Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Bikin PD Lagi

  • Bagikan
cara menghilangkan bau mulut

cara menghilangkan bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut itu tidak susah kalau kita tahu apa yang menyebabkannya. Bau mulut memiliki istilah medis yang biasa disebut sebagai halitosis. Pada dasarnya, masalah ini bukanlah masalah yang serius. Anda tidak perlu mendapat perawatan medis darurat karena hanya masalah bau mulut. Namun, bau mulut bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Jika mulut kita bau, kita pun jadi cenderung pendiam. Takut memulai pembicaraan atau berusaha menutupi mulut tentu akan sangat tidak nyaman.

Penyebab Bau Mulut

Ada asap ada api. Ada sebab, maka ada akibat. Untuk menghilangkan bau mulut busuk, kita perlu tahu dulu apa penyebabnya. Terdapat berbagai macam yang bisa menimbulkan bau mulut. Apa sajakah itu?

 

1. Makan makanan yang Berbau Menyengat

jengkol

Ada beberapa jenis makanan di dunia ini yang bisa membuat bau mulut menjadi menyengat. Meski rasanya cenderung enak, tapi baunya yang tajam bisa menjadi masalah tersendiri. Contoh makanan tersebut antara lain jengkol, pete, durian, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya. Sebaiknya Anda tidak terlalu sering dalam mengkonsumsinya. Meski bawang merah dan putih adalah bumbu wajib di masakan, tapi Anda bisa mengakalinya. Caranya adalah dengan tidak memakan kedua bawang ini secara mentah.

 

2. Kesehatan Gigi dan Mulut yang Buruk

Penelitian membuktikan bahwa 80% penyebab bau mulut yang mengganggu berasal dari kesehatan gigi dan mulut yang bermasalah. Bisa jadi ada gigi yang berlubang, atau gusi yang bermasalah. Oleh karena itu Anda perlu baca sampai tuntas artikel ini tentang bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang.

 

3. Infeksi Bakteri

Bau mulut juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri yang bernama H.pylori ini biasanya pangkal penyebab maag atau GERD alias penyakit asam lambung.

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Obat Alami Radang Tenggorokan Yang Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah

4. Diet Ekstrim

Tidak sedikit dari kita yang memilih untuk diet ekstrim demi mencapai hasil yang lebih cepat. Diet ekstrim tersebut bisa berupa menghentikan asupan karbohidrat ke dalam tubuh. Padahal karbohidrat merupakan nutrisi paling penting sebagai penghasil energi. Kekurangan karbohidrat secara drastis juga bisa menyebabkan mulut berbau tak sedap.

 

5. Menderita Penyakit Tertentu

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut. Penyakit tersebut antara lain adalah infeksi saluran pernapasan, sinusitis, gangguan hati, dan sebagainya. 

 

6. Xerostomia

Xerostomia adalah suatu keadaan di mana mulut menjadi kering karena adanya gangguan pada produksi air ludah. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan bakteri pada rongga mulut, efek samping obat, atau gangguan autoimun. Tidak jarang para penderita kondisi ini sering berkutat dengan cara mengatasi bau mulut kronis.

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Ampuh!

Dengan mengetahui penyebabnya, kita pun akan lebih mudah dalam menemukan cara menghilangkan bau mulut permanen. Ada banyak cara yang sebenarnya bisa Anda lakukan. Cara-cara tersebut tidak susah. Intinya jika Anda tidak jorok dan rutin dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka mulut pun tidak akan bau. Penyebabnya tentu sudah dianalisis di atas. 80% penyebab mulut berbau tak sedap karena kurangnya kebersihan pada gigi dan mulut. Nah, kira-kira bagaimanakah cara menjaga kebersihan gigi dan mulut itu?

 

1. Rajin Menyikat Gigi

Siapa yang di sini masih merasa malas untuk menyikat gigi? Ternyata masih banyak, lho, orang yang malas untuk menggosok gigi. Padahal dokter gigi dan para ahli kesehatan mulut mewajibkan untuk menggosok gigi sebanyak 2 kali sehari. Sebaiknya setelah sarapan dan sebelum tidur. Sikat gigi pun juga harus diganti dengan rutin selama dua bulan sekali. Dengan rajin menggosok gigi 2 kali sehari, Anda juga akan menurunkan risiko gigi berlubang.

 

Baca Juga ini Ya !! =>  6 Obat Alami Asam Lambung Yang Banyak Ditemui, Terjamin Ampuh!

2. Jangan Lupa Obat Kumur

Pada beberapa orang, mereka membutuhkan obat kumur alias mouthwash agar mulut terasa segar. Obat kumur sejatinya tidak wajib Anda miliki. Rasanya yang cukup pedas membuat beberapa orang merasa tidak cocok dengan obat kumur. Namun, jika Anda ingin mencoba obat kumur alami, Anda bisa mencoba kumur air garam. Garam memiliki sifat anti bakteri sehingga bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain pasti tersedia di dapur, air garam juga lebih murah dari harga obat kumur.

 

3. Menggosok Lidah

bau mulut di lidah

Pernah melihat lapisan yang berwarna putih di permukaan lidah? Lidah yang sehat biasanya berwarna merah muda atau pink. Jika sampai timbul lapisan putih pada lidah artinya tubuh sedang kekurangan cairan, mulut kering, atau bisa jadi adalah gejala dari sebuah penyakit. Lapisan putih ini yang kerap menjadi alasan mulut Anda menjadi bau. Anda tak perlu khawatir. Cukup menggosokkan sikat gigi ke lidah sudah bisa menghilangkan lapisan ini. Pastikan juga kebutuhan air minum terpenuhi, ya!

 

4. Minum Air Putih yang Cukup

Sudah banyak sekali masalah kesehatan yang terjadi akibat dari kurang minum air putih. Padahal para dokter menganjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Jika kebutuhan cairan bisa terpenuhi, bakteri dan kuman dalam mulut bisa teratasi. Selain itu, cara menghilangkan bau mulut dari tenggorokan ini juga sudah terbukti efektif. Mulut dan tenggorokan tidak kering sehingga aroma mulut Anda pun tidak lagi menyengat.

 

5. Ganti Gaya Hidup Menjadi Lebih Sehat

minuman alkohol

Berbagai masalah dan stres yang dihadapi membuat sebagian dari kita akan melarikan diri ke hal-hal yang tak sehat. Merokok secara berlebihan, ataupun minum minuman keras. Rokok dan alkohol bisa menjadi berperan dalam membuat mulut jadi berbau tak sedap. Selain itu, minum kopi secara berlebihan juga bisa membuat mulut bau. Sebagai informasi tambahan, kopi pun bisa menjadi penyebab gigi menguning. Jadi, ada baiknya Anda membatasi untuk minum kopi jika Anda sudah terlanjur bergantung pada asupan kafein tiap harinya.

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ini Dia Aneka Manfaat Cabe

6. Mengunyah Permen Karet

Mulut bau namun Anda butuh solusi cepat dalam mengatasinya? Bahkan sudah sikat gigi pun mulut masih tercium bau naga? Tenang, Anda tak perlu panik. Saat ini ada banyak sekali produk permen karet yang dijual bebas di pasaran. Permen karet adalah cara tercepat untuk menghilangkan bau mulut. Terutama untuk yang rasa mint karena memberi efek menyegarkan. Anda juga sebaiknya memilih permen karet yang rendah gula agar lebih sehat untuk kesehatan gigi dan mulut.

 

7. Tak ada Permen Karet? Masih ada Sayur dan Buah yang Mujarab!

Jika Anda tak bisa menemukan permen karet mint, tidak masalah. Ada jenis buah dan sayuran yang cocok untuk menjadi solusi penghilang bau mulut. Diantaranya adalah lemon, peterseli, dan kulit jeruk. Memang akan terasa sangat asam dan pahit jika Anda harus mengunyah lemon dan kulit jeruk. Akan tetapi, keduanya terbukti mampu meningkatkan produksi air liur. Dengan meningkatnya jumlah air liur, bau mulut pun bisa hilang. Peterseli pun juga begitu. Kandungan dari peterseli yang bisa menetralisir bau menyengat dari mulut bisa menjadi solusi ampuh. Cocok untuk Anda yang tidak tahan dengan rasa asam dan pahitnya kulit jeruk atau lemon, tapi butuh cara cepat menghilangkan bau mulut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *