7 Manfaat Buah Naga & Resep Unik Churros Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga yang selama ini kita dengar tentu berpusat pada khasiatnya dalam bidang kesehatan. Hal itu tidak salah, karena kandungan buah naga kaya akan vitamin dan nutrisi penting di dalamnya. Buah naga yang biasa dikenal sebagai dragon fruit atau pitaya dalam bahasa Inggrisnya berasal dari kawasan Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Buah naga cukup populer untuk dibudidayakan di Asia. Kondisi iklimnya sama dengan daerah asalnya. Oleh karena itu buah ini pun mudah ditanam di kawasan tropis Asia.

Buah naga terdiri dari 4 jenis yang berbeda. Yang membedakan dari tiap jenisnya adalah warnanya. Jenis pertama yang paling populer adalah buah naga putih dengan ciri fisiknya adalah kulit berwarna merah dan daging buah yang putih dengan biji berwarna hitam. Selanjutnya ada buah naga merah. Sesuai dengan namanya, daging dari jenis buah ini sangat merah ketika dibelah. Untuk jenis yang ketiga adalah buah naga ungu, daging buahnya berwarna ungu dengan sedikit kemerahan dan sisik kulitnya berwarna hijau. Yang terakhir adalah buah naga kuning. Jenis ini terbilang lebih kecil dibanding yang lainnya. Warna kulitnya kuning, tanpa sisik, dan dagingnya berwarna putih. Jenis buah naga kuning bisa terbilang adalah yang paling jarang dan yang paling manis diantara lainnya.

7 Manfaat Buah Naga yang Luar Biasa

Setelah berkenalan sedikit dengan si buah bersisik ini, tentu tidak akan lengkap jika kita tidak tahu apa saja manfaat luar biasanya. Buah naga baik dikonsumsi oleh setiap orang, mulai dari bayi hingga orang dengan lanjut usia. Nah, apa saja 7 manfaat buah naga itu?

1. Mencegah Anemia untuk Ibu Hamil

Jus Buah Naga

Selama masa kehamilan, penting sekali bagi para ibu untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan si calon bayi. Ibu hamil pun juga rentan dengan kondisi anemia. Maka dari itulah tidak sedikit orang dan para ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah naga selama masa kehamilan. Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini jelas sangat direkomendasikan narena buah naga mengandung kaya akan zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah.

Baca Juga ini Ya !! =>  Ini Manfaat Madu & 3 Jenis Madu Terlangka di Dunia

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Nutrisi buah naga merah dan jenis buah naga lainnya mengandung tinggi akan vitamin C. Vitamin ini diperlukan dalam meningkatkan imunitas tubuh demi mencegah segala penyakit yang masuk. Menjaga imunitas adalah kunci untuk bertahan hidup di tengah pandemi saat ini. Jangan lupa, ya, untuk memasukkan buah naga sebagai buah wajib yang ada di rumah Anda!

3. Cocok untuk Kaum Diet

Diet

Anda sedang menjalani program diet dan ingin mendapatkan berat badan ideal? Tidak perlu bingung, buah naga siap menjadi salah satu amunisimu dalam mewujudkan kesuksesan diet. Kandungannya yang kaya akan serat membantu pencernaan Anda menjadi lebih lancar. Buah naga juga termasuk rendah kalori, sehingga aman untuk dikonsumsi sebagai camilan jika Anda sedang ingin ngemil.

4. Bikin Tulang Jadi Kuat

Para ibu sering sekali memanfaatkan buah ini sebagai salah satu bahan MPASI. Salah satu manfaat buah naga untuk bayi adalah buah ini dipercaya dapat membantu untuk membangun tulang yang kuat bagi si kecil. Buah naga mengandung berbagai macam mineral penting, yang salah satu diantaranya adalah potasium. Potasium merupakan senyawa penting dalam membangun tulang agar menjadi lebih kuat serta melindungi si kecil dari resiko arthritis.

5. Buah Naga Mampu Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik itu muda ataupun tua. Penyakit ini timbul dari gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan sembarangan. Manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang bisa kita ambil kali ini adalah sebagai pencegah diabetes. Khasiat buah naga lainnya pun juga mampu mencegah hal yang sama. Buah naga mengandung zat kaya antioksidan yang mampu membasmi sel-sel jahat akibat dari pola makan yang tidak sehat. Kadar gulanya yang rendah juga cocok dikonsumsi untuk para penderita diabetes.

Baca Juga ini Ya !! =>  Berbagai Manfaat Coklat untuk Jiwa dan Raga

6. Cara Alami Mengatasi Jerawat

Buah Naga untuk Jerawat

Siapa yang suka kesal jika ada jerawat tumbuh di wajah? Ada jerawat satu biji saja rasanya sudah ingin memencetnya. Awas, hati-hati! Salah dalam pengobatan bisa berefek ke hal lain, lho! Untuk Anda yang ingin mencoba cara alami dalam mengobati jerawat, tidak ada salahnya untuk mencoba dengan buah naga. Caranya gampang, cukup haluskan daging buah naga secukupnya lalu oleskan ke jerawat. Tunggu selama 10-15 menit agar meresap lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda melakukannya dengan rutin.

7. Buah Naga untuk Rambut? Bisa!

Selain untuk dikonsumsi, Anda bisa menggunakan buah naga sebagai bahan perawatan rambut. Jika Anda sering gonta-ganti warna rambut atau sering mencatok dan mengeriting rambut, Anda perlu melakukan perawatan rutin agar rambut tetap sehat. Salah satu cara alami yang bisa Anda coba adalah dengan mencoba masker rambut buah naga. Membuatnya mudah, cukup jus buah naga lalu oleskan merata ke rambut. Tutup dengan shower cap lalu tunggu selama 45 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat sampai bersih. Masker rambut buah naga berkhasiat untuk membuat rambut semakin berkilau, mengurangi rambut bercabang dan menjaga kesehatan rambut.

Coba Resep Unik: Dragon Fruit Churros

Churros Buah Naga

Makan dagingnya secara langsung atau membuat jus adalah cara populer untuk menikmati buah ini. Manfaat jus buah naga pun sudah banyak kita ketahui. Buah naga memang lebih bagus dan sehat jika dikonsumsi langsung tanpa campuran apapun. Namun, jika Anda ingin sedikit kreatif, Anda bisa mencoba membuat churros yang terbuat dari buah naga. Rasa dari churros ini terbilang enak, gurih, dan renyah. Menambahkan buah naga akan semakin memperkaya rasanya. Apalagi warna merah dari buah naga membuat penampilannya menjadi lebih cantik dan menggiurkan. Berikut cara membuatnya:

Baca Juga ini Ya !! =>  Perbedaan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular: Mengenali, Mencegah, dan Mengatasi

Bahan & Alat:

  • 100 ml air
  • 150 gr tepung terigu
  • 250 gr daging buah naga merah 
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 sdm minyak goreng
  • Sejumput garam
  • Gula tabur secukupnya untuk dressing
  • Blender
  • Panci untuk mendidihkan
  • Piping bag & spuit bintang

Cara Membuat:

  • Siapkan blender lalu masukkan daging buah naga merah dan air kemudian blender
  • Setelah menjadi jus, campurkan dengan gula dan 3 sdm minyak goreng lalu didihkan
  • Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk hingga adonan menjadi kalis
  • Pastikan adonan tidak menjadi keras agar Anda lebih mudah mencetaknya
  • Setelah mendidih dan adonan menjadi agak dingin, masukkan ke dalam piping bag dengan ujung spuit bintang
  • Siapkan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan panaskan dengan api sedang
  • Setelah minyak panas, serut piping bag dan cetak adonan ke dalam minyak.
  • Goreng churros hingga matang tapi jangan sampai gosong
  • Setelah matang, angkat, dan tiriskan
  • Agar lebih menarik, taburi dengan gula tabur.

Nah, menarik sekali bukan resep yang ada di atas? Dari hasil resep tersebut, tentu Anda masih bisa merasakan keajaiban dari manfaat buah naga. Menemukan bahan-bahannya di pasar pun tidak sulit dan tidak mahal. Yuk, buruan bikin churros buah naga!