Wisata  

Tempat Wisata di Purbalingga yang Wajib Masuk Agenda Liburan Kamu

Tempat Wisata di Purbalingga
Sumber: Instagram @liamahameru_

Cari tahu tempat wisata di Purbalingga yang terbaik berikut ini kalau kamu ada niat bercuti di Purbalingga. Berada di cekungan yang diapit dua pegunungan, Purbalingga tentu punya alam yang asri dan berhawa sejuk. Cocok untuk melepaskan diri dari kepenatan kehidupan di kota besar.

Purbalingga banyak disinggahi wisatawan dari berbagai daerah karena punya jalur pendakian Gunung Slamet yang paling populer. Adalah Jalur Bambangan, dengan start di Pos Bambangan yang ada di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Tapi, tempat wisata dalam kota Purbalingga sendiri pun banyak sekali yang bagus-bagus lho. Jadi, meski kamu tak berniat mendaki gunung tertinggi di Jawa Tengah itu, kamu pun tetap bisa memilih Purbalingga sebagai tempat menghabiskan liburan kamu yang akan datang. Kalau bingung mau kemana selama di Purbalingga, nih, daftar tempat wisata di Purbalingga yang wajib masuk agenda liburan kamu:

1. Kutabawa Flower Garden

Sumber: Instagram @kutabawaflowergarden

Berada di desa yang sama dengan lokasi Pos Bambangan, ada sebuah destinasi wisata berupa kebun bunga aneka warna. Meski tergolong baru di Purbalingga, Kutabawa Flower Garden sangat siap menyambut kedatangan wisatawan dengan keindahan bebungaan. Terutama kaum hawa yang pastinya sangat suka bunga. Tempat ini juga ditata sedemikian rupa dengan tatanan lansekap yang jenius. Menambah keren tempat ini buat dijadikan background foto yang pantas kamu pajang di feed Instagram kamu. Ada setidaknya 18 jenis bunga warna warni tersebar di seluruh area kebun bunga. Selagi berkeliling mengamati uniknya masing-masing bunga, kamu bisa merasakan semilir angin. Dan, udaranya yang sejuk akan membuatmu betah di sini.

Lokasi: Jalan Raya Kutabawa, Karangreja, Purbalingga

2. Desa Wisata Serang

Tempat Wisata di Purbalingga
Sumber: Instagram @instapurbalingga

Di Purbalingga juga ada beberapa desa wisata. Salah satunya yang cocok untuk berlibur bareng keluarga adalah Desa Wisata Serang Purbalingga. Temanya adalah wisata alam. Ada banyak obyek wisata alam di Desa Serang. Hutan pinus? Ada. Kebun bunga? Juga ada. Danau buatan lengkap dengan bebek-bebekan juga ada. Lengkap banget di sini. Salah satu aktivitas seru yang wajib kamu coba adalah petik buah stroberi. Kamu bisa memilih sendiri stroberi yang bagus dan matang, langsung dari kebunnya. Di Serang, kamu pun bisa mencoba berbagai wahana seru seperti flying fox dan naik ATV. Untuk kunjungan yang maksimal, kamu dan keluarga bisa menginap di salah satu homestay di Desa Serang.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Boyolali yang Unik dan Instajenik

Lokasi: Desa Serang, Karangrejo, Purbalingga

3. Rumah Pohon Igir Wringin

Tempat Wisata di Purbalingga
Sumber: Instagram @liamahameru_

Sebuah cara yang keren buat mengagumi keindahan lansekap Purbalingga di bawah sana. Rumah pohon Igir Wringin adalah spot Instagramable dengan pemandangan alam sekitar yang spektakuler. Rumah ini terbuat dari susunan ranting pohon lho! Eits, tak perlu khawatir bakal patah, karena baik pohon yang dipakai sebagai tempat rumah pohonnya maupun ranting pohon yang dipakai sangat kuat. Jadi, aman untuk dinaiki hingga ke atas. Asal nggak melebihi batas kapasitas ya. Apa kamu cukup berani untuk menaiki anak tangga hingga ke bagian teratas rumah pohon? Tinggi banget lho, tapi pemandangan dari atas sana memang sangat menakjubkan. Jangan lupa abadikan momen unjuk keberanianmu dalam beberapa foto Instajenik ya!

Lokasi: Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga

4. Puncak Gunung Sendaren

Sumber: Instagram @elida_nasyiatul_aisyah_farid

Kalau di Gunung Sendaren, spot terbaik mengamati pemandangan alam Purbalingga dan sekitarnya ada di jembatan di atas awannya. Jembatan dari kayu dan bilah bambu ini menjorok meninggalkan bukit. Pastinya bikin deg-degan saat melewatinya. Juga ada beberapa spot foto yang lain dari yang lain, seperti di ratusan anak tangga atau di ‘sarang burung’. Gunung Sendaren juga ada di desa yang sama dengan Rumah Pohon Igir Wringin. Jadi, bisa mengunjungi dua tempat dalam sekali jalan. Pastikan staminamu dalam kondisi prima ya, karena kamu bakal banyak jalan.

Lokasi: Jalan Ardi Lawet, Panusupan, Rembang, Purbalingga

5. Bukit Mertelu

Tempat Wisata di Purbalingga
Sumber: Instagram @instapurbalingga

Untuk wisata area perbukitan pasti ada spot-spot instagramable plus wahana memacu adrenalin. Nah, kalau di Purbalingga, Bukit Mertelu lah tempatnya. Yang wajib kamu coba? Tentu ayunan eksrimnya dong. Tantang dirimu dan biarkan jantung bedegup lebih kencang selagi kamu berayun di ketinggian. Dengan alam Purbalingga yang masih asri dan hijau di bawahmu. Jangan lupa juga isi penuh baterai kameramu karena kamu pasti sibuk jepret-jepret di semua spot selfie-nya yang unik-unik.

Baca Juga ini Ya !! =>  10 Tempat Wisata di Lampung Buat Kamu yang Menyukai Alam dan Pantai

Lokasi: Sangkanayu, Mrebet, Purbalingga

6. Lampion Tengah Sawah (Jembatan Lampion Desa Bawahan)

Tempat Wisata di Purbalingga
Sumber: Instagram @mtma_purbalingga

Kamu suka foto-foto dengan background alami tapi juga instajenik? Ke Jembatan Lampion Desa Bawahan aja. Spot foto ini disebut juga Lampion Tengah Sawah, karena dibangun di tengah-tengah area persawahan. Di siang hari, kamu bisa menghasilkan foto warna warni yang seru. Dan begitu malam tiba, wah, nyala lampionnya menyulap tempat ini jadi romantis!

Lokasi: Dusun Bawahan, Desa Wisata Gunungwuled, Kec. Rembang, Purbalingga

7. Jembatan Cinta Pring Wulung

Tempat Wisata di Purbalingga
Sumber: Instagram @diana_jcb

Kalau kamu ke Purbalingga bersama pasangan, ada satu tempat yang pas buat wisata romantis. Adalah Jembatan Cinta Pring Wulung; dinamakan demikian karena jembatan dari bambu dan kayu ini dibuat melengkung-lengkung membentuk hati. Gimana nggak romantis tuh? Cocok banget buat pemotretan pre-wedding.

Lokasi: Panusupan, RT 3 RW 4, Rembang, Purbalingga

8. Kampung Kurcaci

Sumber: Instagram @sitatulll__

Jajaran film The Lord of the Ring dan juga ‘saudara’nya yaitu The Hobbit memang sangat booming dimana-mana. Termasuk di Indonesia, dimana penggemarnya tak terhitung banyaknya. Saking hits nya, di banyak lokasi wisata alam di berbagai kota, kamu bisa menemukan replika rumah hobbit. Nah, di Purbalingga pun ada. Kampung Kurcaci tempatnya. Meski kamu bisa tak bisa melihat langsung para hobbit dan kurcaci, di sini setidaknya kamu akan menemukan rumah mereka yang unik. Dan, berfoto tentunya.

Lokasi: Krajan, Serang, Karangreja, Purbalingga

9. Curug Tempuran

Sumber: Instagram @curugmania

Untuk menyempurnakan liburanmu ketika berpelesir ke daerah yang sejuk, kunjungan ke wisata air terjun jadi sangat perlu. Curug Tempuran punya segala keindahan alam yang kamu butuhkan untuk menyegarkan diri. Pepohonan hijau, air terjun yang jernih, dan kolam yang luas. Nggak sabar pengen nyebur ya? Tapi, tetap hati-hati ya, karena ada bagian dari kolam Curug Tempuran yang cukup dalam.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Pamekasan, Berikut Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi

Lokasi: Jalan Raya Binangun no. 18, Pengalusan, Mrebet, Purbalingga

10. Owabong Waterpark

Tempat Wisata di Purbalingga
Sumber: Instagram @owabong

Meski bukan merupakan obyek wisata Purbalingga terbaru, Owabong Waterpark tetap wajib masuk dalam daftar rencana liburan kamu di sini. Tak hanya anak-anak saja, tempat ini akan memanjakan semua pengunjungnya. Di sini adalah surganya wahana permainan air. Terlebih, ada deburan ombak buatan yang selalu menderu, siap menemanimu main air. Serasa di pantai ya, cuman nggak ada pasirnya aja. Selain ombaknya, Owabong Waterpark juga punya berbagai wahana yang pastinya bikin kamu nggak mau pulang. Apalagi, fasilitas di sini komplet!

Lokasi: Jalan Raya Owabong no. 1, Dusun 2, Bojongsari, Purbalingga

Kalau 10 obyek wisata kamu rasa kurang, tenang, di Purbalingga masih ada banyak lagi tempat wisata terbaik yang bisa kamu datangi. Ada Puncak Sibarat, Telaga Situ Tirta Marta, Bendungan Slinga, Goa Lawa, dan masih banyak lagi. Begitu sampai di Purbalingga, wajib hukumnya menjajal aneka kuliner Purbalingga yang melegenda. Misalnya gulai melung dan soto so Purbalingga. Pasti akan menjadikan kunjunganmu makin sempurna.

Oh ya, Kabupaten Purbalingga berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain yang tentunya punya obyek wisata hits versi masing-masing. Jadi, selain ke tempat wisata di Purbalingga, kamu bisa sekalian liburan ke tempat wisata Banjarnegara, Pemalang, Banyumas, dan Purwokerto juga.