Wisata  

Pantai Teluk Awur, Tempat Wisata di Jepara Ramah Keluarga

Pantai memang menjadi lokasi terbaik untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Di sana kamu bisa menikmati suasana yang tenang, sejuk dan sekaligus menyegarkan. Orang-orang mungkin akan akan pergi ke pantai pada saat liburan dan akhir pekan. Hal tersebut dilakukan untuk melepaskan penat dari sibuknya kerja. Di pantai kamu bisa beristirahat sambil menghirup udara segar dan menyaksikan pemandangan yang eksotis. Jika kamu sedang mencari spot wisata yang syahdu dan memiliki pemandangan yang indah, mungkin rekomendasi tempat wisata di Jepara yang satu ini bisa kamu coba.

Kabupaten Jepara, selain terkenal dengan ukiran khas furniturnya, kabupaten ini juga memiliki objek wisata yang memiliki pesona alam yang indah. Mungkin yang paling populer adalah wisata Karimun Jawa. Namun selain itu, ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Jepara, salah satu yang populer adalah Pantai Teluk Awur. Buat kamu yang pusing atau stres dengan pekerjaan yang menumpuk, ada baiknya kamu rehat sejenak. Kamu bisa berkunjung ke pantai Teluk Awur ini untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat. 

Kesejukan dan pemandangan alamnya yang indah dapat membuat kamu menjadi lebih tenang dan terbebas dari stres. Untuk mengenal lebih jauh mengenai tempat wisata di Jepara yang satu ini, berikut kami berikan sedikit informasi mengenai Pantai Teluk Awur Kabupaten Jepara.

  • Pantai Teluk Awur

tempat wisata di jepara, pantai teluk awur
sumber: Instagram @z_lutva

Pantai ini berada di desa Telukawur, Tahunan, kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Letaknya tidak terlalu jauh, dari pusat kota Jepara menuju ke objek wisata Pantai Awur ini kamu membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan. Akses untuk menuju ke sana juga cukup lancar. Kamu bisa menggunakan kendaraan berupa sepeda motor atau mobil. Kamu juga tidak perlu khawatir untuk tersesat, sebab sepanjang perjalanan menuju ke wisata Pantai Awur ini kamu akan dibantu dengan adanya papan penunjuk arah.

Selain wisatawan lokal kota Jepara, Pantai Awur ini juga merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi  masyarakat Kudus hingga kota Semarang. Dari semarang perjalanan yang ditempuh sekitar 2 setengah jam, sedangkan dari kudus kamu hanya perlu berkendara selama sejam lebih. Sehingga objek wisata pantai Awur ini cukup ramai dikunjungi ketika musim liburan. Tidak hanya oleh masyarakat lokal tetapi juga dari luar daerah.

Baca Juga ini Ya !! =>  Museum Mpu Tantular, Tempat Wisata di Sidoarjo Sambil Belajar Sejarah

Pemandangannya yang syahdu dan suasananya yang tenang membuat tempat wisata di Jepara yang satu ini cocok untuk kamu jadikan tempat refreshing ketika libur akhir pekan. Kamu bisa menghilangkan penat dengan menikmati view pantai dan bermain air. Atau juga kamu bisa datang hanya untuk menjauh sejenak dari hiruk-pikuk suasana kota.

  • Aktivitas di Pantai Teluk Awur

tempat wisata di Jepara, sunset teluk awur
sumber: Instagram @ragilzuliana

Pantai Awur ini juga kerap kali menjadi tempat menghabiskan waktu liburan para pengunjung bersama keluarga. Laut pinggirannya dangkal dan ombaknya yang tenang membuat pantai ini cukup aman untuk dinikmati bersama keluarga terutama bagi yang membawa anak-anak. Akan tetapi anak-anak harus tetap di bawah pengawasan orang dewasa untuk mengontrol setiap aktivitas mereka.

Berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke sini. Jika bermain pasir dan air sudah sangat biasa menurut kamu, kamu bisa mencoba aktivitas bermain kano. Kamu bisa menemui tempat penyewaan ban karet dan kano berada di kawasan pantai ini. Atau kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan memancing di pantai ini.

Waktu yang sangat syahdu untuk menikmati pantai ini adalah ketika sore hari. Lokasi wisata pantai di Jepara ini merupakan salah satu spot tempat wisat di Jepara terbaik untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam. Sehingga tidak heran jika masih banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini meskipun sudah sore.

Pantai Teluk Awur ini memang menyajikan pesona alam yang cantik. Hamparan pasir putih dan lautnya yang biru membentang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Ombaknya yang tenang juga menjadi faktor wisata teluk Awur ini menjadi ramah keluarga. Anak-anak bisa bermain pasir hingga berenang dengan aman. Kamu dan keluarga juga bisa mencoba aktivitas menarik lain seperti menyewa ban pelampung atau mencoba aktivitas seperti Flying Fish Boat, Banana Boat hingga Jet sky.

Baca Juga ini Ya !! =>  10 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang yang Kekinian dan Instagramable

Ketika lelah sehabis bermain atau menjelajahi pantai, kamu bisa beristirahat di gazebo atau tempat duduk yang tersedia di kawasan pantai ini. Sebagian pengunjung memilih lokasi ini sebagai tempat nongkrong di Jepara yang bisa sambil menikmati pemandangan eksotis. Tersedia juga warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman yang bisa menemani waktu istirahatmu.

  • Tradisi dan Mitos

Pantai Teluk Awur ini juga kerap menjadi lokasi untuk menggelar tradisi tahunan masyarakat Jepara yaitu tradisi Lomban atau yang disebut oleh masyarakat setempat sebagai bakda kupat dan bakda lomban. Perayaannya diadakan pada di waktu satu minggu setelah Idul Fitri atau pada puncak pekan Syawalan. Penyelenggaraan tradisi ini berupakan bentuk rasa syukur setelah berhasil melewati puasa selama sebulan penuh.

Tradisi ini dulunya merupakan Pesta perayaan yang dilakukan oleh nelayan di Kabupaten Jepara dalam bentuk sedekah laut. Namun sekarang ini tradisi ini tidak hanya terbatas oleh para nelayan saya. Sebagian besar masyarakat juga turut berpartisipasi dalam perhelatan tradisi Lomban ini. Ini menjadi daya tarik yang unik bagi para wisatawan yang datang dari luar daerah.

tempat wisata di Jepara, tradisi Lomban
sumber: Instagram @kulubantewel

Selain itu ada pula sebuah mitos yang beredar di masyarakat setempat mengenai tempat wisata di Jepara ini, yaitu air obat. Dipercaya jika kamu mandi di laut pantai ini, maka akan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sehingga di kawasan ini tersedia pemandian umum yang menggunakan air pantai.

Waktu operasional pantai teluk Awur ini dibuka hingga 24 jam. Sebab di kawasan sekitar wisata ini tersedia berbagai penginapan dan hotel yang bisa kamu gunakan ketika ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini. Lokasi hotelnya juga sangat strategis karena dari situ kamu bisa langsung menikmati pemandangan pantai teluk Awur yang syahdu. Banyak pilihan hotel hingga resort di Jepara yang bisa kamu pilih

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Magelang Untuk Mengisi Liburan Mendatang

Di dekat kawasan wisata pantai Teluk Awur ini terdapat sebuah pantai yang juga populer dan menjadi lokasi liburan bagi masyarakat Jepara. Kabupaten ini memang memiliki banyak objek wisata pantai yang sangat indah. Nah jika kamu masih memiliki cukup waktu setelah mengunjungi pantai Teluk Awur ini, kamu bisa sekalian mengunjungi Pantai Kartini.

Dari namanya kamu mungkin sudah bisa menebak, jika nama pantai Kartini ini diambil dari nama pahlawan Nasional yaitu Raden Ajeng Kartini. Menurut cerita masyarakat sekitar, Dulu di pantai ini RA Kartini sering bermain bersama dengan saudara-saudaranya.

Pantai ini juga tidak jauh berbeda dengan pantai Teluk Awur, sangat ramah sebagai tempat liburan keluarga. Lautnya tenang dan ombaknya tidak terlalu besar, sehingga dapat dinikmati oleh anak-anak sekalipun. Daya tarik utama dari pantai Kartini ini adalah gedung Kura-kura Ocean Park dengan berbagai wahana menarik yang ada di dalamnya.

Ada juga pantai Bondo jika kamu masih ingin mengeksplor lebih jauh. Pantai yang satu ini menjadi rekomendasi bagi kamu yang menginginkan sebuah tempat dengan suasana yang tenang tanpa kebisingan. Sebab, pantainya masih cukup sepi. Sehingga suasananya sangat cocok untuk menjauh sejenak dari kebisingan kota.

Bagi kamu yang penasaran dengan wisata pantai Teluk Awur atau juga pantai di sekitarnya, datang saja ketika liburan dan nikmati langsung pesona tempat wisata di Jepara ini. Jika tidak ingin repot, kamu bisa menggunakan jasa paket wisata Jepara yang banyak tersedia di agen-agen wisata. Namun sebelumnya pastikan dulu kamu mencari informasi mana saja tempat wisata Jepara yang buka ya.