Manfaat Senyum yang Bikin Ingin Senyum Terus Setelahnya

  • Bagikan
Manfaat Senyum

Manfaat senyum apa saja yang sudah pernah Anda dengar dan ketahui? Senyum adalah satu dari sekian ekspresi yang bisa manusia hasilkan. Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling unik karena dianugerahi kemampuan untuk dapat mengekspresikan apa yang dirasakannya. Jika sedih, manusia akan menangis. Jika senang, manusia akan tersenyum bahkan sampai tertawa. Satu ekspresi senyum pun bisa mengandung sejuta makna di baliknya. Bagaimana kita bisa tahu? Tentu hanya si pemilik senyum dan Tuhan yang lebih mengetahuinya.

Anda mungkin sering mendengar bahwa senyum adalah ibadah. Ya, itu adalah salah satu fakta yang benar adanya. Salah satu keyakinan di Indonesia meyakini bahwa dengan tersenyum itu sudah menjadi ibadah tersendiri. Senyum dapat membuat orang lain merasa senang atau bahagia saat melihatnya. Rasa bahagia yang timbul itulah dinilai sebagai ibadah. Seperti kata Habib Husein Ja’far, seorang ustadz millennial, bahwa ibadah yang baik adalah memasukkan perasaan bahagia kepada orang lain.

Di setiap harinya, manusia akan menjalani dan mengalami berbagai perasaan dan pengalaman. Jika ada satu hari yang terasa berat untuk dilalui, ingatlah untuk selalu tersenyum. Satu tarikan senyuman akan sedikit membantu untuk menaikkan  mood menjadi lebih baik. Atau jika Anda bingung mencari alasan untuk menarik bibir ke atas, cobalah googling gambar dan video lucu, atau sekedar gambar senyum quotes lucu yang mengundang sedikit tawa. Bukan tidak mungkin Anda akan jauh merasa lebih ringan setelahnya!

Fakta Senyum Apa Aja, sih?

Tahukah Anda bahwa senyum begitu diagungkan bagi masyarakat sedunia sampai dibuatkan satu hari spesial untuknya? Hari senyum sedunia jatuh pada setiap hari Jumat pertama di bulan Oktober. Makna di balik perayaan ini adalah agar kita selalu ingat untuk berbuat kebaikan terhadap sesama. Senyum sendiri sudah merupakan satu tindakan kecil yang mengandung kebaikan. Jika sudah terbiasa melakukan kebaikan kecil, tentu akan mudah untuk melakukan berbagai kebaikan lainnya.

Jika Anda membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , Anda akan menemukan makna dari kata senyum adalah gerakan mengembangkan bibir sedikit ke atas tanpa menimbulkan suara untuk mengekspresikan perasaan senang, dan bahagia. Bahkan di bagian senyum kbbi ternyata ada berbagai jenis senyuman. Mulai dari senyum kecut, senyum simpul, senyum manis, senyum hampa, dan masih banyak lagi. KBBI berhasil membedakan bahwa senyum itu terdiri dari banyak jenis. Tergantung dari konteks keadaan, suasana hati si pemilik senyum, dan lainnya.

Apakah Anda penasaran berapa banyak rata-rata manusia bisa tersenyum dalam sehari? Berdasarkan hasil penelitian, seorang wanita dewasa tersenyum lebih banyak daripada laki-laki dewasa. Wanita bisa tersenyum sebanyak 62 kali sehari, sedangkan laki-laki hanya 8 kali saja. Sedangkan untuk anak-anak, mereka ternyata bisa tersenyum lebih banyak dari orang dewasa! Fakta menyebutkan bahwa anak-anak bisa tersenyum mencapai ratusan kali. Sungguh jumlah yang fantastis! Selain itu, bayi yang masih di dalam kandungan juga bisa tersenyum, lho!

5 Manfaat Senyum yang Harus Anda Ketahui

Meskipun senyum adalah suatu gerakan yang sederhana, namun ternyata untuk menghasilkan ekspresi ini dibutuhkan sebuah proses yang panjang. Saat mata menangkap sesuatu yang menimbulkan perasaan senang, maka sebuah sinyal pun akan dikirim ke otak. Setelah otak menerima sinyal tersebut dan memprosesnya, otak akan mengirimkan sinyal ke otot wajah untuk tersenyum. Nah, setelah kita mengetahui apa saja fakta-fakta tersenyum sebelumnya, kini mari kita bahas apa saja manfaat ekspresi bahagia satu ini!

Bikin Terlihat Lebih Muda

Tidak perlu menghamburkan banyak uang untuk perawatan kulit agar kita terlihat awet muda. Dengan lebih sering tersenyum itu sudah banyak membantu wajah untuk mengurangi kerutan di pipi dan kening. Bahkan sebuah penelitian di tahun 2010 hasil kolaborasi antara Gutman dan Wayne State University menyatakan bahwa orang yang lebih banyak tersenyum memiliki angka harapan hidup hingga 80 tahun dibanding mereka yang jarang tersenyum hanya hidup hingga 73 tahun.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Saat seorang manusia lebih banyak marah, stress dan emosi tinggi tentu akan berakibat meningkatnya tekanan darah. Jika tekanan darah meningkat, bayang-bayang hipertensi akan menghantui. Maka dari itu, janganlah terlalu larut dalam emosi negatif. Senyum sedikit untuk membantu melegakan perasaan sejenak agar tidak stress berkelanjutan. Senyum itu sehat dan sehat adalah keinginan setiap manusia.

Membantu Kita untuk Tetap Positif

Hidup memang selalu penuh naik dan turun. Ada kalanya kita ingin merenung terus-terusan karena pikiran kita yang selalu dipenuhi hal-hal negatif. Memang tidak apa untuk merasa tidak baik-baik saja saat semua terasa buruk. Namun, jangan sampai hal tersebut menghalangi kita untuk tersenyum setelahnya. Dengan tersenyum, meski itu awalnya terpaksa, mau tidak mau pikiran akan berusaha untuk berpikir positif. Semakin lama pikiran positif ada di dalam kepala Anda, tentu Anda akan menjadi lebih bahagia dan jernih dalam menghadapi kehidupan, kan?

Menularkan Kebaikan Kepada Orang Lain

Pernah melihat seseorang yang sedang menguap lalu Anda merasa ingin menguap juga? Begitu juga dengan senyum. Jika Anda melihat orang tersenyum, otak secara tak sadar akan meniru ekspresi tersebut. Banyak orang yang tersenyum, bukan tidak mungkin bahwa suasana di sekitar Anda akan terasa lebih cerah dan menyenangkan. Meskipun arti senyum bisa berbeda-beda di setiap orang, tapi satu hal yang pasti bahwa senyum itu membawa kebahagiaan.

Mengurangi Stress dan Hidup Jadi Lebih Bahagia

Senyum dan kebahagiaan ibarat dua hal yang akan selalu berdampingan. Sebaliknya stress, dan murung juga selalu menjadi satu kesatuan. Jika Anda terlalu banyak menumpuk stress dalam diri Anda, berbagai penyakit akan bersiap untuk menyerang Anda. Stress mengakibatkan daya tahan tubuh menurun dan stress berakar dari kesedihan atau beban hidup.Sempatkanlah untuk senyum setiap harinya karena itu akan memberi sugesti kepada diri Anda bahwa Anda akan baik-baik saja. Dengan begitu stress Anda akan menjadi lebih berkurang. Stress berkurang artinya pikiran dan hati akan lebih bahagia, kemudian akan berimbas pada peningkatan daya tahan tubuh. Jadi bisa dibilang bahwa senyum dapat mencegah penyakit dan meningkatkan imun, kan?

Manfaat Senyum

Nah, itulah berbagai manfaat senyum serta fakta kebaikan di baliknya. Ingatlah bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula dengan senyum. Orang-orang akan mengira Anda mengalami gangguan mental jika Anda tersenyum terus-terusan sepanjang waktu dan tanpa konteks. Di Indonesia sendiri, senyum adalah suatu lambang kesopanan dan keramahan. Bahkan kita semua tahu jika masyarakat dunia mengenal Indonesia karena keramahannya yang selalu murah senyum. Namun, hal sebaliknya terjadi di Rusia. Budaya Rusia menganggap bahwa senyum adalah suatu simbol kelicikan, kebodohan, bahkan niat jahat yang mencurigakan. Kita tidak bisa menyalahkan budaya Rusia yang seperti itu. Makanya penting bagi kita untuk mengingat untuk tersenyum sesuai dengan keadaan, dan konteks tanpa menyinggung ataupun merugikan orang lain.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Berpikir Positif dan Caranya, Apa Saja Ya?
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *