Wisata  

Tempat Wisata di Jombang dengan Pesona Air Terjun yang Memukau

air terjun tretes
sumber: istagram @deni_setiawan_39

Kabupaten Jombang terkenal dengan julukan Kota Santri, sebab di kota ini memiliki banyak sekali pondok pesantren. Diantaranya yang terkenal adalah pondok pesantren Tebuireng, Denanyar, Darul Ulum, dan Tambak Beras. Banyak pula tokoh-tokoh terkenal yang berasal dari kota ini, seperti Presiden ke-4 yaitu KH Abdurrahman Wahid, ada juga pahlawan nasional KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim, kemudian tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid, hingga budayawan Emha Ainun Najib. Selain itu, terdapat pula banyak tempat wisata di Jombang dan juga kuliner khasnya yang unik. misalnya saja es degan, tahu pong, dan pecel rengkek.

Berbicara mengenai objek wisata di Jombang, kamu bisa menikmati berbagai macam pilihan wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah. Wisata alam menjadi pilihan yang paling favorit bagi para pelancong lokal maupun dari luar daerah yang berkunjung ke kabupaten Jombang ini. Nah berikut kami berikan rekomendasi wisata alam air terjun di Jombang yang memiliki pesona alam yang syahdu, yaitu wisata air terjun Coban Selo Lapis dan air terjun Tretes Wonosalam.

1. Air Terjun Tretes Wonosalam

tempat wisata di Jombang, air terjun tretes
sumber: istagram @deni_setiawan_39

Tempat wisata di Jombang dengan nuansa alam yang syahdu adalah wisata air terjun Tretes. Lokasi wisata air terjun ini berada di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Raden Soeryo, lebih tepatnya di Desa Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang. Air terjun ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian 158 meter.

Untuk melihat keindahan alam air terjun Tretes ini aksesnya sedikit rumit. Untuk bisa sampai di pos pertama, perjalan selanjutnya hanya bisa kamu lewati dengan kendaraan roda dua atau dengan berjalan kaki. Sedangkan mobil hanya bisa di perumahan warga. Jika kamu membawa motor pribadi, kamu bisa langsung menuju ke pos pertama, jika tidak kamu bisa menyewa ojek setempat untuk diantarkan menuju ke pos pertama sekitar 3 km jaraknya. Nah dari pos pertama menuju ke spot air terjun, jaraknya sekitar satu kilometer dan kamu hanya bisa dengan berjalan kaki.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Lembongan Bali yang Mempesona dan Masih Alami

Tapi jangan khawatir, perjalananmu selama berjalan kaki akan menikmati indahnya pemandangan dan sejuknya udara pegunungan. Semua rasa lelahmu akan terbayar ketika kamu sampai dan melihat pesona air terjun tertinggi di Jawa Timur ini.

Air terjun setinggi 158 meter ini menjadi daya tarik utama yang menarik minat banyak wisatawan ketika musim liburan dan akhir pekan. Tidak hanya masyarakat kota Jombang, tetapi banyak pula masyarakat yang berasal dari luar kota yang penasaran untuk melihat pesona air terjun Tretes Wonosalam ini.

tempat wisata di Jombang, air terjun tretes
sumber: instagram @dewo_sa

Meskipun ukuran air terjunnya sangat tinggi, tetapi aliran airnya tidak terlalu deras. Bentuknya yang tidak berundak membuat air terjun ini terlihat semakin menawan. Kolam tampungannya pun cukup luas dan tidak terlalu dalam. Sehingga sangat aman untuk kamu bermain air dan menikmati kesegarannya.

Selain bisa menikmati kesegaran dan megahnya pesona air terjun Tretes ini, kamu juga bisa menikmati pesona keindahan alam sekitar wisata ini. Wisata air terjun ini merupakan bagian dari kawasan Hutan Raya Raden Soeryo, sehingga spot air terjun Tretes ini memiliki pemandangan alam yang syahdu di sekelilingnya. Pemandangan-pemandangan tersebut jangan sampai terlewati untuk diabadikan. Pemandangan alam sekitar dan spot utama air terjunnya menjadi latar yang sangat mempesona untuk berfoto.

Bagi kamu yang suka bersepeda, khususnya sepeda gunung, ada aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan. Jalur tracking menuju ke titik air terjun ini biasa juga menjadi surga untuk pengunjung yang membawa sepeda gunung. Jalurnya cukup menantang namun tetap aman.

Selain.memiliki keindahan alam yang syahdu, ada pula mitos yang beredar di masyarakat sekitar mengenai tempat wisata di Jombang, air terjun Tretes Wonosalam ini. Mitos yang beredar merupakan legenda Raden Baron Kusumo dan Dewi Anjarwati. Lokasi air terjun Tretes ini dikatakan adalah lokasi tempat bertemunya Raden Baron Kusumo dan Dewi Anjarwati ini. Sehingga akhirnya saling mengikat tali kasih antar keduanya. Namun pada akhirnya kisah keduanya juga menjadi mitos atau legenda di Coban Rondo.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Bantul Bertema Alam yang Bikin Rileks!

2. Coban Selo Lapis

tempat wisata di Jombang, Air terjun selo Lapis
sumber: instagram @leksono_photo

Berikutnya adalah wisata alam Coban Selo Lapis. Lokasinya berada di Desa Panglungan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kawasan ini memiliki pemandangan air terjun yang sangat syahdu dengan nuansa yang sangat asri. Kealamian lokasinya sudah bisa kamu rasakan semenjak mulai memasuki kawasan wisata air terjun ini. Sejak awal memasuki kawasannya kamu sudah dimanjakan dengan view perkebunan dan pegunungan yang menyejukkan mata. Keindahan pemandangannya ini tidak terlepas dari letaknya yang berada di lereng Gunung Selo Ringgit.

Wisata air terjun Coban Selo Lapis ini cukup populer karena lokasinya cukup mudah dijangkau dan jalurnya juga cukup baik untuk kendaraan. Untuk bisa sampai ke spot air terjunnya, kamu masih perlu sedikit perjuangan dari tempat parkir kendaraan. Sebab perjalanannya masih harus kamu lanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 500 m. Jalur trackingnya cukup menantang, terutama bagi anak-anak. Namun bagi kamu yang menyukai petualangan maka tracking ini justru dapat menjadi pengalaman yang seru.

Daya tarik utama dari objek wisata Coban Selo Lapis ini adalah pesona keindahan alamnya yang sejuk dan masih asri. Ditambah dengan pemandangan air terjunnya yang memukau dan mengalir lembut melewati celah bebatuan. Tempat wisata di Jobang yang satu ini sangat cocok sebagai tempat kamu melepaskan kepenatan dari sibuknya pekerjaan.

tempat wisata di Jombang, Air Terjun Selo Lapis
sumber: instagram @setapakkecil

Tempat wisata ini cukup ramai ketika musim liburan dan akhir pekan. Kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan alamnya yang syahdu. Kamu juga bisa menikmati kesegaran airnya dengan bermain air. Kolamnya tidak begitu dalam sehingga sangat aman untuk kamu pakai mandi.

Untuk itu, jika kamu hendak datang ke kota Jombang dan berkunjung ke objek wisata Coban Selo Lapis ini, pastikan untuk menyiapkan alat dokumentasi berupa kamera atau ponsel. Kurang lengkap rasanya jika kamu datang tanpa mengabadikan momen seru liburan kamu. Kamu bisa berfoto di beberapa spot dengan pemandangan alam yang mempesona. Dan tentunya spot utama adalah berfoto dengan latar air terjun setinggi 15 meter dengan aliran air yang lembut melewati tebing batu. 

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Batang Terbaik, Rekomendasi untuk Liburan Mendatang

Salah satu rekomendasi waktu berkunjung yang pas ke objek wisata Coban Selo Lapis ini adalah ketika musim durian. Kawasan ini akan dipenuhi oleh durian ketika musimnya. Kamu bisa membelinya ketika perjalanan pulang, bisa untuk dimakan langsung atau sebagai buah tangan.

Nah demikian dua rekomendasi tempat wisata di Jomvang dengan pesona air terjun yang sangat memukau. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu atau malah keduanya? Jika iya, jadwalkan waktu liburanmu untuk datang ke Kabupaten Jombang dan melihat langsung pesona keindahan keduan air terjun tersebut.