4 Bahan Alami yang Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

diabetes
Sumber: Freepik/topntp26

KabarApik.com, Kesehatan – Diabetes merupakan penyakit yang dapat menjadi ancaman cukup serius jika kita abaikan dan tidak mengantisipasinya dengan menjalani pola hidup sehat sejak dini.

Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat Indonesia.  Bahkan, berdasarkan data dari Organisasi International Diabetes Federation (IDF), Indonesia menempati posisi ketujuh dari sepuluh negara dengan penderita diabetes terbanyak.

Berdasarkan hal tersebut, maka kita perlu sangat berwaspada terhadap ancaman diabetes yang selalu mengintai. Kita perlu menjalankan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat pula.

Selain itu, menjaga kestabilan gula darah supaya terus normal juga menjadi kunci utama agar badan selalu sehat, meskipun kamu mengidap diabetes. Secara umum, jenis diabetes yang kita ketahui adalah diabetes tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2.

Nah, dari sekian banyak cara untuk mengendalikan gula darah, ternyata penggunaan obat herbal atau alami masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia lho. Pengobatan alami tersebut sebagai terapi alternatif untuk meringankan diabetes.

Alasannya, karena bahan alami diyakini menjadi obat diabetes yang lebih murah, aman dan minim efek samping. Dilansir dari tayangan Hidup Sehat tvOne, berikut ini 4 bahan alami yang bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

  1. Kontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes dengan Bawang Putih

diabetes
Sumber: Freepik/jcomp

Bahan alami pertama yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah adalah bawang putih. Bahan yang satu ini tentu sudah sangat familiar dan mudah kita dapatkan, karena sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Menurut dr. Muthoharrah, M.Si, bawang putih mampu membuat organ tubuh dengan perlahan ‘mengolah’ gula darah agar tak menumpuk.

“Zat aktif di bawang putih akan stimulasi pankreas untuk nantinya stimulasi insulin. Gula tinggi pada diabetes karena insulin tidak mencukupi sehingga gula di darah meningkat,” jelas dr. Muthoharrah, M.Si, melansir dari program Hidup Sehat tvOne, dikutip Senin, 7 November 2022.

Baca Juga ini Ya !! =>  Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular: Memahami Perbedaan untuk Pencegahan yang Lebih Baik

Bawang putih bisa kamu manfaatkan sebagai obat alami alternatif yang diimbangi juga dengan gaya hidup aktif dan pola makan seimbang. Selain itu, bawang putih juga bisa dicoba bagi penyandang diabetes dengan kadar gula darah masih tidak begitu tinggi.

“Kalau tidak terlalu tinggi, boleh dicoba. Kalau sudah tinggi, sebaiknya ke dokter,” ujar dokter Muthoharrah.

Selain memiliki manfaat bagi penderita diabetes, bawang putih ternyata juga memiliki khasiat bagi kesehatan otak dan gigi. Diketahui bawang putih memiliki kandungan zat antioksidan yang bermanfaat untuk gigi, serta zat antimikroba untuk menyehatkan gigi.

“Antioksidan yang berfungsi cegah terjadi demensia. Karena itu adalah penurunan fungsi otak, daya ingat karena ada zat oksidatif. Antioksidan adalah mencegah zat oksidatif tersebut,” lanjutnya.

  1. Kontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes dengan Kayu Manis

diabetes
Sumber: Freepik/nipapornnan

Bahan alami berikutnya yang bisa membantu mengontrol gula darah bagi penderita gejala diabetes adalah kayu manis. Dokter spesialis Farmakologi, dr. Lonah, Sp.FK menyampaikan penjelasan bahwa kayu manis cukup baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis.

“Kayu manis adalah tanaman obat yang telah banyak dikenal oleh masyarakat kita sebagai salah satu pengobatan penunjang untuk pasien kencing manis atau diabetes melitus.” jelas dr. Lonah.

Hal tersebut, menurut dr. Lonah, berkat adanya kandungan senyawa aktif dalam kayu manis yang mampu menurunkan kadar gula darah.

“Hal itu sudah terbukti melalui penelitian praklinik bahwa, senyawa aktif yang terdapat pada kayu manis memiliki efek anti diabetes atau dapat menurunkan kadar gula darah seseorang.” lanjutnya.

Namun, dr. Lonah menganjurkan sebelum mengonsumsi kayu manis sebagai obat alternatif, terlebih dahulu mengonsultasikannya dengan dokter agar menghindari interaksi negatif dengan resep obat yang mereka berikan.

Baca Juga ini Ya !! =>  6 Obat Alami Asam Lambung Yang Banyak Ditemui, Terjamin Ampuh!

“Perlu diperhatikan apabila anda penderita diabetes atau kencing manis dan mau mengonsumsi kayu manis sebagai pilihan terapi tambahan, alangkah baiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter.” ujar dr. Lonah.

Hal itu tentunya untuk menghindari terjadinya efek samping karena interaksi obat, jika sebelumnya kamu telah mendapatkan resep pengobatan dari dokter.

“untuk menghindari adanya efek samping atau efek yang tidak diinginkan karena interaksi obat antara Kayu Manis dengan obat penurun gula darah yang telah diresepkan oleh dokter.” tutupnya.

  1. Kontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes dengan Ketumbar

diabetes
Sumber: Freepik/stockimagefactory

Selain kayu manis, bahan herbal yang bisa kamu manfaatkan untuk mengontrol kadar gula darah sebagai penderita diabetes adalah ketumbar. Diketahui air rendaman ketumbar bermanfaat baik untuk penderita diabetes.

Sebagaimana disampaikan oleh pakar farmakologi, dr. Wawaimuli Arozal, M.biomed, PhD. Ia mengatakan, bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa rendaman daun ketumbar mampu mengoptimalkan masuknya glukosa ke dalam sel.

“kalau kita pelajari baik ke penelitian pada hewan coba, juga ada sedikit penelitian pada manusia, menyatakan bahwa rendaman daun ketumbar, akan mengoptimalkan masuknya glukosa ke dalam sel.” jelas dr. Wawaimuli Arozal.

“jadi keadaan hiperglikemia atau gula darah yang tinggi di dalam sirkulasi, menjadi menurun karena gulanya kemudian dipetik atau di ambil oleh sel untuk kemudian dia melakukan fungsinya.” sambungnya.

Wawaimuli Arozal juga mengatakan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa ketumbar bisa menjadi stimulasi insulin.

“ada juga penelitian menyatakan bahwa, ketumbar tadi atau dalam istilah aslinya coriander bisa menyebabkan sel beta pulau langerhans atau pankreas di mana dia adalah produksi insulin yang terpenting, itu menjadi stimulasi insulin.” ujar dr. Wawaimuli.

Kemudian, ia menegaskan, daripada daun ketumbar, bijinya mengandung lebih banyak nutrisi.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Atasi Sembelit Dengan Cepat Dan Alami di Rumah, Ampuh!

“Untuk penderita diabet, kandungan dari biji ketumbar jauh lebih banyak nutrisinya. Umumnya nutrisi yang terdapat di dalam daun ketumbar ini adalah vitamin dan serat. Vitamin A B C seperti umumnya sayur-mayur. Kaya sekali dengan elektrolit dengan mineral dan juga vitamin.” tutupnya

  1. Kontrol Gula Darah dengan Buah Manggis

manggis
Sumber: Freepik/jcomp

Bahan alami terakhir yang memiliki manfaat mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes adalah buah manggis.

Sebagaimana kita ketahui, penyebab diabetes adalah kondisi tubuh seseorang dengan kadar gula yang berlebih dalam darah. Efek paling parahnya, jika tidak diobati secara tepat penderita diabetes bisa mengakibatkan kehilangan nyawa.

Dari sekian banyak faktor, pola hidup yang tak sehat serta konsumsi makanan yang mengandung tinggi gula juga menjadi faktor pemicunya. Namun sebagian dari masyarakat percaya bahwa penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis

Melansir dari tayangan Hidup Sehat tvOne, buah manggis merupakan buah yang cukup baik karena dia mengandung tinggi serat sehingga baik untuk mencegah terjadinya diabetes. Dalam satu buah manggis mengandung sekitar 1 sampai 2 gram serat.