Wisata  

Tempat Wisata di Banjarnegara Paling Oke yang Kamu Harus Kunjungi

Sumber: Instagram @exploretampomas

Tahu nggak sih? Tempat wisata di Banjarnegara ini nggak kalah keren dari destinasi di kota wisata lain yang lebih terkenal. Banyak wisatawan yang selama ini ‘hanya lewat’ Kabupaten Banjarnegara untuk menuju kota besar lain yang lebih punya nama. Terutama Kabupaten Wonosobo yang punya banyak obyek wisata alam termasuk Dieng dan Gunung Sumbing bersama dengan Magelang dan Temanggung. Padahal, selain punya minuman khas yaitu dawet ayu, Banjarnegara juga punya wisata alam yang nggak kalah keren lho. Berikut di antaranya:

Dataran Tinggi Dieng, Negeri di Atas Awan yang Memesona

Kawasan wisata Dataran Tinggi (DT) Dieng berpusat di dua daerah yang berada di wilayah administratif Kab. Banjarnegara dan Kab. Wonosobo. Daya tarik utama wisatanya adalah banyaknya kompleks candi dari agama Hindu. Uniknya, semua nama candi Dieng memakai nama-nama tokoh pewayangan dari kisah Mahabharata. Sebagian besar kompleks candi tersebut termasuk wilayah Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Sayang, banyak candi yang jadi korban pencurian arca dan banyak pula yang sudah rusak dan tinggal reruntuhannya saja.

Selain candi-candi Dieng, beberapa tempat wisata di Banjarnegara berikut ini merupakan bagian dari kawasan wisata DT Dieng.

1. Museum Dieng Kailasa

Tempat Wisata di Banjarnegara
Sumber: Instagram @mirajoemethasari

Museum Kailasa adalah tempat terpajang koleksi artefak dan benda-benda cagar budaya lainnya, seperti bebatuan untuk pembangunan candi. Lokasinya berseberangan dengan Candi Gatotkaca. Di sini pengunjung juga bisa menyaksikan film tentang Dieng. Juga belajar mengenai sejarah letusan Gunung Prahu Tua serta kepercayaan yang dianut masyarakat Dieng. Fyi, nama museum ini yaitu Kailasa diambil dari nama salah satu gunung yang ditinggali Dewa Syiwa. Ini karena Dieng memang kental akan pemujaan terhadap salah satu Trimurti yang adalah Big Three-nya dewa dalam agama Hindu tersebut.

2. Kawah Candradimuka

Sedikit info seputar pewayangan, Kawah Candradimuka adalah tempatnya Gatotkaca kecil mendapat kesaktian untuk pertama kali. Nah, kawah bernama sama ada di kawasan DT Dieng, tepatnya di Pekasiran, Kec. Batur, Banjarnegara. Pemandangan kawah yang menakjubkan, serta alam sekitar yang masih asri, menjadi pesona utama obyek wisata ini. Selain itu, tiket masuk area kawah pun relatif murah. Apalagi, Kawah Candradimuka ini buka 24 jam lho!

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Bandung Ini Selalu Jadi Destinasi Favorit

3. Kawah Sikidang

Tempat Wisata di Banjarnegara
Sumber: Instagram @kawahsikidang

Kalau yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah Dataran Tinggi Dieng yang paling banyak penggemarnya yang datang dari berbagai daerah. Akses menuju kawah yang cenderung mudah terjangkau menjadi salah satu alasan kepopulerannya. Foto dengan background kawah yang mengepulkan asap memang jadi agenda wajib. Sebagai bonus, kamu juga bisa berfoto bareng burung hantu juga di sana. Pasti deh, hasil foto kamu pasti estetik dan instajenik.

4. Telaga Merdada

Tempat Wisata di Banjarnegara
Sumber: Instagram @wegoindonesia

Merupakan telaga terbesar di DT Dieng dan juga di Banjarnegara. Meski demikian, tak banyak yang tahu dan berkunjung ke Telaga Merdada. Padahal keindahan telaga yang tenang dengan alam hijau di sekitar telaga yang menawan ini menjadikannya layak untuk dikunjungi. Yang unik dari telaga terluas se-Dieng ini adalah bahwa Telaga Merdada tidak memiliki sumber mata air. Di sini, pun kamu tak perlu keluar uang untuk membayar tiket masuk. Nah, untuk pengalaman terbaik, kamu bisa naik perahu untuk berkeliling telaga yang luas ini.

Tempat Wisata di Banjarnegara Lainnya

5. Telaga Dringo

Tempat Wisata di Banjarnegara
Sumber: Instagram @afifathailah

Wisata telaga lain di Banjarnegara yang juga sangat populer di kalangan wisatawan lokal dan asing adalah Telaga Dringo. Tak jarang wisatawan yang mendirikan tenda dan bermalam di tepi telaga yang berada di Kecamatan Batur ini. Udara pagi di sini sangat sejuk segar, dan suasananya juga tenang dan damai. Pemandangan alamnya apalagi. Pastilah jadi pengalaman tak terlupakan jika kamu memilih untuk camping di sini. Untuk sejenak menenangkan hati dan pikiran, serta menyamankan diri dalam pelukan alam. Oh ya, untuk menuju telaga, kamu harus jalan kaki dulu selama sekitar 20 menit karena Telaga Dringo memang jauh dari kebisingan laju kendaraan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Pesona Alam Pesisir Utara Jawa, Tempat Wisata di Pati Ini Harus Kamu Kunjungi

6. Gunung Tampomas

Sumber: Instagram @exploretampomas

Adalah bekas lokasi penambangan batu, Tampomas Banjarnegara kini menjadi obyek wisata dengan panorama eksotis. Setelah ditinggalkan, sekarang yang tersisa dari Tampomas di Parakancanggah, Kec. Banjarnegara ini adalah kawasan wisata yang Instajenik. Terdiri dari cekungan yang tergenang air berwarna kehijauan, dengan area tepian dan dinding tebing batunya yang tampak berundak. Siapkan kamera karena kamu harus berfoto di sini!

7. Gunung Lanang

Sumber: Instagram @instambanjarnegara

Salah satu tempat wisata di Banjarnegara berupa gunung yang bisa kamu daki adalah Gunung Lanang. Letaknya di Jalan Wiradrana, Wiradrana, Majalengka, Kec. Bawang, Banjarnegara. Selain sebagai lokasi menikmati hasil karya Sang Pencipta, masyarakat juga masih melakukan hal-hal berbau mistis di Gunung Lanang lho. Mungkin saat mendaki Gunung Lanang, kamu bakal ketemu beberapa orang yang juga datang ke sana, tapi untuk meletakkan sesajen atau bahkan bertapa di sana, ‘cari ilmu’ gitu lah istilahnya. Waduh, benar tidak tuh? Gimana kalau kamu cek langsung ke lokasi?

8. Sungai Serayu

Tempat Wisata di Banjarnegara
Sumber: Instagram @evanyaaa

Sungai Serayu punya andil besar dalam sejarah Banjarnegara. Ibukota kabupaten sempat pindah ke selatan sungai karena Sungai Serayu sempat meluap dan ini mengganggu komunikasi Banjarnegara dengan Kasunanan Surakarta. Nah, kawasan ibu kota kabupaten (negara) baru ada di area persawahan (banjar). Jadilah, nama Banjarnegara. Sungai Serayu juga banyak berguna bagi kehidupan masyarakat sebagai sumber air untuk irigasi. Selain itu, juga jadi obyek wisata dengan aktivitas utamanya river rafting atau arung jeram. Sungai Serayu punya arus deras yang menantang, sangat cocok untuk olahraga pemacu adrenalin ini. Kalau mau seru-seruan bareng para sahabat atau keluarga, arung jeram Sungai Serayu lah tempatnya.

9. Curug Pitu

Sumber: Instagram @curugpitu_official

Wisata air terjun memang ada di banyak daerah. Tapi, semuanya punya keunikan masing-masing, sehingga semua layak untuk disinggahi. Kalau di Banjarnegara, salah satu air terjun yang unik adalah Curug Pitu. Mendengar nama Curug Pitu sendiri tentu kamu sudah mendapat gambaran akan keunikan wisata air terjun ini. Ada tujuh air terjun di obyek wisata Curug Pitu yang terletak di Kecamatan Sigaluh ini. Letaknya ada di kawasan hutan tropis yang tentunya masih sangat asri dan alami. Rimbunnya pepohonan di sekitar area air terjun menambah kesejukan. Apalagi, belum banyak wisatawan yang berkunjung ke Curug Pitu. Kalau sedang sepi, hanya gemericik air terjun saja yang kamu dengar, bak melodi alam yang indah.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Nganjuk Yang Menarik Untuk  Kalian Kunjungi

10. Curug Pundung Sewu

Tempat Wisata di Banjarnegara
Sumber: Instagram @banjarnegarazone

Berlokasi di Desa Petir, Kec. Purwanegara, Curug Pundung Sewu Banjarnegara menawarkan wisata yang masih sangat alami. Tenang. Bahkan sedikit tersembunyi. Segarnya air yang mengalir terjun dari atas tebing batu ini bisa kamu nikmati secara eksklusif. Lengkap dengan suasana pedesaan yang tenang, berpadu dengan harmonis bersama keindahan alam.

Kabupaten Banjarnegara bertetangga dengan beberapa kabupaten lain seperti Batang, Pekalongan, Wonosobo, Banyumas dan Purbalingga. Semua punya topografi dan iklim yang serupa, jadi wisata alam di masing-masing daerah pun sangat layak kamu sambangi.