Wisata  

Tempat Wisata di Trenggalek, Goa Lowo Terpanjang se-Asia Tenggara

Tempat Wisata di Trenggalek – Sedang bingung mengisi rencana liburan? Ada baiknya kamu coba untuk refreshing menyegarkan pikiran sejenak dari sibuknya pekerjaan dan hiruk pikuk suasana kota. Mengunjungi wisata alam adalah obat untuk menyembuhkan kejenuhanmu. Pemandangan wisata alam yang memanjakan mata dan udara yang segar, dapat membuat pikiran menjadi rileks dan tentunya memulai kembali semangat untuk beraktivitas.

Jika kamu berada di daerah Jawa Timur atau sedang berencana liburan ke daerah sana, ada banyak rekomendasi tempat wisata alam menarik untuk kamu. Kota-kota di Jawa Timur memang terkenal memiliki objek wisata alam yang menakjubkan. Selain itu, banyak kuliner nikmat yang bisa kamu dapatkan di sana. Ketika berkunjung ke kota-kotanya kamu akan mendapatkan paket lengkap wisata alam plus dengan wisata kuliner.

Namun kita tidak akan berbicara banyak mengenai objek-objek wisata di Jawa Timur, ataupun juga dengan kulinernya. Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas sebuah objek wisata alam di kota Trenggalek yaitu Goa Lowo.

tempat wisata di trenggalek
Sumber Instagram @venturoustrenggalek
  • Sekilas Tentang Kota Trenggalek

Mungkin bagi kebanyakan orang ketika membicarakan kota di Jawa Timur, maka Malang atau Surabaya lah yg pertama kali terbesit dalam pikirannya. Tapi tahukah kamu bahwa banyak kota-kota di Jawa Timur yang sebenarnya menyimpan keindahan alam. Salah satunya adalah kota Trenggalek. Kota ini terletak di sisi selatan pulau Jawa, berbatasan langsung dengan kota Ponorogo di sebelah utara, kota Tulungagung di sisi timur dan kota pacitan di sisi sebelah barat. Dan bagian selatan berbatasan langsung dengan samudra Hindia, sehingga memiliki banyak objek wisata pantai yang indah.

Jika ditanya mengenai tempat wisata di trenggalek, sebagian besar wisatawan mungkin hanya mengenal objek wisata pantai Trenggalek seperti pantai Pasir Putih, pantai Watu Bentis, pantai Prigi dan masih banyak lagi. Trenggalek memang begitu populer dengan wisata pantainya. Selain itu ada banyak wisata kuliner khas yang bisa kamu coba, misalnya ikan asap prigi, alen-alen, sego tiwul dll.

Baca Juga ini Ya !! =>  Pesona Alam Pesisir Utara Jawa, Tempat Wisata di Pati Ini Harus Kamu Kunjungi

Tapi ada satu objek wisata Trenggalek selain pantai yang menjadi wisata unggulan bagi kota Trenggalek, Goa Lowo. Jika kamu berkesempatan berkunjung atau mengadakan liburan di kota ini, maka kamu wajib mengunjungi wisata Goa Lowo ini. Jangan sampai kamu lewatkan, karena, gua ini merupakan gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara.

Goa Lawa atau Lowo terbuka untuk umum dan menjadi objek wisata pada tahun 1984. Sampai saat ini Goa Lowo banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Terlebih pada hari-hari libur, wisatawan yang mengunjungi semakin meningkat. Kamu harus benar-benar bisa memilih waktu yang tepat untuk bisa menikmatinya dengan lebih santai. Ada baiknya mengambil hari biasa saja.

  • Gua Terbesar dan Terpanjang di Asia Tenggara

Sumber Instagram @la.sinestesia

Goa Lowo bisa jadi merupakan salah satu tempat wisata di trenggalek yang bisa kita banggakan. Bagaimana tidak, gua ini dinobatkan sebagai gua terbesar dan terpanjang. Masyarakat trenggalek dan kita sebagai masyarakat Indonesia pada umumnya tentu merasa sangat bangga dengan hal tersebut. Penobatan sebagai gua terbesar dan terpanjang ini tidak semata-mata tersemat begitu saja. Gelar ini tidak muncul secara sembarangan dari masyarakat maupun pemerintah setempat, melainkan melalui penelitian yang serius.

Objek wisata Goa Lowo ini pertama kali ditemukan pada tahun 1931. Gua ini mendapatkan gelar sebagai gua terbesar dan terpanjang se-Asia Tenggara setelah pada tahun 1985 Ahli gua asal Perancis, Gilbert Mantovani dan Kingston Kho, melakukan penelitian atas gua ini. Jadi untuk mendapatkan gelar tersebut, gua ini memang sudah diteliti secara menyeluruh oleh ahlinya. Meskipun memiliki area yang besar dan panjang, sayangnya tidak seluruh bagian gua bisa kita jelajahi, gua ini hanya sekitar 850 meter jarang yang bisa wisatawan nikmati.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi: First-Timer Guide

Keunikan gua ini juga dari ruangannya yang lebar hingga 50 meter dengan ketinggian mulai dari 20 hingga 50 meter. Sehingga udara yang terhirup cukup banyak, kamu tidak perlu takut kesulitan bernafas. Untuk bisa menyusuri seluruh gua ini, memang harus menggunakan peralatan yang memadai dan keahlian khusus. Sebab semakin  dalam maka jumlah oksigen yang tersedia semakin berkurang, apalagi harus melewati sungai bawah tanahnya.

Karena belum sepenuhnya bagian dari gua ini terjelajah, kabarnya masih banyak misteri yang belum terpecahkan. Maka dari itu, kedepannya masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penamaan Goa Lowo yang berarti Gua Kelelawar berasal dari banyaknya kelelawar yang bermukim di dalam gua ini. Kondisi gua yang gelap menjadi alasan mengapa banyak kelelawar yang betah menghuni gua ini.

  • Objek Wisata Goa Lowo

tempat wisata di trenggalek
Sumber Instagram @setapakkecil

Objek wisata ini terletak di desa Watu Agung. Dari pusat kota Trenggalek kamu harus menempuh perjalanan sekitar 30 km. Meskipun cukup jauh, tapi kamu tidak perlu takut kebingungan ketika baru pertama kali menuju ke sana. Banyak papan penunjuk arah yang bisa menuntun kamu ke sana. Atau untuk lebih mudahnya, gunakan saja google maps. Kondisi jalannya pun cukup baik dan sudah beraspal dengan baik, meskipun tidak terlalu lebar.

Tidak banyak kendaraan yang melintasi jalan ini, karena letak gua ini berada di wilayah pedesaan. Sebagian besar kendaraan yang berlalu lalang adalah milik wisatawan. Jika kamu membawa kendaraan pribadi sebisa mungkin berhati hati dan selalu waspada, karena perjalanan yang kamu tempuh akan melewati perbukitan, jalan naik turun dan tikungan tajam. 

Goa Lowo memiliki kedalaman sekitar 2 km. Namun tidak seluruhnya bisa kamu susuri hingga selesai. Wisatawan hanya bisa menyusuri guanya sampai pada jarak 850 meter. Dalam jarak tersebut kamu akan melewati jembatan yang telah disediakan selama menyusuri gua dari mulut hingga ujung gua. Hal ini karena jika ingin menyusuri sisanya sepanjang 1.150 meter, kamu perlu menyelami sungai. Agak sedikit ekstrim, sungai bawah tanah ini memiliki kedalaman 10 meter.

Baca Juga ini Ya !! =>  Museum Mpu Tantular, Tempat Wisata di Sidoarjo Sambil Belajar Sejarah

Begitu masuk ke area objek wisata Goa Lowo ini kamu akan melihat sebuah patung wanita dengan sayap kelelawar di belakangnya. Warga sekitar menyebut patung ini dengan sebutan Sri Ratu Lowo, yang melambangkan ratu dari seluruh kelelawar yang menghuni gua ini. Jika kamu ingin menyusuri gua ini secara menyeluruh, kamu tidak akan kesulitan, karena gua ini memiliki jembatan yang panjangnya sekitar 859 meter. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah berjalan menyusuri guanya.

Di dalam objek wisata Gua Lowo ini kamu bisa menikmati keindahan ukiran alami batu-batuan dinding gua, stalagtit dan stalagmit yang secara alami terbentuk oleh tetesan air di dalam gua selama ribuan tahun lamanya. Apa lagi dengan adanya pemasangan lampu sorot warna warni oleh pengelola gua, menjadikan pemandangan di dalam gua ini semakin spektakuler. Apalagi untuk kamu milenial sosialita yang hobi berfoto, pasti akan sangat betah di sini. Setiap sisinya menyuguhkan pemandangan yang berbeda-beda, dan kamu juga bisa melihat ribuan kelelawar yang menggantung di tiap dinding gua. Jadi pastikan untuk memasukkan Goa Lowo ini ke daftar tempat wisata di Trenggalek yang ingin kamu kunjungi ya dan pastikan juga terlebih dahulu informasi mengenai mana saja wisata Trenggalek yang sudah buka.