Cara Menghilangkan Ketombe Anti Gagal dan Mujarab!

  • Bagikan
cara menghilangkan ketombe

cara menghilangkan ketombe

Ada banyak cara menghilangkan ketombe yang terbukti ampuh dan anti gagal. Hampir seluruh manusia pasti pernah memiliki ketombe di rambutnya. Ada yang hanya berjumlah sedikit hingga tidak terlalu mengganggu. Kemudian ada juga yang memiliki ketombe dalam jumlah banyak. Jika ketombe terlalu banyak, tidak jarang orang lain akan melihatnya dan menegur. Tentu ini akan membuat malu penderitanya. Sehingga solusi satu-satunya adalah dengan mencari cara menghilangkan ketombe secara permanen.

Apa itu Ketombe?

Menurut para ahli kesehatan, ketombe merupakan serpihan dari kulit kepala yang memiliki warna putih, kekuningan, atau abu-abu. Serpihan ini berasal dari pengelupasan kulit kepala yang berlebihan. Sebenarnya pengelupasan ini normal terjadi karena itu hanyalah sel-sel kulit mati yang dibuang oleh tubuh. Namun karena jumlahnya berlebihan maka terjadilah ketombe. Tidak jarang penderitanya akan merasakan gatal pada kulit kepala. Dengan menggaruknya justru hanya akan semakin memperburuk keadaan. Oleh sebab itu, hindari untuk menggaruk kepala secara terus-terusan untuk mencegah iritasi.

 

ketombe

Apa yang Menyebabkan Ketombe Terjadi?

Banyak sekali yang dapat menyebabkan terjadinya ketombe. Sayangnya penyebab ini pun agak sulit dicegah karena ada beberapa faktor yang tidak bisa Anda hindari. Berikut adalah poin-poin penyebabnya:

  1. Terlalu sering keramas atau jarang sekali keramas. Frekuensi keramas yang baik adalah dua hari sekali agar rambut tidak terlalu kering dan tidak terlalu kotor.
  2. Orang dengan tipe rambut yang berminyak. Hal ini lumrah terjadi dan sulit untuk dihindari karena sudah merupakan faktor gen.
  3. Alergi dengan produk perawatan rambut. Dengan beragamnya produk perawatan rambut di masa sekarang ini membuat kita tergoda untuk mencobanya. Tidak semua produk yang kita coba akan cocok dengan rambut kita. Jika tidak cocok, pasti akan menimbulkan ketombe pada rambut. Stop penggunaannya, ya, jika masalah ini sampai terjadi!
  4. Terkena eksim atopik. Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah, gatal, kering, dan kemerahan.
  5. Psoriasis, suatu kondisi yang menyebabkan kulit meradang lalu menjadi menebal, kering, terkelupas, dan bersisik. 
  6. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam dan gula serta pedas.
  7. Menderita penyakit HIV karena mengganggu sistem kekebalan tubuh
  8. Terlalu sering minum minuman alkohol
  9. Pria yang sedang mengalami fase pubertas juga rentan terhadap masalah rambut satu ini.
  10. Infeksi jamur pada kulit kepala

Cara Membasmi Ketombe

Setelah kita ketahui tentang fakta apa saja penyebab ketombe, kini kita akan membahas cara mengatasinya. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yakni dengan bahan alami dan bahan kimia alias non alami. Kedua cara ini sama-sama ampuh dalam menyembuhkan ketombe. Yang membedakan hanyalah waktu dan kemampuan untuk konsisten dalam menjalani perawatan. Ketombe bukanlah suatu penyakit yang bisa sembuh dalam sehari semalam. Namun, Anda perlu melakukan perawatan rutin dan berkelanjutan untuk terbebas dari masalah rambut satu ini. Bagaimanakah cara-caranya?

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Obat Alami Radang Tenggorokan Yang Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah

1. Garam si Putih Kecil Ampuh

Garam adalah bahan alami yang pasti sangat mudah ditemukan di rumah Anda. Khasiatnya ajaib sebagai penyembuh dari berbagai penyakit. Garam pun juga bisa digunakan untuk mengusir ketombe. Fungsi garam bisa menjadi anti jamur, eksfoliator, dan menyerap minyak berlebih pada kulit kepala. 

Cara menghilangkan ketombe dengan garam bisa dicampur dengan beberapa bahan lain seperti lidah buaya, cuka apel, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Langkah yang paling mudah adalah dengan menaburkan garam pada daging lidah buaya yang masih menempel di batang. Lalu gosokkan ke area kulit kepala yang bermasalah. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

 

2. Kombinasi Lemon dan Telur

Lemon dan Telur

Lemon dan telur sama-sama berguna sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Telur mampu membantu untuk pengelupasan kulit. Sedangkan lemon bisa menekan jumlah sel kulit mati yang berlebihan. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon dan telur adalah dengan membuatnya sebagai masker rambut. Campurkan 1 buah telur dan air perasan lemon. Usapkan ke rambut hingga ke kulit kepala. Diamkan sejenak kurang lebih 30 menit agar seluruh kandungan telur dan lemon dapat meresap dengan baik. Kemudian bilas dengan bersih menggunakan shampo agar rambut tidak berbau amis.

 

3. Baking Soda yang Ternyata juga Ampuh

Selain sebagai obat penghilang ketombe, baking soda juga ternyata juga mampu membuat rambut semakin berkilau, dan kuat. Bahkan menurut beberapa penelitian, baking soda juga mampu menghilangkan berbagai kuman dan bakteri pada rambut. Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda tidak susah. Anda cukup menambahkan 1 sendok makan baking soda saat akan keramas dengan shampo. Campurkan dengan shampo, lalu keramaslah seperti biasa. Agar lebih efektif, diamkan selama 5-10 menit agar efek dari baking soda bisa bekerja secara maksimal.

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Wajah Mulus dengan 5 Cara Menghilangkan Komedo ini

4. Sang Legendaris Minyak Zaitun 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal dengan manfaatnya yang super banyak di bidang kecantikan. Tidak terkecuali untuk perawatan rambut. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun bisa terbilang efektif karena berfungsi sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Dengan minyak zaitun, Anda juga bisa menghilangkan iritasi yang mengganggu pada kulit kepala berketombe. Untuk membuatnya tidak sulit karena Anda bisa mencampurkannya dengan madu. Campurkan ¼ liter minyak zaitun dengan 2 sendok teh madu. Lalu usapkan ke rambut, dan diamkan hingga 10 menit. Setelah meresap dengan sempurna, keramasi rambut seperti biasa.

 

5. Ingin Sedikit Aneh? Coba Bawang Putih

Bawang putih mungkin akan terdengar aneh jika harus digunakan sebagai obat anti ketombe. Bau dari bawang putih memang akan menyengat dan mengganggu. Namun jika Anda tertarik untuk mencoba tidak ada salahnya. Caranya adalah dengan menggerus beberapa siung bawang putih. Tambahkan sedikit air kemudian oleskan pada area kulit kepala yang bermasalah. Diamkan sejenak lalu cuci rambut dengan shampo. Bawang putih ampuh karena memiliki kandungan anti jamur. Oleh sebab itu, cara ini cocok untuk Anda yang menderita ketombe karena infeksi jamur.

 

6. Menggunakan Shampo Anti Ketombe

shampo

Untuk Anda yang tidak mau ribet dan bersusah-susah meracik bahan-bahan di atas, tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak sekali shampo anti ketombe yang bisa Anda temukan bebas di pasaran. Shampo jenis ini biasanya memiliki beberapa kandungan tertentu. Pastikan Anda memilih shampo dengan bahan anti fungal, asam salisilat, tar,dan zink pyrithione.

 

7. Tambahkan Perawatan Ekstra untuk Hair Care

Selain shampo, mungkin Anda perlu menambahkan beberapa produk agar hasil lebih maksimal. Anda bisa menambahkan hair tonic atau vitamin rambut agar rambut lebih sehat dan bisa bebas dari ketombe. Pilihannya pun banyak dan bervariasi. Jika terjadi reaksi alergi dan iritasi saat mencoba suatu produk perawatan baru, jangan dilanjutkan, ya!

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Ini 7 Cara Memutihkan Gigi yang Dijamin Keampuhannya

8. Cara Instan Terampuh & Anti Gagal!

topi

Anda ingin menghilangkan ketombe secepat kilat dan instan? Bisa! Yang Anda perlukan hanyalah topi. Topi bisa membantu Anda untuk menutupi rambut Anda yang sedang berketombe. Cara ini memang hanya untuk menutupi saja bukan untuk menyembuhkan. Namun, ini merupakan solusi efektif jika Anda harus tampil dalam penampilan sempurna dan bertemu orang banyak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *