Segudang Manfaat Daun Kelor yang Tak Disangka-sangka

  • Bagikan
manfaat daun kelor

Berbagai manfaat daun kelor memang sudah banyak kita dengar selama ini. Selain bermanfaat dalam aspek kesehatan, tidak jarang juga kita mengetahui bahwa manfaat daun kelor ternyata juga bisa digunakan dalam aspek hal-hal ghaib. Mulai dari sebagai penangkal guna-guna, sampai sebagai campuran air mandi untuk jenazah untuk melepaskan jimat yang melekat pada jenazah. Ternyata daun kelor merupakan tumbuhan yang multifungsi, ya? Daun kelor atau yang nama latinnya disebut Moringa oleifera adalah tumbuhan yang mudah ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Daun kelor termasuk tumbuhan yang tahan terhadap panas yang ekstrim. Oleh karena itu, tumbuhan ini bisa dengan mudahnya kita jumpai di Indonesia.

Meskipun kerap difungsikan dalam hal ghaib oleh sebagian masyarakat kita, daun kelor ternyata menyimpan banyak manfaat. Dari kesehatan sampai kecantikan, kita bisa memaksimalkan manfaat dari daun kelor untuk seluruh aspek kehidupan. Apa sajakah itu? Nah, mari kita simak bersama manfaat daun kelor yang tak disangka-sangka:

1. Mempertajam Penglihatan Untuk Penderita Rabun Senja dan Mata Minus

Untuk Anda yang sudah lama menderita rabun senja, atau mata minus, Anda bisa menggunakan daun kelor sebagai upaya alternatif yang alami. Manfaat daun kelor untuk mata ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian. Kandungan daun kelor ternyata banyak mengandung vitamin A, antioksidan, dan vitamin C yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, daun kelor dipercaya dapat menghambat kerusakan yang ada pada retina, mengurangi gangguan penglihatan, menangkal radikal bebas, dan masih banyak lagi.

2. Ibu Hamil dan Menyusui juga Bisa Mendapatkan Keajaiban Manfaat dari Daun Kelor!

Sering kita mendengar bahwa manfaat daun kelor untuk asi adalah demi memperlancar produksi asi bagi para ibu yang menyusui. Tidak hanya itu saja, manfaat daun kelor untuk ibu hamil pun juga banyak. Mulai dari mencegah timbulnya anemia, komplikasi, sampai mencegah kerusakan DNA untuk janin.

3. Tidak Hanya Kesehatan, Daun Kelor juga Berkhasiat dalam Aspek Kecantikan

Meskipun pada umumnya kita jarang mendengar bahwa daun kelor bisa digunakan untuk kecantikan, namun ternyata manfaat daun kelor untuk wajah sangat berguna sekali. Untuk Anda yang sedang jerawatan, daun kelor bisa dipakai sebagai anti-inflamasi untuk menenangkan kulit yang berjerawat. Caranya pun mudah, cukup haluskan daun kelor hingga benar-benar halus, lalu tambahkan madu dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit agar kandungan dari setiap bahan meresap sempurna ke dalam wajah.

4. Daun Kelor Untuk Kesehatan Anak? Tentu saja!

Fakta bahwa anak kecil tidak memiliki daya tahan sebaik orang dewasa memang tidak terbantahkan. Anak kecil lebih rentan dan beresiko tinggi dalam terpapar berbagai penyakit. Untuk itulah banyak orang tua yang mengupayakan berbagai cara agar sang anak bisa selalu sehat dan tidak gampang sakit. Daun kelor dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun kelor dapat melawan berbagai jenis kuman dan virus. Selain itu, manfaat daun kelor untuk anak juga bisa meningkatkan energi untuk si kecil. Tanaman yang kaya vitamin dan nutrisi ini bisa membantu anak untuk tumbuh dengan optimal.

5. Sebagai Jalan Alternatif Alami untuk Penderita Kanker

Kanker sudah menjadi momok tersendiri bagi masyarakat modern. Pengobatannya yang menghabiskan banyak biaya dan tenaga menjadi buah simalakama bagi penderita dan keluarga. Jika sudah terdiagnosa kanker, pengobatan medis memang wajib untuk tetap dilakukan. Pengobatan alternatif dan alami hanya sebagai tambahan saja, bukan yang utama. Dari sekian banyak alternatif, daun kelor ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghambat tumbuhnya sel-sel kanker. Untuk pasien penderita kanker usus besar, payudara, dan pankreas bisa memanfaatkan daun kelor yang sudah diekstrak dan kulit batang pohonnya sebagai obat. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi yang diyakini mampu mencegah rusaknya sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

6. Daun Kelor Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Di masa yang serba mudah dan cepat ini, banyak makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Oleh sebab itu, tidak heran jika penderita diabetes semakin meningkat di tiap waktunya. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa manfaat daun kelor bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah sekaligus mencegah penyakit diabetes. Meskipun dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda mencoba olahan daun kelor sebagai suplemen alami pencegah diabetes.

Itulah 6 manfaat utama yang bisa kita dapatkan dari daun kelor. Meskipun tumbuhan ini bisa dibilang ajaib berkat khasiatnya, kita tidak boleh mengesampingkan fakta tentang efek samping daun kelor. Daun kelor bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang. Selain itu, karena sifatnya yang dapat menjadi pencahar (laksatif), daun kelor bisa menyebabkan diare. Tidak jarang pula kalau daun kelor tidak direkomendasikan kepada penderita darah rendah karena tanaman ini bisa menurunkan tekanan darah. Maka dari itu, diperlukan kebijakan dari masing-masing jika ingin memanfaatkan daun kelor untuk kesehatan. Jika perlu, tanyakan kepada ahli kesehatan atau dokter sebelum mengonsumsi daun kelor.

Mengolah Daun Kelor

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat daun kelor, belum lengkap rasanya jika kita tidak tahu tentang bagaimana cara mengolah daun kelor. Ada begitu banyak resep yang bertebaran di dunia maya tentang bagaimana daun kelor diolah ke dalam berbagai masakan. Yang populer tentu saja adalah olahan sayur bening daun kelor. Namun tidak jarang ada beberapa orang yang menggunakan cara kreatif untuk mengolah daun kelor, salah satunya adalah cilok daun kelor.

Bahan-bahannya pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu (5 sdm), tepung kanji (10 sdm), daun kucai (secukupnya), daun kelor (secukupnya), daun seledri (secukupnya), dan wortel (1 buah). Tidak lupa bumbu untuk menambah citarasa berupa bawang merah dan bawang putih masing-masing 3 siung, lalu merica, garam, dan penyedap rasa secukupnya.

Setelah mempersiapkan seluruh bahan dan bumbu, jangan lupa untuk menyiapkan air yang akan digunakan untuk merebus serta 1 sendok makan minyak goreng. Pastikan untuk mencacah halus daun kucai, seledri, dan wortel. Kemudian daun kelor dan bumbu bisa di blender hingga lembut. Setelah semuanya menjadi halus dan lembut, campurkan seluruhnya dengan tepung terigu dan tepung kanji sambil menuangkan air panas sedikit demi sedikit agar adonan bisa mudah dibentuk. Anda bisa membentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil sesuai selera.

Jika sudah terbentuk semua, masukkan ke dalam rebusan air yang sudah mendidih. Jangan lupa untuk menuangkan 1 sendok makan minyak goreng ke dalam rebusan agar cilok yang sudah terbentuk tidak lengket satu sama lain saat direbus. Tunggu beberapa saat sampai beberapa saat hingga matang. Tanda cilok sudah matang adalah dia akan mengapung. Disaat itulah Anda bisa mengangkat dan meniriskan ciloknya. Anda bisa menambahkan saus sambal atau saus kacang sebagai pelengkap saat menyajikan cilok daun kelor. Mudah sekali bukan?

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Wajah Mulus dengan 5 Cara Menghilangkan Komedo ini

Penulis : Hanna

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *