Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan selain Jaga Imunitas

  • Bagikan
Manfaat jambu biji

Manfaat jambu biji

Manfaat jambu biji yang kaya akan antioksidan sangat banyak, cocok dikonsumsi di masa pandemi seperti sekarang. Selain bantu jaga imunitas, ini dia manfaat bermacam-macam jambu biji yang bernama lain jambu batu, jambu siki, atau jambu klutuk.

Kandungan jambu biji

Manfaat jambu biji
Sumber: Verywell Fit

Jambu biji memang tamanan tropis, tapi tahu nggak sih? Asal tanaman ini adalah dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, seperti Meksiko dan Brazil. Jambu biji sampai di tanah air lewat Thailand, dan sekarang sudah bisa kita jumpai dengan mudah. Nama ilmiahnya Psidium guajava. Kandungan jambu biji termasuk antioksidan, folat, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, seng, serat, dan protein. Jambu biji juga kaya akan kandungan vitamin, yaitu vitamin C, vitamin A, niacin atau vitamin B3, dan vitamin B6. Jenis jambu biji termasuk:

  • Buah jambu kristal yang hampir tak berbiji,
  • Jambu biji putih yang banyak bijinya dan lebih sedikit kadar airnya,
  • Buah jambu biji merah yang rasanya unik dan bagus untuk kesehatan, serta
  • Jambu biji kuning yang berkulit kuning, berdaging krem, keras ketika mentah dan lembut ketika matang.

Manfaat aneka ragam jambu biji

Di sini kita nggak hanya akan bahas manfaat jambu biji putih saja. Kita juga sekaligus akan bahas manfaat jambu biji kristal dan juga jambu merah. Ini dia daftarnya:

1. Menjaga sistem imun tubuh dan menangkal radikal bebas

 

Manfaat jambu biji

Kandungan yang paling dominan pada jambu biji adalah vitamin C nya, yang berperan sebagai antioksidan. Pasti pernah denger dong di salah satu iklan? Kandungan vitamin C pada jambu biji bahkan lebih tinggi dari kandungan ini pada jeruk. Khasiatnya tak hanya untuk melindungi kita dari oksidan atau radikal bebas, yang berarti juga bisa mencegah kanker. Manfaat jambu biji untuk kecantikan juga berkaitan dengan kandungan antioksidan ini. Mampu menangkal radikal bebas, antioksidan pada jambu biji baik untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Baca Juga ini Ya !! =>  10 Manfaat Kunyit yang Tidak Boleh Diremehkan

Kandungan antioksidan pada jambu biji tak hanya pada buahnya, tapi juga daunnya. Bahkan, banyak yang menyarankan daun jambu biji sebagai pengobatan herbal untuk mencegah kanker. Tapi hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut ya.

Vitamin C juga sangat bagus untuk menjaga kekebalan tubuh. Cocok nih untuk jaga imun tubuh tetap oke, terutama selama pandemi covid-19. Lebih dari itu, vitamin C juga bagus untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah. Kandungan ini dalam jambu biji juga membantu meningkatkan fungsi otak, serta penyembuhan luka dan penyerapan zat besi.

2. Mencegah gangguan pencernaan

Jambu biji yang kaya serat juga bagus untuk pencernaan kamu, dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Masalah pencernaan juga umum terjadi selama kehamilan. Jadi, ini juga bisa menjadi salah satu manfaat jambu biji untuk ibu hamil nih. Serat tak hanya bagus untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Kandungan ini juga membantu kuman baik pada sistem pencernaan tetap bekerja dengan baik. Jadi, manfaat lainnya untuk pencernaan adalah untuk memperlancar buang air besar.

Nah, kalau buahnya bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, daun jambu biji terbukti cukup ampuh untuk pengobatan diare.

3. Mencegah cacat lahir pada bayi

Ada lagi nih manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang sangat penting, berkat kandungan vitamin B9 atau asam folat. Kandungan ini sangat dibutuhkan dalam kehamilan, terutama untuk pembentukan dan perbaikan fungsi DNA yang sangat penting untuk perkembangan janin. Asam folat juga membantu mengurangi risiko terjadinya cacat pada bayi, terutama pada bagian otak dan saraf.

4. Bantu turunkan berat badan

Manfaat jambu biji kali ini terutama untuk jenis jambu biji merah. Manfaat jus jambu biji merah untuk diet ada pada kemampuannya untuk membantu berat badan cepat turun. Kamu bisa konsumsi jus jambu biji merah atau makan potongan jambu biji merah sebagai camilan sehat rendah kalori. Nggak hanya kalorinya yang rendah, jambu biji juga kaya serat. Kamu akan cepat merasa kenyang dan jadi mengurangi porsi makan kamu kalau kamu konsumsi jambu biji sebelum makan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Teh Hijau, Cara Konsumsi yang Benar, dan Efek Sampingnya

5. Mengontrol kolesterol dan tekanan darah, serta menjaga jantung tetap sehat

Penderita darah tinggi atau hipertensi merapat! Kabar baik untuk yang punya masalah tekanan darah. Penelitian sudah membuktikan khasiat jambu biji dalam menurunkan tak hanya tekanan darah saja, tapi juga kadar kolesterol jahat. Ini berkat vitamin C dan kandungan lain seperti kalium dan serat pada buah jambu biji. Selain buahnya, daun jambu biji juga bisa kita gunakan untuk membuat tekanan darah tetap stabil. Termasuk membantu pengelolaan stres yang diakibatkan tekanan darah yang tinggi. Nah, karena tekanan darah dan kolesterol bisa terkontrol, jantung pun jadi happy. Kolesterol jahat atau LDL dan juga trigliserida berkontribusi pada berkembangnya penyakit organ kardiovaskular kita. Jambu biji mampu membantu menurunkan kadar keduanya, serta berperan dalam meningkatnya kadar kolesterol baik atau HDL.

6. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Buah jambu biji, terutama jambu biji merah yang memiliki daging buah berwarna cerah, kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang diperlukan tubuh untuk menjaga mata kita tetap sehat. Jadi, kita bisa terhindar dari berbagai masalah penyakit mata seperti rabun ayam, rabun jauh, dan rabun dekat. Ini yang membuat jambu biji bermanfaat, karena kandungan vitamin A nya nggak kalah sama kandungan vitamin C dari buah ini. Sebagai sumber vitamin A dan C, konsumsi jambu biji juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Bagus juga untuk pertumbuhan serta perkembangan sel-sel dalam tubuh.

7. Menurunkan kadar gula darah dan membantu mencegah penyakit diabetes

Makan jambu biji tanpa mengupas kulitnya sangat baik dalam membantu mengatasi hiperglikemia, yaitu terjadinya peningkatan kadar gula darah. Mengonsumsi daun dan buah jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Penelitian juga menemukan bahwa jambu biji merah bisa mengurangi kerusakan karena peradangan serta oksidasi pada penderita diabetes secara signifikan. Yah, meskipun penelitian ini masih perlu dukungan data lebih banyak dan riset lebih lanjut sih.

Baca Juga ini Ya !! =>  Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Instan!

Efek samping konsumsi jambu biji

Meski banyak manfaatnya, hati-hati juga sama efek samping jambu biji merah, jambu biji putih, jambu kristal dan teman-temannya ini. Efek samping jambu biji biasanya terjadi akibat konsumsi berlebih. Jika kamu kebanyakan makan dan/ atau minum jambu biji, ini yang mungkin akan terjadi: sembelit. Jambu biji memang bagus buat pencernaan. Tapi kalau kebanyakan, artinya asupan serat dan kandungan-kandungan lain juga akan kelebihan. Akibatnya, justru akan mengganggu sistem pencernaan. Jadi, jangan berlebihan ya konsumsinya!

Oke guys. Kita sudah sampai di akhir artikel. Itu tadi 7 manfaat jambu biji baik buahnya maupun daunnya yang bisa kita rasakan untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat ya. Dan jangan ragu untuk konsumsi jambu biji!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *