campuran lain. Apalagi kalau kamu mengincar manfaat minum coklat. Coklat mengandung kafein yang bisa memberi efek samping bagi tubuh. Kalau minum terlalu banyak, bisa-bisa kamu jadi susah tidur, cemas dan gugup, sering buang air kecil, dan detak jantung meningkat.

Terlalu banyak konsumsi coklat terutama yang banyak mengandung gula dan lemak jenuh juga nggak baik buat kesehatan tubuh. Banyaknya kandungan gula dan lemak dalam produk coklat olahan inilah yang bikin gendut dan bahkan diabetes! Plus, bisa bikin jerawatan pula. Jadi, tetap perhatikan cara konsumsi coklat yang tepat agar kamu bisa dapat manfaat tanpa mengganggu kesehatan dan kecantikan. Perhatikan kemasan dan pelajari label produk coklat olahan sebelum membelinya. Perbanyak konsumsi coklat hitam yang murni dan kurangi coklat olahan dengan berbagai campuran.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *