Wisata  

4 Rekomendasi Tempat Wisata di Bondowoso Bagi Para Penikmat Alam

tempat wisata di Bondowoso
sumber Instagram @ekoardiyanto_

Bondowoso, salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik. Jika kamu menyukai wisata yang berbau alam, maka Kabupaten Bondowoso ini menjadi salah satu destinasi liburan yang tidak bisa kamu lewatkan. Bentuk geografisnya yang memiliki banyak perbukitan membuat Bondowoso memiliki keindahan alam yang mempesona. Beberapa tempat wisata di Bondowoso juga sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia, misalnya tempat wisata Bondowoso mirip Jeju island atau kawasan Labeng Seng Bondowoso dengan pemandangan ilalangnya yang cantik.

Namun tahukah kamu jika Bondowoso memiliki berbagai wisata menarik selain kedua wisata populer di atas? Kamu bisa menikmati berbagai wisata alam yang indah di sini. Mulai dari pesona air terjun yang menyegarkan hingga pesona puncak gunung yang menawan. Buat kamu yang penasaran dengan keindahan alam Kabupaten Bondowoso,berikut beberapa tempat wisata di Bondowoso yang mungkin kamu minati.

1. Air Terjun Tancak Kembar

tempat wisata di Bondowoso
sumber Instagram @ekoardiyanto_

Satu keindahan alam yang tersimpan di Kabupaten Bondowoso yaitu air Terjun Tancak Kembar. Sesuai dengan namanya, lokasi wisata ini memiliki dua air terjun dengan ketinggian yang sama. Jarak keduanya hanya sekitar 20 meter. Karena memiliki ketinggian dan bentuk yang sama sehingga air terjun ini diberi nama Tancak Kembar. Tancak yang dalam bahasa Madura berarti air terjun. Wisata ini terletak di desa Andungsari, Pakem, Bondowoso, sekitar 25 km dari pusat kota. 

Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini kamu perlu perjuangan, sebab letaknya berada di lereng gunung Argopuro dengan ketinggian kurang lebih 1.100 mdpl. Ketinggian air terjun ini sekitar 70 meter, masing-masing disimbolkan oleh masyarakat setempat sebagai lambang laki-laki dan perempuan. Mitosnya, dahulu kala air terjun ini merupakan tempat pemandian Dewi Rengganis. Dan dipercaya jika kamu mandi di air terjun ini bisa membuatmu awet muda.

Baca Juga ini Ya !! =>  Rekomendasi Liburan Keluarga, Mengunjungi Tempat Wisata di Pasuruan

Namun terlepas dari mitos tersebut, wisata air terjun Tancak Kembar ini tetap ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Bondowoso. Di sini selain disuguhi pemandangan sepasang air terjun yang cantik, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang menyegarkan pikiran. Lokasinya yang jauh dari kota, menjadikan tempat wisata di Bondowoso yang satu ini menjadi lokasi yang cocok untuk melepaskan penat dari sibuknya pekerjaan.

2. Kawah Wurung

sumber Instagram @juraganjamurtiram13

Satu lagi pesona alam yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Bondowoso, yaitu Kawah Wurung. Sebab lokasi wisata ini akan memberikan kamu pengalaman menikmati keindahan alam yang berbeda. objek wisata alam ini sangat menarik perhatian pengunjung karena menyuguhkan lanskap perbukitan yang mempesona, hamparan hijau yang menyejukkan mata. Kesejukan dan suasananya yang menenangkan membuat Kawah Wurung cocok menjadi tempat liburan atau berakhir pekan, setelah sibuk dengan pekerjaan.

Kamu akan mendapatkan pemandangan yang berbeda di sini, karena Kawah Wurung ini tidak seperti kawah-kawah pada umumnya yang memiliki endapan belerang atau air danau. Kawah ini justru memberikan kamu pandangan luasnya padang sabana yang indah, dengan view perbukitan yang menakjubkan.

Kawah Wurung ini terletak di Desa Jampit, Sempol, Bondowoso. Sepanjang perjalanan menuju ke objek wisata ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan kopi dan perbukitan yang sejuk. Namun kamu harus berhati-hati karena jalurnya sedikit menanjak.

Di lokasi ini kamu bisa menyewa tenda untuk bisa menikmati pengalaman kemping di tengah luasnya padang sabana yang dikelilingi perbukitan. Atau bagi kamu yang kurang berminat untuk kemping, di sekitar lokasi Kawah Wurung ini juga terdapat beberapa penginapan dan hotel di Bondowoso yang bisa kamu sewa. 

3. Puncak Piramid

tempat wisata di Bondowoso
sumber instagram @tegardferrianto

Objek wisata yang satu ini sangat populer bagi para pendaki. Puncak Piramid berada di Desa Ardisaeng, Pakem, Bondowoso. Nama Puncak Piramid diberikan sebab sekilas dari kejauhan gunung ini memiliki bentuk yang menyerupai segitiga. Gunung yang masih bagian dari Gunung Argopuro ini memiliki ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

Baca Juga ini Ya !! =>  Mojosemi Forest Park, Tempat Wisata di Magetan yang Ramah Keluarga

Banyak pendaki atau para pecinta alam yang datang karena keindahan alam yang syahdu. Meskipun begitu, untuk menikmati pesonanya perlu perjuangan ekstra karena jalur pendakiannya cukup sulit. Namun semua terbayar dengan keindahannya yang memanjakan mata. Sejak awal pendakian kamu bisa menikmati panorama barisan hutan pinus, hijaunya perkebunan kopi dan aliran sungai yang menyejukkan mata.

Bentuknya yang unik menjadikan lokasi ini menjadi spot foto yang menarik pagi para pendaki. Namun kamu perlu terus berwaspada karena gunung ini memiliki kemiringan yang ekstrim. Jadi kamu tetap harus berhati-hati ketika hendak mengabadikan momen ya. Tidak hanya pendaki laki-laki, keindahan pesona yang ditawarkan puncak Piramid ini mengundang pula ketertarikan para pendaki wanita. Dari puncak kamu bisa melihat hamparan pemandangan alam Bondowoso yang syahdu.

Pendakian memerlukan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Dari titik keberangkatan sampai pada lokasi pos kemping memakan waktu sekitar 2-3 jam, dan masih harus menempuh sekitar 2 jam lagi untuk bisa mencapai puncak. Kalau kamu berencana untuk mengunjungi lokasi ini , pastikan untuk mempersiapkan kondisi fisik yang baik. Selain itu siapkan pula peralatan-peralatan pendakian dan perkemahan yang lengkap dan memadai.

4. Bukit Mahadewa

sumber Instagram @aidahfikr

Masih berminat dengan wisata yang memberikan lanskap yang memukau? Mungkin Bukit Mahadewa ini adalah tempat yang kamu butuhkan. Tempat wisata di Bondowoso yang satu ini merupakan tempat yang cocok buat kamu yang ingin menikmati pemandangan perbukitan dan perkebunan yang mempesona. Lokasinya berada di Desa Kupang, Kabupaten Bondowoso.

Pesona utama yang bisa kamu nikmati di lokasi ini adalah view dari puncak perbukitannya yang menawan, dengan hiasan latar pemandangan kota Bondowoso. Tidak heran jika lokasi ini kerap kali menjadi spot favorit bagi fotografer untuk berburu foto cantik.

Baca Juga ini Ya !! =>  Pantai Teluk Awur, Tempat Wisata di Jepara Ramah Keluarga

Lokasinya berada pada ketinggian 1.000 mdpl membuat tempat ini memberikan pesona yang syahdu. Banyak keindahan yang akan memanjakan matamu ketika berada di sini. Selain bisa melihat kota Bondowoso secara menyeluruh, kamu juga bisa menikmati indahnya tebing dengan barisan pohon pinus, serta pemandangan megahnya Gunung Raung yang disebut sebagai paku alam dari Pulau Jawa. 

Bagi masyarakat Bondowoso, lokasi ini merupakan tempat favorit untuk liburan atau menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga tercinta. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini selain sekedar menikmati pemandangan alamnya yang mempesona. Di Bukit Mahadewa ini kamu bisa melakukan kegiatan perkemahan atau camping. Berbagai spot foto menarik tersedia oleh pengelola bisa kamu nikmati, dan pastinya sangat kekinian dan instagenic.

Jika lelah selepas menjelajah menikmati pemandangan, di sini tersedia berbagai warung atau rumah makan yang bisa kamu jadikan tempat beristirahat sambil kembali mengisi tenaga dengan berbagai kuliner Bondowoso yang lezat.

Nah bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisat di Bondowoso di atas? Kamu juga bisa menikmati berbagai wisata lain, termasuk wisata kuliner Bondowoso bagi kamu pemburu kuliner-kuliner nikmat.