Wisata  

Tempat Wisata di Jombang, Berikut 8 Rekomendasi yang Wajib Dikunjungi

sumber Instagram @vandraade

Jawa Timur selalu menyajikan berbagai destinasi wisata yang menarik, kali ini kita akan mengulik tempat wisata di Jombang. Mendengar kota jombang banyak orang yang mengatakan jombang merupakan kota santri. 

Bahkan di jombang juga banyak terlahir tokoh-tokoh terkenal,seperti presiden ke-4 indonesia yaitu KH Abdurrahman Wahid, Emha Ainun Najib, KH Hasyim Asy’ari dan masih banyak lainnya. Di jombang juga banyak pondok-pondok pesantren, seperti tebu ireng, tambak beras, dan darul ulum. Untuk wisata di jombang, sangat banyak jumlahnya, untuk mempersingkat waktu, mungkin akan kita bahas 8 wisata yang menjadi primadona para pelancong dari berbagai daerah di indonesia.

1. Rumah Hobbit Jombang

tempat wisata di Jombang
sumber Instagram @vandraade

Rumah hobbit jombang berada di carang wulung kecamatan wonosalam, tempat wisata wonosalam ini sedang hits hitsnya dikalangan anak muda. Wisata ini mempunyai banyak spot foto yang menarik, salah satu spot foto favorit kaum milenial ialah di air terjun. Rumah hobbit sendiri juga menyaikan asiknya mendayung perahu di kolam, kebun kakao, dan pemandangan hutan yang modern.

Dari titik rumah hobbit kamu bisa menikmati keindahan gunung arjuno, lalu di kebun kakao ketika musim panen coklat para pengunjung juga boleh untuk memanen, tetapi tetap dengan meminta izin petugas. 

Untuk rumah hobbit ada dua jenis ya, yang pertama rumah hobbit kecil. Rumah hobbit kecil ini dibuat lebih kecil dari seukuran manusia normal, lebih seperti ukuran anak-anak. Banyak anak-anak yang senang berfoto di tempat rumah hobbit kecil dan sekedar berjalan-jalan disekitarnya. Untuk yang kedua, rumah hobbit besar, atau rumah hobbit yang dibuat lebih besar dari ukuran lainnya. Rumah hobbit besar biasanya untuk spot selfi para kaum milenial, dan sangat sering kita jumpai di sosial media. 

2. Air Terjun Grenjeng

simber Instagram @deni_setiawan_39

setelah dari rumah hobbit kamu bisa melanjutkan perjalanan ke air terjun grenjeng, jaraknya hanya sekitar 25 menit dari rumah hobbit. Tidak kalah dengan berbagai macam tempat wisata di mojokerto, air terjun ini mempunyai udara yang sangat sejuk, mendengarkan gemericik air yang mengalir, dan suara air jatuh yang menambah suasana menjadi nyaman. Wisata baru di bareng jombang ini sangat menarik kaum muda mudi untuk sekedar melepas penat. Kamu bisa bermain air disini, di air terjunnya ataupun di aliran sungai bawahnya. 

Baca Juga ini Ya !! =>  Menikmati Keindahan Alam di Pantai Carita

Bentuk air terjunya terbilang unik, karena bentuknya yang bertingkat – tingkat. Air terjun dengan ketinggian 8 meter ini juga memikat para wisatawan asing yang singgah di kota jombang. Akses yang mudah dan murah untuk berkunjung kesini, tunggu apalagi, segera habiskan akhir pekanmu ke air terjun grenjeng jombang.  

3. Kampung Djawi Jombang

twmpat wisata di Jombang
sumber Instagram @snapby.hpsr

Kampung djawi jombang terletak di jl. Raya gondang, carangwulung kecamatan wonosalam kabupaten jombang. Menikmati suasana tempo dulu tentunya akan disuguhkan dengan arsitektur tradisional kampung djawi, rumah joglo yang konon masih sama seperti bentuk pertamanya. Wisata di kampung djawi juga sangat bagus untuk studytour mulai dari anak-anak SD, SMP, dan sampai SMA. Properti yang digunakan di datangkan dari berbagai daerah sekitar jawa timur, seperti pasuruhan, lamongan, dan beberapa daerah yang menjadi bekas kerajaan majapahit.     

Wisata jombang 2021 yang sering dicari ialah tempat-tempat yang banyak mengingat kejadian atau peristiwa jaman dulu. Kampung djawi jombang termasuk wisata jombang terbaru yang tidak hanya pemandangan saja, tapi juga ada berbagai makanan nusantara, seperti sayur lodeh, tempe goreng, sayur asem, dan masih banyak lainnya. Semua makanan disini tergolong murah, higienis, enak dan lezat. Kampung djawi jombang harga murah untuk makanannya, karena hanya dengan 15 ribu rupiah kamu bisa makan dengan kenyang disana.

4. Masjid Agung Baitul Mukminin

sumber Instagram @indra.wmj

Masjid yang terletak di jl. KH.A. DAHLAN NO 28 JOMBANG, JAWA TIMUR, banyak menjadi tempat ibadah yang nyaman untuk para pelancong di jombang. Konon masjid ini menjadi tempat berdirinya organisasi NU di indonesia. Di masjid ini juga diperbolehkan bagi kamu yang capek untuk sekedar beristirahat di serambi masjidnya. 

5. Candi Ngrimbi

tempat wisata di Jombang
sumber instagram @ookii.e

Selanjutnya kita ke candi ngrimbi, yang terletak di pulosari kecamatan bareng kabupaten jombang. Nama rimbi tentunya sudah tidak asing lagi, di dalam pewayangan rimbi yaitu istri werkudara. Candi yang menyajikan suasana menawan ini rumput hijau yang indah nan asri di sekeliling. Banyak para wisatawan yang berkunjung dengan membawa makan siang dan tikar. Mencari tempat di bawah pepohonan, sambil makan siang, bercakap-cakap, dan bisa juga untuk istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan. 

Baca Juga ini Ya !! =>  Macam-macam Tempat Wisata di Bojonegoro untuk Para Penjelajah Alam

Di sekitar candi terdapat wisata kuliner jombang, seperti rawon, kare ayam, pecel dan masih banyak lainnya lagi. Untuk kamu yang suka rawon jawa timur, sangat cocok dengan masakan di sini, karena rawon di sini terasa seperti rasa originalnya dan dengan rempah-rempah yang melimpah.

6. Taman Ponggok Banjarsari 

Sumber Instagram @wulanoctan

Taman ponggok banjarsari yang terletak di kecamatan bandar kedung mulyo kabupaten jombang ini banyak di idam-idamkan para traveller. Menjadi destinasi agrowisata yang bagus dan kekinian taman yang cantik ini jika terlihat dari atas seperti tertata rapi, anggun nan unik. Kamu bisa menjumpai bunga marigold yang mengesankan dengan warna kuningnya.

Bunga-bunga yang indah, subur dan rapi ini  menjadi spot foto idaman kaum hawa, banyak kaum hawa dari berbagai daerah di jawa timur yang sengaja ingin berjalan-jalan menikmati keindahan bunga bunganya. Tidak hanya bunga, di sini masih banyak tanaman lainnya, seperti labu, jagung, kedelai dan bunga matahari yang mekar dengan cantiknya. 

Taman yang sangat cocok untuk wisata keluarga ini bisa juga untuk mengedukasi anak-anak. Suasana khas desa yang sangat membuat para penduduk kota rindu. Jangan lupa berselfie dari gardu pandang yang dapat melihat semua pemandangan di taman ponggok banjarsari jombang.

7. Bukit Hijau Carangwulung

sumber Instagram @maspyo

Bukit carangwulung menjadi salah satu primadona wisata di jombang, melihat pemandangan hutan pinus dengan hiasan spot-spot foto kekinian. Destinais wisata yang instagramable ini banyak disukai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Salah satu spot menariknya ialah spot love nest, spot yang menyajikan indahnya cinta. Untuk menuju lokasi ini kamu harus menggunakan kendaraan yang nyaman dan prima, karena jalan menuju bukit hijau ini terbilang cukup tinggi.

Baca Juga ini Ya !! =>  Air Terjun Toroan, Menikmati Kesegaran Tempat Wisata di Sampang

8. Goa Sriti Wonosalam

tempat wisata di Jombang
Sumber Instagram @riffiangga25

Tempat wisata di Jombang yang terakhir adalah Goa Sriti Wonosalam. Gua ini terletak di daerah kecamatan wonosalam kabupaten jombang, adalah tempat wisata yang memiliki stalagmit dan stalagtit yang hampir berhimpitan. Terjadinya hal tersebut karena material mineral pada goa ini masih aktif dan hidup, tentunya menambah keindahan dan keunikan tersendiri goa sriti. Udara sejuk, tempat yang asri, hijau, dan nyaman untuk bersantai sambil menikmati sore hari.

Banyak para penduduk kota yang datang setiap hari minggu, sejenak untuk melepaskan beban pekerjaan yang padat dan meluangkan waktu untuk keluarga. Goa yang berada di lembah pegunungan anjasmoro ini banyak terdapat sarang burung sriti. Sarang burung sriti memiliki banyak khasiat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.