Wisata  

Mengunjungi Tempat Wisata di Ponorogo dengan Alam yang Menakjubkan

Sumber Instagram @friznaismamasdiana

Ketika membicarakan mengenai tempat wisata di Ponorogo, tempat nongkrong di ponorogo atau hal yang terkenal dari kota ini, apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu? Sebagian besar dari kamu pasti membayangkan atraksi Reognya. Kabupaten Ponorogo ini memang terkenal dengan kesenian budaya Reognya. Tapi apakah kamu tahu bahwa kota ini ternyata menyimpan banyak keindahan alam juga loh.

Jika kamu berniat untuk mengunjungi objek wisata ponorogo 2021, maka berikut beberapa rekomendasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Ponorogo:

  • Coban Lawe

Tempat Wisata di Ponorogo
Sumber Instagram @eattemptationsby

Tempat wisata di Ponorogo yang pertama akan kita bahas adalah Coban Lawe. Wisata ini harus kamu masukkan ke dalam daftar tempat wisata di Ponorogo yang wajib dikunjungi ketika kamu sedang berada di sini. Sebab wisata air terjun yang satu ini tidak seperti air terjun pada umumnya. Di objek wisata Coban Lawe ini terdapat lima air terjun yang berada pada satu lokasi. Karena tidak hanya satu, kamu perlu menyiapkan waktu ekstra untuk bisa mengunjungi semua air terjun tersebut. Sebisa mungkin untuk berangkat pagi hari ketika hendak berkunjung.

Lokasi Coban Lawe berada di Desa Pudak, Kabupaten Ponorogo. Bagi masyarakat di sini Coban Lawe merupakan objek wisata yang sangat indah. Sebab dari perjalanan menuju ke lokasi air terjun, kamu bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Seperti hamparan sawan, hutan pinus dan perkebunan pohon kayu putih. Buat kamu pecinta alam tentu akan sangat menikmati perjalanan menuju ke Coban Lawe ini.

Rute menuju ke air terjun ini terbilang cukup sulit dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Tapi tantangan tersebut akan membawa kita ke pemandangan alam yang memanjakan mata. Hawa alam yang sejuk dan segarnya air pegunungan bisa kamu nikmati. Sekejap rasa lelah perjalanan tadi hilang seketika ketika kamu sampai di sini. Melihat indahnya air terjun yang dikelilingi hijaunya pepohonan hutan. Coban Lawe ini adalah destinasi wisata yang cocok buat kamu yang lelah dengan hingar-bingan suasana perkotaan.

  • Tumpak Pare

tempat wisata di Ponorogo
Sumber Instagram @doyik_kresna

Salah satu tempat wisata di Ponorogo, khususnya wisata alam, yang populer adalah Tumpak Pare. Wisata ini merupakan wisata alam perbukitan yang memiliki hutan pinus yang indah. Lokasinya yang sedikit jauh dari kota membuat objek ini begitu tenang dan nyaman. Cocok untuk menjadi tempat liburan akhir pekan setelah lelah bekerja.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Wonosobo yang Memanjakan Para Pecinta Alam

Selain menikmati hutan pinusnya yang rimbun, dari puncak kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata. Punca tumpak pare ini juga sangat luas dengan hamparan hijau yang sekilas terlihat seperti bukit teletubbies. Sebagai tempat wisata, Tumpak Pare ini mendapat pengelolaan yang sangat baik dari masyarakat sekitar. Tempatnya sangat bersih.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Selain untuk sekedar menikmati pemandangan alam, di sini juga bisa kamu manfaatkan sebagai area perkemahan atau untuk kegiatan outbond. Banyak juga warung-warung wisata kuliner Ponorogo yang menjajakan makanan, bisa menjadi selingan ketika pengunjung lelah selepas berkeliling menikmati pemandangan. Selain itu ada juga fasilitas umum seperti kamar kecil dan area parkir yang cukup luas.

  • Puncak Pringgitan

tempat wisata di Ponorogo
Sumber Instagram @jojo_aja_

Satu lagi objek wisata alam perbukitan yang bisa menjadi alternatif pilihan wisata kamu ketika sedang berada di Ponorogo. Layaknya Bukit Bintang di Jogja atau Kota Batu di Malang, Ponorogo juga memiliki bukit indah untuk bisa menikmati pemandangan malam yang terlihat dari atas bukit. Indahnya gemerlap lampu kota Ponorogo bisa kamu nikmati dengan santai dari atas puncak Pringgitan ini. Sedangkan siang hari, kamu bisa melepas penat dan menyegarkan pikiran dengan menikmati pemandangan alam yang segar nan indah.

Bagi kamu yang suka kemping, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di puncak bukit Pringgitan ini. Dari atas kamu bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit. Jika berniat untuk bermalam atau kemping, kamu tinggal datang dengan membawa tenda, perbekalan serta jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi. Kamu bisa mengabadikan momen bersama dengan teman-teman dengan latar matahari terbit. Jadi jangan sampai melewatkan objek wisata yang satu ini ketika kamu sedang mengunjungi kota Ponorogo.

  • Telaga Ngebel

tempat wisata di Ponorogo
Sumber Instagram @friznaismamasdiana

Telaga Ngebel objek wisata alam danau yang berada di perbatasan antara kota Ponorogo dan kota Madiun ini menyimpan keindahan yang mempesona. Wisata ini sangat populer di masyarakat Ponorogo dan sering menjadi tempat rekreasi bersama kolega maupun keluarga. Hal tersebut karena banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di Telaga Ngebel ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Museum Mpu Tantular, Tempat Wisata di Sidoarjo Sambil Belajar Sejarah

Jika kamu mampu untuk datang dini hari, kamu bisa berkesempatan untuk menikmati momen terbitnya matahari. Ukuran danaunya cukup besar, dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun membuat suasana di objek wisata ini semakin segar.Kamu bisa berjalan santai sambil menghirup segarnya udara pagi.

Selain menikmati pemandangan alamnya, wisata Telaga Ngebel juga menyediakan berbagai wahana bermain air yang bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau. Wahana-wahana tersebut seperti perahu motor dan becak air yang bisa kamu pakai untuk berkeliling menyusuri danau. Tersedia pula banyak warung yang menjajakan berbagai macam kuliner. Kamu bisa menikmatinya ketika sedang bersantai atau beristirahat sambil menikmati pemandangan. Bagi kamu yang ingin menikmati pesona telaga ini lebih lama, kamu tidak perlu khawatir. Di sekitar area telaga ini ada banyak penginapan murah.

  • Air Terjun Pletuk

Sumber Instagram @adam.septiansyah

Kota Ponorogo menyimpan banyak keindahan alam berupa air terjun. Salah satu wisata air terjun yang indah dan sangat populer adalah air terjun Pletuk. Lokasinya berada di desa Jurug kecamatan Sooko. Keindahan air terjun Pletuk ini sangat menawan. Dari pusat kota Ponorogo, air terjun Pletuk ini berjarak sekitar 20 km. Rute menuju ke objek wisata ini tergolong sangat mudah, sebab ada banyak papan penunjuk arah. Jadi kamu tidak perlu takut tersesat meskipun baru pertama kali ingin mengunjungi objek wisata ini. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum dan disambung dengan ojek hingga ke lokasi air terjunnya.

Di wisata air terjun pletuk ini kamu bisa menikmati pemandangan yang indah sambil menghirup udara yang segar. Begitu berada di sini kamu akan merasa tidak ingin pulang. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, hawa di sekitar air terjun ini begitu dingin. Terlebih lagi karena dikelilingi oleh bukit dengan tebing-tebing yang tinggi. 

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Sumenep, Surganya Pecinta Pulau dan Gili

Wisata Air Terjun Pletuk ini menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap untuk para pengunjung.  toilet, warung makan, mushola dan lokasi parkir yang luas. Selain itu ada jua wahana bermain bagi kamu yang menyukai wahana-wahana ekstrim. Wisata Air Terjun Pletuk ini menyediakan wahana seperti climbing area untuk pecinta panjat tebing, flying fox dan jembatan gantung.

Bagaimana, apakah kalian pernah ke salah satu objek wisata alam di atas? Atau sedang kamu masukkan dalam list perjalananmu? Yang pasti jika kamu berencana mengunjungi tempat wisata di Ponorogo, pastikan destinasi wisata alam di atas kamu kunjungi.