Wisata  

Tempat Wisata di Bantul Bertema Alam yang Bikin Rileks!

Sumber: Instagram @asteriska_

Tempat wisata di Bantul penuh dengan destinasi wisata alam yang menyejukkan mata dan pikiran. Dari hamparan hutan pinus hingga ke bibir pantai. Semua bisa kamu nikmati di Bantul. Mau tahu mana saja yang wajib kamu kunjungi di area Bantul? Simak artikel ini sampai habis ya!

Kemarin kita sudah bahas beberapa tempat wisata di Sleman. Sekarang, saatnya pindah ke Kabupaten Bantul yang sama-sama ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Masih dalam suasana pandemi Covid-19, pasti banyak yang bertanya-tanya tentang wisata di Bantul yang sudah buka. Tenang; hampir semua sudah buka kembali kok, meski beberapa masih membatasi pengunjung. Semua wisata Bantul yang sudah buka mewajibkan penerapan protokol kesehatan. Biasakan selalu tertib 3M-nya ya gaes! Yuk, langsung aja. Ini dia 10 tempat wisata di Bantul dengan pemandangan alamnya yang menawan:

1. Wisata Sawah Sukorame atau Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB)

tempat wisata di bantul
Sumber: Instagram @sandralugiana

Tempat wisata di Jogja yang satu ini cukup ramai di jejaring sosial sejak awal pembukaannya, meski hanya berupa daerah persawahan saja. Apa sih yang membuat tempat ini menarik? Lokasinya di Kecamatan Dlingo yang terkenal akan wisata yang menawarkan keindahan alam di ketinggian. Karena menyuguhkan pemandangan berbeda inilah, JSPB banyak menarik minat wisatawan. Pelancong datang untuk berfoto ditengah-tengah karpet hijau alami area persawahan. Tak perlu khawatir belepotan lumpur. Kamu bisa menjelajahi area sawah dari atas jembatan bambu yang membuat tempat ini makin Instajenik!

2. Hutan Pinus (Pinus Pengger, Pinus Asri, Pinus Mangunan)

Pinus Pengger | Sumber: Instagram @asteriska_

Daerah Mangunan, Dlingo, Kab. Bantul memang terkenal akan hutan pinusnya yang asri. Cocok untuk kamu yang ingin menarik diri sejenak dari ramainya perkotaan dan berbaur dengan alam. Tiga dari area wisata alam hutan pinus di Mangunan antara lain Hutan Pinus Pengger yang relatif lebih baru, Hutan Pinus Mangunan, dan Hutan Pinus Asri di seberang jalan. Pesona wisatanya tak hanya pada jelajah hutan saja kok. Ada banyak spot selfie dengan beragam tema dan bentuk berbeda yang pastinya wajib kamu jajal satu per sastu.

Baca Juga ini Ya !! =>  Pesona Alam Pesisir Utara Jawa, Tempat Wisata di Pati Ini Harus Kamu Kunjungi

3. Puncak Becici

Sumber: Instagram @anitta.trisna

Masih di Kecamatan Dlingo, menembus hutan pinus ada Puncak Becici. Dengan gardu pandangnya yang menawarkan panorama apik nan menawan. Kedatangan terbaik adalah untuk menyambut matahari terbit, mengejar matahari terbenam, atau menikmati kelap-kelip lampu kota di kejauhan. Nggak perlu takut trekking malam-malam menyusuri hutan pinus, karena ada lampu hias yang siap menemani perjalananmu. Apa yang bisa kamu lakukan di Puncak Becici? Selain berfoto di spot selfie-nya, kamu juga bisa trekking atau hiking, camping, mancakrida atau outbound, piknik, sampai foto pre-wedding.

4. Bukit Panguk Kediwung

tempat wisata di bantul
Sumber: Instagram @jogjaepictenan

Masih satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan, ada Bukit Panguk Kediwung. Sebuah bukit di mana kamu akan merasa sedang berada di atas awan. Kalau mengincar sunset sudah biasa, cobalah incar sunrise di Bantul. Banyak spot untuk menikmati momen terbitnya matahari di Bantul. Salah satunya di Bukit Panguk Kediwung ini, di mana kamu bisa menyaksikan matahari terbit dari atas awan.

5. Seribu Batu Songgo Langit

tempat wisata di bantul
Sumber: Instagram @mitha_mitaaa

Dinamakan seribu batu Songgo Langit karena banyaknya batu raksasa di atas bukit yang seakan sedang menyangga langit. Tapi, bukan itu saja daya tarik tempat wisata ini. Nggak perlu jauh-jauh ke New Zealand. Kamu bisa temukan ‘rumah Hobbit’ di sini! Selain itu juga masih banyak spot foto menarik lainnya yang kebanyakan terbuat dari kayu. Sangat aesthetic!

6. Pintu Langit Dahromo

tempat wisata di bantul
Sumber: Instagram @metharani

Masih di Dlingo, Bantul, tepatnya di Jalan Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Dlingo, ada pintu menuju langit. Itulah, Pintoe Langit Dahromo. Sebuah lokasi foto berupa pintu kayu dan piano dengan pemandangan langit yang Instagram-worthy. Waktu terbaik berfoto di sini adalah saat matahari terbenam, dengan semburat jingga di langit sore yang temaram.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Karanganyar dengan Pemandangan Alam Memesona

7. Kebun Bunga Celosia Resoinangun Garden

Sumber: Instagram @andaa

Liburan cantik belum lengkap tanpa menghampiri padang bunga aneka warna. Di Bantul ada beberapa padang bunga, misalnya bunga matahari di jalur jalan lintas selatan, dekat area pantai. Selain bunga matahari, bunga celosia juga nggak kalah cakep di kamera loh. Hamparan bunga Celosia kuning dan merah nggak akan gagal mempercantik feed Instagram kamu. Lokasi Kebun Bunga Celosia ini ada di Dusun Tegalsari, Sanden, Kab. Bantul. Di sini kamu bisa berfoto tak hanya bareng bunga celosia aja, tapi juga aneka bunga lain seperti kenikir dan jengger.

8. Curug Pulosari

Sumber: Instagram @dennisdiharjaya

Ke sawah, udah. Ke hutan? Udah juga. Ke kebun bunga juga udah. Sekarang, saatnya main air ke curug. Air terjunnya memang tak begitu tinggi seperti Grojogan Sewu di Tawangmangu, tapi Curug Pulosari juga memiliki pemandangan alam yang nggak kalah memesona. Airnya jernih, dengan pepohonan rindang di sekitarnya, serta udaranya yang masih segar dan sejuk. Rileks banget menghabiskan waktu di sini, ditemani kicau burung dan gemericik air yang menenangkan jiwa dan pikiran.

9. Pantai Parangtritis (dan Pantai-Pantai Lainnya di Garis Pantai Selatan)

Berkuda di Pantai Parangtritis | Sumber: Instagram @anto_ceemoth

Pantai di Gunung Kidul memang menawan. Tapi, pantai di garis pantai selatan area Bantul lebih dulu terkenal di kalangan turis. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Parangtritis. Sunset di sini sangat menawan loh! Pantai berpasir hitam yang padat ini juga cocok untuk berkuda, atau main ATV, atau naik motor trail. Atau Jeep! Atau delman? Semua ada di pantai ini. Anginnya relatif kuat, cocok untuk menerbangkan layang-layang.

Selain Parangtritis tentunya masih banyak pantai komersial lain dengan lokasi berdekatan. Ada Pantai Cemara Sewu, Pantai Goa Cemara, Pantai Depok, Pantai Samas yang jadi tempat konservasi penyu, dan masih banyak lagi.

Baca Juga ini Ya !! =>  AirAsia: Membangkitkan Perubahan dalam Industri Penerbangan

10. Gumuk Pasir Parangkusumo

tempat wisata di bantul
Sumber: Instagram @gumukpasirparangkusumo

Satu lagi tempat hits yang HOT bak di padang pasir. Ketinggian gundukan pasirnya beragam, dari 5 meter hingga 15 meter! Menjadikan Gumuk Pasir di Pantai Parangkusumo lokasi terbaik untuk main sandboarding atau berseluncur di atas pasir! Wah, siapa berani coba? Tak hanya itu, pemandangannya yang nggak biasa menjadikan tempat ini salah satu spot foto pre-wedding yang digemari.

Puas berkeliling, jangan lewatkan juga kesempatan buat cobain wisata kuliner Bantul. Tempat nongkrong di Bantul dengan pemandangan alam yang memesona salah satunya adalah Kedai Wedangan Watu Lumbung. Tempat ini tak hanya cocok buat nongkrong, ngobrol sambil menyeruput kopi hangat. Pemandangannya pun indah, dengan berbagai spot foto dari kayu dan bamboo yang menambah cantik hasil jepretan kamu. Lokasi? Ada di Jalan Panglima  Sudirman, Kretek, Parangtritis, Bantul.

Selain ke-10 wisata alam Bantul di atas, masih banyak tempat wisata lain di Kabupaten Bantul yang bisa kamu jelajahi. Misalnya Kebun Buah Mangunan. Atau, berziarah ke Makam Raja-Raja Imogiri, yang merupakan tempat wisata Imogiri Bantul untuk berwisata sejarah. Selanjutnya, kita akan bahas tempat wisata di Gunung Kidul dan wilayah D.I.Y lainnya juga. Cek artikel lain di KabarApik.com!