Wisata  

Tempat Wisata di Batang Terbaik, Rekomendasi untuk Liburan Mendatang

Tempat Wisata di Batang
Sumber: Instagram @intanbatbar

Sebuah rekomendasi berbagai tempat wisata di Batang yang menawarkan pengalaman liburan yang berkesan. Di sini lah tempatnya berbagai destinasi wisata alam. Ada gunung, perbukitan, kebun teh, air terjun, hingga daerah pesisir pantai. Batang punya semuanya. Bisa jadi referensi liburan yang anti-mainstream.

Wilayah geografis Kabupaten Batang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara dan Kabupaten Banjarnegara di sebelah selatan. Di bagian timur ada Kabupaten Kendal. Sementara Kota dan Kabupaten Pekalongan menjadi batas wilayah barat. Makanya, beberapa tempat wisata di Batang pun berada di perbatasan dua daerah.

1. Gunung Prahu

Sumber: Instagram @prau_mountain

Pada bagian selatan Kabupaten Batang ada Dataran Tinggi Dieng, dengan Gunung Prahu yang menjadi tapal batas wilayah tiga kabupaten. Jalur pendakian ke puncak Gunung Prahu yang berada di ketinggian 2.565 mdpl ini juga bermula di tiga kabupaten tersebut. Yaitu Jalur Pranten di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jalur Patak Banteng di Kabupaten Wonosobo, dan Jalur Kenjuran di Kabupaten Kendal. Puncak Gunung Prahu adalah yang tertinggi di kawasan DT Dieng. Di sana, kamu bisa mengagumi keindahan hamparan padang rumput yang luas, sabana serta bukit-bukit kecil.

2. Telaga Dringo Batang

Sumber: Instagram @hustlemediagrup

Sebelumnya di artikel tentang tempat wisata di Banjarnegara, nama Telaga Dringo sudah muncul. Lalu kenapa muncul lagi sekarang di artikel tentang tempat wisata di Batang? Ya, karena letak telaga ini yang ada di Kabupaten Dringo dan perbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara. Telaga Dringo Batang merupakan telaga tertinggi di kawasan DT Dieng. Dengan keindahan lukisan alam berupa telaga yang tenang dan pepohonan hijau sejauh mata memandang. Banyak juga wisatawan yang memutuskan untuk berkemah di tepi telaga, menikmati alam bak sedang ada di Ranu Kumbolo.

3. Kebun Teh Pagilaran

Tempat Wisata di Batang
Sumber: Instagram @aslibatang

Sebuah kawasan agrowisata di kawasan kebun teh Pagilaran yang merupakan salah satu peng-ekspor teh terbesar di Indonesia. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan perkebunan teh yang luas. Nuansa hijau yang sangat memanjakan mata. Tak hanya itu, kamu pun bisa mengagumi peninggalan zaman kolonial Belanda. Seperti bangunan pabrik bergaya Eropa yang khas. Juga bekas kereta gantung yang dulunya menjadi sarana mengangkut hasil petikan daun teh. Kebun teh Pagilaran berada di ketinggian antara 600 hingga 1.600 mdpl. Tak heran, kamu akan merasakan hawa dingin yang menggigit ketika berada di hamparan perkebunan teh seluas 1.130 hektar ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Menikmati Indahnya Pesona Alam Tempat Wisata di Bangkalan, Madura

Aktivitas unik yang bisa kamu ikuti antara lain tea walk dan memetik daun teh. Untuk tea walk, kamu bisa menumpang truk untuk menuju area perbukitan. Atau, jalan santai di kebun teh dekat pabrik. Sementara untuk aktivitas kedua, kamu harus siap bangun pagi karena aktivitas memetik teh mulai pukul 5 hingga pukul 6 pagi. Bisa sekalian menyambut matahari terbit tuh.

4. Wana Wisata Polowono

Tempat Wisata di Batang
Sumber: Instagram @aslibatang

Wisata Limpung Batang ini tepatnya berlokasi di Desa Lobang, Kec. Limpung, Kab. Batang. Wana Wisata Polowono berada di kawasan hutan pinus. Fyi, Desa Lobang memang adalah satu-satunya desa di kecamatan Limpung yang punya area hutan pinus. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Misalnya, naik rumah pohon, menikmati pemandangan sambil selfie cantik di gardu pandang, memacu adrenalin dengan flying fox, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa berjalan-jalan hingga ke area Curug Pager, Curug Pawon, atau Curug Kumejing yang masih berada dalam satu kawasan Wana Wisata Polowono. Mager dan pengen santai menikmati udara yang sejuk? Bisa. Di hutan Polowono, pengelola juga memasang beberapa hammock di lokasi.

5. Curug Gombong

Tempat Wisata di Batang
Sumber: Instagram @aanniik

Mau menyegarkan diri di alam lebih mantap kalau mengunjungi air terjun. Di Gombong, Silombang, Kec. Pecalungan, Kab. Batang, ada Curug Gombong. Air terjun setinggi 15 meter ini berair jernih, mengalir deras di antara bebatuan. Air sungai terjun di antara dua tebing batu dengan tekstur yang unik. Mempersembahkan padamu lukisan alam yang eksotis. Tak seperti kebanyakan air terjun yang berada di hutan lindung dan jauh dari peradaban, akses ke Curug Gombong ini cenderung sangat terjangkau. Pengunjung juga lebih nyaman di lokasi karena sudah cukup tersedia beberapa fasilitas penunjang.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Brebes yang Wajib Masuk Intinerary

6. Agrowisata Salak Sodong

Buat pecinta buah salak, Desa Sodong di Kecamatan Wonotunggal wajib masuk agenda liburan di Kabupaten Batang. Di sini ada Agrowisata Salak Sodong, dimana kamu bisa mengamati langsung keunikan pohon buah salak di kebun-kebun salak milik penduduk setempat. Kalau beruntung datang berkunjung saat waktu panen tiba, kamu pun bisa menyaksikan proses memanen buah salak dari pohonnya, langsung dengan mata kepalamu sendiri.

Oh ya, kabarnya buah salak dari Desa Sodong ini pernah memenangkan lomba buah se-Jawa Tengah pada tahun 1999 lho. Lokasi Agrowisata Salak Sodong sendiri tak jauh dari obyek wisata Curug Sodong yang juga jadi andalan Desa Sodong.

7. Pantai Ujung Negoro

Tempat Wisata di Batang
Sumber: Instagram @indovespagram

Pada bagian utara Kabupaten Batang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Maknanya, banyak bentang pantai di Batang yang bisa jadi target wisatawan untuk menghabiskan waktu senggang. Salah satunya adalah Pantai Ujung Negoro. Sebuah pantai eksotis dengan perpaduan yang apik dari hamparan pasir pantai dan batu karang. Apalagi ombaknya yang tak begitu mengerikan, cocok untuk kamu yang menginginkan suasana tenang. Selain berjalan bertelanjang kaki di sepanjang bibir pantai, kamu juga bisa menyewa perahu untuk menjelajahi lepas pantai. Tak jauh dari Pantai Ujung Negoro, ada obyek wisata lain, yaitu Gua Aswatama. Juga ada makam Syekh Maulana Maghribi yang ramai peziarah dari berbagai daerah. Kamu bisa sekalian mampir ke sana deh.

8. Mini Safari Batang Dolphins Center

Tempat Wisata di Batang
Sumber: Instagram @intanbatbar

Di Jalan Pantai Sigadu – Ujungnegoro, Kidanglor, Klidang Lor, Batang, terdapat pusat konservasi dan penangkaran satwa. Batang Dolphin Center namanya. Sesuai namanya, BDC yang berada di bawah naungan Taman Safari Indonesia ini sudah membantu menangkarkan lumba-lumba. Selain itu, juga ada penangkaran hewan lainnya seperti llama, gnu, emu, dan lain-lain. Banyaknya satwa di kawasan BDC menjadikan tempat ini wisata keluarga yang edukatif. Tempat pengunjung bisa belajar tentang kehidupan satwa serta berinteraksi dengan mereka.

Baca Juga ini Ya !! =>  10 Tempat Wisata di Lampung Buat Kamu yang Menyukai Alam dan Pantai

Bonus:

Bingung mau makan apa saat berlibur ke Batang? Daripada makan yang itu-itu saja, pastikan dirimu mencoba aneka kuliner Batang yang khas. Kapan lagi kan kamu bisa mencicipi cita rasa unik makanan dari Kabupaten Batang? Nah, beberapa makanan dan camilan yang bisa kamu santap di Batang antara lain:

  • Lontong lemprak: Sajian lontong dengan opor ayam kampung dan tahu rebus yang gurih pedas.
  • Soto kebo: Olahan soto yang khas, dengan daging kerbau.
  • Soto tauto: Soto berkuah tauco yang kental, dengan potongan kol, soun, dan daun bawang.
  • Surabi kali beluk: Camilan surabi khas Batang yang berasal dari Desa Kali Beluk, dengan dua varian rasa yaitu kelapa dan gula merah.

Nah, itu tadi ulasan terkait tempat wisata di Batang beserta kuliner khas yang bisa kamu coba. Nggak kalah oke kan buat jadi lokasi menghabiskan liburan mendatang~