Wajah Mulus dengan 5 Cara Menghilangkan Komedo ini

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Berbagai cara menghilangkan komedo rela dilakukan demi wajah mulus sempurna. Selain jerawat, komedo pun bisa menjadi masalah besar terkait penampilan. Walaupun tidak berbahaya atau menimbulkan masalah kesehatan, tapi dari segi estetika tidak demikian. Banyak orang yang profesinya menuntut untuk tampil dengan fisik yang sempurna. Jika sampai ada komedo sedikit pun tentu akan menjadi bahan cemooh banyak orang. Tidak jarang, orang-orang dengan profesi tersebutlah yang rela menghabiskan banyak uang demi penampilan sempurna.

Berdasarkan keterangan dari para ahli kesehatan, komedo merupakan benjolan kecil yang ada di pori-pori kulit. Umumnya dalam jumlah banyak dan biasa ditemui di kulit wajah. Komedo juga biasanya lebih banyak muncul di hidung, ruang di antara bibir bawah dan dagu, serta dahi. Orang dengan tipe kulit wajah berminyak ataupun kombinasi lebih rentan mempunyai komedo dibanding dengan tipe kulit kering.

Komedo Hitam

Komedo terbentuk karena pori-pori kulit yang tersumbat dengan sebum (minyak) dan sel kulit mati. Ada 2 jenis yaitu, komedo putih dan hitam. Jenis putih terjadi karena permukaannya masih tertutup dengan lapisan kulit. Sedangkan untuk jenis komedo hitam disebabkan karena sudah terpapar dengan udara. Umumnya komedo putih lebih sering dijumpai dibanding komedo hitam.

Banyak orang yang sering bertanya bagaimana cara menghilangkan komedo putih secara permanen. Hal itu pun juga berlaku untuk komedo hitam. Namun sayangnya komedo tidak bisa hilang secara permanen total dan tidak kambuh. Selama manusia masih hidup dan beraktivitas, komedo pastilah akan selalu muncul jika kita tidak rajin merawat kebersihan wajah. Komedo memang bisa dibasmi dengan cepat dan keseluruhan. Tapi tidak ada jaminan bahwa komedo tidak akan kambuh lagi di masa depan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana dan cara menghilangkan komedo hitam membandel misalnya, kita harus tahu dulu penyebabnya. Dengan mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya komedo, kita bisa meminimalisir agar komedo tidak muncul banyak. Penyebab komedo bisa berbagai macam, berikut daftarnya:

Baca Juga ini Ya !! =>  Vaksinasi dan Peran Kesehatan Masyarakat: Melindungi Komunitas, Menciptakan Kesejahteraan Bersama

Kulit yang Terlalu Lembab

Kulit Lembab

Banyak produk perawatan wajah di luar sana yang begitu mengagung-agungkan wajah yang super lembab. Tidak sedikit wanita yang percaya akan hal tersebut. Hal yang berlebihan justru akan selalu berujung tidak baik. Maka dari itu janganlah terlalu berlebihan untuk memakai pelembab pada wajah. Apabila udara di sekitar sudah terasa lembab, rasanya tidak perlu kita harus sampai menggunakan produk skincare yang mengandung banyak pelembab.

Perubahan Hormon

Wanita dengan siklus menstruasi bulanannya selalu berkaitan dengan perubahan hormon. Perubahan tersebut tentunya berefek kemana-mana termasuk peningkatan produksi sebum. Hal ini normal dan tidak perlu Anda khawatirkan, kok.

Iritasi

Kadang saking semangatnya kita mencuci wajah, kita lupa untuk melakukannya dengan lembut. Akibatnya pun kulit wajah dan pori-pori menjadi iritasi. Selain itu, iritasi juga bisa terjadi karena perawatan sinar laser atau terlalu sering peeling.

Gaya Hidup yang Tak Sehat

Gaya Hidup tak Sehat

Tidak dipungkiri jika gaya hidup juga berpengaruh dengan kesehatan dan kecantikan kulit. Jika Anda sering merokok, makan junk food, kurang minum air putih, dan kurang makan sayur pasti akan mempengaruhi kehalusan wajah Anda. Jerawat dan komedo adalah sedikit dari masalah yang akan sering Anda alami jika Anda tidak merubah gaya hidup Anda.

 

Cara Menghilangkan Komedo

Komedo pada dasarnya merupakan bakal jerawat. Anda tetap harus menghilangkannya agar nantinya tidak meninggalkan bekas. Ada berbagai cara menghilangkan komedo hitam di pipi atau komedo putih di hidung, dan sebagainya. Cara-cara tersebut pun bisa dengan mudah Anda lakukan.

Krim atau Produk Penghilang Komedo

Tidak sulit untuk menghilangkan komedo di zaman yang serba modern dan cepat saat ini. Sekarang sudah banyak yang menjual krim penghilang komedo yang dijual bebas di pasaran. Jika Anda tertarik, pastikan Anda membeli krim dengan kandungan benzoyl peroxide. Selain itu cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan cepat masker komedo juga bisa Anda beli dengan mudah misalnya pore pack.

Baca Juga ini Ya !! =>  Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ini Dia Aneka Manfaat Cabe

Garam dan Air Mawar

Garam

Cara menghilangkan komedo dengan garam bisa dibilang sebagai cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Garam mampu mengangkat komedo dengan baik. Selain itu, garam juga memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Untuk mengaplikasikannya, campurkan garam dan air mawar dengan takaran 1:1. Setelah itu gosokkan pada area komedo dengan lembut selamat beberapa saat. Tetap hati-hati saat melakukannya agar tidak menimbulkan iritasi.

Baking Soda dan Madu

Kedua bahan ini mudah Anda temukan di rumah maupun di toko-toko terdekat. Perlu Anda ketahui bahwa baking soda akan terasa sedikit perih atau pedas saat terkena kulit. Untuk itulah perlu penggunaan yang hati-hati agar tidak terjadi iritasi. Namun untuk hasilnya termasuk efektif. Campuran baking soda dan madu bisa menjadi cara alami lainnya untuk menghilangkan komedo yang membandel. Bagaimana cara membuatnya? Mudah, kok! Campurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh baking soda. Aduk rata lalu oleskan di area komedo. Diamkan hingga kering sampai 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

Baby Oil dan Putih Telur

Masker Putih Telur

Dua bahan yang pasti Anda punya di rumah ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Putih telur kaya akan protein yang bisa menutrisi kulit wajah. Sedangkan baby oil bisa membantu mencegah iritasi pada kulit dan melembabkan. Cara menghilangkan komedo dengan baby oil dan putih telur pun tidak sulit. Awalnya Anda bisa menghadapkan wajah ke uap panas dari air untuk membuka pori-pori. Lalu oleskan baby oil di area komedo, lalu pencet sedikit dengan kapas untuk mengeluarkan komedo. Setelahnya cuci bersih, dan oleskan masker putih telur. Diamkan sampai kering lalu dibilas.

Baca Juga ini Ya !! =>  7 Manfaat Buah Naga & Resep Unik Churros Buah Naga

Terapi Laser

Jika Anda tidak masalah untuk mengeluarkan uang untuk perawatan ekstra demi menghilangkan komedo, cara ini bisa Anda lakukan. Anda bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk terapi laser. Terapi ini menggunakan cahaya laser yang mampu menembus bagian dasar kulit. Terapi laser juga diklaim lebih efektif menghilangkan komedo tanpa merusak bagian atas kulit. Cara ini aman untuk dilakukan selama di bawah pengawasan dokter profesional.

Itulah berbagai cara menghilangkan komedo demi mendapatkan kembali wajah mulus Anda. Cara alami yang mudah ataupun dengan bantuan dokter kulit, pilihan ada di tangan Anda. Penting untuk diingat Anda pun perlu melakukan pencegahan agar komedo tidak muncul lagi. 

Komedo

Kebersihan merupakan kunci utama. Tidak hanya kebersihan wajah saja, Anda perlu memperhatikan kebersihan benda-benda di sekitar seperti sarung bantal. Selain itu, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Kurangilah makan makanan yang tinggi lemak, minyak, dan gula. Makanan tersebut bisa meningkatkan produksi minyak berlebih jika dikonsumsi berlebihan. Terakhir, Anda juga bisa menambahkan produk skincare untuk eksfoliasi kulit dan hindari sunscreen, lotion, dan kosmetik yang mengandung minyak.