Manfaat Kopi untuk Kecantikan dan Kesehatan Pria dan Wanita

  • Bagikan
Manfaat Kopi

Manfaat Kopi

Sobat senja udah tahu apa saja manfaat kopi? Minum kopi jangan cuman karena filosofinya; selain nikmat, kopi juga kaya manfaat. Manfaat kopi pun tak sekedar bikin melek aja. Yuk cari tahu lebih banyak tentang khasiat si hitam pahit ini!

Kopi memang jadi salah satu minuman hits kekinian masa kini. Lihat aja di sekitarmu, pasti banyak kedai kopi bertebaran kan? Kepopulerannya mulai naik bertahun lalu, tapi hingga kini pun, jumlah penggemarnya tak kunjung surut. Justru terus meningkat. Ada banyak varian kopi yang biasa kita jumpai. Dua yang populer adalah Arabica dan Robusta. Sementara kopi khas Indonesia termasuk Kopi Gayo, Kopi Kintamani, Kopi Jawa, Kopi Toraja, dan masih banyak lagi.

Proses Buah Kopi hingga jadi Bubuk Kopi

Manfaat kopi pahit tanpa campuran apapun itu sendiri ada pada kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Selain itu, kopi juga mengandung berbagai nutrisi lain, misalnya vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3 atau niacin, vitamin B5 atau asam pantotenat, magnesium, natrium, kalium, dan mangan.

Manfaat tanaman kopi yang diolah menjadi minuman nikmat berkafein tinggi pun tak terbatas dari segi kesehatan aja. Banyak juga manfaat kopi untuk kecantikan yang nanti kita akan bahas juga di artikel kali ini. Nah, untuk tahu manfaat kopi untuk pria dan wanita, simak terus sampai habis ya!

1. Menambah stamina, produktivitas dan daya ingat

Kandungan utama yang semua orang tahu dari kopi adalah kandungan kafeinnya. Makanya, banyak yang minum kopi buat penahan kantuk, biar melek terus. Nah, nggak cuman itu nih manfaat kandungan kafein dari kopi. Selain bisa menjaga kita tetap terjaga, kopi juga bikin badan lebih segar dan nggak gampang capek. Stamina juga ikutan terjaga nih, dan fungsi otak pun meningkat. Bagus untuk minum kopi sebelum olahraga, biar performa kita jadi stabil dan hasil olahraga kita lebih maksimal. Paling baik minum kopi sekitar jam 9 atau 10 pagi, biar lebih semangat hadapi hari dan jadi lebih produktif deh.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Atasi Sembelit Dengan Cepat Dan Alami di Rumah, Ampuh!

2. Mengurangi risiko terkena berbagai penyakit seperti diabetes, Parkinson, dan gangguan fungsi organ hati

Kopi hitam memang dipercaya dan terbukti bisa mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2, Parkinson, gangguan hati hingga kanker, jantung dan stroke. Studi menunjukkan orang yang minum 2-3 cangkir kopi setiap hari secara rutin memiliki risiko yang lebih rendah untuk terjangkit penyakit-penyakit ini. Kafein yang tinggi pada kopi terbukti juga bisa membantu para penderita penyakit Parkinson untuk mengontrol gerak tubuh mereka. Tapi ingat, kopi hitam tanpa gula ya. Karena gula ini yang bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

3. Manfaat kopi untuk kesehatan mental

Manfaat lain dari kopi yang sudah teruji dalam sebuah penelitian adalah manfaatnya untuk kesehatan mental. Konsumsi kopi mampu membuat kita lebih rileks dan bahagia, seperti halnya konsumsi coklat dan teh. Bedanya, kandungan kafein pada kopi lebih tinggi. Jadi, lebih membantu mengatasi depresi. Jadi, minumnya jangan yang decaffeinated ya, karena kalo yang itu kan kandungan kafeinnya udah hilang tuh. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya kemungkinan kopi bisa membantu menurunkan risiko terkena depresi. Juga bisa menjaga kesehatan otak kita. Lebih dari itu, kopi juga membantu mencegah demensia, Alzheimer, dan stroke!

4. Menjaga Kesehatan Organ Kardiovaskular

Selain bagus buat kesehatan otak dan mental, kopi juga bisa menjaga jantung tetap sehat loh. Berdasarkan suatu penelitian, minum kopi dalam jumlah sedang bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Takaran yang disarankan yaitu sekitar 2 cangkir kopi per hari atau sekitar 236,5 ml saja. Tapi, penelitian ini masih perlu dukungan penelitian dan data lebih banyak untuk membuktikan kebenarannya, dan untuk menjaga kesehatan jantung tidak bisa hanya dengan minum kopi saja ya. Harus jaga pola hidup sehat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Bayam dan Bahayanya. Awas Jangan Kebanyakan!

5. Manfaat kopi untuk diet kamu

Manfaat kopi untuk diet ada pada kemampuannya untuk meningkatkan metabolisme tubuh, serta membantu mempercepat proses pembakaran lemak. Plus, kopi tidak mengandung kalori dalam jumlah banyak, jadi nggak bikin gemuk. Sekali lagi, kalau nggak ditambah banyak gula ya. Selain itu, senyawa pada kopi selain kafein, yaitu klorogenat, juga dikatakan bisa membantu menurunkan berat badan.

6. Manfaat kopi untuk kecantikan: membantu mengecilkan pori

Manfaat Kopi

Kali ini kita mulai masuk ke daftar manfaat kopi untuk wajah. Memang ya, untuk wanita terutama, wajah adalah bagian penting dari tubuh yang perlu perhatian lebih. Hal ini tentunya karena kulit wajah cenderung lebih sensitif. Nah, manfaat pertama dari kopi adalah kopi bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah. Bukan untuk diminum aja nih. Bubuk kopi juga bisa diambil manfaatnya dengan cara lain. Sering lihat masker kopi? Nah, itu karena memang ada kandungan zat pada kopi yang bisa membantu mengecilkan pori. Hasilnya, kulit lebih halus dan cerah. Kamu juga bisa menambahkan madu pada pasta kopi dan gunakan sebagai masker. Bakal dapat tambahan manfaat lain dari si manis madu buat wajah kamu deh.

7. Mengatasi wajah kusam dan berminyak

Satu lagi manfaat kopi untuk kulit yang berkaitan juga dengan khasiatnya untuk pori-pori wajah. Tahu dong, kalau pori-pori wajah yang besar bisa menimbulkan berbagai masalah kecantikan, seperti menstimulasi produksi minyak berlebih dan membuat wajah cepat kotor dan kusam. Glowing memang oke, tapi kalau wajah berminyak kan BIG NO ya. Nggak mau punya wajah kumal nggak terawat? Temenan aja sama masker kopi. Kandungan di dalamnya, terutama kandungan antioksidan, sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kamu bisa bikin sendiri masker kopi dari bubuk kopi asli. Jangan pakai kopi instan sachetan ya. Nah, cara bikinnya gampang nih. Tinggal campurkan bubuk kopi dengan air mawar lalu aplikasikan ke wajah. Oleskan secara merata dan hindari bagian bibir dan mata seperti biasa ya. Setelah itu, tunggu kering selama beberapa menit. Lalu bilas dengan air biasa. Kamu bisa rutinkan maskeran pakai kopi agar dapat manfaatnya secara maksimal.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Kangkung yang Ternyata Berkhasiat Tinggi

8. Menyamarkan noda bekas jerawat

Yang satu ini manfaat kopi hitam bagi wanita dan pria yang punya masalah jerawat nih. Salah satu penyebab jerawat kan adanya minyak berlebih pada kulit kita ya. Nah tadi udah kita bahas kalau masker kopi bagus untuk atasi kulit berminyak. Masker kopi ini tuh nggak cuma bisa mencegah timbulnya jerawat aja loh. Kalau kamu punya noda bekas jerawat, bisa juga pakai masker kopi untuk menyamarkannya. Nggak cuman bekas jerawat yang memudar, kulit kamu pun bisa terasa lebih halus berkat masker kopi. Tapi, jangan terus pengen sentuh-sentuh wajah terus ya saking soft-nya.

Itu tadi sedikit dari banyaknya manfaat kopi untuk diri kita. Tapi ingat ya, kalau mau mendapat manfaatnya secara maksimal, banyakin minum kopi hitam aja. Dan pastikan nggak nambahin gula, krimmer, atau bahan lain ya. Bukan apa-apa nih, kamu pasti tahu dong apa bahayanya terlalu banyak mengonsumsi gula. Bisa diabetes ya ampun! Dan krimmer mengandung lemak yang, you know, bisa bikin diet kamu gagal. Kita pun harus tahu risiko efek samping terlalu banyak minum kopi. Selain bisa insom, kita mungkin akan mengalami cemas, gangguan pencernaan seperti diare, badan lemas, jantung berdebar, sering buang air kecil, dan lain-lain. Jadi, minum kopi hitam secukupnya dan rasakan manfaatnya! Buat yang punya sakit maag, asam lambung, kolesterol, hipertensi, gangguan tidur, ce dulu yaa apakah konsumsi kopi aman buat kamu. Termasuk ibu hamil! Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum rutin minum kopi. Sehat terus ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *