Wisata  

Rekomendasi Tempat Wisata di Mojokerto Untuk Liburan Akhir Pekan

Sumber Instagram @miftachul_jr

Tempat wisata di Mojokerto berikut ini cocok bagi kamu yang ingin rehat sejenak dari sibuknya pekerjaan. Untuk menyegarkan pikiran sejenak, liburan merupakan salah satu kebutuhan yang sesekali harus dipenuhi. Sekarang ini liburan ke tempat-tempat wisata memang menjadi hal yang populer di masyarakat kita. Banyak sekali pilihan wisata menarik tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yang tentunya bisa menjadi obat penghilang penat selama bekerja.

Nah buat kamu yang sedang mencari lokasi liburan, Mojokerto mungkin bisa menjadi pilihan. Selain terkenal dengan kulinernya yang nikmat, Mojokerto juga memiliki beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu nikmati, misalnya saja di kawasan wisata Trawas Mojokerto atau kawasan situs Trowulan. Saat liburan akhir pekan atau ketika sedang dalam cuti kerja, kamu bisa berkunjung kesini bersama sahabat atau keluarga.

Seperti halnya kota-kota di Jawa Timur yang memiliki wisata alam yang indah, Mojokerto pun demikian. Namun di sisi lain, ada juga objek wisata sejarah atau budaya yang menarik. Berikut kami berikan rekomendasi wisata di Mojokerto yang bisa kamu nikmati:

1. Situs Trowulan

tempat wisata di mojokerto
Sumber Instargram @iqb.aall

Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, Mojokerto juga populer berkat situs purbakalanya. Nah buat kamu yang berkunjung ke Mojokerto, jangan hanya mengunjungi objek wisata alam saja. Ada banyak wisata bersejarang yang sayang untuk kamu lewatkan. Salah satunya adalah situs Trowulan. Situs ini merupakan situs purbakala yang dibangun pada masa kerajaan Majapahit.

Selain menikmati peninggalan sejarah masa lalu, seperti Candi Bajang Ratu hingga makam Putri Campa, kamu juga bisa memanfaatkan wisata ini untuk berfoto. Banyak objek foto yang menarik atau yang bisa kamu jadikan latar. 

2. Petirtaan Jolotundo

tempat wisata di mojokerto
Sumber Instagram @d_rifal

Satu lagi situs purbakala yang menarik untuk dikunjungi ketika berlibur ke Mojokerto Berlokasi adalah kawasan Candi Jolotundo. Ada objek menarik yang wajib dikunjungi yaitu Petirtaan Jolotundo. Objek ini merupakan taman pemandian yang telah ada sejak 997 masehi. Pemandian ini dulunya berfungsi sebagai tempat pemandian keluarga kerajaan Majapahit.

Baca Juga ini Ya !! =>  Rekomendasi Tempat Wisata di Blora dengan Keindahan yang Eksotis

Petirtaan Jolotundo memiliki kolam besar dan pancuran bertingkat. Lokasinya yang strategis, berada di lereng gunung Bekal, membuat Petirtaan Jolotundo ini memiliki pemandangan yang indah. Jika kamu penasaran untuk mencoba sensasi mandi di kolam tersebut, kamu bisa mencobanya. Akan tetapi tidak boleh menggunakan sabun dan sampo.

3. Gunung Penanggungan

tempat wisata di mojokerto
Sumber Instagram @tereliyee22

Berikutnya tempat wisata di Mojokerto yang satu ini direkomendasikan untuk kamu anak gunung. Bagi kamu yang suka mendaki, di Mojokerto terdapat destinasi menarik yaitu gunung Penanggungan. Sering disebut sebagai miniatur gunung Semeru, gunung penanggungan sebenarnya berada di dua wilayah yaitu Pasuruan dan Mojokerto.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.653 mdpl. Tidak terlalu tinggi sehingga sangat cocok bagi kamu yang baru pertama kali ingin mencoba mendaki gunung. Meskipun demikian tetap harus  hati-hati dan mempersiapkan diri dengan matang. Di puncak kamu akan disambut hamparan pasir yang cukup luas. Dari sana kamu bisa menikmati hamparan pemandangan hijau dan kota Mojokerto dari atas. Untuk sampai ke puncak, ada  4 jalur yang bisa kamu pilih, yaitu pendakian melalui desa Kedungundi, Tamiajeng, desa Jolotundo,  dan juga desa Ngoro.

4. Air Terjun Surodadu

Simber Instagram @sams_cooler

Air terjun Surodadu merupakan objek wisata alam dengan pemandangan yang indah dengan suasana sejuk, berkat lokasi yang berada di tengah hutan rimbun membuat suasananya semakin sejuk. Tempat wisata di Mojokerto ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati wisata alam yang segar.

Air terjun ini berada di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Untuk bisa menikmati wisata alam air terjun Surodadu ini pengunjung akan menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan, karena harus berjalan kaki naik turun bukit. Untuk itu pastikan kamu dalam kondisi fisik yang fit ketika hendak berkunjung ke sini. Meskipun menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, semua impas dengan pemandangan menakjubkan yang akan menyambut. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan air terjun setinggi tiga meter di tengah rimbunnya hutan bambu yang mengelilingi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kesegaran airnya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Liburan Eksotis, Ini Tempat Wisata di Nusa Dua Bali yang Perlu Kamu Coba

5. Sendi Adventure Pacet

tempat wisata di mojokerto
Sumber Instagram @indawatidewi

Adakah diantara kamu yang suka memposting foto di sosial media? Jika iya, maka tempat ini wajib kamu kunjungi ketika berada di Mojokerto. Objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang hobi foto dan selfie. Karena wisata Sendi Adventure Pacet ini merupakan objek wisata alam dengan konsep kekinian dan bagi fotografer, lokasi ini menjadi tempat hunting bagus di Mojokerto. Banyak objek menarik yang bisa kamu jadikan sebagai latar untuk berfoto, misalnya miniatur menara Eiffel, sarang burung, jembatan, taman bunga dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa berfoto di atas gardu panjang yang terbuat dari papan kayu dengan latar pemandangan alam, ala anak hits masa kini. Selain menyediakan banyak objek foto yang bisa kamu nikmati, kamu juga bisa memanjakan mata dengan menikmati pemandangan Gunung Welirang yang kelihatan dari lokasi ini.

6. Claket Adventure Park

Sumber Instagram @claketadventurepark

Jika belum puas dengan wisata alam kekinian di Sendi Adventure Pacet, kamu bisa coba berkunjung ke Claket Adventure Park. Objek wisata ini mengusung konsep yang sama dengan Sendi Adventure Pacet yaitu wisata alam kekinian. Tapi yang membuat Claket Adventure Park ini sedikit berbeda adalah, lebih banyak fasilitas dan aktifitas yang bisa kita nikmati selain hanya berfoto dan menikmati pemandangan alam.

Bagi kamu yang ingin melakukan aktivitas fisik kecil-kecilan, di Sendi Adventure Park tersedia fasilitas outbond. Kamu bisa menikmatinya bersama dengan keluarga atau kolega kantor ketika sedang liburan bersama. Ada juga objek lain seperti rumah pohon, ayunan, hingga hammock yang bisa kamu pakai untuk bersantai.

7. Coban Kembar Watu Ondo

tempat wisata di mojokerto
Sumber Instagram @miftachul_jr

Satu lagi wisata alam air terjun yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke Mojokerto, yaitu Coban Kembar Watu Ondo. Wisata air terjun ini sangat unik karena di sini kamu bisa menikmati dua air terjun sekaligus. Jadi, di objek wisata ini ada dua air terjun yang saling berhadapan. Luar biasa bukan? Kamu bisa menikmati pemandangan air terjun setinggi lebih dari 17 meter yang jatuh dari tebing. Di bawahnya air mengalir indah di bebatuan yang tersusun rapi.

Baca Juga ini Ya !! =>  Berbagai Tempat Wisata di Gresik Yang Sedang Hits Tahun 2021

Selain menikmati pemandangan air yang jatuh dari tebing, kamu juga bisa mengabadikan momen di spot foto yang tersedia. Terdapat beberapa spot foto dengan latar pemandangan air terjun yang menakjubkan.

8. Pacet Mini Park

Sumber Instagram @pacetminipark4

Bagi kamu yang sedang liburan bersama keluarga dan ingin menikmati wisata kota, kamu perlu mencoba wisata Pacet Mojokerto ini. Wisata ini adalah wisata populer bagi masyarakat Mojokerto ketika akhir pekan maupun hari liburan. Di sini tersedia berbagai macam fasilitas bermain yang bisa kamu nikmati bersama keluarga, antara lain fasilitas outbond (Bumper Boat, flying fox, cross counter), mengendarai ATV hingga ada fasilitas restoran apung.

Jika kamu merasa kurang untuk menikmatinya dalam satu hari, Pacet Mini Park menyediakan fasilitas penginapan bagi kamu yang berkunjung dari luar kota. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dan terburu-buru menikmatinya, sebab semua kebutuhan sudah tersedia di sini.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Mojokerto untuk kamu yang berencana liburan ke sana. Bisa langsung pilih dan masukkan ke daftar perjalanan. Selain memiliki banyak objek wisata yang menarik, jangan sampai lewatkan juga untuk mengunjungi beberapa tempat nongkrong di Mojokerto dan mencoba kuliner khasnya.