Wisata  

Tempat Wisata di Sleman untuk Liburan yang Berkesan

tempat wisata di sleman
Sumber: Instagram @jogjafoodandtravel

Buat warga Solo Raya dan Jogja, tempat wisata di Sleman menjadi alternatif favorit destinasi pelesir saat liburan. Karena, lokasinya cukup dekat dan tempat-tempat wisatanya sangat variatif. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah dan budaya, kamu bisa lakukan di Sleman. Banyak juga tuh penginapan dengan segala tema yang pastinya bisa bikin liburanmu lebih nyaman. Berikut ini daftar sepuluh tempat wisata di Sleman yang bisa bikin liburanmu lebih berkesan lagi:

1. Lava Tour Merapi (pakai mobil Jeep!)

Sumber: Instagram @dopiknikjogja

Siap untuk memacu adrenalin? Daftarkan diri kamu dan rombongan untuk ikutan lava tour Merapi! Ada banyak paket tur yang bisa kamu pilih. Yang paling seru tentu yang rutenya paling panjang dong. Tur ini bakal mengajak kamu berkeliling, naik Jeep! Banyak tempat wisata yang bakal kamu singgahi, seperti Bunker Kaliadem, Rumah Mbah Maridjan, Mini Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, sampai nyemplung ke sungai Kali Kuning pula! Medium dan long trip-nya bahkan mengajak kamu melipir ke tempat wisata Stonehenge dan The Lost World Castle yang bakal kita bahas juga di bawah.

2. Wisata Keluarga sambil Belajar di Agrowisata Bhumi Merapi

Sumber: Instagram @caknet

Yang punya anak atau keponakan balita boleh banget nih berkunjung ke Agrowisata Bhumi Merapi. Tempat ini tak hanya menawarkan tempat rekreasi keluarga yang fantastis. Argowisata Bhumi Merapi juga wisata edukasi yang membantu si kecil untuk banyak belajar, misalnya beternak, bercocok tanam, bahkan naik kuda! Selagi di sana, jangan lupa berfoto bareng keluarga di depan area rumah Hobbit yang jadi salah satu spot fotbar terfavorit.

3. Sunset di Istana Ratu Boko

Sumber: Instagram @badrikaaa

Mau menikmati matahari terbenam terbaik di Jogja sambil menjelajahi situs arkeologi di Jogja? Istana Ratu Boko tempatnya. Kompleks istana dari batu ini memang hanya tinggal reruntuhannya saja, tapi masih bisa menyihir kamu dengan kemegahannya. Tempatnya juga cukup tinggi, dengan pemandangan sekitar yang bikin kunjungan kamu makin berkesan. Apalagi sunset-nya. Memukau!

Baca Juga ini Ya !! =>  9 Tempat Wisata di Blitar untuk Menikmati Keindahan Alam

4. Sendratari Ramayana Candi Prambanan

tempat wisata di sleman
Sumber: Instagram @sandsprab07

Salah satu tempat wisata keluarga yang banyak peminatnya, bahkan dari zaman baheula! Candi Prambanan memang se-terkenal legenda cerita rakyat yang menyertainya: Kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Menarik banget untuk menjelajahi kompleks candi ini dan juga mengulik sejarahnya. Selain itu, Candi Prambanan juga menjadi lokasi terbaik untuk nonton Sendratari Ramayana yang popularitasnya hingga ke mancanegara.

Selain Candi Prambanan, ada beberapa candi lain yang nggak kalah keren dan pasti bikin kamu kagum. Ada Candi Kalasan, Candi Sambisari, Candi Ijo, Candi Banyunibo, dan lain-lain.

5. Pemandangan Menakjubkan dari Spot Riyadi

tempat wisata di sleman
Sumber: Instagram @jogjafoodandtravel

Cari tempat wisata di Sleman yg romantis? Ada dong. Ada Spot Riyadi yang pamornya lagi naik nih, dan banyak yang bilang spot ini kayak Punthuk Setumbu. Kalau dari Punthuk Setumbu kamu bisa memandangi megahnya Candi Borobudur, di Spot Riyadi, panorama Candi Prambanan dengan sudut pandang berbeda bisa kamu nikmati bersama pasangan. Waktu terbaik buat ke Spot Riyadi di Jalan Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Prambanan ini adalah saat malam hari. Selain Candi Prambanan yang bersinar megah, pemandangan lampu-lampu kota di kejauhan juga sangat memukau. Romantis banget!

6. Karya Seni Tebing Breksi yang Spektakuler

tempat wisata di sleman
Sumber: Instagram @chantikarams

Dulunya hanya sebongkah bukit kapur yang menjulang kokoh dan menyita perhatian, kini Tebing Breksi makin cakep dengan karya seni ukiran pada dinding-dindingnya. Ada ukiran wayang, hingga naga! Worth it lah ya meski harus panas-panasan ambil fotonya. Jangan lupa pakai sunblock; dan kalau perlu sedia payung dan kacamata hitam untuk melindungi kamu dari sengatan matahari.

7. Main Air Sepuasnya di Blue Lagoon dan Green Kayen

Sumber: Instagram @jin.id

Wisata sungai di Sleman juga menarik loh, dan pemandangannya pun nggak kalah memesona. Ada dua tempat wisata alam di Sleman buat kamu main air sepuasnya: Blue Lagoon dan Green Kayen. Sendang Tirta Budi lebih dikenal sebagai Blue Lagoon karena airnya yang jernih dan biru banget. Wah, pastinya bikin nggak sabar buat nyemplung ya? Selain Blue Lagoon, ada juga wisata air potensial di Condongcatur, Sleman: Green Kayen. Salah satu area arus sungai  (atau kali) Boyong ini ada di Dusun Kayen. Ada tebing setinggi 5 meter yang membentuk air terjun mini di sana yang banyak didatangi untuk ber-selfie.

8. Ke Luar Negeri Tanpa Passport di Stonehenge dan Lost World Castle

tempat wisata di sleman
Sumber: Instagram @azzllia

Mau liat Stonehenge tapi Inggris terlalu jauh (dan mahal)? Di Sleman ada replikanya dong. Tumpukan batu fenomenal ini sengaja disusun dengan latar Gunung Merapi. Wah, makin yahud deh view-nya! Tempatnya di Kepuharjo, Cangkringan, yang juga lokasi The Lost World Castle. Sebuah banteng batu megah yang bakal jadi background super keren buat foto kamu. Pastinya Instagram-worthy!

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Boyolali yang Unik dan Instajenik

9. Kata siapa museum ngebosenin? Coba deh ke Museum Ullen Sentalu dan Museum Affandi

Sumber: Instagram @damairiaa

Salah satu museum terbaik di Indonesia ada di Kab. Sleman. Adalah Museum Ullen Sentalu, tempatnya belajar budaya Jawa sambil mengagumi koleksinya. Juga banyak spot foto Instagramable di sini. Lokasinya juga sejuk dan rindang. Pokoknya pasti betah deh! Di akhir tur dengan pemandu wisata, kamu juga bisa menikmati segelas minuman tradisional di area tamannya.

Selain Ullen Sentalu, ada satu museum lagi yang nggak kalah fenomenal. Memajang lukisan karya seniman terkenal Indonesia: Affandi. Siapa sih yang nggak tahu beliau? Nah, untuk mengagumi karya beliau, kamu bisa ke Museum Affandi di Jalan Laksda Adisucipto no. 167, Papringan, Caturtunggak, Depok, Sleman. Di galeri pribadi ini kamu bisa puas memanjakan mata kamu dengan melihat-lihat karya Sang Legenda.

10. Sindu Kusuma Edupark, Tempatnya Naik Bianglala Nikmati Indahnya Jogja

Sumber: Instagram @skedupark

Kali ini adalah sebuah taman bermain edukatif yang cocok untuk wisata semua umur. Banyak wahana menarik yang bisa kamu coba, termasuk ziplines dan bialala raksasanya. Bianglala Cakra Mangilingan di area SKE termasuk satu dari 5 bianglala paling tinggi se-Indonesia loh! Pastinya, bianglala setinggi 48 meter ini bakal mempersembahkan pemandangan area sekitar dengan menakjubkan.

Itu dia gaes, 10 tempat wisata di Sleman yang bisa jadi referensi buat liburan mendatang. Banyak yang nggak tahu kalau tempat wisata ini ada di daerah administratif Kabupaten Sleman ya. Soalnya Sleman memang masih menjadi bagian dari wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Bareng Kota Jogja, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Bantul. Jadi kalau kamu browsing tempat wisata di Jogja nih, yang ikutan muncul pasti destinasi di sekitarnya juga. Selain Malioboro atau destinasi wisata dalam kota lainnya tentu ya. Seperti tempat wisata di Kulon Progo, misalnya Kalibiru dan Pulepayung. Tempat wisata di Bantul dan tempat wisata di gunung kidul yang adalah area wisata alam terbaik se-DIY nih gaes. Dan, ada juga tempat wisata di Sleman ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Nganjuk Yang Menarik Untuk¬† Kalian Kunjungi

Boleh banget kok mengunjungi semua wilayah DIY ini. Makin puas, makin all-out mainnya. Tetap rencanakan dengan baik ya itinerary kamu. Biar lokasinya berdekatan pun, untuk day trip memang tetap butuh strategi supaya waktu kamu nggak habis di jalanan. Oh ya, ada satu lagi daerah dekat Jogja yang bisa kamu kunjungi. Yaitu tempat wisata di Magelang yang merupakan batas wilayah Kab. Kulon Progo di sebelah utara. Misalnya? Yang paling terkenal ada Candi Borobudur.