Manfaat Teh Hijau, Cara Konsumsi yang Benar, dan Efek Sampingnya

  • Bagikan
Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau

Manfaat teh hijau yang beragam serta rasanya yang unik membuat banyak orang menggemarinya. Banyak yang menggunakan teh hijau tak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan. Apa saja sih manfaat jenis teh yang satu ini? Bagaimana cara penggunaannya yang tepat? Dan apa efek sampingnya? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Tentang teh hijau

Manfaat Teh Hijau

Teh hijau mulai populer sejak menjadi salah satu minuman yang baik untuk diet. Banyak bermunculan rekomendasi teh hijau segala produk dengan klaim bisa membantu meluruhkan lemak dan menurunkan berat badan. Teh hijau sendiri berasal dari Tiongkok, dan sudah banyak masyarakat di negara-negara Asia terutama Asia Timur seperti Tiongkok, Jepang, Korea, Taiwan, dan Hong Kong yang mengonsumsi teh ini. Sekarang, sudah lebih banyak orang di seluruh dunia mulai suka minum teh ini, bahkan masyarakat dunia barat yang merupakan konsumen aneka jenis teh dengan hobi tea time mereka pun gemar minum teh hijau saat waktunya tea break.

Jenis teh ini terbuat dari daun dan pucuk daun tanaman teh atau Camellia sinensis. Berbeda dengan teh oolong atau teh hitam, teh hijau tidak mengalami proses pelayuan dan oksidasi. Proses pembuatan teh hijau membuat rasanya unik, dengan perpaduan rasa asam dan pahit.

Teh hijau banyak mengandung gugus katekin dalam molekul EGCG (epigallocatechin-3-gallate), polifenol, asam amino jenis theanine yang bagus untuk kesehatan tubuh. Katekin EGCG sendiri merupakan kandungan terbesar pada teh hijau yang memiliki sifat aktioksidan. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan kafein.

Manfaat teh hijau

1. Untuk kesehatan

Manfaat Teh Hijau

Manfaat teh hijau yang paling banyak orang tahu selain membantu menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko kanker dan tumor adalah untuk diet. Kandungan antioksidan dalam teh hijau terbukti mempercepat proses pembakaran lemak. Tentunya, kamu harus mengimbanginya dengan usaha lain dengan pola hidup sehat seperti olahraga, makan sehat, tidur cukup, dan penuhi kecukupan kebutuhan air putih harian.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Menghilangkan Jerawat Bandel yang Bikin Mood Anjlok!

Selain membantu diet kamu, teh hijau juga punya kandungan theanine yang bisa mengurangi hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Minum teh hijau tak hanya membantu kita jadi rileks, rasa lelah berkurang, pikiran jadi tenang, sehingga tidur pun bisa lelap.

Teh hijau juga bagus untuk menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah tetap stabil, membantu mengontrol kadar gula dalam darah serta menurunkan risiko terkena diabetes. Tapi, perhatikan cara konsumsi yang tepat ya. Karena minum teh hijau juga ada anturannya, jangan ngasal!

2. Untuk kecantikan

Manfaat Teh Hijau

Kamu pasti sering melihat kata green tea atau teh hijau terpampang di kemasan produk skincare atau produk perawatan kecantikan seperti toner atau masker wajah. Ya. Karena memang banyak juga manfaat teh hijau untuk kecantikan, terutama untuk kecantikan wajah. Jadi, selain meminum tehnya, kamu juga bisa pakai ampas teh hijau kamu untuk maskeran ya.

Nah, salah satu manfaat minum teh hijau untuk wajah adalah untuk menghalau tanda-tanda penuaan dini. Hal ini lagi-lagi adalah berkat sifat antioksidan dari kandungan EGCG yang banyak terdapat di dalam teh ini. Khasiat teh hijau ini termasuk membantu meremajakan kulit, mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, dan membuat kulit lebih segar, kencang, dan cerah. Bye bye kulit kusam!

Selain itu, teh hijau juga efektif mengobati jerawat dan mengatasi minyak berlebih pada kulit serta sebum pada wajah, dan juga mengurangi kemerahan serta mengatasi iritasi. Teh hijau juga bisa dipakai untuk kompres mata bengkak atau sembab loh! Untuk masker wajah, kamu bisa mencampur bubuk atau ampas teh hijau dengan bahan lain seperti madu, lemon, daun mint, dan lain-lain.

Baca Juga ini Ya !! =>  Ragam Manfaat Jahe dan Aneka Cara Penggunaannya

Sementara manfaat teh hijau untuk rambut antara lain mengatasi kerontokan dan memperkuat rambut, serta mengatasi berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut bercabang, gatal-gatal, dan minyak berlebih. Selain melalui konsumsi harian, manfaat ini bisa kamu dapat dengan menggunakan shampoo dan kondisioner berbahan teh hijau, dan/atau menggunakan campuran teh hijau dan air hangat untuk bilas.

Cara tepat minum teh hijau

Manfaat Teh Hijau

Agar manfaatnya bisa kita rasakan secara maksimal, maka perlu aturan yang tepat dalam meminum teh hijau. Anjuran konsumsi teh hijau yang baik untuk menekan timbulnya efek samping adalah tidak lebih dari 4 gelas setiap hari. Tidak dianjurkan untuk mencampur teh hijau dengan bahan lain karena bisa mengurangi khasiatnya. Penggunaan lemon, misalnya, justru bisa membuat asam lambung naik! Kalau mau diet pun, lebih baik jangan matcha latte ya yang diminum.

Meski bisa meminum teh hijau dalam kondisi hangat maupun dingin, lebih baik minum teh hijau hangat-hangat. Selain bikin rileks, manfaatnya terutama untuk diet bisa lebih didapatkan. Untuk waktu konsumsinya adalah 20-40 menit setelah makan, agar asam lambung tidak naik dan zat besi sudah terserap oleh tubuh. Kamu bisa minum teh saat pagi hari setelah sarapan, setelah makan siang untuk recharge energi, dan sore hari untuk melepas penat dan stres. Oh ya, jangan lupa perbanyak asupan air putih untuk mengurangi efek sifat diuretik kafein yang terkandung dalam teh hijau.

Efek samping konsumsi teh hijau

Manfaat Teh Hijau

Memang kaya manfaat, tapi, apakah teh hijau selalu aman untuk dikonsumsi tanpa efek apapun? Well, kalau tidak tepat cara konsumsinya, memang minum teh hijau bisa menyebabkan beberapa efek samping. Berikut efek samping teh hijau yang kemungkinan timbul:

Baca Juga ini Ya !! =>  Obat Alami Radang Tenggorokan Yang Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah

Pertama-tama, terdapat pro dan kontra terkait manfaat teh hijau sebelum tidur. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, teh hijau mengandung theanine yang bisa meningkatkan kualitas tidur kita. Tapi, teh hijau juga punya kandungan kafein meski dalam jumlah yang lebih sedikit. Jadi, kalau minum teh hijau sebelum tidur, bisa-bisa, kamu malah jadi susah tidur tuh. Belum lagi sifat diuretik kafein yang membuat kamu pengen buang air kecil melulu. Waduh, bukannya tidur, malah jadi bolak balik ke kamar mandi nih!

Selain efek samping di atas, terlalu banyak kafein juga bisa memunculkan masalah lain seperti timbulnya rasa cemas, lelah dan lesu, dehidrasi, hingga sakit kepala. Konsumsi teh hijau segera setelah makan juga bisa mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Untuk penderita penyakit jantung, glaucoma, gagal ginjal, dan anemia, konsumsi teh hijau juga tidak dianjurkan. Sementara untuk wanita hamil dan menyusui, konsumsi teh hijau biasanya hanya dibatasi paling banyak 2 cangkir saja. Jika mengonsumsi obat diuretik, misalnya untuk pengobatan penyakit darah tinggi, kamu juga perlu waspada akan kandungan kafein pada teh hijau. Jadi, untuk yang punya salah satu kondisi tersebut, sebelum minum lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter ya.

Teh hijau memang banyak manfaatnya. Tak hanya untuk kesehatan badan saja, tapi juga untuk kecantikan wajah dan kesehatan rambut. Hanya saja, tetap perhatikan cara konsumsi yang tepat dan efek samping yang mungkin timbul ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *