4 Rekomendasi Kuliner Palembang yang Populer Bagi Kamu Penikmat Wisata Kuliner

  • Bagikan
kuliner palembang pempek
sumber instagram @melp3y

Palembang, kota yang selalu menarik banyak wisatawan dengan keindahan jembatan Ampera ya yang megah. Ternyata tidak hanya daya tarik kota dan wisatanya saja yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke kota ini. Selain tempat wisata Palembang, kamu juga bisa mencoba berbagai jenis kuliner Palembang yang lezat dan unik tentunya.

Nah untuk kamu yang penasaran, berikut kami berikan beberapa rekomendasi kuliner khas kota Palembang yang wajib kamu coba ketika sedang melancong ke sana.

  • Pempek

kuliner palembang pempek
sumber instagram @melp3y

Yang pertama sudah pasti tidak lain dan tidak bukan adalah pempek. Kuliner Palembang yang satu ini sudah sangat populer dan bahkan menjadi ikon atau makanan hits di Palembang. Kuliner yang juga merupakan makanan khas Sumatera Selatan ini adalah sajian yang terbuat dari adonan tepung sagu dan ikan. Ikan yang menjadi bahan dalam pembuatan pempek khas asli Palembang adalah ikan tenggiri yang sebelumnya telah dihaluskan.

Umumnya kamu bisa menikmati pempek dengan kuah yang berwarna coklat kental dengan paduan rasa manis, pedas, dan sedikit asam. Kelezatan rasanya tidak perlu kamu ragukan lagi. Terlebih dengan penggunaan ikan tenggiri yang memiliki cita rasa lebih lezat dari jenis ikan lainnya. Meski demikian, semakin kesini bahan baku pembuatannya semakin beragam, tidak cuma ikan tenggiri.

Sementara itu untuk kuah pempeknya sendiri terbuat dari gula merah dengan campuran larutan cuka atau cuko. Selain itu ada pula tambahan asam jawa, agar rasa kuahnya menjadi lebih seimbang

Nah menurut sejarahnya, kuliner Palembang ini telah ada di Palembang sejak masuknya pedagang Tionghoa ke kota ini. Saat itu bertepatan dengan masa pemerintahan Sultan Badaruddin II Kerajaan Palembang Darussalam. Hanya saja namanya belum menjadi pempek tetapi ‘kelesan’.

Nama pempek sendiri berasal dari sebutan pembeli ke penjual kelesan atau Empek. Dari panggilan, ‘Pek, empek….’.

Ada beberapa varian pempek, tergantung pada cara penyajian maupun komposisi bahan dan isinya. Dan pempek yang paling populer adalah pempek kapal selam, atau pempek yang diisi dengan telur ayam kemudian digoreng dalam minyak panas. Jenis lainnya antara lain pempek lenjer, pempek kulit ikan, dan yang cukup unik adalah pempek pistel dengan isi irisan pepaya muda rebus yang sudah yang sebelumnya telah ditumis dan dibumbui. Dan masih banyak jenis variasi yang lain.

Pempek seolah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Kota Palembang. Pempek  begitu populer dan memiliki banyak penggemar. Tidak hanya bagi masyarakat Palembang, namun juga bagi para wisatawan dari luar daerah. Kuliner Palembang yang satu ini kerap menjadi oleh-oleh khas.

  • Kemplang

kuliner palembang kemplang
sumber instagram @toko_512

Kemplang juga menjadi salah satu camilan khas kota Palembang. Ketika kamu mempunyai teman atau kerabat yang berasal dari Palembang, setiap kembali dari pulang kampung, kemplang menjadi salah satu oleh-oleh yang sering dibawa. Selain karena nikmat, kuliner Palembang yang berupa camilan kerupuk ini praktis dan tahan lama. 

Kini kemplang selain dikenal masyarakat kota Palembang, juga sudah populer bagi masyarakat Nusantara. Kemplang jug merupakan kuliner tradisional kota Palembang, Sumatera Selatan yang sudah ada sejak dulu. Nama ‘kemplang’ berasal dari cara pembuatannya dengan cara dikemplang atau dipukul. Hal ini dilakukan agar adonannya menjadi rata. Rasanya gurih sehingga bisa cocok bagi semua lidah.

Dulu camilan kuliner Palembang ini terbuat dari bahan dasar ikan belida. Semakin kesini bahannya tergantikan dengan jenis ikan lainnya seperti, ikan gabus, ikan tenggiri atau juga ikan daging merah. Sebab populasi ikan belida semakin sedikit dan sulit untuk mendapatkannya.

Cara pengolahannya menggunakan cara yang tradisional. Ikan dibersihkan tulang dan kulitnya, hingga tersisa hanya dagingnya saja. Setelah itu giling ikan menggunakan penggiling tradisional, yaitu lesung penumbuk beras. Namun untuk mendapatkan waktu yang efisien dan mempercepat  proses pengerjaan, sekarang ini menggiling ikan sudah menggunakan blender.

Daging ikan yang sudah halus tersebut dicampur tepung dan beberapa bumbu khas. Kemudian adonan tersebut dicetak berbentuk bulatan kecil untuk kemudian dikukus. Setelah itu masuk ke proses pengeringan hingga mengeras. Salah satu keunikan dari proses pengolahan kemplang ini adalah kerupuknya tidak dengan cara penggoreng, melainkan panggang. Hal tersebut membuat kerupuk kemplang ini memiliki aroma yang khas, dan memiliki gurih dan renyah.

  • Tekwan

kuliner palembang
sumber instagram @md206_photography

Selain pempek dan kerupuk kemplang yang populer bahkan hingga mancanegara, kota Palembang juga memiliki salah satu hidangan khas yang tidak kalah nikmat. Kuliner Palembang tersebut adalah tekwan, hidangan sup yang berisi daging ikan dan sagu yang yang berupa potongan kecil. Palembang memang senang mengolah makanan yang berbahan dasar ikan. Salah satu rekomendasi kuliner makan siang Palembang yang nikmat.

Bahan utama ikan dalam pembuatan tekwan sendiri adalah dari daging ikan tenggiri. Biasanya juga kamu bisa menambahkan makanan pelengkap yang lain sepert jamur, bihun, irisan daun bawang, seledri.  Semuanya itu  disiram dengan kuah udang untuk selanjutnya bisa kamu nikmati.

Meskipun tidak sepopuler pempek, tekwan sebenarnya juga cukup terkenal, tidak hanya bagi masyarakat Palembak tetapi jiga hingga masyarakat daerah lainnya. Bahkan bagi wisatawan mancanegara mengenal kuliner Palembang ini dengan sebutan fish cake atau bakso dengan kaldu udang. 

Berdasarkan beberapa sumber, tekwan merupakan kuliner hasil akulturasi dari budaya Palembang dan Tionghoa. Ketika itu banyak orang Tionghoa yang sudah mulai mendiami dan menetap di Palembang. Kemudian mereka mulai pula memperkenalkan makanan dengan bahan dasar ikan. Selanjutnya pengolahan kuliner tersebut diadopsi oleh masyarakat Palembang dengan menyesuaikan cita rasa dan lidah dari masyarakat kota Palembang itu sendiri. Mereka menambahkan kuah kaldu yang serupa dengan sup dan tentunya dengan bumbu khas.

Untuk nama dari tekwan ini sendiri ada yang mengatakan berasal dari singkatan yang “berkotek samo kawan” yang memiliki arti mengobrol bersama kawan. Hal tersebut karena masyarakat Palembang terbiasa dan menyukai kegiatan makan bersama kawan atau kerabat sambil berbincang.

  • Es Kacang Merah

kuliner palembang
sumber instagram @makannyamnyam

Setelah membahas beberapa makanan dan camilan khas kota Palembang yang unik dan lezat, untuk yang terakhir merupakan kuliner Palembang yang menyegarkan, yaitu es kacang merah. Minuman khas kota Palembang ini biasa kamu nikmati atau menjadi teman makan ketika sedang menyantap  pempek.

Es kacang merah ini bisa terbuat dari kacang merah segar, kacang merah kering atau juga kalengan. Kacang merah tersebut lalau tambahkan campuran kuah santan dan es serut. Untuk rasa manisnya biasanya dengan menggunakan sirup atau bisa juga dengan susu kental manis sesuai selera.

Es kacang merah ini juga merupakan makanan sehat Palembang, karena memiliki beragam manfaat Kamu bisa dengan mudah menemukan menu es kacang merah ini di berbagai sudut kota Palembang. Terlebih lagi di warung atau tempat makan pempek.

Nah bagaimana, apakah kamu tertarik dan penasaran untuk mencoba menu-menu hidangan khas kota Palembang di atas? Jika demikian, maka jangan sampai untuk melewatkan menikmati kuliner khas di atas ketika kamu berkesempatan mengunjungi kota Palembang. Banyak kuliner Palembang 24 jam yang bisa kamu eksplorasi dan juga banyak promo makanan Palembang. Demikian rekomendasi kuliner pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan bagi kamu yang hobi dengan wisata kuliner.

Baca Juga ini Ya !! =>  5 Rekomendasi Kuliner Lampung Buat Kamu Pemburu Kuliner Lezat
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *