Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Instan!

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Bingung bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang membandel? Tidak usah khawatir, bekas luka itu bisa dihilangkan dengan berbagai cara, lho! Manusia dengan segala aktivitasnya itu sudah pasti tidak akan luput dari resiko cedera dan terluka. Jika tidak berhati-hati, luka yang semakin parah bisa saja terjadi. Luka fisik yang timbul terkadang membuat kita menjadi tidak percaya diri dengan penampilan fisik. Kita jadi tidak leluasa dalam memilih baju, atau malu jika bertemu dengan orang.

Luka terdiri dari berbagai jenis. Ada yang berupa lecet, koreng, keloid, dan berbagai macam lainnya. Tidak jarang dari luka itu berasal dari hal yang sepele. Dari yang berupa gatal kemudian menggaruknya dengan berlebihan lalu menimbulkan luka. Kemudian luka tersebut jika dibiarkan akan menjadi hitam. Obatnya tentu harus mencari salep penghilang bekas gatal yang menghitam. Namun, masih ada berbagai cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Bahan-bahan alami di sekitar kamu ternyata bisa bermanfaat sebagai penyembuh dan penghilang bekas luka. Tidak perlu menghamburkan banyak uang untuk perawatan ke klinik kecantikan ataupun membeli obat menghilangkan bekas luka di wajah misalnya. Asalkan telaten dan rutin, luka di kulit bisa hilang dengan perlahan.

Apa sajakah cara menghilangkan luka yang mudah dan alami? Mari kita simak satu per satu!

1. Hilangkan Keloid dengan Bawang Putih

Bawang Putih

Keloid biasanya timbul karena beberapa alasan. Dari luka bekas operasi, luka bakar, luka tergores, dan lainnya. Keloid sebenarnya merupakan jaringan parut yang menebal untuk melindungi dan memperbaiki luka di kulit. Bagi banyak orang, keloid bisa menjadi hal yang memalukan dan menurunkan tingkat percaya diri. Cara menghilangkan bekas luka keloid satu ini gampang karena bahannya pasti sudah ada di dapur. Caranya dengan menghancurkan bawang putih lalu oleskan bawang putih tersebut ke keloid. Tunggu hingga 15 menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan dengan rutin selama 2 kali sehari agar keloid segera hilang.

Baca Juga ini Ya !! =>  Hazelnut: Mengenal Kacang Filbert yang Lezat dan Bergizi

2. Teh Hijau dengan Segala Khasiat Luar Biasanya

Kita sudah tahu bahwa manfaat teh hijau tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Banyak produsen kosmetik dan perawatan kulit yang memanfaatkan teh hijau banyak sebagai bahan dalam produk mereka. Selain itu, segudang penelitian mengklaim jika teh hijau efektif dapat menghilangkan bekas luka. Penyebabnya adalah karena kandungan katekin atau disingkat EGCG di dalamnya memiliki banyak fungsi. Anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-bakteri yang ada pada teh hijau bisa digunakan untuk memudarkan bekas luka.

3. Punya Luka yang Menghitam? Atasi dengan Jeruk Nipis!

Jeruk Nipis

Sering kita mendengar bahwa jeruk nipis merupakan bahan alami yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Hal ini berlaku juga untuk penyembuhan luka. Terutama untuk kamu yang sudah frustasi bagaimana cara menghilangkan bekas luka gatal yang sudah lama dan menghitam. Jeruk nipis memiliki kandungan aktif AHA yang menurut klaim mampu mengembalikan keelastisan pada kulit dan membuat proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat. Caranya pun mudah, cukup oleskan bagian dalam jeruk nipis, diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.

4. Campuran Minyak Zaitun dan Baking Soda yang Berkhasiat

Tidak sulit untuk menemukan minyak zaitun dan baking soda di sekitar kita. Sejak dulu minyak zaitun sudah terkenal dengan manfaatnya yang tidak boleh dianggap remeh. Hal ini karena minyak zaitun punya banyak kandungan vitamin E dan vitamin K di dalamnya. Kedua vitamin ini terkenal baik untuk kulit. Selain itu, kandungan antioksidannya juga efektif untuk menghilangkan bekas luka. Cukup campurkan minyak zaitun dan baking soda lalu gosokkan secara perlahan pada area bekas luka. Cara ini diyakini mampu memudarkan bekas luka jika dilakukan dengan rutin.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Kangkung yang Ternyata Berkhasiat Tinggi

5. Alternatif lain? Coba Lidah Buaya

Lidah Buaya

Luka di tangan, punggung, atau kaki mungkin bisa ditutupi dengan baju dan celana. Tapi gimana jika ada luka di pipi? Aduh, rasanya pasti menjengkelkan sekali. Bikin malas untuk keluar kamar dan ketemu orang. Tenang, ini bukan akhir dari segalanya, kok. Lidah buaya bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di pipi dengan cepat. Berkat khasiat anti-bakteri dan anti-inflamasinya, lidah buaya bisa memudarkan luka di pipi. Caranya: aplikasikan daging lidah buaya yang berbentuk gel ke area luka. Pijat pelan, dan diamkan ½ jam. Bilas dan lakukan 2-3 kali sehari. Jangan lupa cuci bersih dulu lidah buayanya, ya!

6. Madu, si Manis yang Berkhasiat Ajaib

Siapa yang tidak tahu dengan sejuta manfaat madu? Dari zaman dahulu kala, madu sudah sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Tidak terkecuali dengan bekas luka. Kandungan madu berkhasiat untuk membantu proses regenerasi sel berjalan lebih cepat. Sehingga dengan mengoleskan madu ke area luka dengan rutin, bekas luka Anda dijamin memudar dan hilang. Tak hanya bekas luka saja yang hilang, kulit lembab alami pun bisa kamu dapatkan!

7. Minyak Kelapa untuk Bekas Koreng yang Membandel

Minyak Kelapa

Bekas koreng yang menghitam dalam jumlah banyak itu sangat mengganggu penampilan. Bahkan seringkali tangan kita terasa gatal ingin menggaruk bekas koreng tersebut. Ini tentu akan semakin memperparah bekas lukanya. Jika ingin segera menghilangkannya, kamu bisa mencoba minyak kelapa. Zat anti radang dan anti bakterinya terbukti untuk mencegah infeksi. Asalkan kamu rutin dalam mengoleskan minyak kelapa ke bekas koreng, kulit yang mulus bebas luka bukan lagi omong kosong belaka.

8. Ini Cara Instan Menghilangkan Bekas Luka

Beberapa cara alami di atas akan membutuhkan waktu dan ketekunan. Ada saat-saat darurat di mana kamu harus tampil sempurna. Cara menghilangkan bekas luka dalam 1 hari ini terbilang instan. Bahkan bukan menghilangkan, karena lebih tepatnya adalah menutupnya. Yang kamu butuhkan adalah plester luka, dan concealer atau foundation sesuai warna kulit. Plester digunakan jika luka yang ada masih basah atau dalam proses penyembuhan. Jika hanya bekas luka kehitaman, kamu bisa menggunakan concealer atau foundation saja.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Bayam dan Bahayanya. Awas Jangan Kebanyakan!

Seperti ini panduan cara lengkapnya:

  • Tutup luka dengan plester.
  • Ukuran plester bisa disesuaikan dengan ukuran luka.
  • Aplikasikan concealer atau foundation di atas plester.
  • Jika tidak memakai plester, concealer, atau foundation bisa langsung diaplikasikan di atas bekas luka.
  • Aplikasikan dengan baik sehingga warnanya sama dengan kulit sekitarnya.
  • Untuk hasil terbaik, aplikasikan bedak tabur agar tidak mudah luntur.

Plester Luka

Mudah sekali bukan untuk diterapkan? Untuk cara terakhir sebaiknya hanya lakukan saat darurat dan mendesak saja. Sebab, jika terus menutupnya tanpa upaya penyembuhan tentu bekas luka tersebut akan semakin lama hilang. Jika Anda tidak punya banyak waktu atau tidak cukup telaten dalam menggunakan cara-cara alami, tidak masalah. Saat ini sudah banyak obat penghilang bekas luka yang bisa Anda beli dengan bebas di apotik. Hasilnya pun terbilang lebih cepat dari yang alami. Akan tetapi, cara menghilangkan bekas luka dengan obat kimia lebih membutuhkan banyak uang. Nah, sekarang tinggal bagaimana dengan pilihanmu, kan?