Manfaat Cengkeh yang Faktanya Ajaib untuk Kesehatan

  • Bagikan
manfaat cengkeh

manfaat cengkeh

Berbagai manfaat cengkeh mudah sekali Anda temukan di berbagai artikel internet. Cengkeh merupakan tumbuhan rempah-rempah yang asli berasal dari Indonesia. Tumbuhan ini juga mempunyai nama lain yang disebut sebagai cengkih. Selain itu, kandungan cengkeh ternyata juga berkhasiat tinggi untuk kesehatan. Berbagai penelitian pun mendukung klaim tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaatnya, yuk, kita kenalan dulu dengan tumbuhan ini!

Tentang Cengkeh

Sejak zaman penjajahan, banyak bangsa dari Eropa yang tertarik dengan rempah-rempah khas Indonesia. Antara lain kayu manis, dan cengkeh. Manfaat kayu manis dan cengkeh sudah populer di kalangan para penjajah. Oleh sebab itu mereka bahkan sampai membuat program tanam paksa di Indonesia demi meningkatkan produksi rempah-rempah.

Cengkih sejatihnya merupakan kuncup bunga yang mengering. Nama latinnya adalah Syzgium aromaticum. Orang-orang sering menggunakannya sebagai tambahan bumbu dalam masakan. Manfaat cengkeh untuk masakan terkenal dengan aromanya yang khas dan menggugah selera. Bahkan masyarakat Indonesia memanfaatkan kuncup bunga kering ini sebagai bahan utama dalam pembuatan rokok kretek. Rokok kretek merupakan rokok tradisional asli produksi Indonesia yang memiliki penggemarnya sendiri. Cengkeh juga mudah dibudidayakan di luar Indonesia seperti Sri Lanka, India, dan Zanzibar.

 

Resep Mudah Konsumsi Cengkeh

teh telang cengkeh

Ingin tahu solusi termudah untuk mengetahui cara mengkonsumsi cengkeh? Anda bisa membuatnya sebagai minuman teh. Resepnya cukup mudah, apalagi jika Anda memiliki Bunga Telang di rumah. Bunga Telang bisa mengubah warna air menjadi biru sehingga lebih cantik untuk dipandang. Dengan kebaikan manfaat aroma cengkeh dan bunga telang, Anda bisa mendapatkan banyak khasiat dalam 1 cangkir. Berikut resepnya!

Bahan:

  • 6 buah Bunga Telang yang sudah kering
  • 10 buah Cengkih
  • Air sebanyak 600 cc
  • Gula pasir sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Pastikan untuk mencuci bersih cengkih dan bunga telang di bawah air mengalir.
  2. Kemudian rebus bunga telang dan cengkih dalam air.
  3. Pastikan pula untuk merebus hingga mendidih dan air menjadi berwarna kebiruan
  4. Siapkan saringan, lalu saring rebusan dan sajikan ke dalam gelas.
  5. Jika Anda menyukai rasa manis, Anda bisa menambahkan gula secukupnya.
  6. Teh Cengkih Bunga Telang siap untuk diminum!

8 Kebaikan Cengkeh

Jika kita sudah tahu tentang latar belakang tumbuhan ini dan bagaimana cara mengkonsumsinya, mari kita bahas tentang khasiatnya. Ada banyak sekali manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk, kita bahas satu demi satu di bawah ini!

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Kangkung yang Ternyata Berkhasiat Tinggi

1. Menjaga Imunitas Tubuh

Saat sebuah pandemi terjadi, maka kita harus menjaga kesehatan secara maksimal. Dalam menjaga kesehatan, daya tahan tubuh tentu harus kuat. Cengkeh bisa menjadi bahan alami dalam meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan senyawa dalam bunga ini berguna untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Kalau Anda mengkonsumsi dengan rutin, tubuh Anda pun akan jauh terasa lebih sehat dan fit.

 

2. Mengontrol Gula Darah

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa nigericin dan cengkeh mampu meningkatkan sekresi insulin, membantu penyerapan gula dari darah ke sel, serta membantu meningkatkan fungsi sel-sel insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang bertugas untuk memindahkan gula pada darah ke sel. Sehingga dengan kata lain, jika Anda rutin mengkonsumsi cengkeh maka kadar gula darah Anda bisa terkontrol dengan baik.

 

3. Meredakan Sakit Gigi

minyak cengkeh

Beberapa orang bilang jika Anda mengalami sakit gigi, cobalah untuk mengkonsumsi cengkeh. Manfaat cengkeh untuk gigi dianggap mampu untuk meredakan sakit gigi yang Anda alami. Sifat bunga ini adalah antijamur, antioksidan, dan antiinflamasi. Berkat itu, sakit gigi Anda bisa berkurang. 

Tentu Anda bukan harus  memakan cengkeh bulat-bulat. Agar Anda bisa mendapatkan khasiat maksimal maka Anda perlu menggunakan minyak cengkeh. Oleskan minyak ke kapas atau cotton bud, lalu usapkan pada area yang sakit. Terkait tentang khasiat ini memang masih perlu penelitian lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba. Pastikan untuk tetap periksa ke dokter gigi, ya, setelahnya!

 

4. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat Teh Hijau

Anda sering mengalami pusing? Tidak perlu buru-buru untuk minum pil penghilang sakit kepala. Ada cara alami yang bisa Anda coba. Segelas susu hangat yang dicampur dengan bubuk cengkeh terbukti mampu untuk meredakan sakit kepala. Hal ini karena kandungan dari tumbuhan berwarna cokelat satu inilah yang efektif untuk meringankan pusing.

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Bikin PD Lagi

5. Mencegah Osteoporosis

Saat usia semakin beranjak tua, tubuh akan mengalami penurunan fungsi. Termasuk dengan kondisi tulang yang mudah rapuh. Kondisi ini biasa disebut sebagai osteoporosis. Para peneliti pun mencoba untuk memeriksa apakah cengkeh bisa berkhasiat untuk tulang. Hasilnya ternyata bisa. Kandungan bernama mangan yang ada di dalamnya ternyata mampu untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu proses pembentukan tulang. Dengan begitu, maka risiko osteoporosis bisa Anda cegah di kemudian hari!

 

6. Segudang Khasiat untuk Kecantikan Kulit

Cara Menghilangkan Jerawat

Tahukah Anda jika kuncup bunga kering ini bermanfaat sekali untuk kecantikan kulit? Bagi Anda yang suka menggunakan bahan alami sebagai perawatan kulit, Anda pasti akan menyukainya. Manfaat cengkeh untuk kulit bisa bervariasi. Minyak cengkeh ternyata mampu menghilangkan noda dan keriput pada wajah. Bahkan bekas luka yang mengering pun juga. Kemudian jika Anda rutin minum air rebusan cengkeh, jerawat yang ada di wajah Anda bisa teratasi dengan mudah. Tentu Anda harus melakukan semuanya dengan rutin. Cara alami untuk perawatan kulit memang membutuhkan waktu lebih lama agar dapat memberikan hasil. Pastikan Anda bisa untuk tetap rutin dalam memakainya.

 

7. Baik untuk Pejuang Diet

Apakah Anda saat ini sedang dalam program menurunkan berat badan alias diet? Mungkin Anda bisa mencoba ramuan mujarab satu ini. Ramuan tersebut adalah air rebusan jahe, cengkeh, dan kayu manis. Banyak sekali mereka yang membuktikan bahwa berat mereka bisa turun setelah rutin minum ramuan ini. Manfaat cengkeh dan kayu manis serta jahe ini bisa meredakan perut kembung yang membuncit serta melancarkan pencernaan. Anda pun akan jauh merasa lebih sehat kalau rutin minum ramuan ini. Tidak hanya berat badan saja yang turun, tapi badan yang lebih prima juga akan Anda dapatkan!

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Menghilangkan Jerawat Bandel yang Bikin Mood Anjlok!

8. Ramah untuk Penderita Maag

Gangguan Pencernaan

Naiknya asam lambung bisa menjadi masalah serius. Tidak jarang banyak dari mereka yang harus menghentikan kegiatan saat asam lambung naik menyerang. Untuk menyembuhkannya pun ada banyak cara. Alami maupun non-alami. Keduanya sama-sama efektif. Namun jika Anda ingin cara alami, maka cengkeh bisa menjadi solusi alternatif untuk Anda.

Anda bisa menggunakan minyak esensial cengkeh untuk meredakan asam lambung yang naik. Selain itu jika Anda menderita tukak lambung, cengkeh pun juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat penyembuh. Cengkeh dianggap mampu meningkatkan jumlah lendir lambung. Lendir ini memiliki manfaat sebagai penghalang untuk efek perih dari naiknya asam lambung. Selain itu juga dapat menurunkan risiko erosi pada dinding lambung akibat terkena asam lambung itu sendiri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *